Kepulauan Hawaii selalu menjadi magnet wisata bagi wisatawan Amerika dan dunia. Kepulauan tropis dengan pesona alam yang indah, pantai yang cantik, budaya lokalnya yang khas, kulinernya yang unik, semua menjadi daya tarik yang mengundang wisatawan untuk datang ke Kepulauan Hawaii. Dari ratusan pulau yang ada di Kepulauan Hawaii, dan dari 8 pulau utama yang ada di kepulauan tersebut, salah satu yang layak dipertimbangkan untuk dikunjungi adalah Pulau Hawaii.

* * * * *

Sejarah Singkat

Peta Pulau Hawaii alias Big Island
Peta Pulau Hawaii alias Big Island, via rogerilourdesincanada.blogspot

Pulau Hawaii adalah pulau terbesar di Kepulauan Hawaii. Supaya tidak rancu, biasanya orang lebih suka menyebut Pulau Hawaii dengan nickname-nya, yaitu Big Island. Pulau ini memiliki luas wilayah mencapai 10430 kilometer persegi, jauh lebih besar dari Pulau Maui, pulau terbesar kedua di Kepulauan Hawaii, yang memiliki luas wilayah 1883,4 kilometer persegi.

Menariknya, sekalipun luas wilayahnya sangat besar, populasi penduduk di Big Island masih kalah jauh dari Pulau Oahu yang menjadi pulau terbesar ketiga di Kepulauan Hawaii. Otomatis suasana di Big Island relatif lebih lenggang dibanding Pulau Oahu.

Namun bukan berarti Big Island ini kalah menarik dari pulau-pulau lain di Kepulauan Hawaii, karena justru pulau ini memiliki pesona keindahan alam yang tak terbantahkan. Mulai dari daerah pantai hingga salah satu gunung berapi tertinggi di dunia, semua bisa kalian temukan di Big Island.

* * * * *

Daya Tarik Big Island

Puncak Mauna Kea
Puncak Mauna Kea, via mandaley

Big Island memiliki banyak pesona yang membuatnya terasa begitu berbeda dibanding pulau-pulau lainnya di Kepulauan Hawaii. Mari kita mulai dari aneka gunung berapinya, yang telah diakui sebagai salah satu yang paling aktif di dunia.

Ya, di Big Island ini terdapat 5 gunung berapi, yaitu Kohala, Mauna Kea, Hualalai, Mauna Loa, dan Kilauea. 3 diantaranya, yaitu Hualalai, Mauna Loa, dan Kilauea, termasuk gunung berapi yang masih aktif. Bahkan Kilauea masih terus meletuskan erupsinya dari tahun 1983 hingga saat ini, sehingga ukuran Big Island ini masih bertambah. Otomatis kegiatan mengunjungi mengunjungi gunung berapi menjadi salah satu aktifitas yang wajib dilakukan di Big Island.

Green Sands Beach
Green Sands Beach, via mrcbr

Seperti halnya mayoritas pulau di Kepulauan Hawaii lainnya, Big Island ini juga populer karena memiliki beberapa pantai beken. Menariknya, Big Island nggak hanya memiliki pantai berpasir putih. Pulau ini juga memiliki pantai berpasir hitam, bahkan hijau! Menarik kan?

Point terbaik lainnya, pantai-pantai di Big Island ini nggak hanya unik saja, namun juga mengundang bagi para perenang, snorkeler, dan surfer untuk beraktivitas disana karena memiliki berbagai jenis ombak serta alam bawah laut yang cukup menawan. Jika kalian mengaku sebagai pecinta olah raga air dan penikmat pantai, Big Island jelas menjadi salah satu destinasi yang sayang dilewatkan.

Big Island Hawaii
Big Island Hawaii, via hawaii-guide

Big Island ini nggak hanya punya pantai dan gunung berapi saja. Selain hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya, daya tarik Big Island juga iklim dan suasana yang lumayan kontras.

Pulau ini dibagi dalam 7 wilayah utama: Kona, Kau, Hilo, Puna, Hamakua Coast, Kohala Coast, dan North Kohala; dan ketujuh wilayah ini memiliki iklim dan suasana yang berbeda-beda. Misalnya saja wilayah Hilo mendapat curah hujan lebih banyak dibanding Kohala Coast. Waimea cenderung sejuk berkabut, Puna didominasi oleh hutan Pakis, Kona memiliki kawah berapi, dan Kau relatif kering dan panas. Aneka perbedaan suasana ini bisa kalian temukan hanya dalam satu pulau saja.

