Kota London termasuk salah satu kota yang konsisten masuk dalam salah satu kota tujuan wisata populer di dunia. Kota tersebut memang sudah sangat dikenal sebagai kota yang bisa mendampingkan masa lalu dan masa kini secara wajar, membuat kota itu menarik dikunjungi oleh mereka yang menyukai kisah-kisah tentang keluarga kerajaan maupun pecinta teknologi terkini.

Sayangnya, London juga lekat dengan image mahal. Ibu kota United Kingdom (UK) tersebut sudah diakui sebagai salah satu kota termahal di dunia. Biaya hidup di London termasuk berada di atas rata-rata kota besar lainnya di Eropa, yang mungkin akan membuat budget traveller berpikir dua kali untuk mengunjungi kota tersebut.

Tapi, sekalipun London dikenal sebagai salah satu kota termahal, selalu ada hal-hal gratis yang bisa kalian temukan disana. Dengan sedikit trik, kalian juga bisa masuk ke tempat-tempat berbayar secara cuma-cuma.

Siap untuk menemukan hal-hal gratis di London? Simak contekannya berikut ini:

* * * * *

Museum

National History Museum
National History Museum, via where2go.dk

Belum sah pergi ke London kalau kalian belum mengunjungi aneka museumnya yang kece. London memiliki banyak museum keren yang mengusung berbagai tema, dan berita baiknya, mayoritas museum itu dapat kalian kunjungi secara gratis. Namun jika kalian membutuhkan inspirasi museum mana saja yang layak dikunjungi selama berada disana, pertimbangkan untuk mengunjungi museum-museum berikut ini:

  • Natural History Museum, tempat dimana kalian dapat melihat berbagai display yang menakjubkan, mulai dari kerangka paus biru, fosil dinosaurus, penjelasan proses evolusi, dan lainnya.
  • British Museum, buat kalian yang suka melihat artefak dari berbagai penjuru dunia.
  • Mengaku pecinta museum? National Gallery memiliki lebih dari 2000 lukisan yang usianya sangat bervariasi, mulai dari Abad Pertengahan hingga masa sekarang.
  • Victoria and Albert Museum (V&A) juga menarik untuk dikunjungi, khususnya jika kalian menyukai benda seni dan desain.
  • Museum of London, cocok disambangi oleh mereka yang ingin mengenal sejarah London dari masa prasejarah hingga sekarang.
  • Tertarik dengan sejarah yang berkaitan dengan peperangan? Berkunjunglah ke Imperial War Museum yang punya banyak display menarik mengenai berbagai konflik dan peperangan.
  • Bank of England, mengabadikan sejarah Bank of England mulai sejak awal berdirinya (tahun 1694) hingga sekarang.
  • Setelah mengunjungi Museum Bank of England, sempatkan diri untuk mengunjungi Sir John Soane’s Museum. Beliau adalah arsitek Bank of England, dan di kediamannya terdapat lebih dari 20000 lukisan dan benda antik yang bisa kalian lihat secara cuma-cuma.
  • Museum of London Docklands, buat yang ingin mempelajari sejarah London sebagai salah satu kota pelabuhan.
  • Royal Air Force Museum punya banyak koleksi memorabilia yang berkaitan dengan aircraft, dan dia bisa dikunjungi secara gratis.
  • Tertarik dengan dunia medis? Anaesthesia Museum punya lebih dari 2000 koleksi yang berkaitan dengan sejarah anestesi, lho.
  • Alternatif lainnya, kalian bisa mengunjungi Wellcome Collection yang juga mengusung tema medis.
  • Ingin tahu sejarah mesin jahit? Datang saja ke London Sewing Machine Museum.

* * * * *

Taman

Hyde Park
Hyde Park, via caughtinalens

Jika budget terbatas, lupakan dulu bermacam obyek wisata keren yang harga tiketnya bakal menguras kantong kalian. Tapi bukan berarti kalian bakalan mati gaya, karena masih banyak spot wisata gratisan yang bisa dikunjungi di London. Salah satunya adalah aneka taman publik yang sudah terkenal akan keindahannya.

Kalian bisa mulai dengan mengunjungi Hyde Park, taman terbesar di London sekaligus salah satu taman terbesar dan terpopuler di dunia. Taman yang beroperasi mulai pukul 05.00-tengah malam ini menawarkan banyak hal untuk semua orang, mulai dari berenang, bersepeda, tenis, lapangan permainan anak, dan lainnya.

