Walau tak sebanyak musim panas dan musim semi, ternyata di Tokyo bukannya minim festival sama sekali. Setelah mengorek-ngorek dan bakar menyan sambil menyeruput kopi di depan mbah Google, pencerahan pun datang.

Ternyata ada lho beberapa event tradisional dan modern yang diselenggarakan di musim yang katanya paling indah di antara 4 musim tersebut, dan herannya nggak muncul waktu saya cari-cari sebelumnya. Nah, special bagi yang akan pergi ke Tokyo di musim gugur, baik tahun ini maupun tahun-tahun berikutnya, inilah beberapa event musim gugur yang bisa ditemukan di Tokyo.

Note:

  • Tanggal pelaksanaan event tentatif, bisa berubah dari tahun ke tahun. Bisa juga dibatalkan jika cuaca tidak mendukung. Sebaiknya double check sebelum memasukkan event-event berikut ke dalam itinerary wisata.
  • Walau awal bulan September seringkali dianggap masih masuk periode musim panas, namun secara teknis bulan September sudah masuk musim gugur. Jadi festival-festival berikut ini adalah kumpulan festival yang berlangsung di bulan September-November 2014. Dan tidak semua festival saya masukkan disini karena yang diutamakan adalah festival-festival populernya dulu.

 

  • Awal September – pertengahan September 2014

Tokyo Jazz

Lokasi: Tokyo International Forum Hall A
Alamat: 3-5-1 Marunouchi, Chiyoda-ku, Tokyo

Event ini merupakan event jazz terbesar di Jepang. Banyak artis papan atas yang memiliki aliran yang berbeda-beda akan mengisi event ini.

  • 13 September – 5 Oktober 2014

Hagi (Bush Clover) Festival

Lokasi: Mukkojima-Hyakkaen Gardens
Alamat: 3 Higashimukojima, Sumida-ku

Berlokasi di taman yang dibangun sejak periode Bunka-Bunsei (1804-1830), pengunjung diajak untuk menikmati suasana taman di musim gugur, khususnya untuk berjalan-jalan diantara lorong hagi (semak semanggi) yang menjadi salah satu daya tarik taman ini.

via japanfly.co
via japanfly.co
  • 13 September – 15 September 2014

15th Fiesta Mexicana 2014 di Odaiba, Tokyo

Lokasi: West Promenade/Aqua City Odaiba
Alamat: Minato-ku

Merupakan festival tahunan untuk memperingati hari kemerdekaan Meksiko. Banyak pertunjukan budaya Meksiko yang ditampilkan pada festival ini.

  • 20-21 September 2014

Nezujinja Shrine Annual Grand Festival

Lokasi: Nezujinja Shrine
Alamat: 1-28-9 Nezu, Bunkyo-ku

Festival ini sudah berlangsung sejak periode Edo dan konon menjadi salah satu dari 3 festival Edo terbesar. Selain bisa menikmati berbagai pertunjukan budaya yang dilangsungkan saat festival ini, pengunjung bisa sambil melihat-lihat keindahan kuil Nezu.

Nezu Jinja [foto: Wiiii/wikimedia]
Nezu Jinja [foto: Wiiii/wikimedia]
  • 27-28 September 2014 (atau 11-12 Oktober 2014)

Fukuro Festival

Lokasi: di sekitar Stasiun Ikebukuro

Festival ini sebetulnya terbilang baru karena baru diadakan pada tahun 1968 dengan tujuan untuk mempromosikan kawasan Ikebukuro. Akan ada banyak pertunjukan seni dan budaya tradisional, termasuk arak-arakan mikoshi (kuil portable).

  • 27-28 September 2014

Chestnut Festival

Lokasi: Okunitama Jinja Shrine
Alamat: 3-1 Miya-machi, Fuchu-shi

Festival ini sudah diadakan sejak tahun 1738. Kenapa disebut sebagai Chestnut Festival? Karena kawasan di sekitar kuil dikenal sebagai tempat penghasil chestnut berkualitas tinggi sehingga kerap disajikan untuk klan Tokugawa sebagai penguasa Edo. Saat ini chestnut-chestnut tersebut dapat dibeli di kios makanan yang buka saat festival berlangsung.

