Selain Tokyo dan Kyoto, Osaka merupakan salah satu kota yang populer sebagai tempat tujuan wisata. Kota terbesar ketiga di Jepang ini memang memiliki daya tarik tersendiri yang membedakannya dari Tokyo dan Kyoto.

Nah, bagi traveller yang berencana melakukan wisata ke Osaka, berikut contekan 20 hal yang wajib dilakukan di Osaka. Untuk tulisan tentang Kyoto dan Tokyo, bisa dibaca disini dan disini.

1. Dotonburi

via flickr.com
via flickr.com

Kawasan yang penuh dengan kafe, restoran, landmark, dan terdapat kanal yang mengingatkan pada Venesia. Tak salah jika Dotonburi menjadi kawasan yang wajib dikunjungi di Osaka. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah malam hari.

2. Namba Area

via flickr.com
via flickr.com

Salah satu distrik hiburan di Osaka. Berbagai pusat perbelanjaan, restoran, kafe, dan aneka pusat hiburan lainnya terdapat disini. Salah satu yang menarik untuk dikunjungi adalah Namba Parks yang memiliki desain unik, dan Namba Walk.

3. Universal Studio

via flickr.com
via flickr.com

Mau tahu taman hiburan yang paling banyak dikunjungi di Jepang selain Tokyo Disney Resort? Itulah Universal Studio Osaka. Universal Studio pertama di Asia ini telah berdiri sejak tahun 2001, dan masih menjadi salah satu atraksi yang wajib dikunjungi di Osaka hingga saat ini.

4. Osaka Castle

via flickr.com
via flickr.com

Pada masa Toyotomi Hideyoshi berkuasa, beliau membangun Osaka Castle (mulai tahun 1583) dan menjadikannya sebagai kastil terbesar pada masanya. Setelah sempat beberapa kali hancur, Osaka Castle kini telah direnovasi dan menjadi salah satu tempat terbaik untuk mengenal sejarah Jepang dan Toyotomi Hideyoshi.

5. Umeda Sky Building

via flickr.com
via flickr.com

Ini dia salah satu bangunan paling ikonik di Osaka. Bangunan setinggi 173 meter ini memiliki observatorium di lantai 39, dan dari sini pengunjung dapat menikmati pemandangan Osaka dari ketinggian.

6. Sumiyoshi Taisha

via flickr.com
via flickr.com

Salah satu kuil Shinto tertua di Jepang. Kuil ini dibangun sebelum masuknya Budha ke Jepang (dibangun pada abad ke-3), sehingga memiliki arsitektur kuil Jepang yang sebenarnya.

7. Osaka Aquarium Kaiyukan

via flickr.com
via flickr.com

Jepang memiliki banyak akuarium besar yang terdapat di berbagai kota. Namun dari seluruh akuarium tersebut, Osaka Aquarium Kaiyukan disebut-sebut sebagai salah satu yang paling spektakuler. Tak salah jika akuarium ini masuk daftar tempat wisata wajib di Osaka.

8. Spa World

via flickr.com
via flickr.com

Lelah setelah berkeliling Osaka? Bersantailah di Spa World. Terdapat pemandian air panas dengan berbagai tema dari seluruh dunia, dan dilengkapi dengan beragam fasilitas menarik lainnya.

9. Umeda Joypolis Sega

via flickr.com
via flickr.com

Taman bermain yang wajib dikunjungi oleh para gamer karena memiliki 2 lantai yang penuh dengan video game. Sekalipun bukan gamer, tempat ini tetap terasa menarik karena memiliki suasana ala karnaval.

10. National Bunraku Theater

via flickr.com
via flickr.com

Bunraku merupakan seni menggerakkan boneka tradisional Jepang. Bagi yang ingin melihat pertunjukan Bunraku, National Bunraku Theater jelas merupakan tempat terbaik. Tersedia program dalam bahasa Inggris.