Selain Hyde Park, Wimbledon Common bisa menjadi alternatif taman lain untuk dikunjungi. Taman besar di wilayah Greater London ini punya banyak variasi tanaman dan juga serangga yang menarik untuk diamati. Wimbledon Common juga kerap dijadikan lokasi shooting untuk berbagai acara, salah satunya program TV untuk anak-anak ‘The Wombles’.

Masih perlu nama lainnya? Masukkan Richmond Park dan Bushy Park jika kalian ingin melihat ratusan rusa dan menikmati suasana taman yang tenang. Kalian juga bisa berkunjung ke St James’s Park untuk melihat proses pemberian makan burung Pelikan, melihat patung Peter Pan di Kensington Gardens, maupun mengunjungi Queen Mary’s Rose Garden di Regent’s Park yang memiliki lebih dari 40000 bunga Mawar, dan lainnya. Kunjungi juga Greenwich Park, sebuah taman berukuran 74 hektar yang menawarkan view keren ke arah Sungai Thames dan Central London.

* * * * *

Pasar dan Tempat Belanja Lainnya

Columbia Road Flower Market
Columbia Road Flower Market, via kojaro

Oke, mayoritas tempat belanja memang bisa dikunjungi secara cuma-cuma. Kalian hanya perlu membayar jika ingin membeli sesuatu. Namun bagi yang membutuhkan rekomendasi tempat belanja untuk disambangi selama berada di London, beberapa diantaranya dapat kalian temukan dalam daftar berikut ini:

  • Columbia Road Flower Market, buat kalian yang tertarik melihat-lihat pasar bunga terpopuler di London.
  • Suka belanja sayur, buah, atau makanan? Borough Market tempat terbaik untuk dikunjungi. Salah satu pasar makanan tertua di Inggris ini juga kerap menawarkan berbagai sample makanan yang bisa kalian cicipi secara cuma-cuma, lho.
  • Camden Market, memiliki 1000 tempat belanja yang membuatnya jadi salah satu spot favorit untuk wisatawan. Setiap akhir pekan, diperkirakan ada lebih dari 100000 orang yang memadati tempat ini.

* * * * *

Sightseeing dan Hal Random Lainnya

Regent Street
Regent Street, via sino.co.uk

Kadang kita nggak perlu mengunjungi obyek wisata tertentu untuk menyenangkan diri. Jalan-jalan sambil menikmati suasana ataupun melakukan hal-hal random pun bisa menjadi aktifitas wisata yang asyik. Apalagi kalau hal-hal tersebut bisa dilakukan secara gratis. Berikut beberapa hal yang bisa kalian lakukan maupun kunjungi secara gratisan di London:

  • Jalan-jalan menyusuri South Bank. Dijamin kalian nggak bakalan mati gaya dan nggak bakalan kehabisan spot untuk diabadikan dengan kamera. Di sekitar South Bank terdapat sejumlah obyek wisata populer di Inggris, mulai dari Big Ben, The County Hall, The London Eye, The Southbank Centre, dan banyak lagi.
  • Menjelajah desa tepi sungai di Richmond dan jatuh cintalah dengan suasananya yang khas. Daerah Richmond memiliki banyak hotel, taman cantik, butik, dan banyak hal menarik lainnya untuk dilihat-lihat.
  • Mengunjungi Brompton Cemetery, sebuah kompleks pemakaman yang teduh dan rimbun dan memiliki lebih dari 35000 monumen bersejarah.
  • Highgate Cemetery menjadi pemakaman lain yang layak untuk disambangi. Kompleks pemakaman tersebut menjadi tempat peristirahatan terakhir untuk sejumlah tokoh besar seperti Karl Mar, Michael Faraday, Douglas Adams, Stella Gibbons, dan lain-lain.
  • Melihat-lihat Southwark Cathedral, gereja tertua yang dibangun di London.
  • Melihat-lihat aneka street art keren karya seniman Banksy yang tersebar di berbagai tempat: Rivington Street, Poplar, Stoke Newington Church Street, dan banyak lagi.
  • Mengunjungi London Wall, sebutan untuk dinding bersejarah yang sudah dibangun sejak jaman Romawi yang berlokasi di dekat Sungai Thames.
  • Mengaku penggemar The Beatles? Jangan lupa mampir ke jalan paling populer di London bagi fans The Beatles, yaitu Abbey Road.
  • Ingin melihat sisi mewah kota London secara cuma-cuma? Telusurilah Regent Street, salah satu spot belanja populer di London. Di sepanjang jalan itu terdapat banyak bangunan dengan arsitektur keren. Alternatif lainnya, kalian dapat mampir ke St Katharine Docks untuk mengagumi berbagai yacth mewah yang ada disana.
  • Jangan lupa selfie di depat salah satu spot paling populer di London, Piccadily Circus. Sempatkan juga berfoto di depan patung Eros yang menjadi meeting point populer disana.
  • Skyline kota London selalu menarik untuk dilihat, dan kalian bisa menikmatinya secara gratis dari Parliament Hill yang berlokasi di Hampstead Heath.
  • Mengaku sebagai bibliophile? Kunjungi perpustakaan nasional Inggris, yaitu British Library, yang bisa dimasuki secara gratis.

