Home Thailand Bangkok Bangkok Untuk Pemula, dan Bermacam Alasan Kenapa Harus Pergi Kesana

Bangkok Untuk Pemula, dan Bermacam Alasan Kenapa Harus Pergi Kesana

Punya rencana untuk menjelajah Asia? Maka kalian bisa mulai dengan mengunjungi Bangkok. Dari seluruh kota yang ada di Asia, khususnya Asia Tenggara, Bangkok memang punya segudang magnet wisata yang bisa menarik wisatawan internasional untuk datang mengunjunginya.

Mulai dari wisata sejarah hingga wisata modern, wisata alam hingga wisata malam (nightclub dan teater), pasar tradisional hingga butik papan atas; semua bisa kalian temukan di Bangkok. Nggak heran kalau Bangkok akhirnya dikenal sebagai salah satu destinasi wisata utama di Asia.

Tertarik untuk menjelajah Bangkok? Jika kalian first time traveller, simak berbagai informasi tentang Bangkok berikut ini, mulai dari daya tarik Bangkok, aneka obyek wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi disana, hingga akses menuju Bangkok.

*             *             *             *             *

Informasi Singkat

Bangkok
Bangkok, via tatguru

Bangkok merupakan ibu kota negara Thailand, sekaligus salah satu destinasi wisata utama di negara tersebut. Bahkan, bisa dibilang Bangkok adalah salah satu destinasi wisata favorit di kawasan Asia Tenggara. MasterCard Global Destination Cities Index menobatkan Bangkok sebagai salah satu kota yang paling banyak dikunjungi pada tahun 2012, 2013, dan 2016.

Berbagai majalah pariwisata internasional pun kerap memasukkan Bangkok sebagai kota yang wajib dikunjungi di kawasan Asia Tenggara, sehingga fakta jika Bangkok sebagai salah satu permata pariwisata Asia pun tak terbantahkan.

Sebagai sebuah kota, Bangkok memiliki wilayah yang cukup luas. Kota ini memiliki 50 distrik, yang dibagi lagi dalam 154 sub-distrik. Beberapa distrik/sub-distrik populernya antara lain: Siam Square (kaya akan pusat perbelanjaan modern), Sukhumvit (distrik ekslusif yang banyak dikunjungi oleh ekspatriat), Khao San Road (terkenal sebagai surganya backpacker), dan Ramkhamhaeng (memiliki pusat perbelanjaan besar dan amusement park).

*             *             *             *             *

Daya Tarik Bangkok

Bangkok
Bangkok, via wanderlusttips

Bangkok bukannya mendapat predikat sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Asia tanpa alasan yang jelas. Kota ini memang memiliki 1001 pesona, yang dapat membuat wisatawan dari berbagai kalangan menemukan apa yang dicarinya di Bangkok. Namun jika kalian belum menemukan alasan apa yang membuat Bangkok begitu menawan, mari kita kupas satu persatu, dimulai dari suasananya secara keseluruhan.

Suasana kontras di Bangkok
Suasana kontras di Bangkok, via backwallpapers

Sebagai ibu kota sebuah negara sekaligus kota terbesar di Thailand, Bangkok memiliki suasana ala kota-kota besar, dengan gedung-gedung pencakar langit, lalu lintas yang padat, serta distrik-distrik padat penduduk. Namun menariknya, Bangkok juga memiliki banyak sisi kontradiktif yang membuat kota ini terasa begitu hidup dan memikat.

Salah satunya adalah keberadaan berbagai spot wisata bersejarah dan religi, seperti istana dan kuil, yang memang banyak terdapat di Bangkok. Jadi, entah apakah kalian menginginkan wisata modern ala kota besar, atau pun kalian lebih suka menelusuri jejak peninggalan masa lalu berbalut budaya tradisional, semua bisa ditemukan di Bangkok.

