Tampaknya sudah jadi informasi umum jika Indonesia memiliki banyak pantai dengan keindahan yang sangat memukau. Ibarat kata, tinggal tunjuk saja salah satu pulau dari 17500 pulau di Indonesia, maka tak sulit untuk menemukan pantai yang dianggap indah nan cantik di pulau tersebut.

Namun dari ratusan, atau mungkin ribuan pantai yang ada di Indonesia, pantai mana saja yang memiliki reputasi kelas dunia? Maksud dari reputasi disini bukannya apakah pantai tersebut ramai dikunjungi oleh wisatawan asing atau tidak, melainkan pantai yang sering direkomendasikan oleh berbagai website travelling populer di dunia maupun masuk dalam daftar pantai ter-(isi sendiri) di dunia. Saya merangkum beberapa pantai di Indonesia yang masuk dalam kategori tersebut, dan inilah daftarnya:

 

Pantai Nihiwatu, Sumba

Pada tahun 2013, pantai ini masuk di urutan ke-17 pantai terbaik di dunia versi CNN. Hebatnya lagi, Hawaii yang populer dengan pantainya saja hanya berada di urutan ke-27, yang berarti ada selisih 10 peringkat. Keren bukan?

Tak salah memang jika Pantai Nihiwatu ini mewakili Indonesia di kancah internasional. Pantai yang terletak 30 kilometer dari kota Waikabubak, Sumba Barat ini berjarak 1 jam perjalanan dari Bali (naik pesawat terbang, belum termasuk 90 menit perjalanan lewat jalur darat). Letaknya memang terpencil, namun memiliki pantai pasir putih yang bersih sepnjang 2,5 kilometer, air yang jernih, dan sunset yang menakjubkan.

Surfer kelas dunia juga menyukai tempat ini karena memiliki ombak tipe left-hand break yang dijuluki God’s Left, serta karena banyaknya aktifitas laut lainnya yang bisa dilakukan di pantai ini. Tak heran jika selain CNN, Yahoo Travel juga menempatkan pantai ini sebagai salah satu pantai terbaik di Asia.

Pantai Nihiwatu [Foto: cnntravel.com via indosurflife]
Pantai Nihiwatu [Foto: cnntravel.com via indosurflife]

Pantai Canggu, Bali

Sama seperti Pantai Nihiwatu, Pantai Canggu ini juga disebut oleh CNN sebagai salah satu pantai terbaik di dunia tahun 2013. Pantai ini memiliki ombak yang cocok untuk berbagai level surfer, dan memiliki pemandangan yang sangat indah. Tak hanya memiliki pemandangan indah, pantai Canggu ini menawarkn berbagai aktifitas seru mulai dari naik kuda, hingga menikmati kehidupan malam.

Pantai Canggu [foto: canggubeach.com]
Pantai Canggu [foto: canggubeach.com]

Pulau Derawan

Masih seputar pantai yang masuk dalam list 100 pantai terbaik di dunia versi CNN. Pulau Derawan ini berada di posisi ke-63, posisinya terpaut 4 peringkat dari Belle Mare di Mauritius yang berada di posisi ke-67. Sebagai pulau yang dicalonkan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO (didaftarkan tahun 2005), pulau ini memang memiliki pemandangan yang indah.

Di pulau ini wisatawan dapat melihat kura-kura yang melintasi pantai berpasir perak, dan juga dapat melihat batu karang sepanjang 18 meter bernama “Blue Trigger Wall” yang di sekitarnya terdapat ikan trigger dalam jumlah banyak.

Pulau Derawan [foto: pinterest.com]
Pulau Derawan [foto: pinterest.com]

Pantai Dreamland, Bali

Pantai ini disebut oleh Graham Uden, seorang fotografer berbasis di Hongkong sebagai salah satu pantai terbaik di Asia. Pernyataan tersebut dimuat dalam situs Forbes tahun 2010. Selain Pantai Dreamland, beberapa pantai lain di Indonesia yang disebut oleh Uden sebagai salah satu yang terbaik di Asia adalah Pantai Perasi di Bali dan Pantai Bale Kambang di Jawa Timur.

Pantai Dreamland [foto: water-sport-bali.com]
Pantai Dreamland [foto: water-sport-bali.com]

Pantai Nusa Dua, Bali

Pantai ini masuk dalam top 25 Beaches Asia pilihan traveler dalam sebuah situs travel internasional. Pantai ini disebut-sebut menarik untuk dikunjungi sepanjang tahun, dan memiliki pemandangan cantik yang romantis.

Pantai Nusa Dua [foto: negerisubur.blogspot.com]
Pantai Nusa Dua [foto: negerisubur.blogspot.com]

Pantai Kuta, Lombok

Jangan tertukar antara pantai Kuta Bali dengan Lombok yah, karena yang saya maksud dalam tulisan ini adalah Pantai Kuta Lombok. Pantai ini memang bukan pantai utama di Lombok, namun justru itulah yang menjadi daya tariknya. Tempatnya relatif tenang, berpasir putih, dan memiliki batu karang yang indah. Pantai yang terletak di Desa Kuta ini memang sulit dicapai menggunakan kendaraan umum, namun layak untuk diperjuangkan bagi mereka yang menyukai aktifitas pantai.

Pantai Kuta, Lombok [foto: tempatwisataid.com]
Pantai Kuta, Lombok [foto: tempatwisataid.com]

Sebetulnya masih banyak pantai-pantai di Indonesia yang banyak direkomendasikan oleh situs wisata internasional. Mudah-mudahan lain kali daftar pantai-pantai cantik di Indonesia ini bisa saya update lagi dengan nama-nama baru (yang berarti makin banyak pantai kita yang disukai oleh dunia internasional).

 

baca juga :

25 Tempat di Indonesia yang Akan Memuaskan Hasrat Menapaki Luar Negeri

Belum Ada Budget Untuk Liburan ke Maladewa? Main Saja Dulu ke Tempat-Tempat Ini Yuk!

1001 Trivia Fakta Kepulauan Seribu yang Perlu Kalian Tahu

Comments

comments