* * * * *

Wisata Anak dan Keluarga

Seorang anak di depan Platform 9 ¾
Seorang anak di depan Platform 9 ¾, via reuters

Berkunjung ke London bareng anak-anak? Ada banyak spot wisata gratisan yang bisa kalian kunjungi disana.

  • Mampirlah ke Mudchute Farm and Park, sebuah urban farm terbesar di London yang memiliki banyak atraksi keren dan fasilitas edukasi.
  • Alternatif lainnya, ada Kentish Town City Farm yang berlokasi di sekital Stasiun Gospel Oak Overground. Disini kalian bisa mengajak anak-anak bertemu dengan bermacam jenis hewan – seperti bebek, babi, sapi, dan ayam; serta bermacam pohon buah-buahan.
  • Diana, Princess of Wales Memorial Playground juga asyik dikunjungi bersama anak-anak. Tempat ini memiliki sebuah kapal bajak laut, taman bermain, pantai buatan, dan lainnya.
  • Pernah berfantasi masuk ke dunia Harry Potter? Kalian bisa mengunjungi Platform 9 ¾ di Stasiun King’s Cross. Walau nggak betul-betul bisa mengunjungi Hogwarts, setidaknya kalian bisa mengambil foto cantik disana. Anak-anak pun pastinya akan suka membayangkan bisa masuk ke Platform 9 ¾ walau hanya dalam foto saja.
  • Mile End Park memiliki spot permainan untuk anak. Di taman tersebut ada aneka macam ayunan, jungkat-jungkit, dan banyak lainnya.
  • Alternatif lainnya, Highgate Wood juga menyediakan bermacam aneka spot permainan anak. Banyak yang suka mengunjungi tempat ini sebagai pelarian sejenak dari keramaian kota London.
  • Walau ukurannya mungkin nggak seluas taman-taman populer lainnya, Camley Street Natural Park ini juga cukup menarik untuk dikunjungi bersama anak-anak, terutama bagi kalian yang suka bertualang outdoor. Di taman ini terdapat danau, padang rumput, hutan kecil, area piknik, dan tentu saja bermacam hewan dan tumbuhan lainnya.

 

Sedangkan jika kalian mengunjungi London bersama anak-anak, museum-museum ini bisa kalian pertimbangkan:

  • National Maritime Museum, menampilkan sejarah Angkatan Laut Inggris. Terdapat juga aneka display tentang macam-macam model kapal dan peta kuno.
  • London Transport Museum, tempatnya melihat-lihat berbagai sejarah moda transportasi. Sayangnya hanya mereka yang berusia dibawah 17 tahun saja yang boleh masuk secara cuma-cuma ke museum ini.
  • V&A Museum of Childhood, buat kalian yang ingin melihat aneka koleksi mainan anak terbaik di dunia.
  • Natural History Museum, punya aneka koleksi keren yang berkaitan dengan tanaman, hewan, bebatuan, fosil, dan banyak lagi.
  • Science Museum, buat yang ingin menambahkan sentuhan ilmu pengetahuan dalam acara traveling bareng keluarga di London.

* * * * *

Hiburan dan Festival

Sebuah penampilan komedi di Angel Comedy Club
Sebuah penampilan komedi di Angel Comedy Club, via angelcomedy.co.uk

Ingin mencari hiburan gratis saat wisata ke London? Percayalah, sekalipun London terkenal mahal, di kota itu masih ada spot-spot hiburan gratis untuk dikunjungi oleh siapa saja, termasuk wisatawan. Tentu saja ada beberapa catatan tambahan, seperti misalnya kalian mungkin harus mengeluarkan sejumlah uang untuk biaya makan dan minum.

