Semarang memang surganya kuliner. Mulai dari lunpia, nasi goreng babat, tahu petis, dan masih banyak lagi pilihan ragam cemilan dan makanan untuk memperkaya pengalaman lidah kita.

Berburu kuliner di Semarang rasanya kurang afdol kalo belum menjejakkan kaki ke daerah Simpang Lima. Memang, lapangan luas yang menghubungkan 5 jalan raya utama di ibukota Jawa Tengah ini merupakan tempat berkumpulnya para pedagang makanan dan minuman, terutama di malam hari.

Bagi seorang food traveler, alias pelancong yang hobi berburu kuliner lokal, Simpang Lima seringkali menjadi daya tarik utama. Bila kamu adalah salah satunya, idealnya kamu menginap di hotel-hotel yang berada di kawasan Simpang Lima ini. Tidak sedikit jumlahnya penginapan yang tidak jauh dari lapangan pusat kuliner malam ini. Range harga dan fasilitasnya pun bervariasi.

Nah bagi kalian yang berencana ke Semarang dan ingin mencari penginapan di sekitar lapangan Simpang Lima, berikut adalah beberapa referensi sekaligus review kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk kamu pertimbangkan.

 

1. Holiday Inn Express Semarang

Lokasi: Jl. Ahmad Yani Semarang Central Java No. 145, Simpang Lima, Semarang, Indonesia

1-jpg-4c37a2b7f9b5e689b1beafb16afdd237

Holiday Inn Express adalah jaringan hotel yang ada di beberapa kota besar. Umumnya, hotel ini berada di lokasi yang sangat strategis. Termasuk juga hotel Holiday Inn Express yang ada di Semarang. Jaraknya hanya sekitar 3 menit berjalan kaki menuju lapangan Simpang Lima. Hotel bintang 3 ini memiliki desain interior yang cerah dan sangat elegan sehingga tampak menarik dan menyenangkan untuk dilihat.

Fasilitas yang ditawarkan hotel ini meliputi akses wifi gratis, TV layar datar dengan saluran kabel, mesin pembuat kopi di setiap kamar, iPod docking, dan kamar mandi yang bagus. Kamar suite dilengkapi juga dengan living room. Bagi perokok, tersedia juga beberapa kamar yang memperbolehkan tamu untuk merokok di dalamnya. Fitness center tersedia untuk 24 jam setiap hari. Selain itu, masih ada juga business center, meeting room, laundry, setrika, dan sebagainya.

2-jpg-cb986093c3fcb413f9101c1da0199f25

Kelebihan:

  • Cukup dekat dengan Simpang Lima Semarang. Masih bisa diakses dengan berjalan kaki tanpa terlalu melelahkan.
  • Menyediakan jamu tradisional sebagai salah satu pilihan minuman waktu sarapan.
  • Semua ruangan terasa sangat luas, desainnya indah, terang, dan kebersihannya terjaga dengan sempurna.
  • Tersedia vending machine untuk minuman dan cemilan.

3-jpg-acb9c8385e4df5441eba1a0e20b3526f

Kekurangan:

  • Area parkir di basement sempit dan agak merepotkan untuk mengatur keluar masuk kendaaan. Mungkin agak menyebalkan bagi orang yang belum terlalu mahir mengendarai mobil.
  • Variasi menu dan rasa makanan saat sarapan kurang beragam untuk ukuran hotel bintang 3
  • Tidak ada room service.
  • Tidak ada kolam renang. Padahal hotel bintang 3 seharusnya ada kolam renang.

2. Sumi Hotel

Lokasi: Jalan Gajah Mada, No. 129 Simpang Lima, Simpang Lima, Semarang, Indonesia 50153

4-jpg-bc524936b6098d7180ec53390eb19e39Dibanding hotel-hotel lainnya, mungkin Sumi Hotel adalah hotel yang lokasinya paling dekat dengan Simpang Lima. Keluar dari parkiran hotel, lapangan Simpang Lima langsung kelihatan di depan mata.

Sumi Hotel ini mempunyai konsep bangunan minimalis dan modern dengan desain bangunan yang menarik di area luar dan dalam gedung. Memasuki area lobby, kamu akan langsung menemukan meja resepsionis tepat di depan pintu masuk utama. Di sebelah kanan adalah lounge dimana para tamu menikmati sarapannya setiap pagi.

