Siapa sih yang nggak pernah mendengar tentang Hawaii? Nama tersebut sudah santer terdengar kemana-mana, dan disebut-sebut sebagai salah satu kepingan surga yang jatuh ke dunia.

Hawaii pun identik dengan banyak hal, mulai tarian hula-hula, budaya lokalnya yang unik, pantai berpasir putih, lautan dengan ombak yang menantang untuk diselancari, hingga serial Hawaii Five-O yang memang menjadikan Hawaii sebagai setting utamanya.

Berencana menjadikan Hawaii sebagai tempat tujuan wisata kalian? Kenali beberapa fakta dasar berikut ini, sebelum kalian terlanjur memimpikan banyak hal yang ternyata nggak sesuai dengan realita.

* * * * *

Informasi Dasar

Hawaii
Hawaii, via chuakimquang

Sebagai permulaan, tahukah kalian jika nama ‘Hawaii’ sendiri bisa berarti 3 hal: nama sebuah negara bagian di Amerika Serikat, nama sebuah kepulauan, dan nama sebuah pulau. Ya, Hawaii merupakan negara bagian ke-50 dari Amerika Serikat.

Luas wilayahnya mencakup seluruh Kepulauan Hawaii yang terdiri dari ratusan pulau yang membentang sepanjang 2400 kilometer. Secara fisik, Hawaii terletak di wilayah Oceania, dan menjadi satu-satunya negara bagian Amerika Serikat yang tidak berada di Amerika.

Adapun Kepulauan Hawaii adalah sebutan untuk gugusan pulau yang termasuk dalam negara bagian Hawaii, termasuk pulau-pulau besar, kecil, hingga pulau batu karang. Pulau terbesar di Kepulauan Hawaii adalah Pulau Hawaii, dan dari sanalah nama Kepulauan Hawaii berasal.

* * * * *

Tentang Kepulauan Hawaii

Peta Kepulauan Hawaii
Peta Kepulauan Hawaii, via easyviajar

Setelah mengetahui jika sebutan Hawaii bisa memiliki multi makna, pertanyaan selanjutnya adalah: kalian ingin pergi ke mana?

Untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut, yuk mari kenalan lebih lanjut tentang Kepulauan Hawaii. Kepulauan ini memiliki luas total area kira-kira 16636,5 kilometer persegi. Dengan luas wilayah sebesar itu, Kepulauan Hawaii terdiri dari ratusan pulau, termasuk pulau-pulau kecil dan pulau batu karang yang tidak bisa dihuni oleh mahluk hidup.

Namun ada 8 pulau utama yang terdapat di Kepulauan Hawaii, yaitu Pulau Hawaii, Pulau Maui, Pulau O’ahu, Puau Kaua’I, Pulau Moloka’I, Pulau Lāna’I, Pulau Ni’ihau, dan Pulau Kaho’olawe. Dari ke-8 pulau tersebut, Pulau Kaho’olawe menjadi satu-satunya pulau yang tidak berpenghuni. Masing-masing pulau tersebut memiliki daya tarik tersendiri, yang dapat kalian simak di bagian selanjutnya.

* * * * *

Daya Tarik Kepulauan Hawaii

Sebuah pantai tropis di Maui
Sebuah pantai tropis di Maui, via sbhawaii

Sebetulnya, agak sulit menyebut apa daya tarik utama dari Kepulauan Hawaii, mengingat kepulauan ini terdiri dari ratusan pulau. Namun jika dilihat secara general, bisa dibilang kalau daya tarik utama dari Kepulauan Hawaii terletak pada iklimnya.

Secara umum, kepulauan ini memiliki iklim tropis, dengan temperatur rata-rata berkisar antara 29-32˚C saat musim panas, serta 26-28 ˚C saat musim dingin. Namun karena Kepulauan Hawai memiliki level ketinggian yang berbeda-beda, kondisinya bisa berbeda untuk masing-masing pulau. Sebagai contoh, sekalipun Hawaii memiliki iklim tropis, beberapa pegunungan tertingginya kerap mendapat salju saat musim dingin tiba.