Berikut beberapa hiburan gratis di London yang layak kalian coba:

  • Angel Comedy Club (alamat: 2 Islington High St, London N1 8DY) kerap menampilkan stand-up comedy oleh para komedian profesional. Pertunjukan digelar setiap hari Sabtu jam 8 malam. Namun karena tempat ini selalu ramai, usahakan untuk datang setidaknya satu jam sebelumnya.
  • Jika mengunjungi gereja St Martin-in-the-Fields saat makan siang, kalian berkesempatan menikmati konser gratis pada jam makan siang.
  • Kalian juga dapat melakukan tarian salsa dan menikmati musik Kuba gratis di The Forge setiap hari Jumat. Datanglah sebelum jam 8 malam, karena setelah lewat jam tersebut kalian nggak bisa masuk secara cuma-cuma.
  • Tahukah kalian? Southbank Centre, sebuah pusat seni dunia yang berlokasi di South Bank, Sungai Thames, kerap menggelar pertunjukan musik gratis yang diadakan di Queen Elizabeth Hall dan Royal Festival Hall.
  • Berkunjunglah ke British Film Institutes Mediatheque di Southbank. Disana kalian dapat melihat film gratis untuk keluarga. Disarankan untuk membooking lebih dulu sebelumnya, terutama saat akhir pekan, untuk menjamin kalian dapat menikmati film gratis pada waktu yang diinginkan.
  • Jika waktu wisata kalian bertepatan dengan London Music Festival, berkunjunglah ke festival tersebut untuk menikmati musik gratis dari musisi-musisi berbakat.
  • Perayaan Chinese New Year di Chinatown London termasuk salah satu yang terbesar diluar Asia. Berkunjunglah kesana jika waktu wisata kalian memungkinkan.
  • Setiap hari Minggu hingga Kamis, kalian dapat masuk secara gratis ke bar Ain’t Nothing But…

* * * * *

Random Tips Lainnya

Westminster Abbey
Westminster Abbey, via ethicsalarms.wordpress

Berikut beberapa tips untuk masuk ke obyek wisata berbayar secara cuma-cuma, maupun aneka tips random lain yang mungkin bermanfaat selama berada di London.

  • Sejumlah gereja populer seperti St Paul’s Cathedral dan Westminster Abbey memang tidak gratis dikunjungi oleh wisatawan. Tapi jika mengikuti acara kebaktian yang digelar setiap hari Minggu maupun pada hari-hari raya seperti Paskah dan Natal, kalian bisa masuk ke dalam gereja secara gratis.
  • Mengunjungi Buckingham Palace memang nggak gratis. Tapi kalian diijinkan melihat prosesi pergantian pengawal yang biasa dilakukan antara pukul 11.30-12.15 (antara bulan April-akhir Juli) secara cuma-cuma.
  • Tower Bridge termasuk salah satu landmark populer di London. Untuk masuk ke dalam menara dan berjalan melintasi jembatan kaca memang diperlukan sejumlah uang. Sebagai gantinya, kalian bisa melihat momen saat jembatan dibuka dan ditutup supaya sungai dibawahnya bisa dialui oleh kapal secara gratis.
  • Ingin mengelilingi London dengan dipandu oleh pemandu wisata berpengalaman? Kalian bisa menghubungi berbagai walking tour gratis. Kalian dapat memilih tour yang paling cocok untuk kalian, mulai dari food tour, family tour, dan lainnya. Oya, secara teori, tour-tour tersebut memanglah gratis. Namun jika kalian puas selama dipandu oleh pemandu tersebut, nggak ada salahnya memberikan tips seikhlasnya.
  • Sering-seringlah memantau website pariwisata resmi London. Jika beruntung, kalian mungkin dapat menemukan sejumlah jadwal pameran yang bebas tiket masuk. Oya, dengan memantau website resmi, kalian juga bisa mendapatkan jadwal aneka festival musik maupun festival seni yang bisa dikunjungi secara gratis.

*             *             *

Note: Foto diambil dari berbagai sumber (lihat caption) tanpa ada editan tambahan selain proses resizing.

 

baca juga :

5 Hotel Trendi dan Keren Untuk Mewarnai Kenangan Wisatamu di London

Mengenal Khao San Road, Surganya Backpackers di Bangkok

1001 Trivia Fakta Kepulauan Seribu yang Perlu Kalian Tahu

Comments

comments