Malam di Bangkok
Malam di Bangkok, via cdnimg.expetfinder

Tak hanya itu saja, Bangkok juga dikenal sebagai salah satu kota yang nyaris selalu hidup dalam 24 jam. Kota ini memiliki banyak klab malam yang hype. Aneka klab malam baru pun selalu bermunculan setiap waktu, sehingga para party goers dijamin nggak akan pernah merasa bosan bertualang dari satu klab ke klab lain. Dan, Bangkok juga rutin menjadi salah satu tempat konser pilihan para musisi kelas dunia. Hal inilah yang membuat kota tersebut juga menjadi incaran para pecinta pertunjukan live dan konser musik.

Salah satu pusat perbelanjaan di Bangkok
Salah satu pusat perbelanjaan di Bangkok, via booking

Bangkok juga dikenal sebagai salah satu destinasi favorit untuk melakukan wisata belanja. Kota ini memiliki puluhan pusat perbelanjaan modern yang sanggup memanjakan wisatawan dengan berbagai range budget belanja. 15 diantara pusat perbelanjaan tersebut bahkan masuk dalam level dunia, dan konsentrasi terbanyaknya bisa kalian temukan di sekitar Sukhumvit.

Tapi, uniknya, Bangkok pun nggak hanya berisi mall saja. Kota ini juga punya banyak pasar tradisional dengan konsep yang bervariasi: mulai dari pasar biasa hingga pasar terapung, yang sanggup menemani wisatawan belanja dari pagi hingga dini hari tiba. Intinya, pecinta wisata belanja nggak perlu khawatir kehabisan spot belanja untuk dikunjungi selama berada di Bangkok.

Sebuah rooftop bar di Bangkok
Sebuah rooftop bar di Bangkok, via destinasian

Selain dikenal sebagai surga clubbing dan surga belanja, Bangkok juga dikenal sebagai surga kuliner. Beberapa restoran terbaik di Asia – bahkan dunia – bisa kalian temukan di Bangkok. Beragam variasi tempat makan pun ada di kota tersebut, yang bisa disesuaikan dengan selera dan budget wisata.

Entah apakah kalian lebih suka makan di restoran mewah atau rooftop bar yang terletak di ketinggian, atau budget-nya hanya cukup untuk kongkow cantik di kaki lima, kalian tetap bisa menikmati aneka kuliner khas Thailand dan Bangkok yang lezat tanpa perlu khawatir over budget.

Bangkok
Bangkok, via asiarents

Daya tarik lain dari Bangkok terutama terletak pada iklimnya dan posisi geografisnya. Sebagai negara tropis, Bangkok punya suhu udara yang relatif hangat sepanjang tahun; membuat kota ini menarik untuk dijelajahi kapan saja (terutama bagi wisatawan yang berasal dari negara 4 musim).

Posisi Bangkok pun terbilang strategis, karena dari sini kalian dapat bepergian ke destinasi di negara lain dalam jarak tempuh yang cukup singkat. Kalian hanya perlu kira-kira 4 jam untk mencapai Bali, 2 jam menuju ke Singapura, serta 3 jam menuju Hongkong. Strategis banget kan?

Sebuah hostel di Bangkok
Sebuah hostel di Bangkok, via booking

Tapi, ada hal lain yang membuat Bangkok ini terasa begitu seksi di mata wisatawan. Bahkan mungkin inilah daya tarik Bangkok yang sebenarnya. Sebagai ibu kota sebuah negara, Bangkok bisa dibilang cukup murah untuk dikunjungi oleh siapapun. Kalian bisa dengan mudah menemukan aneka kuliner dengan harga yang murah meriah.

Akomodasi murah pun bertebaran dimana-mana, mulai dari tipe hostel, hingga hotel berbintang 5 yang rate-nya jauh lebih murah dari hotel berbintang 5 di kota besar di negara lain. Karenanya, jangan heran jika kalian bisa menemukan berbagai tipe wisatawan di Bangkok, mulai dari wisatawan dengan budget wisata unlimited, hingga backpacker.