Fasilitas yang ditawarkan Sumi Hotel antara lain adalah akses wifi gratis, TV layar datar beserta saluran kabel, AC, dan sebagainya. Di area Hotel ini memiliki total hingga 79 kamar dengan berbagai pilihan. Di dekat area resepsionis, tersedia dua buah area lounge yang nyaman untuk bersantai yaitu berada di lantai dasar dan di lantai mezzanine.

5-jpg-f0117efe73dac4640cb4078d3b94d40d

Kelebihan:

  • Super dekat dengan Simpang Lima. Bahkan orang yang malas berjalan pun tidak akan keberatan untuk berjalan kaki dari hotel ke lapangan Simpang Lima itu sendiri.
  • Ruangan kamar cukup luas dan lega. Tidak terkesan sumpek.
  • Ranjangnya lebar. Buat orang yang tidurnya suka bolak-balik, kamar hotel ini akan terasa cukup nyaman. Bahkan single bed nya saja muat untuk dua orang meski jadinya agak sempit.
  • Kamar mandi tidak terlalu sempit dibanding hotel lain yang rate-nya sama. Lumayan bisa bergerak bebas.
  • Desain arsitekturalnya menarik.

6-jpg-9e2390e780f7ffcfb664e35fe810214dKekurangan:

  • Menu sarapan terlalu minim. Hanya nasi putih, satu lauk sederhana (waktu itu telur), satu menu sayuran. Tidak ada buah, apalagi hidangan pencuci mulut. Kasihan kalau ada tamu yang seleranya kurang cocok dengan menu itu karena tidak ada pilihan lain. Minuman hanya tersedia air putih, teh, dan kopi hitam.
  • Dinding kamar mandi hanya berupa kaca. Meski di ketinggian badan manusia kacanya buram, tetap saja akan terlihat dari ruang tidur. Kalau yang menginap suami istri sih bukan masalah. Tapi kalau teman atau mitra bisnis, mungkin akan merasa risih.
  • Staff tidak ramah dan bahkan agak judes terutama jika sudah malam hari.

 

3. Simpang Lima Residence

Lokasi: Jalan Kh Ahmad Dahlan 6B, Simpang Lima, Semarang, Indonesia 50241

7-jpg-4b1c130eae955913faf3baf6553050b3

Sesuai dengan namanya, Simpang Lima Residence adalah hotel yang letaknya masih di kawasan Simpang Lima Semarang. Konsep dari hotel ini adalah hotel sekaligus bar dan café. Bar terletak di area lobby yang menyediakan berbagai pilihan minuman yang menarik.

Rooftop yang ada di bangunan depan merupakan sebuah café yang masih merupakan bagian dari hotel ini. Kebanyakan tamu dari hotel ini adalah traveler-traveler muda atau backpacker. Tak sedikit dari mereka yang merupakan food traveler.

Fasilitas yang ditawarkan Simpang Lima Residence antara lain akses wifi gratis, TV, satu set perlengkapan minuman, lemari beserta brankas mini, jasa laundry, jasa setrika, lounge area, dan sebagainya. Area parker berada di semi-basement dan area lobby utama berada di lantai dasar. Kamar tersedia di lantai semi-basement, dan dari lantai 2 hingga lantai 6 dengan berbagai pilihan kamar.

8-jpg-9242ed4c41da11d7f1c71a86452bfd43

Kelebihan:

  • Pilihan menu sarapan sangat beragam. Mulai dari nasi, mie, nasi goreng, berbagai lauk dan sayur. Buah dan hidangan pencuci mulut pun bervariasi. Minumannya ada beberapa jenis jus, teh, dan kopi.
  • Tiap ruangan bisa diatur suhu dan tingkat kelembabannya sendiri.
  • Ada café dan bar. Cocok untuk bersantai sembari makan atau sekedar mengemil. Menu makanannya pun bisa dipesan untuk diantarkan ke dalam kamar. Ragam menunya juga sangat bervariatif.
  • Pada malam hari, di Jalan KH Ahmad Dahlan ini banyak pedagang jagung bakar khas Semarang. Ada juga warung Es Puter Congklik yang sangat legendaris. Warung Es Puter tersebut berada tepat di depan hotel. Pemburu kuliner pasti senang menikmati es puter dan jagung bakar ala Semarang di malam hari.
  • Untuk mencapai lapangan Simpang Lima juga bisa dengan berjalan kaki. Begitu pula kalau mau ke minimarket atau bahkan Mall Ciputra.
  • Jalanan dilewati oleh angkutan umum dan becak.

