Sebagai seorang traveler yang haus akan pengalaman dan hal baru, pasti menyenangkan rasanya bila kita bisa bertemu dengan traveler lain. Berbagi cerita, bertukar tips dan informasi, atau bahkan merencanakan sebuah petualangan bersama bisa menjadi suatu pengalaman yang membuka wawasan kita.

Traveler yang berasal dari negara yang berbeda dari kita tentu akan memiliki cerita yang berbeda lagi. Pengaruh budaya yang berbeda, apalagi bila traveler tersebut datang dari tempat yang jauh dari Indonesia, akan membuat kita lebih paham dan menghargai perbedaan yang ada.

Selama ini, orang berpikir bahwa bila ingin bertemu traveler lain yang lebih banyak dengan latar belakang budaya dan pengalaman yang beragam, kita harus melancong keliling dunia. Padahal kenyataannya, kita tidak perlu serepot itu.

Keliling dunia memang menyenangkan dan bisa membuatmu bertemu dengan banyak orang. Namun kalau belum punya dana dan kesempatan, kita juga bisa berinteraksi dengan traveler-traveler dari negara lain. Salah satu caranya adalah dengan menginap di hostel-hostel yang banyak difavoritkan traveler asing. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

 

1. Kayun Hostel Legian

Lokasi: Jalan Patih Jelantik No 172, Kuta, Bali, Indonesia 80361 dan Jalan Legian No 182, Kuta, Bali, Indonesia 80361

screenshot_1

Dari berbagai tempat di Indonesia, Bali adalah tempat yang paling banyak menjadi destinasi wisata bagi traveler asing. Maka, kalau ingin backpacking untuk bertemu turis-turis asing, tak afdol rasanya bila tidak mampir ke pulau dewata ini. Dari sekian banyak hostel, satu yang cukup banyak difavoritkan para bule adalah Kayun Hostel di Legian. Hostel ini mempunyai dua lokasi yang tidak saling berjauhan.

Hostel yang terletak di Patih Jelantik merupakan bangunan pertamanya. Pilihan kamar tersedia mulai dari dormitory dengan kipas angin untuk backpacker yang super hemat, dormitory AC, hingga kamar pribadi.

Ada juga kamar deluxe yang lengkap dengan kamar mandi dalam, LCD TV, dan lemari es. Sementara hostel satunya bernama Kayun Downtown Hostel, hanya menawarkan kamar dormitory saja. Kedua bangunan hostel memiliki kolam renang, wifi, dan lounge untuk para tamunya bersantai dan bermain bersama.

screenshot_2

Kelebihan:

  • Lokasinya sangat strategis. Cukup berjalan kaki sebentar sudah sampai ke Pantai Kuta yang terkenal, berbagai restaurant, bar, toko, dan semacamnya.
  • Desain hostelnya unik dan menarik, sangat mencerminkan jiwa muda.
  • Kolam renang nyaman, mirip seperti hotel. Plus disediakan banyak Sun Lounge untuk bersantai.
  • Suasana dan interaksi sosial sesama traveler sangat akrab dan menyenangkan.
  • Lokernya besar, cocok buat traveler yang bawa banyak barang.

screenshot_3

Kekurangan

  • Pipa kamar mandi dan sanitasi banyak yang bocor sehingga terkesan jorok. Bahkan ada juga yang sampai menimbulkan bau tidak sedap. Hampir semua kamar mandi terkesan seperti ini.
  • Kebersihan kurang terjaga sehingga rasanya kurang nyaman.
  • Hostel yang kedua (Kayun Downtown), kolam renangnya terlalu sederhana. Tidak sebagus yang di hostel utama.
  • Kebisingan dari jalan raya kadang masih terdengar di dalam hostel.

 

2. Six Degrees Backpacker Hostel Jakarta

Lokasi: Jalan Cikini Raya No. 60BC, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330, Indonesia

screenshot_4

Six Degrees adalah hostel nomor satu yang paling direkomendasikan oleh para backpackers mancanegara menurut berbagai situs. Hampir setiap saat, selalu saja ada tamu dari negara lain yang datang untuk menginap di sini.

Hostel ini diprakarsai oleh seorang traveler Irlandia yang dulu sempat datang ke Jakarta dan tidak menemukan tempat menginap yang nyaman. Harapannya, Six Degrees Backpacker Hostel bisa menjadi semacam markas untuk para backpackers dari seluruh penjuru dunia.