*             *             *             *             *

Yang Harus Dilakukan di Bangkok

Dari sekian banyak aktifitas wisata yang bisa dilakukan di Bangkok, inilah beberapa hal yang wajib kalian lakukan di kota tersebut:

 

Mengunjungi Aneka Kuil-nya

Thailand memiliki banyak kuil cantik nan megah, dan sebagian kuil terbaik di Thailand bisa kalian temukan di Bangkok. Lima diantaranya yang wajib dikunjungi saat berada di Bangkok antara lain adalah sebagai berikut:

  • Wat Pho, Kuil Dengan Patung Buddha Tidur Berukuran Super Besar
Patung Buddha tidur di Wat Pho
Patung Buddha tidur di Wat Pho, via charsu

Patung Buddha tidur di kuil ini memang punya ukuran yang fantastis: tinggi 15 meter, panjang 43 meter. Keberadaannya sulit untuk diabaikan, kan?

***

  • Wat Arun, Kuil dengan Arsitektur yang Ikonik dan Unik
Wat Arun
Wat Arun, via megatour

Salah satu kuil dengan arsitektur paling ikonik di Bangkok.

***

  • Wat Phra Kaew, Kuil Terpenting di Bangkok.
Wat Phra Kaew
Wat Phra Kaew, via getoutmore2010

Lokasinya berada satu area dengan Grand Palace, menandakan betapa pentingnya posisi kuil ini di Bangkok.

***

  • Wat Traimit, Kuil Putih Keemasan yang Elegan di Chinatown
Wat Traimit
Wat Traimit, via kay.vn

Kuil ini cocok banget dikunjungi oleh kalian yang berencana mengeksplorasi Chinatown.

***

  • Wat Benjamabhopit, Populer Dikunjungi oleh Pemerintah Setempat
Wat Benjamabhopit
Wat Benjamabhopit, via photos-de-voyages.fr

Wajar saja, karena lokasi kuil berjuluk “The Marble Temple” ini memang berada di dekat pusat pemerintahan dan istana.

*****

Mengunjungi Grand Palace

Grand Palace
Grand Palace, via eccotravel

Grand Palace bisa disebut sebagai obyek wisata utama di Bangkok. Belum sah rasanya wisata Bangkok jika belum mampir ke Grand Palace. Tempat yang pernah menjadi kediaman Raja Thailand selama 150 tahun ini memiliki arsitektur yang megah dan menarik, dan tentunya, memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Hanya saja, jika ingin mengunjungi tempat ini, pastikan kalian mengenakan pakaian yang pantas ya! Untuk pria, harus mengenakan celana panjang dan kemeja/kaos berkerah, sementara wanita harus mengenakan pakaian yang sopan, cukup tertutup, dan tidak terawang.

*****

Wisata Kuliner

Kuliner pinggir jalan di Bangkok
Kuliner pinggir jalan di Bangkok, via tajlandiafaq

Bangkok punya banyak destinasi wisata kuliner yang keren, mulai dari pedagang kaki lima, restoran kecil di pinggir jalan, hingga restoran kelas atas dan roof top bar. Pilihlah yang paling sesuai dengan budget kalian, dan bersenang-senanglah!

*****

Shop ‘Till You Drop

Sebuah pasar malam di Bangkok
Sebuah pasar malam di Bangkok, via thailand-press

Mulai dari pasar tradisional, pasar terapung, pasar malam, hingga shopping mall kelas dunia; banyak banget spot wisata belanja di Bangkok yang sudah menunggu untuk dijelajahi oleh shopaholic.

*****

Merayakan Malam

Sebuah klab malam di Bangkok
Sebuah klab malam di Bangkok, via yogi-real

Suka kehidupan malam? Bangkok punya banyak klab malam kelas atas yang dapat memuaskan hasrat kalian untuk merayakan malam. Atau, kalian juga bisa menjelajah area red-light district seperti Soi Cowboy yang memiliki banyak pub dan bar, maupun mampir ke aneka club dan bar di Khao San Road.