Salah satu gunung, tebing, pantai, dan laut di Kepulauan Hawaii
Salah satu gunung, tebing, pantai, dan laut di Kepulauan Hawaii, via cameronbrooksphotography

Hawaii juga memiliki pesona dari segi keindahan alamnya. Kondisi geografis dan topografi Kepulauan Hawaii sangatlah bervariasi, mulai dari pantai hingga pegunungan dengan titik tertinggi berada di ketinggian 4205 m di atas permukaan laut (pegunungan Mauna Kea). Dengan kata lain, ada banyak variasi aktifitas wisata yang bisa kalian lakukan di Hawaii, mulai dari aktifitas di laut hingga pegunungan, hingga menjelajah berbagai kota besar, maupun tersesat di area pedalamannya.

Suasana di sebuah hutan di Hawaii
Suasana di sebuah hutan di Hawaii, via hawaii-forest

Bervariasinya kondisi topografi dan geografis Kepulauan Hawaii pun membuat kepulauan ini kaya akan flora dan fauna yang khas. Terlebih karena Kepulauan Hawaii sempat terisolasi selama jutaan tahun, sebelum akhirnya dikunjungi oleh bangsa Polinesia, disusul oleh datangnya bangsa Eropa. Jika kalian termasuk salah satu pemerhati kehidupan alam, Kepulauan Hawaii jelas menjadi sebuah destinasi yang menarik.

Tarian Hula-hula di Hawaii
Tarian Hula-hula di Hawaii, via viajesyturismo

Daya tarik lain dari Kepulauan Hawaii terletak pada budayanya yang unik. Aslinya, budaya lokal Hawaii adalah Polinesia. Namun karena pulau ini banyak dikunjungi dan dihuni oleh berbagai ras, kebudayaan asli Hawaii pun bercampur dengan budaya dari daerah lain, terutama budaya Asia dan Amerika Utara. Sehingga kalian dapat menemukan banyak keunikan budaya, kuliner, hingga tradisi lokal yang khas di Kepulauan Hawaii ini.

* * * * *

Yang Wajib Dilakukan di Kepulauan Hawaii

Sebetulnya, rekomendasi aktifitas yang bisa dilakukan di Kepulauan Hawaii sangatlah beragam, tergantung pulau mana yang akan kalian kunjungi disana. Berikut ini adalah rekomendasi secara umum saja, yang hampir bisa dilakukan di setiap pulau tujuan wisata utamanya.

1. Mengunjungi Pulau-pulau Utamanya

Kepulauan Hawaii memiliki 8 pulau utama, dan masing-masing pulau memiliki daya tarik yang berbeda. Jika kalian masih bingung menentukan pulau mana yang harus dikunjungi lebih dulu, berikut ulasan singkatnya:

  • Pulau Hawaii alias The Big Island
Sebuah hotel resort di Pulau Hawaii
Sebuah hotel resort di Pulau Hawaii, via waikoloabeachresort

Merupakan pulau terbesar di Kepulauan Hawaii. Menariknya, sekalipun Pulau Hawaii adalah pulau terbesar, ibu kota Hawaii tidak berada di pulau ini. Pulau Hawaii memiliki kekayaan alam yang sangat bervariasi, mulai dari pantai berpasir putih, hingga area pegunungan yang diselimuti salju saat musim dingin tiba.

  • Pulau Maui alias The Valley Isle
Hana Highway di Pulau Maui
Hana Highway di Pulau Maui, via en.anoujoum

Pulau terbesar kedua di Kepulauan Hawaii yang disebut-sebut memiliki sejumlah pantai terbaik di dunia. Banyak sekali aktifitas wisata yang bisa dilakukan di Pulau Maui, mulai dari melihat sunrise, mengujungi spot bersejarahnya, melihat ikan paus, mengunjungi berbagai taman nasional, melintasi jalan tol Hāna Highway yang melewati pemandangan scenic, dan banyak lagi.