9-jpg-c63ff1b6c00cb5ed259b9295ab3e7d15Kekurangan:

  • Ruangan kamar sempit. Pada beberapa kamar sulit sekali untuk dipakai sholat. Namun hotel ini menyediakan mushola sebagai solusinya.
  • Bukan hanya sempit, plafond pun cukup rendah. Sehingga ruangan jadi lebih terkesan sumpek.
  • Beberapa kamar bahkan tidak memiliki jendela.
  • Kamar mandi sempit sehingga ruang gerak sangat terbatas.

 

4. Hotel Horison

Lokasi: Jl KH Ahmad Dahlan No 2, Simpang Lima, Semarang, Indonesia

10-jpg-afb9f9ea3ac33bfb6c5d4b9ae944212f

Bila ingin penginapan yang lebih wah, pilihan berikutnya yang sangat dekat dengan lapangan Simpang Lima Semarang adalah Hotel Horison. Jaraknya hanya beberapa langkah saja. Hotel ini termasuk hotel berbintang yang paling laris di kawasan Simpang Lima, baik itu untuk tujuan wisata maupun bisnis.

Karena merupakan hotel bintang empat, bangunan hotel ini tampak sangat menarik dan fasilitasnya pun serba lengkap. Mulai dari kolam renang, fitness center, karaoke, dan meeting room, ada semua. Restaurant tersedia untuk berbagai ragam kuliner. Pertunjukkan music live juga disediakan untuk menghibur para tamu.

11-jpg-7b584ba995fe0e68bcd4f8809f7b5212

Kelebihan:

  • Desain arsitekturalnya bagus dari segi eksterior dan interior
  • Kolam renangnya luas, indah, dan nyaman. Di sekitar kolam banyak tempat untuk duduk dan bersantai.
  • Pilihan menu makanan sangat variatif
  • Fasilitas super lengkap

12-jpg-edd34d656f54ccde28e26474e9cfff7d

Kekurangan:

  • Parkiran sempit dan harus menggunakan valet. Valetnya sendiri seringkali memakan waktu lama.
  • Lokasinya dekat dengan Simpang Lima, tapi view jendela tidak menghadap ke sana. Sayang sekali.
  • Kualitas pelayanan tidak stabil. Kadang bagus, kadang jelek.
  • Air panas di kamar mandi kadang tidak bisa diatur sesuai keinginan.

 

5. Damai Residence

Lokasi: Jl. MT Haryono (Perempatan Bangkong) No. 854-856, Simpang Lima, Semarang, Indonesia 50124

13-jpg-f84906f04b32b0a75ce8c8d7601cd527Terletak di perempatan Bangkong, Damai Residence adalah sebuah hotel yang bertempat di sebuah bangunan kuno. Konon, bangunan ini sudah berdiri sejak sekitar tahun 1900. Awalnya bangunan ini adalah rumah tinggal milik orang Belanda.

Setelah kemerdekaan, kepemilikannya diambil alih oleh warga Indonesia dan dijadikan sebagai tempat praktek dokter, rumah bersalin, parik kecap, tempat les bahasa Inggris, dan sekarang hotel. Gaya arsitektural dan interiornya yang sangat bernuansa kolonial ini tidak dirubah sedikitpun, bahkan justru dijadikan sebagai daya tarik utamanya.

Fasilitas yang ditawarkan hotel ini antara lain adalah TV layar datar dengan saluran kabel, AC, wifi gratis, laundry, dan room service yang siap sedia selama 24 jam. Karena bangunannya tidak begitu besar, tidak banyak kamar yang tersedia di sini. Total ada sebanyak 23 kamar yang terbagi menjadi 5 kamar Platinum, 6 kamar Gold, dan 12 kamar Silver.

14-png-77acd31d3dfa8d0a8ff3456da6b5b5d9

Kelebihan:

  • Arsitektural bangunan yang unik dan menarik. Ada banyak spot yang bagus untuk berfoto-foto ria.
  • Dekat dengan Warung Soto Bangkong khas Semarang yang legendaris, salah satu menu wajib para pemburu kuliner.
  • Jendela kamar sangat lebar jadi ruangan terasa terang dan tidak sumpek.
  • Tersedia mesin cuci yang bisa dipakai para tamu secara gratis.
  • Semua ruangan sangat luas baik itu lobby, tempat parkir, dan bahkan kamar tidur. Cocok untuk menginap bersama keluarga terutama yang punya anak-anak.
  • Staff hotel, terutama pengelolanya, sangat ramah dan baik hati. Bersedia memberikan info dan tips seputar wisata, kuliner, dan transportasi umum di Semarang.