Untuk ukuran backpacker hostel, Six Degrees memiliki fasilitas yang lengkap. Ada dapur umum, fitness center, rooftop garden, billiard, permainan dart, gazebo, fasilitas barbecue, hingga sepeda yang gratis dipinjam. Kamar yang tersedia di sini ada yang berbentuk dormitory kapsul, dormitory biasa, kamar pribadi standar, hingga kamar pribadi dengan kamar mandi dalam. Semua ruangan dilengkapi dengan AC.

screenshot_5

Kelebihan:

  • Fasilitas lengkap. Jadi meski kamu tidak pergi kemana-mana, kamu tidak akan kebosanan di hostel.
  • Area lounge, taman, dan sebagainya yang cukup luas dan nyaman.
  • Atmosfernya dan interaksi dengan sesama traveler sangat asyik dan menyenangkan. Terutama karena ada banyak area dan fasilitas umum yang mendukung.
  • Staff ramah dan pelayanannya sangat memuaskan.

screenshot_6

Kekurangan:

  • Kamar tidak memiliki jendela sehingga terkesan sempit dan sumpek.
  • Ruangan kamar dormitory cukup sempit untuk ruang gerak.
  • Penerangan minim. Bahkan di siang hari dengan menyalakan lampu pun kamar masih terasa gelap.
  • Kebersihan dan kerapian agak kurang.
  • Ranjang susun yang bagian atas, railingnya minim. Bagi orang yang suka tidur berguling-guling mungkin agak berbahaya.

 

3. Edu Hostel Yogyakarta

Lokasi: Jl. Letjen Suprapto No.17, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55261, Indonesia

screenshot_7

Sebagai kota wisata, tak mengherankan jika Yogyakarta memiliki banyak hostel. Salah satu yang paling sering menerima tamu asing adalah Edu Hostel Yogyakarta. Backpackers bukan hanya bisa saling bertemu di sini. Mereka juga bisa mengatur perjalanan bersama. Di area lobby, terdapat semacam papan pengumuman dimana setiap orang bisa menuliskan rencana jalan-jalannya dan mengajak siapapun yang mau ikut.

Edu Hostel Yogyakarta memiliki total 61 kamar dengan jumlah ranjang mencapai sekitar 300an. Ada kamar dormitory khusus perempuan, dormitory campuran, dan kamar quadruple (kamar pribadi berkapasitas 4 orang).

Semuanya dilengkapi AC namun tidak semuanya memiliki kamar mandi dalam. Tersedia lounge public dengan TV dan berbagai permainan, rooftop lounge, dapur umum, laundry, dan sebagainya. Pihak hostel juga menyediakan jasa city tour yang sering dimanfaatkan oleh para turis.

screenshot_8

Kelebihan:

  • Lobby dan lounge sangat luas.
  • Tour dari pihak hostel cukup menarik dan biayanya pun masuk akal.
  • Mudah mengatur acara jalan-jalan bersama dengan traveler lain, baik lewat pengumuman itinerary ataupun melalui tour yang diorganisir oleh pihak hostel.
  • Desain arsitektural modern dan cerah sehingga sangat menarik, baik dari eksterior maupun interiornya.
  • Kebersihan dan kerapian terjaga dengan sangat baik.
  • Rooftop lounge ada dua tingkat. Penataannya bagus dan sangat nyaman untuk bersantai atau menghirup udara segar.

screenshot_9

Kekurangan:

  • Rooftop lounge hanya dibuka dari jam 4 sore hingga jam 10 malam. Padahal pagi hari atau tengah malam banyak juga yang ingin bersantai di sini.
  • Wifi hanya ada di lounge public, tidak bisa diakses dari kamar.
  • Letaknya tanggung. Tidak jauh dari Malioboro atau Kraton bila menggunakan kendaraan, tapi cukup untuk berjalan kaki. Jalan utama pun letaknya sekitar 10 menit berjalan kaki.
  • Ada semacam kolam renang di area rooftop tapi ukurannya tanggung. Terlalu dangkal dan sempit untuk dipakai berenang.

