Kyoto sudah lama dikenal sebagai salah satu kota tujuan wisata populer di Jepang. Di kota tua ini banyak terdapat beragam kuil, istana, museum, serta nuansa ala kota lama yang pastinya akan disukai oleh pecinta wisata sejarah. Bagi yang ingin bepergian ke Kyoto, setidaknya ada 20 hal yang wajib Anda lakukan disana, antara lain adalah sebagai berikut (untuk review lengkap, klik nama tempat/aktifitas):

1. Kinkaku-ji Temple

via flickr.com
via flickr.com

Coba perhatikan wallpaper desktop Anda. Pernahkah menemukan gambar kuil yang berwarna emas? Kuil tersebut bukan hasil editan komputer lho, karena kuil emas memang betul-betul terdapat di Kyoto. Adalah Kinkaku-ji, atau Pavilion of Golden Temple, termasuk salah satu atraksi wisata yang paling banyak menarik perhatian wisatawan karena memiliki paviliun yang berlapis emas.

2. Fushimi Inari Taisha

via flickr.com
via flickr.com

Kuil ini menjadi salah satu atraksi yang wajib dikunjungi di Kyoto karena memiliki torii, atau gerbang kuil. Sebetulnya wajar jika sebuah kuil memiliki torii. Namun jika jumlahnya ratusan hingga membentuk lorong, tentu akan menjadi pemandangan yang unik.

3. Kiyomizu-dera Temple

via flickr.com
via flickr.com

Selain Kinkaku-ji, Kiyomizu-dera termasuk salah satu kuil yang populer digunakan sebagai wallpaper desktop. Tak heran jika kuil ini terasa familiar sekalipun Anda belum pernah berkunjung ke kuil tersebut. Kiyomizu-dera terkenal karena memiliki panggung kayu yang sangat tinggi, dan dari sana pemandangan kota Kyoto akan terlihat jelas.

4. Kyoto Imperial Palace

via flickr.com
via flickr.com

Sudah pada tahu kan jika Kyoto pernah menjadi ibu kota negara Jepang, sebelum Tokyo. Nah, Kyoto Imperial Palace merupakan tempat tinggal Kaisar Jepang dan keluarganya sebelum hijrah ke Tokyo. Tempat ini menarik untuk dikunjungi selain karena faktor sejarahnya, juga karena tidak dipungut tiket masuk alias gratis.

5. Arashiyama Bamboo Forest

via flickr.com
via flickr.com

Sebetulnya, jalan ini hanya jalan biasa. Yang membuatnya luar biasa adalah karena jalan ini menembus hutan bambu yang tingginya bisa mencapai beberapa meter sehingga menciptakan atmosfer yang unik.

6. Gion Area

via flickr.com
via flickr.com

Pergi ke Kyoto belum lengkap jika tidak mengunjungi area Gion. Di distrik ini suasana khas kota lama masih sangat terjaga. Tempat ini memiliki beberapa ochaya (rumah minum teh) dan restoran yang menawarkan kaiseki (kuliner haute couture ala Jepang). Gion juga menjadi salah satu distrik terbaik untuk melihat geisha yang sebenarnya.

7. Kyoto Station

via flickr.com
via flickr.com

Sebagai stasiun utama di Kyoto, Stasiun Kyoto dirancang dengan desain yang modern dan menarik. Sebelum mengelilingi Kyoto, tak ada salahnya menjelajah stasiun Kyoto yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik.

8. Nijo Castle

via flickr.com
via flickr.com

Tempat kediaman Tokugawa Ieyasu (shogun pertama) saat berada di Kyoto. Nijo Castle memiliki lantai khusus yang dirancang agar berderik saat diinjak. Tujuannya untuk mencegah menyusupnya ninja ke dalam kastil.

9. Toei Kyoto Studio Park

via flickr.com
via flickr.com

Ingin menikmati Universal Studio ala Jepang? Datanglah ke Toei Kyoto Studio Park. Bedanya, disini pengunjung tak akan menemukan wahana permainan modern, melainkan sebuah tiruan kota pada periode Edo dan Meiji yang digunakan sebagai shooting film klasik.