11. Nipponbashi Den Den Town

via flickr.com
via flickr.com

Inilah salah satu surga otaku di Osaka. Nipponbashi Den Den Town memang memiliki nuansa ala Akihabara di Tokyo. Selain terdapat aneka toko dan pernak pernik otaku, pecinta elektronik juga akan dimanjakan dengan banyaknya toko yang menjual beragam produk dan perlengkapan elektronik.

12. Open Air Museum of Old Japanese Farmhouses

via flickr.com
via flickr.com

Museum ruang terbuka pertama di Jepang yang menampilkan bermacam rumah tradisional Jepang. Museum ini menjadi bagian dari Hattori Ryokuchi Park yang memiliki lanskap indah. Cocok dikunjungi oleh yang menyukai wisata arsitektur sekaligus wisata taman.

13. The Momofuku Ando Instant Ramen Museum

via flickr.com
via flickr.com

Suka makan mie instan? Maka tempat yang satu ini jelas tak boleh dilewatkan: the Instant Ramen Museum! Pengunjung tak hanya dapat melihat aneka mie instan, namun juga belajar sejarah sekaligus melihat aneka workshop tentang mie.

14. Shitennoji Temple

via flickr.com
via flickr.com

Salah satu kuil tertua yang dibangun pada awal masuknya Budha ke Jepang. Terdapat pagoda 5 tingkat dan taman yang dirancang berdasarkan deskripsi Western Paradise of the Amidha Buddha.

15. Mino Park

via flickr.com
via flickr.com

Ingin melarikan diri dari hiruk pikuk Osaka? Pergilah ke Mino Park. Lembah yang memiliki pemandangan alam yang indah ini cukup mudah di akses dari pusat kota. Saat musim gugur tiba, Mino Park juga menjadi tempat favorit untuk melakukan momijigari.

16. Osaka Science Museum

via flickr.com
via flickr.com

Tempat ini menjadi salah satu tempat favorit untuk dikunjungi bersama keluarga, terutama anak-anak. Terdapat berbagai display menarik yang berkaitan dengan alam semesta, fisika, dan lain-lain. Wisata sambil belajar? Kenapa tidak!^^

17. Osaka Tenmangu Shrine

via flickr.com
via flickr.com

Salah satu kuil Shinto terpenting di Jepang. Kuil ini menjadi tuan rumah dari festival Tenjin Matsuri yang disebut-sebut sebagai festival terbesar di Jepang selain Gion Matsuri (Kyoto) dan Kanda Matsuri (Tokyo). Tenjin Matsuri diadakan setiap tanggal 24-25 Juli.

18. Shinsaibashi

via flickr.com
via flickr.com

Salah satu tempat wisata belanja favorit di Osaka. Ingin berburu oleh-oleh? Atau sekedar ingin cuci mata dan menikmati suasana yang unik? Datanglah ke Shinsaibashi, dan dijamin para shoppaholic akan merasa seperti berada di tengah surga wisata belanja.

19. Wisata Kuliner

via flickr.com
via flickr.com

Pernah mencicipi Takoyaki dan Okonomiyaki? Kedua kuliner yang cukup populer di Indonesia itu berasal dari Osaka lho. Jadi jangan lewatkan kesempatan mencicipi Takoyaki dan Okonomiyaki asli saat berada di Osaka.

20. Berkunjung ke Kyoto dan Nara

via flickr.com
via flickr.com

Jika Osaka menawarkan suasana kota yang modern, lain halnya dengan kedua kota terdekat dari Osaka, yaitu Kyoto dan Nara. Kedua kota yang pernah menjadi ibu kota negara Jepang tersebut menawarkan suasana wisata ala kota tua. Jadi setelah menikmati suasana modern Osaka, sempatkan diri juga mengunjungi Kyoto dan Nara untuk menikmati sisi klasik dari Jepang.

 

baca juga :

[Sample Itinerary] Kyoto – Nara – Osaka Dalam 1 Hari? Bisa!

Aneka Obyek Wisata Gratisan Di Kyoto : Sightseeing Spot

Comments

comments