Sebuah resort di Big Island
Sebuah resort di Big Island, via waikoloabeachresort

Secara keseluruhan, pulau ini menawarkan paket pemandangan dan suasana yang lengkap untuk semua jenis wisatawan. Kalian dapat menemukan berbagai situs bersejarah, kota kecil, hingga resort mewah; gunung dengan puncak bersalju di Mauna Kea; hutan hujan tropis dengan berbagai air terjunnya yang terkenal; hingga flora dan fauna yang beragam.

Dengan kata lain, kalian nggak akan bosan dan mati gaya saat berada di Big Island, saking banyaknya hal yang bisa dilakukan disini. Pulau ini pun dijamin nggak akan habis dijelajahi dalam 1-2 hari saja, sehingga selalu ada hal baru untuk dilakukan setiap kali berkunjung kesini.

Sebuah penginapan di Big Island
Sebuah penginapan di Big Island, via holualoainn

Last but not least, Big Island memiliki banyak opsi akomodasi. Mulai dari resor mewah, hotel, bed and breakfast, cottage sewaan, hingga kondominium, semua bisa kalian temukan disini. Jadi, berapapun budget wisata kalian, selalu ada akomodasi yang sesuai untuk kalian di Big Island ini.

* * * * *

Yang Harus dilakukan di Big Island

Berikut beberapa aktifitas yang wajib kalian lakukan selama berada di Big Island:

1. Mengunjungi Hawaii Volcanoes National Park

Hawaii Volcanoes National Park
Hawaii Volcanoes National Park, via khadley

Gunung berapi mudah ditemukan di berbagai negara. Tapi gunung berapi yang masih terus mengeluarkan erupsi walau sudah meletus sejak tahun 1983, tentu jarang sekali. Dan kalian bisa menemukannya di Hawaii dengan pergi ke Hawaii Volcanoes National Park.

Tempat tersebut berjarak 30 kilometer di sebelah Barat Daya Hilo, dan merupakan ‘rumah’ bagi salah satu gunung berapi teraktif di dunia, yaitu Kilauea. Gunung ini masih terus mengeluarkan erupsinya, yang kemudian menjadi daratan baru di Big Island. Dengan kata lain, jika berkunjung ke Hawaii Volcanoes National Park, kalian berkesempatan menjejakkan kaki di daratan yang usianya mungkin saja lebih muda dari kalian.

Bagian menarik lainnya, taman nasional ini bisa dikunjungi selama 24 jam, dan kalian bisa menjelajahinya secara mandiri maupun mengikuti tur yang dipandu oleh pemandu wisata. Saat berkunjung kesini, jangan lupa untuk mengunjungi Kilauea Visitor Center (jam operasional 07.45-17.00) dan Thomas A.Jaggar Museum (08.30-17.00) untuk melihat berbagai dokumentasi dan film pendek mengenai gunung berapi.

* * *

2. Main-main di Pantai

Pantai Punaluu
Pantai Punaluu, via klon.egali.com

Big Island memiliki beberapa pantai beken yang masuk dalam jajaran pantai terbaik dan terunik di Kepulauan Hawaii maupun dunia. Mari mulai dari Pantai Kauna’oa yang konon merupakan pantai berpasir putih terindah di Kepulauan Hawaii, Pantai Hapuna yang kabarnya merupakan pantai berpasir putih terbesar se-Hawaii, Pantai Punalu’u dengan pasir hitamnya yang memikat, maupun Papakolea Beach alias Green Sand Beach yang menjadi salah satu dari empat pantai berpasir hijau di dunia.

Masih banyak pantai-pantai lain yang layak kalian kunjungi di Big Island, termasuk dengan beberapa pantai tersembunyi yang hanya diketahui oleh segelintir orang saja.

* * *

3. Melakukan Olah Raga Air

Windsurfing
Windsurfing, via otuwa

Sebagai pulau terbesar di Kepulauan Hawaii yang memiliki beberapa pantai beken, sudah pasti Big Island ini sekaligus menjadi salah satu surga bagi para pecinta olah raga air. Mulai dari berenang, surfing, diving, snorkeling, hingga windsurfing, hanyalah sebagian kecil aktifitas olah raga air yang bisa kalian lakukan di pantai-pantai di Big Island.

* * *

4. Mengunjungi Tempat-tempat Ngetop Ini

Perlu rekomendasi tempat-tempat beken untuk disambangi selama berada di Big Island? Berikut beberapa yang layak direkomendasikan untuk masuk dalam itinerary kalian.

  • Waipi’o Valley
Waipio Valley
Waipio Valley, via lovebigisland

Lembah yang sangat bersejarah bagi penduduk Hawaii. Waipi’o Valley ini pernah menampung 10000 orang saat Kapten James Cook pertama berlabuh di Hawaii pada tahun 1778. Lembah ini pun menjadi rumah bagi sejumlah raja Hawaii, termasuk Kamehameha the Great, sehingga Waipi’o Valley kemudian dijuluki sebagai “The Valley of the Kings”.