*****

Melakukan Wisata Budaya

Ingin melakukan wisata budaya selama berada di Bangkok? Berikut ini beberapa rekomendasi aktifitas wisata budaya yang bisa kalian lakukan di Bangkok:

  • Mengunjungi Museum
Museum Erawan, Bangkok
Museum Erawan, Bangkok, via clublexus

Bangkok punya museum dengan tema yang bervariasi, mulai dari museum bertemakan sejarah, seni, seni kontemporer, hingga museum dengan tema erotis.

***

  • Melihat Pertunjukan Budaya
Sebuah pertunjukan budaya di Bangkok
Sebuah pertunjukan budaya di Bangkok, via welcometour

Nggak sulit untuk menemukan berbagai pertunjukan budaya di Bangkok. Mulai dari pertunjukan kabaret, pertunjukan musik, hingga pertunjukan Muay Thai dan kickboxing, bisa kalian temukan di Bangkok.

*****

Mampir ke Berbagai Distrik dan Jalan Populer di Bangkok

Ya, Bangkok memiliki beberapa distrik serta jalanan yang populer dikunjungi oleh wisatawan asing. Sebagian yang wajib masuk dalam itinerary wisata kalian adalah sebagai berikut:

  • Khao San Road, Surganya Para Backpacker
Khao San Road
Khao San Road, via greenwoodtravel

***

  • Chinatown, Distrik Penuh Warna yang Selalu Hidup
Chinatown di Bangkok
Chinatown di Bangkok, via monstergram.blogspot

***

  • Soi Cowboy, Red-Light District-nya Bangkok
Soi Cowboy
Soi Cowboy, via thaigogo.ru

***

  • Royal City Avenue, Spot Clubbing Populer di Bangkok
Royal City Avenue
Royal City Avenue, via caniliveinthailand

***

  • Silom Road, Tenang di Siang Hari dan Menggeliat di Malam Hari
Kawasan Silom
Kawasan Silom, via pattayatrader

***

  • Sukhumvit, Bagi Kalian yang Menyukai Hingar Bingar Perkotaan
Sukhumvit
Sukhumvit, via nextstopbangkok

***

  • Rattanakosin (Kota Tua), Cocok Bagi Kalian yang Menyukai Wisata Sejarah
Rattanakosin
Rattanakosin, via new-treveler

***

  • Soi Rambuttri, Menawarkan Suasana yang Kontras dengan Khao San Road
Soi Rambuttri
Soi Rambuttri, via vivre-en-thailande

*****

Mengunjungi Taman

Taman mungkin bukanlah destinasi wisata major di Bangkok. Tapi, kota ini memiliki beberapa taman yang layak dikunjungi jika kalian sudah terlalu lelah dengan keramaian ibu kota Thailand tersebut. Beberapa taman yang mungkin cukup menarik untuk dikunjungi antara lain sebagai berikut:

  • Benjakitti Park
Benjakitti Park
Benjakitti Park, via asiatravel.services

***

  • Lumpini Park
Lumpini Park
Lumpini Park, via blog.daum

***

  • Romaneenart Park
Romaneenart Park
Romaneenart Park, via pursuitofexcitement.wordpress

***

  • Santichaiprakarn Park
Santichaiprakarn Park
Santichaiprakarn Park, via centerwedding

***

  • Benjasiri Park
Benjasiri Park
Benjasiri Park, via asiavacations

***

  • Queen Sirikit Park
Queen Sirikit Park
Queen Sirikit Park, via timeout

***

  • Bang Krachao Gardens
Bang Krachao Gardens
Bang Krachao Gardens, via thaisky

*****

Memanjakan Diri dengan Pijatan Khas Thailand

Pijat khas Thailand
Pijat khas Thailand, via davaomassage

Thailand memang terkenal akan pijatan khasnya yang mengutamakan tekanan pada titik-titik tertentu, yang dikombinasikan dengan gerakan ritmis dan berkhasiat membuat tubuh menjadi lebih relaks dan berenergi. Mumpung lagi berada di Bangkok, jangan lupa untuk mencoba pijatan khas Thailand yang asli langsung dari ahlinya.