15-png-05ee1b1ca8cec7f3036a81bf89c1f746

Kekurangan:

  • Kalau mau jalan kaki ke Simpang Lima lumayan jauh juga. Cukup melelahkan bagi orang yang tidak terbiasa berjalan kaki.
  • Beberapa area di hotel ini justru terkesan mistis dan agak angker saking kunonya. Misalnya seperti sumur tua yang dibiarkan menganga di belakang rumah atau area menuju parkiran mobil. Orang yang takut horror mungkin akan merasa tidak nyaman dengan ini.
  • Wifi hanya bisa diakses di lobby saja. Jadi, kamu tidak bisa browsing internet gratis ketika berada di dalam kamar. Tidak praktis, mengingat rata-rata orang sukanya browsing sembari bersantai atau tiduran di kasur.

 

6. Hotel Ciputra Semarang

Lokasi: Jalan Simpang Lima – PO Box 1288, 50134 Semarang, Indonesia

16-jpg-db7bdb66883bdede4788cc810040c002Dari semua hotel-hotel di kawasan Simpang Lima Semarang, Hotel Ciputra merupakan hotel berbintang lima yang letaknya paling dekat dengan lapangan Simpang Lima, yaitu tepat di seberang jalan. Hotel ini juga sudah sangat lama berada di situ sehingga sudah terkenal.

Fasilitas hotel yang tersedia sangat lengkap. Kolam renang berada di rooftop depan. Fitness center, restaurant, dan meeting room disediakan untuk memenuhi kebutuhan dan harapan para tamunya. Kamar dilengkapi dengan wifi, TV layar datar dengan saluran kabel, kamar mandi yang nyaman, dan masih banyak lagi.

17-jpg-999d885225ebe4a99a15b4dece323813

Kelebihan:

  • Mau ke Simpang Lima tinggal menyeberang jalan.
  • Jendela kamar menghadap langsung ke lapangan Simpang Lima yang ramai dan sibuk. Kalau malam hari terlihat indah.
  • Hotel tersambung dengan Mall Ciputra. Gampang kalau mau shopping, ke restaurant, arena bermain anak, dan masih banyak lagi.
  • Mau kemana-mana mudah saja. Di depan hotel tersedia berbagai pilihan transportasi mulai dari becak, taksi, bahkan angkot dengan berbagai jurusan pun ada.
  • Fasilitas paling lengkap. Kalau mau hotel mewah yang paling dekat dengan Simpang Lima, ya hotel ini jawabannya.

18-jpg-9a44052c271b743cc0e45aee8c30af66

Kekurangan:

  • Varian menu sarapan terlalu sedikit untuk ukuran hotel bintang 5. Pilihan makanan yang ada pun juga kurang mewah.
  • Bangunan terlalu tua dan kurang terawat. Beberapa bagian perlu direnovasi agar tampak indah kembali.
  • Kamar mandi sebagian mengalami penurunan kualitas seperti bath tub usang, keran bocor, handuk sudah agak kusam, dan sebagainya. Perlu diperbaiki atau diganti.
  • Sistem kedap suara di kamar kurang maksimal. Kadang masih terdengar suara-suara dari luar yang cukup mengganggu kenyamanan.

 

Simpang Lima adalah kawasan yang strategis. Bukan hanya karena dekat dengan pusat kuliner malam. Namun, titik ini juga merupakan titik lalu lintas yang sibuk. Mau kemanapun kamu pergi, pasti ada angkutan umum yang lewat tempat ini dan bisa membawamu ke tempat tujuanmu itu. Jika tidak ada angkot, masih ada banyak becak dan taksi yang bisa menjadi alternatif.

Banyak orang mengira bahwa tempat strategis seperti ini tidak mungkin ada penginapan yang murah. Padahal, itu semua salah besar. Buktinya, dari yang murah sampai yang sangat murah pun ada. Mau yang mahal dan sangat mahal pun juga ada. Itulah hebatnya kota Semarang. Dan satu lagi. Meski merupakan persimpangan dari 5 jalan raya yang sibuk, titik ini tidak pernah mengalami kemacetan panjang seperti Jakarta.

 

* Seluruh foto diambil melalui dengan Credit agoda & booking. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. 

 

baca juga :

Wah, Siapa Sangka 6 Hotel Keren di Semarang Ini Ternyata Rate-nya Budget Abis!

Aneka Hotel ‘Wah’ di Semarang yang Cocok Banget Untuk Liburan. Rate-nya Masih Batas Wajar, Kok!

Berburu Event di Solo Sambil Nginap di Hotel-hotel Ramah Budget Untuk Backpacker? Why Not!

Comments

comments