  • Pu’uhonua O Honaunau National Historical Park
Pu’uhonua O Honaunau National Historical Park
Pu’uhonua O Honaunau National Historical Park, via expedia

Ingin melakukan wisata sejarah? Cobalah mampir ke Pu’uhonua O Honaunau National Historical Park yang berlokasi di Honaunau Bay, sebelah selatan Kona. Taman bersejarah ini dulunya merupakan tempat wisatanya para keluarga kerajaan, sekaligus menjadi tempat pelarian bagi mereka yang melanggar hukum kuno sebelum disucikan dalam sebuah upacara supaya bisa kembali lagi ke masyarakat. Disini wisatawan dapat mengelilingi area taman, melihat Great Wall, mengunjungi spot-spot yang disucikan, hingga menikmati view ke arah laut.

  • Puukohola Heiau National Historic Site
Puukohola Heiau National Historic Site
Puukohola Heiau National Historic Site, via npps.gov

Alternatif lain bagi kalian yang ingin melakukan wisata sejarah, berkunjunglah ke Puukohola Heiau National Historic Site. Berlokasi di sebelah utara Kohala Coas, tempat ini menjadi tuan rumah bagi salah satu heiau (=kuil) terbesar di Hawaii, yang menjadi tempat pemujaan suci bagi penduduk setempat sejak berabad lalu.

Saat ini wisatawan dapat mengagumi kuil batu berukuran masif yang ada di lokasi taman nasional, mengunjungi museum kecil, melihat reruntuhan Mailekeini Heiau yang sudah dibangun sejak awal abad ke-16, hingga melihat ikan paus di laut saat musim dingin dan musim semi tiba.

  • Akaka Falls State Park
Akaka Falls
Akaka Falls dekat Hilo Hawaii

Beralih ke sebelah timur laut Hamakua Coast, ada Akasaka Falls State Park yang selalu rutin masuk dalam rekomendasi tempat untuk dikunjungi di Big Island. Akasaka Falls nggak hanya memiliki dua air terjun yang indah, tapi juga berada di tengah alam yang hijau asri yang menawan. Asyiknya, di sekitar air terjun tersebut juga terdapat beberapa air terjun lainnya yang tak kalah cantik, .

  • Historic Kailua Village (Kailua-Kona)
Historic Kailua Village
Historic Kailua Village, via visualitineraries

Historic Kailua Village merupakan sebuah kota tepi laut yang hanya berjarak 15 menit dari Kona International Airport. Kota tersebut dulunya menjadi tempat peristirahatan bagi keluarga kerajaan, dan sampai saat ini menyisakan sejumlah spot bersejarah seperti Hulihee Palace, Gereja Mokuaikaua, kuil, dan lainnya. Saat ini kota tersebut menjadi salah satu spot populer untuk mencari akomodasi murah, tempat makan, belanja, dan tempat untuk menikmati kebudayaan Hawaii yang sesungguhnya.

  • Hamakua Heritage Corridor

 

Salah satu view dari Hamakua Heritage Corridor
Salah satu view dari Hamakua Heritage Corridor, via sellmytimesharenow

Berencana untuk main ke Waipio Valley? Jika berangkat dari Hilo, kalian dapat menyusuri Hamakua Corridor yang menghubungkan kota tersebut dengan Waipio Valley. Di sepanjang jalan ini kalian dapat menikmati berbagai pemandangan indah ke arah Onomea Bay, Hawaii Tropical Botanical Garden, dan lainnya.

Kalian juga dapat menikmati pemandangan ke Laupahoehoe Point yang pernah hancur oleh tsunami pada tahun 1946, piknik di Kalopa State Recreation Area, atau kulineran di Honokaa, sebuah kota kecil yang memiliki beberapa restoran kecil dan kafe.

  • Bertualang dan Menjelajah Alam!
Zipline di Akasaka Falls
Zipline di Akasaka Falls, via niftyplanet

Big Island termasuk salah satu pulau di Kepulauan Hawaii yang menawarkan opsi petualangan alam bebas yang tak terbatas, mulai dari aktifitas mainstream hingga anti-mainstream. Kalian dapat mulai dengan hiking dan melihat salju di puncak Gunung Mauna Kea, mengamati bintang, camping, naik kuda, dan lainnya. Atau, kalian juga dapat melakukan aktifitas outdoor yang lebih santai seperti naik sepeda, dan menjelajah berbagai spot menarik di Big Island.