  • Pulau O’ahu alias The Gathering Place
Honolulu
Honolulu, via commons.wikimedia

Pulau O’ahu merupakan pulau terbesar ketiga di Kepulauan Hawaii, sekaligus menjadi pulau dengan jumlah populasi terbanyak. Diperkirakan 2/3 populasi di Kepulauan Hawaii berdiam di Pulau O’ahu. Di pulau ini terdapat kota Honolulu, ibu kota dari negara bagian Hawaii; dan sejumlah spot populer seperti Waikīkī, Hanauma Bay, dan banyak lagi. Pernah dengar tentang Pearl Harbor? Itu juga terletak di Pulau O’ahu.

  • Pulau Kaua’i alias The Garden Isle
Pulau Kauai
Pulau Kauai, via resident

Pulau Kaua’i ini terletak di ujung utara Kepulauan Hawaii. Pulau ini memiliki kekayaan alam yang sangat indah, bahkan dramatis. Pulau ini memiliki sejumlah air terjun, jalur penjelajahan, Pantai Poipu (yang konon disebut-sebut sebagai pantai terindah di Amerika), grand canyon, dan lain-lain.

Wisatawan juga dapat menyewa helikopter atau mengikuti sejumlah tour menggunakan helikopter, karena beberapa bagian Pulau Kaua’i baru bisa dinikmati jika dilihat dari ketinggian.

  • Pulau Moloka’i alias The Friendly Isle
Pulau Molokai
Pulau Molokai, via int.gohawaii

Pulau yang memiliki bentuk daratan memanjang ini termasuk salah satu pulau yang tidak menjadikan pariwisata sebagai daya tarik utamanya. Untuk menjaga agar suasana di pulau tersebut tidak berubah secara drastis, perkembangan pembangunan sangat diperhatikan.

Alhasil suasana di Moloka’i masih sangat terasa murni, alami, kental dengan budaya Hawaii, dan memiliki atmosfir yang sangat bersahabat. Jika kalian berminat mengunjungi Pulau Molokai, di pulau ini terdapat beberapa spot menarik seperti pantai, taman, kawasan hutan lindung, taman bersejarah, dan lainnya.

  • Pulau Lāna’i alias The Pineapple Isle
Four Season Resort Lanaii
Four Season Resort Lanaii, via thousandwonders

Pulau Lāna’i ini dulunya dikenal sebagai perkebunan nanas. Namun kini, perlahan tapi pasti, pulau ini mulai mengembangkan sektor pariwisatanya. Per-tahun 2016, sudah ada dua hotel resort yang dikelola oleh Four Seasons Hotel, walau secara keseluruhan masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mengembangkan pariwisata di pulau ini. Dengan kata lain, jika kalian tetap ingin berkunjung ke pulau ini, jangan dulu memiliki ekspektasi yang berlebih, ya!

  • Pulau Ni’ihau alias The Forbidden Isle
Pulau Niihau
Pulau Niihau, via quo.es

Pulau Ni’ihau ini sepenuhnya dikuasai oleh private, sehingga tidak semua orang dapat masuk ke pulau tersebut. Namun pulau Ni’ihau kemudian sedikit demi sedikit mulai mengembangkan sektor pariwisatanya, sekalipun masih terbatas.

Saat ini pengunjung dari luar dapat mengikuti berbagai aktifitas tur yang dikelola oleh privat, mulai dari tur mengelilingi pulau menggunakan helikopter, berburu, maupun sekedar menikmati pantai.

  • Pulau Kaho’olawe alias The Target Isle
Pulau Kahoolawe
Pulau Kahoolawe, via oceanfronthotels

Dari ke-8 pulau besar yang ada di Kepulauan Hawaii, Pulau Kaho’olawe ini satu-satunya pulau yang tidak berpenghuni dan belum dikembangkan menjadi pulau pariwisata. Dulunya Pulau Kaho’olawe lebih sering digunakan sebagai tempat latihan militer, sekaligus tempat berlatih pengeboman. Saat ini pulau Kaho’olawe masih dalam proses reservasi dan hanya terbuka untuk sukarelawan saja.