 

4. Gili Beach Bum Hotel (dulunya bernama Gili Hostel)

Lokasi: Jalan Gili Trawangan, Gili Trawangan, Gili Indah, Lombok Utara, Nusa Tenggara Bar. 83355, Indonesia

screenshot_10

Gili Trawangan terkenal dengan resort-resortnya yang elegan dan mewah sehingga jarang ada backpacker yang tertarik untuk datang ke sana. Siapa yang menyangka bahwa ternyata ada sebuah hostel yang murah meriah di sana? Gili Hostel yang kemudian berubah nama menjadi Gili Beach Bum Hotel tak jarang menerima tamu traveler dari berbagai negara.

Peraturan setempat hanya mengijinkan maksimal kapasitas satu kamar adalah untuk 3 orang. Ini berarti kamar dormitory akan cukup sepi. Namun jangan khawatir, karena kamu masih bisa bertemu banyak bule di hostel ini. Mereka umumnya suka bersantai di bar hotel (bar tidak menyediakan alkohol). Fasilitas hotel termasuk AC, loker, kamar mandi air panas, fasilitas barbecue, bar, kolam renang, dan masih banyak lagi.

screenshot_11

Kelebihan:

  • Suasana di Lava Bar sangat menyenangkan. Sempurna buat berinteraksi dan mengakrabkan diri dengan sesama backpacker lain.
  • Lokasi dekat pelabuhan dan diving center.
  • Kolam renang outdoor-nya sangat unik dan seru. Ada pantry di tengah kolam. Biasa untuk party bagi para tamunya.
  • Staff yang ada cukup ramah dan membantu.
  • Desain kamar sangat unik dan menarik. Cukup luas juga sehingga terasa lega dan nyaman. Tidak seperti hostel pada umumnya yang sempit akan ruang gerak dalam kamar.

screenshot_12

Kekurangan:

  • Peraturan setempat yang hanya mengijinkan 3 orang dalam satu kamar membuat suasana khas hostel berkurang.
  • Kamar mandi ada yang berbau, pintu rusak, atau pipa bocor. Banyak yang perlu direnovasi.
  • Beberapa kunci pintu kamar ada yang tidak berfungsi. Pada malam hari kadang ada orang lain yang masuk ke kamar meskipun dia bukanlah penghuni kamar tersebut. Ini karena pintu kamar yang tidak ada kuncinya dan bahkan kadang pintu kamar dibiarkan terbuka oleh staff hotel. Bahkan kamar mandi juga ada yang tidak bisa dikunci. Minimnya privasi seperti ini akan sangat mengganggu terutama bagi para traveler perempuan.
  • Kebersihan hotel kurang terjaga terutama di area kamar mandi sehingga terkesan agak jorok.

 

5. Balibbu Hostel Ubud

Lokasi: Raya Nyuh Kuning, Ubud, Bali, Indonesia 80571

screenshot_13

Sebagai salah satu daerah yang banyak dikunjungi traveler, Ubud tentu juga menawarkan berbagai hostel sebagai akomodasi untuk para backpackers yang ingin saling bertemu dan mengakrabkan diri. Di sini, Balibbu Hostel adalah yang paling direkomendasikan. Letaknya tidak terlalu dekat dengan keramaian sehingga cukup tenang. Namun juga tidak terlalu jauh dari mana-mana.

Yang unik dari hostel ini adalah tempat tidurnya yang berbentuk kapsul. Bukan sembarang kapsul biasa, namun kapsul yang terbuat dari bambu dan berbentuk segi enam. Selain kapsul, tersedia juga kamar dormitory biasa khusus perempuan dan dormitory campuran. Tersedia juga kolam renang, wifi, lounge, dan dapur umum.

screenshot_14

Kelebihan:

  • Letaknya cukup strategis tapi tidak bising. Monkey Forest tepat di belakang hostel. Ke kota hanya 5 menit berkendara. Ke bandara hanya 45 menit.
  • Ruang kamar luas, cukup nyaman untuk bergerak bebas meskipun dormitory sedang penuh.
  • Kapsul bambu sangat unik. Terutama bila kamu tipe orang yang suka dengan hal-hal baru.
  • Banyak traveler asing yang menginap dan atmosfer sosialnya sangat menyenangkan. Mudah sekali mendapatkan teman baru sesama backpacker dari berbagai negara.
  • Ada persewaan motor dan mobil.

screenshot_15

Kekurangan:

  • Kebersihan tidak terjaga dengan baik. Bau tidak sedap tidak jarang tercium dimana-mana. Kamar mandi lebih parah lagi karena kadang lantainya sampai licin karena jarang dibersihkan.
  • Penggunaan AC dibatasi dengan ketat oleh staff-nya. Mereka hanya menyalakannya di malam hari ketika waktu tidur saja. Kadang kamu harus berdebat dahulu dengan mereka bila ingin menyalakan AC di siang hari.
  • Kuantitas makanan yang disediakan untuk sarapan terlalu pas-pasan. Bila kamu bangun agak kesiangan pasti akan kehabisan dan tidak kebagian apa-apa. Rasanya juga tidak terlalu enak.
  •  Staff ada yang baik dan ramah, tapi ada juga yang cuek dan bikin emosi. Cukup sial kalau kamu harus berhadapan dengan staff yang tidak ramah.

 

6. Bhumi Hostel Jogja

Lokasi: Jl. Raden Ronggo No. 14, Lapangan Karang, Prenggan Kotagede, Kotagede, 55712 Yogyakarta, Indonesia

screenshot_16

Bhumi Hostel terletak di daerah Kota Gede yang sarat akan budaya lokal. Bangunan yang digunakan untuk penginapan ini sudah dibangun sejak 1976 dan kesan otentiknya masih dipertahankan. Bahkan dapur umumnya pun ditata agar menyerupai warung. Inilah akomodasi sempurna untuk para traveler asing yang ingin benar-benar merasakan suasana lokal yang asli. Tak heran banyak bule yang suka menginap di sini.

Pilihan kamar tersedia mulai dari dormitory khusus perempuan, dormitory khusus laki-laki, dormitory campuran, dan kamar pribadi dengan double bed. Fasilitas meliputi wifi, loker, laundry, dapur umum, teras, taman organik, dan rental sepeda.

Pihak hostel juga bisa membantumu untuk mengatur tur mulai dari booking tiket ke tempat wisata, transportasi, dan lain-lain. Mereka juga bisa memberi banyak tips dan rekomendasi untuk jalan-jalan seru.

screenshot_17

Kelebihan:

  • Bangunannya klasik dan kental dengan nuansa tradisional lokal Jogja yang unik.
  • Ada taman yang luas dan sangat asri. Dipenuhi dengan berbagai tanaman herbal yang bermanfaat. Tamannya pun sangat terawatt sehingga menyenangkan untuk dinikmati.
  • Pengelola dan staff hostel amat sangat ramah dan memperlakukan siapapun layaknya sahabat. Dijamin betah dan puas.
  • Menu sarapan adalah kuliner asli Indonesia yang rasanya enak. Kokinya hebat. Selain itu, di sekitar hostel pun banyak warung yang murah dan enak.
  • Kebersihan dan kerapian terjaga dengan baik. Bahkan kamar mandi umum yang ada pun juga sangat bersih.

screenshot_18

Kekurangan:

  • Lokasinya kurang strategis. Cukup jauh bila ingin ke tempat-tempat wisata seperti Malioboro atau Kraton.
  • Dindingnya tipis sehingga kadang masih terdengar suara dari luar.
  • Tamu harus mencuci piringnya sendiri setelah makan.
  • Hostel ini mempunyai binatang peliharaan, kucing dan anjing. Bagi pecinta binatang, ini tidak ada masalah. Namun lain halnya bagi orang yang punya alergi, orang yang tidak terlalu suka binatang, atau sekedar khawatir akan kebersihannya.

 

Hostel merupakan jenis akomodasi ideal bagi para traveler untuk dapat bertemu satu sama lain. Hanya saja, terkadang ada hostel-hostel yang hanya populer di kalangan traveler domestik, dan ada hostel-hostel yang banyak difavoritkan oleh para pelancong bule.

Dengan menginap di hostel yang disukai para traveler mancanegara, kita bisa mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan mereka, berkenalan, berbagi cerita dan informasi, saling membantu, atau bahkan berpetualang bersama.

 

* Seluruh foto diambil melalui dengan Credit agoda & booking. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. 

 

baca juga :

Berburu Event di Solo Sambil Nginap di Hotel-hotel Ramah Budget Untuk Backpacker? Why Not!

Backpackeran ke Malang, Perlu Banget Deh Melirik Aneka Hotel Budget Keren Ini

Backpackeran ke Surabaya, Catat Aneka Hotel Nyaman 100 Ribuan/Malam Ini, ya!

Comments

comments