Home Guides Belum Ada Budget Untuk Liburan ke Maladewa? Main Saja Dulu ke Tempat-Tempat...

Belum Ada Budget Untuk Liburan ke Maladewa? Main Saja Dulu ke Tempat-Tempat Ini Yuk!

Kalau menyebut kata “pantai berpasir putih”, “cottage dengan pemandangan laut lepas”, “cottage dengan pantai pribadi”, “laut biru jernih”, dan “destinasi bulan madu”, biasanya orang akan langsung terbayang pada suasana Maladewa.

Ya, Maldives, atau versi Indonesia-nya disebut Maladewa, memang termasuk salah satu destinasi bulan madu populer di dunia. Pesonanya yang kuat sanggup membuat wisatawan dari berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia, datang berkunjung kesana. Padahal, secara geografis, Maladewa termasuk sulit dijangkau.

Kalian harus beberapa kali naik kendaraan, apalagi jika tujuan kalian adalah resort-resort private yang hanya bisa dijangkau dengan menggunakan pesawat carter. Belum lagi biaya sewa cottage-nya, yang mungkin harga per-malam-nya bisa setara dengan gaji sebulan.

Dengan kata lain, liburan ke Maladewa itu bisa menguras tabungan kalian hingga ke titik terendah.

Tapi tunggu, jangan sedih dulu. Buat kalian yang bercita-cita mencicipi liburan ala Maladewa tapi budget-nya hanya cukup sampai Malangbong saja, jangan dulu sedih. Ternyata, di Indonesia pun bertabur spot-spot yang kerap dianggap sebagai “Maladewa-nya Indonesia”.

Jika budget kalian belum mencukupi untuk main ke Maladewa, coba lirik beberapa spot keren berikut ini. Siapa tahu ada yang lokasinya lebih terjangkau dari daerah kalian, dan budget-nya lebih ramah kantong dibanding memaksakan diri untuk terbang ke Maladewa.

*             *             *             *             *

1. Mari Mulai Dengan Pulo Cinta, Primadona Wisata Baru di Gorontalo

Pulo Cinta Eco Resort, via Pulo Cinta Eco Resort/facebook

Deskripsi Umum

Pernah mendengar nama Pulo Cinta? Atau setidaknya mungkin kalian pernah melihat gambar sebuah kompleks cottage di tengah laut, yang masing-masing cottage-nya dihubungkan dengan jalan setapak berbentuk hati.

Yes, itulah Pulo Cinta.

Pulo Cinta merupakan sebutan untuk sebuah kompleks eco resort yang berada di wilayah Gorontalo. Dalam waktu beberapa tahun terakhir, resort ini memang mencuri perhatian banyak traveller sekaligus honeymooners karena konsepnya yang unik.

Pulo Cinta ini dirancang terletak di tengah laut, mengelilingi pulau pasir kecil berbentuk hati, dan memiliki jalan setapak dengan bentuk hati pula. Hmm, dengan penjelasan singkat itu saja kalian mungkin sudah bisa menebak kenapa pulau ini laris manis bagi honeymooners, kan?

Pulo Cinta, via Pulo Cinta Eco Resort/facebook

Daya Tarik Pulo Cinta

Tentu saja daya tarik Pulo Cinta ini lebih dari sekedar bentuknya yang mengikuti bentuk hati saja. Secara konsep, Pulo Cinta ini juga menarik karena menawarkan konsep eco resort. Sebagai contoh, listrik di resort ini dihasilkan oleh solar panel. Resort Pulo Cinta ini juga memiliki unit-unit yang dirancang dengan konsep ala rumah tradisional, sehingga udaranya tetap terasa sejuk sekalipun tanpa penyejuk udara.

Selain itu, Pulo Cinta juga menarik karena memiliki suasana ala Maladewa. Unit cottage di tengah lautan biru, ditambah dengan banyaknya aktifitas air yang bisa kalian lakukan disini – mulai dari diving, snorkeling, dan lain-lain – membuat Pulo Cinta ini kerap disebut sebagai Maladewa-nya Indonesia.

Pulo Cinta, via Pulo Cinta Eco Resort/facebook

Akomodasi

Pulo Cinta ini memiliki 15 cottage dengan besaran luas yang berbeda-beda, mulai dari villa 1 kamar tidur, hingga villa 3 kamar tidur seluas 212 meter persegi. Harga sewa per-malam-nya bisa berbeda-beda. Namun rata-rata unit cottage di Pulo Cinta ini dapat disewa mulai dari 3 jutaan hingga 5 jutaan per-malam. Jauh lebih terjangkau dibanding pergi ke Maladewa kan?