*****

2. Island Hopping, Kenapa Tidak?

Sebuah pesawat melintas di dekat sebuah pulau di Hawaii
Sebuah pesawat melintas di dekat sebuah pulau di Hawaii, via hawaiianairlines

Masih bingung menentukan pulau mana yang akan kalian kunjungi di Hawaii? Kalian bisa kok melakukan island hopping. Pilih satu pulau untuk dijadikan base wisata, dan kalian bisa bepergian ke pulau lain dengan arak tempuh bervariasi antara 20-50 menit. Kalian dapat naik pesawat komuter, atau mengikuti berbagai inter-island tours yang diselenggarakan oleh travel setempat.

Dari ke-8 pulau besar di Kepulauan Hawaii, 4 yang paling mudah dikunjungi secara island hopping adalah Hawaii, Maui, Oahu, dan Kauai. Khusus untuk pulau Molokai dan Lanai, kalian dapat mengakses kedua pulau tersebut menggunakan kapal ferry dari Pulau Maui.

*****

3. Melakukan Olah Raga Laut

Surfing
Surfing, via topskor

Kepulauan Hawaii selalu identik dengan aktifitas olah raga laut, mulai dari surfing, wind surfing, snorkeling, dan lainnya. Bahkan beberapa pulau di Kepulauan Hawaii dianggap sebagai salah satu tempat terbaik di dunia untuk melakukan aktifitas surfing. Beberapa tempat terbaik untuk melakukan surfing di Kepulauan Hawaii antara lain Oahu (15 spot), Pulau Hawaii (2 spot), East Coast (1 spot), Kauai (13 spot), North Shore (6 spot), Maui (4 spot), South Shore (4 spot), Molokai (1 spot), dan West Coast (4 spot).

*****

4. Menikmati Pantai-nya yang Indah

Sebuah pesta pernikahan di pantai Hawaii
Sebuah pesta pernikahan di pantai Hawaii, via weddingwire

Ya, beberapa pantai terbaik dan terindah di dunia ada di Hawaii. Pantai-pantai populer seperti Pantai Hulopoe di Lanai; pantai Hapuna, Pantai Kauna’oa, dan Pantai Black Sand di Big Island Hawaii; Pantai Kaanapali, Pantai Makena “Big” Beach, dan Pantai Wailea di Maui; serta Pantai Waikiki, Pantai Lanikai, North Shore, dan Pantai Hanauma di Oahu, tak pernah gagal menarik minat wisatawan penggemar pantai untuk datang dan berkunjung ke Kepulauan Hawaii.

Melihat sunrise, sunset, maupun sekedar berjalan-jalan sambil menikmati suasana, hingga menggelar pesta pernikahan, masih menjadi aktifitas favorit untuk dilakukan di pantai-pantai Hawaii.

*****

5. Menjelajah Alam

Eksplorasi keindahan alam Hawaii
Eksplorasi keindahan alam Hawaii, via mauisbestvacationguide

Kepulauan Hawaii memiliki pesona keindahan alam yang luar biasa, dan sangat bervariasi. Tak hanya memiliki pantai-pantai menawan yang dipadati oleh wisatawan, Kepulauan Hawaii juga memiliki pesona keindahan alam pegunungan, termasuk aneka lembah, canyon, dan hutan hujan tropisnya.

Menariknya, masing-masing pulau memiliki pesona yang berbeda-beda, sehingga kalian dijamin nggak akan bosan menjelajah alam bebas di setiap pulau yang ada di Kepulauan Hawaii.

*****

6. Bercengkrama dengan Budaya Lokalnya yang Unik

Tarian api khas Hawaii
Tarian api khas Hawaii, via pacificskydivinghonolulu

Belum sah berkunjung ke sebuah tempat jika kalian belum menyecapi budaya lokalnya yang unik. Begitu juga dengan Kepulauan Hawaii, yang kental dengan budaya Polinesia. Saat berada di Kepulauan Hawaii, dimanapun pulau tempat tujuan wisata yang kalian kunjungi, sempatkan untuk mengikuti berbagai tour yang akan mengajak kalian untuk bercengkrama dengan budaya khas setempat.