Untuk opsi lain yang tidak terlalu biasa, kalian dapat mencoba mengikuti tour untuk melihat ikan paus, maupun mencoba berenang bersama lumba-lumba, hingga melakukan Manta Ray Night Dive.

Kalian juga dapat melakukan berbagai olah raga ekstrim yang memacu adrenalin, seperti melakukan Paradise Air, Hang Gliding, Zipline, Skydive, dan banyak lagi. Kalau budget mencukupi, kalian juga bisa melakukan tour udara menggunakan helikopter. Pokoknya jangan takut bakalan mati gaya selama berada di Big Island, saking banyaknya yang bisa kalian lakukan disini.

  • Belanja di Farmers Market
Farmers Market di Hilo
Farmers Market di Hilo, via lovebigisland

Belanja di Farmers Market mungkin bukan opsi wisata populer untuk dimasukkan dalam berbagai brosur tentang Big Island, tapi sebetulnya cukup menarik untuk dilakukan. Farmers Market bisa ditemukan di berbagai tempat di Big Island, dan biasanya disana terdapat bermacam produk segar, suvenir, dan berbagai makanan yang baru dibuat sesaat sebelum disajikan. Kalian dapat mencari sarapan dan makan siang di Farmers Market, maupun membeli oleh-oleh khas dengan harga yang lebih terjangkau dibanding membelinya di toko souvenir besar.

 

  • Main Golf
Salah satu lapangan golf di Big Island
Salah satu lapangan golf di Big Island, via hawaiiteetimes

Percaya atau tidak, Big Island dikenal sebagai Ibu Kota Golf di negara bagian Hawaii. Pulau ini memiliki banyak lapangan golf yang dirancang oleh nama-nama besar di bidangnya, dan beberapa lapangan golf sekaligus menampilkan pemandangan indah ke arah lautan lepas karena lokasinya yang berada di pinggir laut.

* * * * *

Tips dan Trik

Berminat menjelajah Big Island? Simak beberapa tips dan trik berikut ini:

– Waktu terbaik untuk berkunjung ke Big Island antara bulan September hingga November. Pada periode tersebut, kalian akan lebih mudah mendapatkan akomodasi dengan rate terbaik. Sedangkan peak season di Big Island terjadi antara bulan Desember hingga Maret, namun sekaligus menjadi musim terbaik untuk melakukan surfing.

– Big Island ini memiliki ukuran yang besar. Sangat disarankan bagi wisatawan untuk datang ke Big Island dari satu titik, dan berangkat/terbang keluar dari titik yang lain. Sebagai contoh, jika kalian masuk ke Big Island dari Kona, kalian bisa menjelajah dulu daerah di sekitar Kona. Setelah puas, kalian dapat menjelajah daerah Hilo dan terbang keluar Big Island dari sana.

* * * * *

Akses dan Orientasi

Big Island memiliki 2 bandara komersial utama: Kona International Airport (KOA) di Kona, dan Hilo International Airport (ITO) di Hilo. Mayoritas wisatawan datang ke Big Island dengan menggunakan direct flight dan mendarat di Kona International Airport. Ada juga yang mendarat di Hilo International Airport (ITO), tapi jumlahnya tidak sebanyak wisatawan yang masuk dari Kona. Selain kedua bandara tersebut, masih ada 2 bandara lainnya yaitu Waimea-Kohala Airport (MUE) dan Upolu Airport (UPP).

Alternatif lainnya, wisatawan dapat mendarat di Honolulu International Airport (HNL), Pulau Oahu, dan terbang menggunakan penerbangan domestik untuk mencapai Big Island. Lama perjalanan cukup singkat, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 35-40 menitan saja.

Sedangkan untuk orientasi di dalam Big Island, pulau ini telah memiliki sejumlah jaringan moda transportasi publik. Namun, sangat disarankan bagi wisatawan untuk menyewa mobil demi fleksibilitas. Selain itu, kalian juga bisa mencoba naik bus wisata, maupun naik kendaraan lainnya seperti taksi dan private limo.

Jika ingin menyewa mobil, sangat disarankan untuk melakukan reservasi sebelum datang ke Big Island, karena ketersediaan mobil belum tentu ada saat dibutuhkan mengingat tingginya jumlah permintaan dari wisatawan.

***

Note:

Foto diambil dari berbagai sumber (lihat caption) tanpa editan tambahan selain resizing.

 

baca juga :

25 Tempat di Indonesia yang Akan Memuaskan Hasrat Menapaki Luar Negeri

Belum Ada Budget Untuk Liburan ke Maladewa? Main Saja Dulu ke Tempat-Tempat Ini Yuk!

Comments

comments