Pulo Cinta, via Pulo Cinta Eco Resort/facebook

Cara Menuju ke Pulo Cinta

Jika berangkat dari Jakarta, kalian bisa naik pesawat dengan tujuan Gorontalo. Setelah mendarat, kalian harus naik mobil selama kurang lebih 2 jam menuju Boalemo Regency, dilanjutkan dengan naik perahu selama 25 menit menuju Pulo Cinta.

*             *             *             *             *

2. Masih di Indonesia Timur, Ada Pantai Ora yang Siap Membius Para Pendamba Maladewa

Resort di Pantai Ora, via inspirasimagz

Deskripsi Singkat

Pantai Ora termasuk salah satu destinasi wisata di Indonesia yang kerap disandingkan dengan Maladewa. Pantai yang terletak di Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, ini memang memiliki hal-hal yang mengingatkan orang akan Maladewa. Sebut saja pantainya yang berpasir putih, dengan suasana lautan tenang yang membentang di sekitarnya. Karenanya, nggak heran kalau pantai ini kerap dilirik oleh mereka yang ingin mencicipi suasana ala Maladewa versi Indonesia.

Pantai Ora, via exoticorabeach

Daya Tarik Pantai Ora

Selain memiliki pantai berpasir putih dan lautan yang biru jernih, laut di sekitar Pantai Ora ini memiliki kekayaan alam bawah laut yang luar biasa. Terumbu karang dan biota lautnya menjadi sebuah sihir yang bisa memikat wisatawan untuk jauh-jauh datang ke Maluku dan mengunjungi Pantai Ora. Saking kayanya biota laut di Pantai Ora, kalian nggak perlu menyelam terlalu dalam untuk menikmatinya. Cukup menyelam 2-3 meter saja segala pesona laut Pantai Ora sudah bisa kalian kecap. Asyik kan?

Tak hanya memiliki laut yang cantik, di Pantai Ora juga terdapat beberapa obyek wisata lain. Misalnya saja Taman Nasional Manusela. Selain itu kalian juga dapat melakukan aktifitas island hopping dengan mengunjungi beberapa pulau kecil di sekitar Pantai Ora. Jadi, nggak perlu takut mati gaya deh selama di Pantai Ora!

Ora Beach Resort, via exoticorabeach

Akomodasi di Pantai Ora

Di Pantai Ora, ada sebuah resort yang menawarkan suasana ala Maladewa, yaitu Ora Beach Eco Resort. Resort ini memiliki cottage-cottage yang dirancang berdiri di atas laut. Harga sewanya dihitung per-orang, dan bisa berubah sewaktu-waktu. Karena jumlah cottage-nya sangat terbatas, ada baiknya kalian langsung menghubungi pihak Ora Beach Eco Resort jika ingin menginap disana.

Ora Beach Eco Resort, via exoticorabeach

Cara Menuju Pantai Ora

Cara paling mudah menuju Pantai Ora adalah dengan lebih dulu mengakses Ambon. Setelahnya kalian dapat melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Hulnara, Tuleho, dilanjutkan dengan naik kapal feri menuju pelabuhan Amahai di Pulau Seram.

Dari Pelabuhan Amahai, kalian dapat menyewa kendaraan menuju Desa Saleman (kira-kira 2,5 jam) hingga tiba di pelabuhan, dan lanjut naik perahu bermesin kecil menuju Pantai Ora (perjalanan kurang lebih 15 menit).

*             *             *             *             *

3. Pulau Dodola, Morotai, Juga Menawarkan Sekeping Pesona Ala Maladewa Lho!

Pulau Dodola, via pulaumorotaikab

Deskripsi Singkat

Kawasan Indonesia Timur, khususnya Maluku, memang menawarkan banyak pesona keindahan alam yang kerap disamakan dengan Maladewa. Selain Pantai Ora, daerah lainnya yang kerap disebut sebagai kembaran Maladewa adalah Pulau Dodola.

Pulau ini memang memiliki pesona yang mengingatkan pada Maladewa, mulai dari pantainya yang putih bersih dan alam bawah lautnya yang indah. Namun ternyata ada hal lain yang membuat Pulau Dodola ini memiliki ciri khas tersendiri. Hmm, kira-kira apa ya?

Pulau Dodola, via traveloista

Daya Tarik Pulau Dodola

Pulau Dodola ini sebetulnya terdiri dari dua pulau: Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil. Uniknya, kedua pulau ini baru akan tersambung saat laut sedang pasang surut. Pada momen itu, jalan pasir akan terbentuk, dan wisatawan dapat menyeberang tanpa harus berbasah ria. Unik kan?

Selain itu, Pulau Dodola ini menawarkan pemandangan laut yang indah: hijau kebiru-biruan, dengan pantai berpasir putih. Alam bawah lautnya pun keren, dan disini terdapat setidaknya 13 spot favorit untuk melakukan diving. Bahkan karena di sekitar pulau terdapat beberapa bangkai kapal dan pesawat terbang yang telah tenggelam, kalian bisa menemukan banyak view unik jika menyelam di sekitar Dodola.