*****

7. Kulineran

Spam Musubi
Spam Musubi, via privatetourshawaii

Kepulauan Hawaii memiliki kamus kuliner yang sangat unik dan bervariasi. Hal tersebut disebabkan karena kepulauan ini banyak dikunjungi dan dihuni oleh orang-orang dari berbagai ras, yang datang ke pulau ini sambil memperkenalkan kuliner khas dari daerah masing-masing. Alhasil, selain memiliki kuliner khas Hawaii, kepulauan tersebut juga memiliki aneka kuliner yang merupakan hasil akulturasi budaya.

Sebagau contoh, kuliner bernama Spam Musubi terinspirasi dari sushi khas Jepang. Namun alih-alih menggunakan ikan mentah sebagai lauknya, kuliner tersebut menggunakan daging olahan yang digoreng dan diletakkan di atas nasi berbentuk sushi. Masih banyak kuliner campuran lainnya yang bisa kalian temukan di Hawaii, yang sayang banget untuk dilewatkan.

* * * * *

Akses Menuju Kepulauan Hawaii

Kepulauan Hawaii memiliki beberapa bandara. Ada yang memiliki kapasitas sebagai bandara internasional, ada yang berperan sebagai bandara militer, ada juga yang hanya digunakan untuk keperluan privat. Pulau-pulau besar di Kepulauan Hawaii umumnya memiliki bandara masing-masing, bahkan Pulau Hawaii saja memiliki 5 bandara dengan fungsi yang berbeda-beda.

Dari sekian banyak bandara di Kepulauan Hawaii, Daniel K. Inouye International Airport, atau lebih populer dengan nama Honolulu International Airport, menjadi salah satu bandara tersibuk di dunia.

Bandara yang berada di pulau Oahu tersebut menjadi pintu masuk utama menuju Pulau Oahu (yang merupakan pulau terpadat di Hawaii), sekaligus menjadi bandara penghubung bagi bandara-bandara lain di Kepulauan Hawaii. Jika kalian berangkat dari Amerika Utara, wilayah Asia, Australia, Tahiti, tersedia direct flight menuju Honolulu International Airport.

Pulau Hawaii sebagai pulau terbesar di Kepulauan Hawaii memiliki 5 bandara, dan 2 diantaranya adalah bandara internasional: Ellison Onizuka Kona International Airport at Keāhole atau Kona International Airport, dan Hilo International Airport yang berada di kota Hilo.

Ellison Onizuka Kona International Airport at Keāhole merupakan bandara terbesar di Pulau Hawaii, sekaligus menjadi bandara terbesar kedua setelah Honolulu International Airport. Bandara ini melayani penerbangan dari berbagai kota di Amerika, Kanada, dan Jepang. Sedangkan Hilo International Airport lebih banyak melayani penerbangan domestik, dan beberapa penerbangan dari Amerika.

Selain ketiga bandara internasional yang sudah disebut di atas, masih ada bandara di Pulau Maui (Kahului Airport), Molokai (Molokai Airport), Lanai (Lanai Airport), dan Kauai (Lihue Airport). Namun rata-rata bandara tersebut mayoritas melayani penerbangan antar pulau, dan penerbangan dari dan menuju Amerika.

Sedangkan untuk orientasi di masing-masing pulau, umumnya setiap pulau – terutama pulau utamanya – memiliki moda transportasi publik yang sudah cukup baik. Namun tak sedikit wisatawan yang lebih suka menyewa kendaraan, seperti rental mobil maupun rental sepeda motor, saat berada di Kepulauan Hawaii. Sedangkan untuk berpindah dari satu pulau ke pulau lain, lebih efektif menggunakan pesawat komuter; kecuali untuk Pulau Molokai dan Pulau Lanai yang bisa dicapai menggunakan ferry dari Pulau Maui.

***

Note:

Foto diambil dari berbagai sumber (lihat caption) tanpa ada editan selain proses resizing.

 

baca juga :

Inilah Pantai-Pantai Di Indonesia Dengan Reputasi Internasional

Pulau Shikoku Untuk Pemula: Informasi Dasar, dan Kenapa Harus Kesana

Hal-hal Gratis yang Akan Membuat Kalian Makin Jatuh Cinta dengan Phuket

Comments

comments