Ada banyak tempat pijat yang tersebar di seluruh penjuru Bangkok, mulai dari tempat pijat di pinggir jalan, hingga pijat serta spa mewah yang menawarkan kenyamanan ekstra.

*****

Menyusuri Sungai di Bangkok

Tur menyusuri sungai dan kanal di Bangkok
Tur menyusuri sungai dan kanal di Bangkok, via kojaro

Tahukah kalian kalau Bangkok pernah dijuluki sebagai “Venice of the East”? Saat ini memang sudah banyak kanal di Bangkok yang mengering dan tinggal kenangan saja. Namun, beberapa sungai di Bangkok masih populer untuk ditelusuri menggunakan perahu. Misalnya saja, Sungai Chao Praya, Klong Saen Saeb, dan Klongs of Thonburi.

Menariknya, di Bangkok tersedia berbagai moda transportasi air yang bisa dipilih oleh wisatawan, mulai dari taksi air, long tail boats (sejenis tuk-tuk di atas air), ferry, perahu kanal, hingga cruise privat. Wisatawan pun dapat memanfaatkan jalur sungai ini untuk mencapai obyek wisata tertentu, atau sekedar duduk santai dan menikmati pemandangan di sekitar tepian sungai.

*****

Naik Tuk-tuk

Tuk Tuk
Tuk Tuk, via di-thailan

Tuk tuk merupakan kendaraan roda tiga khas Thailand, yang populer digunakan sebagai moda transportasi sebelum berbagai transportasi massal dan jaringan transportasi umum dibangun di Bangkok. Kini tuk-tuk lebih populer sebagai moda transportasi untuk wisata, dan menjadi salah satu aktifitas wisata yang wajib dilakukan selama berada di Bangkok.

Ada beberapa tips bagi kalian yang ingin mencoba naik tuk-tuk: pertama, negosiasikan tarif sebelum kalian naik tuk-tuk. Kedua, jangan tertipu dengan ajakan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata tertentu, dengan biaya yang lebih tinggi dari tarif normal. Ketiga, hindari naik tuk-tuk di jam-jam sibuk (kira-kira pada pukul 7-9 pagi dan 4-7 malam), karena resiko terjebak kemacetan jalan raya akan lebih besar dibanding jam-jam lainnya.

*****

Mengunjungi Dokter dan Dokter Gigi

Sebuah klinik gigi di Bangkok
Sebuah klinik gigi di Bangkok, via cosmeditourdental

Akhir-akhir ini, Bangkok semakin gencar mempromosikan diri sebagai salah satu kota terbaik untuk melakukan wisata kesehatan. Salah satu fasilitas utama yang ditawarkan adalah berbagai klinik kesehatan gigi-nya yang di klaim memiliki kualitas terbaik, namun dengan harga yang relatif terjangkau.

Jadi, sekalipun kalian telah memiliki dokter langganan di kota masing-masing, kalian mungkin bisa mempertimbangkan untuk mengunjungi berbagai fasilitas kesehatan gigi saat berada di Bangkok.

*             *             *             *             *

Seputar Scam

Tak dapat dipungkiri, Bangkok pun tak luput dari scammer yang memang mengincar para turis, khususnya mereka yang baru pertama kali berkunjung ke negara tersebut. Berikut ini beberapa scam populer yang kerap terjadi di Bangkok, dan tips untuk menghadapinya:

  1. Menginformasikan sebuah tempat wisata ditutup hari ini karena satu dan lain hal, dan menawarkan diri untuk menjadi guide menuju tempat wisata lain. Biasanya scammer akan mencegat wisatawan yang tengah menuju ke sebuah tempat wisata untuk memberikan informasi palsu tersebut, sehingga wisatawan nggak bisa melihat dengan benar apakah tempat tersebut betul-betul tutup atau tidak. Salah satu solusi terbaik adalah dengan mengabaikan scammer tersebut, dan langsung menuju ke lokasi wisata yang dituju.
  1. Penipuan taksi gelap. Biasanya taksi-taksi ini sengaja parkir di depan hotel/airport, dan hanya mengincar wisatawan asing yang memang membutuhkan jasa taksi. Biasanya wisatawan akan dikenai tarif yang berlipat ganda, atau tarif seenaknya sendiri (karena mereka tidak menggunakan argo). Sangat disarankan wisatawan untuk hanya menggunakan taksi resmi, atau taksi yang direkomendasikan oleh pihak hotel/airport.
  1. Penipuan sex show. Biasa terjadi di daerah yang memiliki banyak konsentrasi klab malam. Umumnya scammer akan menawarkan kesempatan untuk melihat show gratis, atau kalian nggak perlu bayar jika tidak menyukai pertunjukan tersebut. Pada kenyataannya, kalian tetap saja akan ditagih biaya nonton, bahkan bisa berkali-kali lipat. Sebaiknya jangan tertipu dengan bujuk rayu iming-iming pertunjukan gratis, dan hindari percaya dengan bujuk rayu untuk masuk ke sebuah tempat tertentu.
  1. Penipuan Tuk-Tuk. Modus yang biasa terjadi adalah pengendara tuk-tuk merayu kalian untuk mampir di suatu tempat, bisa sekedar untuk beli bensin atau mampir ke sebuah toko. Ujung-ujungnya kalian akan mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli sesuatu di sebuah toko (yang bekerja sama dengan pengemudi tuk-tuk itu). Solusinya, jangan mau kalau diajak menyimpang dari destinasi wisata yang telah kalian tetapkan.

*             *             *             *             *

Akses

Menuju Bangkok

Suvarnabhumi International Airport
Suvarnabhumi International Airport, via phraram

Ada banyak cara untuk mencapai Bangkok, namun dua yang paling populer adalah menggunakan pesawat dan kereta api.

Sebagai ibu kota Thailand, Bangkok menjadi pintu masuk utama masuknya wisatawan menuju negeri berjuluk Gajah Putih tersebut. Wisatawan asing yang datang menggunakan jalur udara (dari luar Thailand) biasanya akan mendarat di Suvarnabhumi Airport, bandara utama di Bangkok yang melayani penerbangan internasional.

Lain halnya jika kalian berangkat menuju Bangkok dari dalam Thailand, kemungkinan besar kalian akan mendarai di Don Muang Airport. Begitu juga jika kalian menggunakan penerbangan Air Asia, karena sejak Oktober 2012 maskapai ini hanya terbang dan mendarat dari Don Muang Airport.

Bangkok juga bisa dicapai dengan menggunakan jalur kereta. Stasiun utama di Bangkok adalah Hualamphong, yang menghubungkan Bangkok dengan wilayah utara, timur, timur laut, dan selatan Thailand. Kalian dapat membeli tiket kereta untuk hari ini maupun besok, dan sistem pembayarannya pun rata-rata menerima uang tunai maupun kartu kredit.

*****

Orientasi di Bangkok

Suasana jalan di Bangkok
Suasana jalan di Bangkok, via siemens

Dewasa ini, moda transportasi di Bangkok sudah berkembang semakin baik. Terdapat berbagai alternatif moda transportasi publik yang sudah menjangkau hampir seluruh penjuru Bangkok, kecuali untuk beberapa daerah tertentu yang masih membutuhkan pengembangan lebih lanjut.

Wisatawan dapat memilih untuk naik skytrain, metro (MRT), bus, taksi, hingga naik water boat menyusuri sungai dan kanal di Bangkok. Untuk pengalaman wisata yang ekstra, wisatawan juga dapat memilih moda transportasi khas seperti tuk-tuk, hingga ojek.

***

Note:
Foto diambil dari berbagai sumber tanpa ada editan tambahan selain proses resizing.

 

baca juga :

Mulai dari Pantai hingga Panggung Kabaret, Aneka Destinasi Wisata Inilah yang Membuat Pattaya Begitu Bercahaya

Panduan Menjelajahi Seoul, Ibukota Korea Selatan

6 Tips dan Trik Wahid Agar Sukses Wisata Hemat ke Jepang

Comments

comments