10. Kyoto Tower

via flickr.com
via flickr.com

Walau Kyoto dikenal sebagai kota tua, bukan berarti Anda tak bisa mengamati kota ini dari ketinggian. Cobalah naik ke Kyoto Tower. Walau tingginya hanya 131 meter, bangunan ini merupakan yang tertinggi di Kyoto sehingga pemandangan kota jelas terlihat dari sini.

11. Philosopher’s Path

via flickr.com
via flickr.com

Ini dia salah satu jalan paling ikonik di Kyoto. Jalan setapak ini menyusuri pinggiran kanal Danau Biwa. Philosopher’s Path terkenal memiliki keindahan yang berbeda di keempat musim. Salah satu saat terbaik berkunjung kesini adalah saat musim semi, yaitu saat koridor jalan dihiasi oleh bunga sakura.

12. Sanjusangendo Temple

via flickr.com
via flickr.com

Sebuah kuil memiliki patung, itu sudah biasa. Tapi bagaimana jika terdapat lebih dari seribu patung yang seluruhnya berukuran skala manusia? Pergilah ke kuil Sanjusangendo. Tak hanya bisa melihat 1000 patung berukuran manusia, Anda juga dapat melihat salah satu bangunan kayu terpanjang di Jepang.

13. Kyoto International Manga Museum

via flickr.com
via flickr.com

Suka dengan manga? Maka Anda wajib mengunjungi Kyoto International Manga Museum. Museum yang berdiri di bangunan bekas sekolah ini memiliki puluhan ribu manga dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

14. Ginkaku-ji Temple

via flickr.com
via flickr.com

Jika Kinkaku-ji merupakan kuil emas, maka Ginkaku-ji dapat diterjemahkan sebagai kuil perak. Uniknya, disini sama sekali tak ada bangunan berlapis perak. Sebagai gantinya, Anda dapat melihat taman pasir yang konon menjadi salah satu yang terindah di Kyoto.

15. Kyoto Aquarium

via flickr.com
via flickr.com

Tempat ini menarik untuk dikunjungi jika melakukan wisata bersama keluarga. Walau terbilang baru, Kyoto Aquarium dapat menjadi alternatif wisata keluarga disela-sela mengunjungi kuil maupun istana.

16. Arashiyama Monkey Park Iwatayama

via flickr.com
via flickr.com

Tempat penangkaran monyet ini letaknya berada di jalur hiking, jadi cocok dikunjungi oleh Anda yang senang melakukan aktifitas alam dan bosan dengan suasana ala kota tua.

17. Gion Matsuri

via flickr.com
via flickr.com

Festival terbesar di Kyoto, sekaligus salah satu yang terbesar di seluruh Jepang. Gion Matsuri diadakan di sekitar distrik Gion selama sebulan penuh (pada bulan Juli). Selama masa festival, akan digelar banyak event menarik termasuk aneka jenis parade.

18. Berdandan ala Geisha

via flickr.com
via flickr.com

Mumpung sedang berada di Kyoto, tak ada salahnya Anda sekaligus mencoba berdandan ala geisha. Saat ini banyak studio yang menyewakan kostum sekaligus mendandani dengan make up seperti geisha yang sebenarnya. Lakukan sedikit browsing untuk mencari jasa penyewaan tersebut dan bersenang-senanglah.

19. Ohara

via flickr.com
via flickr.com

Daerah Ohara merupakan kawasan suburban Kyoto yang memiliki nuansa khas. Disini terdapat beberapa kuil yang menarik, dan pemandangan alam yang masih sangat terjaga.

20. Berkunjung ke sekitar Kyoto (Osaka, Nara,Amanohashidate)

via flickr.com
via flickr.com

Saat berwisata ke Kyoto, jangan hanya berkeliling di pusat kota saja. Terdapat beberapa kota menarik lain di sekitar Kyoto yang dapat ditempuh dalam waktu singkat, diantaranya adalah Osaka dan Nara. Anda juga dapat berkunjung ke Amanohashidate yang berada di prefektur Kyoto.

Comments

comments