  • 12-13 Oktober 2014

Oeshiki Festival

Lokasi: Ikegami Honmonji Temple
Alamat: 1-1-1 Ikegami Ota-ku

Festival ini merupakan festival Budha yang bertujuan untuk memperingati kematian Saint Nichiren. Sebetulnya festival ini diperingati di banyak tempat, namun yang dilangsungkan di Ikegami Honmonji Temple ini yang paling istimewa. Itu karena disinilah tempatnya Saint Nichiren meninggal dunia. Bagian paling menarik dari festival ini adalah saat 3000 orang membawa lentera suci dan mengelilingi rute sepanjang 2 kilometer.

via tsunagujapan.com
via tsunagujapan.com
  • 19-20 Oktober 2014

Nihombashi Ebisu-ko Bettara-ichi (Pickle Fair)

Lokasi: Takarada Ebisu Jinja Shrine
Alamat: 3-10 Hon-cho, Nihombashi, Chuo-ku

Pada festival ini akan terdapat banyak vendor yang menjajakan berbagai produk khusus seperti asinan. Totalnya bisa mencapai lebih dari 400-500 kios yang akan beroperasi hingga larut malam sehingga suasana betul-betul akan sangat meriah.

  • 25-26 Oktober 2014

Motor Sport Japan 2014 Festival

Lokasi: Odaiba
Alamat: Odaiba Event Site (Aomi Temporary Parking Lot), 1-1 Aomi, Koto-ku

Dari namanya saja sudah bisa ditebak jika event ini pastinya berkaitan dengan dunia balapan. Menariknya, harga tiketnya gratis lho.

  • 25 Oktober – 11 November 2014

Kanda Used Book Festival

Lokasi: Jimbocho
Alamat: di berbagai spot di wilayah Jimbocho

Festival tahunan terbesar di Jimbocho. Pecinta buku jangan sampai melewatkan event ini karena akan ada banyak buku antik yang bertebaran di festival ini. Oya, festival ini dapat dibatalkan jika cuaca tidak mendukung.

  • Akhir Oktober – pertengahan November 2014

Takahata-fudoson Kiku Matsuri

Lokasi: Takahata-fudoson Temple
Alamat: 773 Takahata, Hino-shi 191-0031

Festival ini sejatinya merupakan sebuah festival bunga krisan. Akan ada banyak display macam-macam bunga krisan, penjualan bunga maupun bibit bunga, dan lain-lain.

  • 10-22 November 2014

Asakusa Tori-no-ichi Fair

Lokasi: Asakusa
Alamat: (Chokokuji Temple) 3-19-6 Senzoku, (Ootori Jinja Shrine) 3-18-7 Senzoku Taito-ku

Fesival tahunan yang diadakan di berbagai kuil yang ada di seluruh Jepang.

  • Awal November 2014

Dream Yosacoy Festival

Lokasi: Tokyo Odaiba/Marunouchi/Yurakucho

Festival tari-tarian ini termasuk salah satu festival terbesar di Tokyo karena dapat melibatkan 6000 penari dan 80 team dan ribuan penonton.

  • 1-23 November 2014

Bunkyo Chrysanthemum Festival

Lokasi: Yushima Tenmangu Shrine
Alamat: 3-30-1 Yushima, Bunkyo-ku

Festival bunga krisan ini cukup menarik untuk dihadiri karena di festival ini bisa lebih dari 2000 tumbuhan krisan yang dipamerkan. Selain itu, suasana kuil ini cukup menarik untuk dilihat-lihat.

  • Pertengahan November – Akhir Desember 2014

Iluminasi khusus di Rikugien Garden

Lokasi: Rikugien Gardens
Alamat: 6-16-3 Honkomagome

Oke, ini mungkin bukan festival dengan keramaian seperti festival tradisional lainnya. Namun iluminasi khusus di Rikugien selalu menarik untuk dikunjungi karena taman ini sudah sangat dikenal sebagai salah satu taman tercantik di Tokyo.

***

Kira-kira itulah beberapa festival musim gugur yang bisa saya kumpulkan. Mudah-mudahan bermanfaat yah!

***

*Seluruh foto diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username flickr/wikimedia.

 

baca juga :

[Sample Itinerary Tokyo] Wisata Hemat

Menikmati Musim Semi Bersalju Di Jepang

10 Festival Musim Semi Terpopuler Di Tokyo Dan Jepang

Comments

comments