Menariknya, sekalipun kerap disandingkan dengan Maladewa, ternyata Pulau Dodola ini adalah pulau tak berpenghuni lho. Jadi suasana di tempat ini lebih terasa alami karena tidak terlalu terjamah oleh tangan-tangan manusia.

Pulau Dodola, via ituberita

Akomodasi

Karena Pulau Dodola ini nggak berpenghuni, jangan mengharap ada cottage terapung di atas laut layaknya cottage di Maladewa, ya. Namun tenang, bukan berarti kalian harus camping kalau ingin mengunjungi pulau ini. Di sekitar Dodola ada beberapa cottage yang disewakan oleh pemerintah setempat. Untuk mendapatkan informasi tentang cottage tersebut, kalian dapat langsung menghubungi kantor pariwisata yang terletak di kota Daruba, Morotai.

Pulau Dodola, via 4lightsnews.online

Cara Menuju Pulau Dodola

Salah satu cara termudah mencapai Pulau Dodola adalah dengan terlebih dulu pergi ke Ternate. Dari sana kalian bisa naik pesawat Cessna menuju Morotai (durasi perjalanan 45 menit), dilanjutkan dengan naik speedboat menuju Pulau Dodola.

*             *             *             *             *

4. Beralih ke Kalimantan Timur, Bersiaplah Terpesona Dengan Keindahan Pulau Maratua

Pulau Maratua, via maratua

Deskripsi Singkat

Nama Pulau Derawan sudah sangat populer sebagai salah satu destinasi wisata bahari favorit di Kalimantan Timur. Banyak penyelam kelas dunia yang suka banget mendatangi Derawan untuk mengagumi pesona alam bawah lautnya. Namun, tahukah kalian kalau tak jauh dari Pulau Derawan terdapat sebuah pulau yang kerap disandingkan dengan nama Maladewa?

Pulau Maratua, demikian nama pulau ‘kembaran Maladewa’ tersebut, memang jaraknya nggak terlalu jauh dari Pulau Derawan. Kalian hanya memerlukan waktu kira-kira 1 jam naik speed boat untuk mencapai pulau yang terletak di Laut Sulawesi tersebut.

Memang, untuk mencapai Pulau Maratua membutuhkan upaya yang nggak mudah, karena pulau tersebut menjadi salah satu pulau terluar Indonesia yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Namun, segala perjuangan mencapai Maratua akan langsung terbayar setelah kalian melihat langsung kepingan Maladewa disana.

Maratua, via Maratua Island Resort/facebook

Daya Tarik Pulau Maratua

Daya tarik utama Maratua bisa jadi terletak pada lokasinya yang nggak begitu jauh dari Pulau Derawan. Mengingat Pulau Derawan sudah lebih dulu populer, faktor kedekatan dengan pulau tersebut jelas menjadi nilai tambah tersendiri bagi Maratua.

Selain itu, Pulau Maratua juga memiliki pesona alam bawah laut yang nggak kalah dengan Pulau Derawan. Lautnya biru jernih, alam bawah lautnya sangat kaya, serta spot penyelaman yang sangat bervariasi, menjadi daya tarik lain yang ditawarkan oleh Maratua. Jangan lupakan juga pesona pantai berpasir putih, dan suasana yang tenang di sekitar pulau, yang siap menyihir para wisatawan yang sudah jenuh dengan hiruk pikuk perkotaan.

Maratua, via maratua

Akomodasi

Penginapan yang paling terkenal di Maratua adalah Maratua Paradise Resort. Resort ini memiliki unit-unit cottage yang dirancang dengan bentuk yang mengingatkan pada unit cottage di Maladewa. Wisatawan dapat memilih unit cottage yang berdiri di atas laut, atau unit cottage yang dibangun di tepi pantai. Biasanya, unit yang berada di pantai memiliki harga sewa yang jauh lebih murah dibanding unit yang berada di atas air.

Namun, jika kalian merasa harga sewa unit di resort tersebut akan mencekik kantong, kalian dapat melirik aneka homestay yang ditawarkan oleh penduduk setempat. Harganya biasanya jauh lebih murah (mulai dari kisaran 150 ribuan) dibanding menyewa unit resort. Hanya saja, ada harga ada rupa. Aneka homestay tersebut pastinya memiliki lokasi yang kurang strategis dibandingkan aneka resort lepas pantai. Jadi semuanya kembali pada kalian, apakah lebih berminat menyewa cottage atau tinggal di homestay.

Pulau Maratua, via maratua

Cara Menuju Pulau Maratua

Untuk mencapai Pulau Maratua, kalian bisa lebih dulu terbang ke Kota Balikpapan. Dari Balikpapan, kalian dapat naik penerbangan menuju Berau. Selanjutnya, kalian dapat naik perahu menuju Maratua. Atau, jika kalian menginap di Maratua Paradise Resort, kalian dapat menghubungi pihak resort untuk minta dijemput di bandara.

