Kalau bicara tentang kota tujuan wisata terpopuler di Jepang, rasanya mayoritas wisatawan akan menjawab Tokyo. Ibu kota negeri Sakura itu memang menjadi pintu masuk utama menuju ke Jepang, dan Tokyo pun memiliki segudang atraksi wisata dan obyek wisata keren yang cocok untuk berbagai selera wisata. Sebuah blog traveling populer yang pernah saya kunjungi bahkan menyebut “jika kita bosan dengan Tokyo maka kita bosan dengan hidup” untuk menggambarkan betapa besarnya daya tarik kota Tokyo.

Tapi Jepang nggak melulu berisi Tokyo. Masih banyak kota tujuan wisata populer lainnya yang memiliki keunikan dan ciri khas lainnya untuk dikunjungi. Bagi teman-teman yang ingin tahu kota-kota tujuan wisata terpopuler di Jepang, berikut 20 besar daftarnya yang saya sarikan dari berbagai sumber.

Disclaimer: Daftar disini merupakan kesimpulan dari berbagai sumber, jadi tidak mengacu pada data angka yang sebenarnya (seperti data jumlah kunjungan wisatawan per-tahunnya).

1. Tokyo

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Tokyo memang selalu memuncaki daftar kota tujuan wisata terpopuler di Jepang yang dirilis oleh berbagai blog maupun website traveling. Itu wajar saja. Selain karena kota ini merupakan ibu kota Jepang yang juga kota terbesar di negara tersebut, rasanya hampir semua hal bisa ditemukan di Tokyo.

Taman bermain? Ada Tokyo Disneyland dan Tokyo DisneySea yang sebetulnya secara teknis termasuk ke wilayah Chiba. Mau wisata kuil? Banyak. Wisata onsen? Ada beberapa onsen menarik disini, salah satunya adalah Oedo Onsen Monogatari. Intinya, mau wisata keluarga, wisata sejarah, wisata masa depan, wisata belanja, semua bisa ditemukan di Tokyo.

Namun memang tak semua wisatawan menyukai Tokyo. Bagi mereka yang mementingkan keotentikan dan lebih tertarik pada wisata bertema sejarah dan budaya, Tokyo dianggap kurang seksi untuk dilirik karena kota ini termasuk salah satu yang cukup hancur karena serangan udara paska Perang Dunia II yang berarti mayoritas bangunan tua di kota ini merupakan hasil rekonstruksi. Namun tetap saja itu tidak mengurangi daya tarik Tokyo sebagai kota tujuan wisata terpopuler di Jepang.

Kawasan Odaiba dan Tokyo Tower di Tokyo [foto: Shutterchance(Hiroaki Takeshima)/wikimedia]
Kawasan Odaiba dan Tokyo Tower di Tokyo [foto: Shutterchance(Hiroaki Takeshima)/wikimedia]

2. Kyoto

Jika Tokyo konsisten menempati posisi puncak daftar kota tujuan wisata terpopuler di Jepang, maka Kyoto konsisten menempati posisi kedua kota terfavorit untuk dikunjungi di Jepang.

Kota tua nan eksotis yang pernah menjadi ibu kota negara Jepang ini memang relatif asli karena tidak menjadi sasaran serangan udara pada Perang Dunia II yang menghancurkan beberapa kota besar di Jepang (walau kota ini tak luput juga dari berbagai peristiwa perang saudara yang khususnya terjadi sebelum Periode Edo dan cukup menghancurkan beberapa bangunan penting).

Jadi jangan heran jika di kota ini kalian masih dapat menemukan kuil maupun bangunan lain yang berasal dari abad ke-6 atau ke-7. Bagi pecinta wisata sejarah dan kuil, kota ini jelas akan menjadi kota tujuan wisata yang paling utama.

Kuil Fushimi Inari Taisha di Kyoto [foto: Jason Hsu/wikimedia]
Kuil Fushimi Inari Taisha di Kyoto [foto: Jason Hsu/wikimedia]

3. Osaka

Masih berada di wilayah Kansai, ada Osaka yang disebut-sebut menjadi kota tujuan wisata terfavorit ketiga di seantero Jepang. Kota terbesar di wilayah Kansai ini tak hanya memiliki beberapa obyek wisata besar seperti Universal Studios Japan melainkan juga populer akan khasanah kulinernya.