*             *             *             *             *

5. Last But Not Least, Ujung Barat Indonesia Pun Memiliki Sepenggal Pesona Maladewa di Pantai Iboih

Pantai Iboih, via chipago

Deskripsi Singkat

Beralih ke ujung barat Indonesia, ada Pantai Iboih yang pesonanya nggak kalah dengan Maladewa. Bahkan Pantai Iboih ini kerap dibanding-bandingkan dengan Maladewa, walau sebetulnya pantai ini memiliki sisi eksotis lain yang tidak dimiliki oleh Maladewa (lihat di bagian ‘Daya Tarik Pantai Iboih).

Ngomong-ngomong, Pantai Iboih ini terletak di Pulau Weh, Sabang. Nama resminya adalah ‘Teupin Layeu’, dan pulau ini sudah lama populer di kalangan para backpackers penggemar pantai. Jadi jangan heran kalau saat kalian berwisata ke Pulau Iboih, kalian akan bertemu dengan banyak wisatawan mancanegara yang sudah menginap disana selama berminggu-minggu.

Iboih, via iboihinn

Daya Tarik Pantai Iboih

Pantai Iboih dikenal memiliki alam bawah laut yang indah banget. Saking indahnya, kalian nggak perlu menyelam untuk tenggelam dalam pesona keindahan alam bawah lautnya, karena banyak yang bisa kalian lihat dari permukaannya saja. Tapi jika ingin lebih puas, kalian dapat melakukan berbagai aktifitas rekreasi seperti snorkeling maupun diving.

Daya tarik lainnya, di sekitar Pantai Iboih terdapat hutan lindung yang menambah eksotisme pemandangan di sekitar Iboih; yang nggak akan kalian temukan di Maladewa. Perpaduan antara hutan lindung dan lautan yang biru jernih membuat suasana di Pantai Iboih ini bak surga dunia. Apalagi Pantai Iboih memiliki pantai berpasir keemasan. Jadi, jangan heran kalau banyak banget wisatawan dan backpacker yang betah berlama-lama di Iboih.

Tambahan info lainnya, jika bosan dengan aktifitas bertema pantai dan laut, kalian juga dapat melakukan penjelajahan hutan. Aktifitas tersebut lumayan disukai wisatawan, terutama karena di hutan terdapat banyak spesies eksotis.

Selain itu, di sekitar Pantai Iboih pun terdapat beberapa spot kuliner lezat. Kalian dapat mencicipi kuliner khas seperti Sate Gurita, maupun bertualang kuliner di berbagai tempat makan yang ada di sekitar Iboih. Kalian juga dapat mencicipi rujak buah Pulau Klah, mencicipi mie jalak, atau membeli salak khas Sabang. Jadi, nggak hanya mata saja yang akan puas menikmati pemandangan indah, tapi perut pun bisa dimanjakan dengan berbagai kuliner khas Iboih.

Iboih, via asiamedan

Akomodasi

Pantai Iboih memang tidak memiliki akomodasi dengan konsep cottage ala Maladewa yang berdiri lepas pantai. Namun di sekitar dermaga dan tak jauh dari pantai, terdapat berbagai jenis akomodasi yang bisa kalian pilih, mulai dari wisma, hostel, hotel, hingga resort. Di sepanjang pantai pun terdapat beberapa bungalow yang dapat kalian sewa, jika menginginkan akomodasi yang jaraknya sangat dekat dengan pantai dan laut.

Beragamnya jenis akomodasi di Pantai Iboih jelas menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Kalian dapat memilih aneka tipe penginapan yang sesuai dengan selera maupun budget wisata. Umumnya harga sewa kamar di sekitar Pantai Iboih ini dimulai dari kisaran 75 ribuan hingga 2,5 jutaan per-malam.

Iboih, via pinterest

Cara Menuju ke Pantai Iboih

Jika berasal dari luar Aceh, maka pertama kalian harus pergi dulu ke Banda Aceh. Dari sana kalian dapat melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Ulue-Lue, dan kemudian lanjut naik feri atau speedboat ke Sabang. Selanjutnya, dari Pelabuhan Sabang, kalian dapat menuju ke Pulau Weh untuk mencapai Pantai Iboih.

*             *             *             *             *

Baca juga tulisan lainnya tentang Maladewa:

Welcome to Meldaifs, Eh Maldives! 

Backpacking ke Maldives? Why Not! 

Mau Makan dan Tidur ‘Gratis’ di Maldives? Baca Infonya Disini. 

*             *             *             *             *

Note:
Foto diambil dari berbagai sumber (lihat caption) dengan tanpa adanya proses editing tambahan selain resizing.

Comments

comments