Pernah makan takoyaki dan okonomiyaki? Itu baru 2 contoh makanan asli Osaka yang populer hingga ke mancanegara. Hmm, mungkin bagi pecinta kuliner, Osaka ini layak masuk dalam daftar kota tujuan wisata selama berada di Jepang.

Kawasan Dotonbori di Osaka [foto: Kansai explorer/wikimedia]
Kawasan Dotonbori di Osaka [foto: Kansai explorer/wikimedia]

4. Nara

Kota Nara merupakan ibukota pertama Jepang sebelum Tokyo dan Kyoto. Memang sih usia pemerintahan di kota ini hanya berlangsung sekitar 80 tahunan, namun pemerintahan di Nara memegang peranan penting dalam membentuk pondasi pemerintahan Jepang hingga bertahun-tahun selanjutnya.

Nara memiliki atmosfir yang agak-agak mirip dengan Kyoto; bernuansa kota tua dengan aneka kuil dan peninggalan bersejarah yang relatif populer. Mau tahu bagian yang paling asyik? Kota ini hanya berjarak 1 jam perjalanan dari Kyoto dan Osaka. Kapan-kapan saya share contoh itinerary untuk ketiga kota tersebut ya!

Salah satu sudut kota Nara [foto: 663highland/wikimedia]
Salah satu sudut kota Nara [foto: 663highland/wikimedia]

5. Yokohama

Kota terpadat kedua di Jepang ini (jika dilihat dari jumlah populasi penduduknya) hanya berjarak 30 menit perjalanan mengunakan kereta dari Tokyo. Jadi nggak heran jika Yokohama populer sebagai kota tujuan wisata sampingan saat berada di Tokyo, terlebih karena Yokohama memang memiliki beberapa daya tarik wisata seperti Yokohama Chinatown dan Minato Mirai. Jika teman-teman ingin lebih mengenal Yokohama, saya pernah menulis tentang kota tersebut dalam tulisan ini: Side Trip from Tokyo (1): Yokohama.

Yokohama Minato Mirai [foto: Luke Ma/wikimedia]
Yokohama Minato Mirai [foto: Luke Ma/wikimedia]

6. Hiroshima

Kota Hiroshima pernah hancur lebur paska terkena serangan bom atom pada tahun 1945. Namun kota tersebut berhasil bangkit dengan tetap mempertahankan beberapa bagian kota yang masih relatif utuh setelah serangan bom atom tersebut yang lalu dijadikan daya tarik wisata utama dari kota Hiroshima. Jika teman-teman berkesempatan untuk mampir ke kota ini, sempatkan untuk mengunjungi Hiroshima Peace Memorial Park ya!

A-Bomb Dome di Hiroshima Memorial Park, Hiroshima [foto: FlyingToaster/wikimedia]
A-Bomb Dome di Hiroshima Memorial Park, Hiroshima [foto: FlyingToaster/wikimedia]

7. Kamakura

Kota ini disebut-sebut sebagai Kyoto of the Eastern, yang kurang lebih artinya adalah Kyoto untuk wilayah timur Jepang (karena kota Kyoto berada di sebelah Barat Jepang). Kamakura memang memiliki nuansa ala kota tua, dengan kuil-kuil nan cantik yang sudah berusia ratusan tahun. Menariknya, Kamakura ini hanya berjarak kira-kira 1 jam dari Tokyo. Bagi yang menjadikan Tokyo sebagai kota wisata utama dan mupeng ingin ke Kyoto namun belum kesampaian, Kamakura bisa menjadi salah satu alternatif solusi pengganti.

Great Buddha of Kamakura [foto: Jose Maria Mateos/wikimedia]
Great Buddha of Kamakura [foto: Jose Maria Mateos/wikimedia]
[bersambung]

***

*Seluruh foto diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username flickr/wikimedia.

***

Baca juga:

20 Kota Tujuan Wisata Terpopuler di Jepang, Mana Favorit Kalian? (Part 2)

20 Kota Tujuan Wisata Terpopuler di Jepang, Mana Favorit Kalian? (Part 3 END)

Comments

comments