Kepulauan Hawaii tak pernah kekurangan pesona untuk memikat wisatawan dari berbagai penjuru dunia untuk mengunjunginya. Selain karena memiliki kekayaan alam yang memikat, budaya lokal yang unik, serta aneka pantainya yang menawan; Hawaii juga menarik karena memiliki banyak pulau yang bisa dikunjungi oleh wisatawan, dengan kekayaan alam dan daya tarik yang berbeda-beda. Dari sekian banyak pulau yang bisa disambangi oleh wisatawan di Hawaii, Pulau Maui selalu menjadi favorit tersendiri.

* * * * *

Informasi Dasar

Pulau Maui
Pulau Maui, via avenuecalgary

Pulau Maui adalah pulau terbesar kedua di Kepulauan Hawaii setelah Pulau Hawaii yang berjuluk The Big Island, sekaligus menjadi pulau terbesar ke-17 di Amerika Serikat. Namun menariknya, jika dilihat dari jumlah populasi di Pulau Maui, jumlahnya jauh lebih sedikit dari Pulau Oahu yang merupakan pulau terbesar ketiga di Kepulauan Hawaii.

Otomatis pulau ini relatif lebih lenggang dibanding Pulau Hawaii dan Pulau Oahu, sehingga populer di kalangan wisatawan yang mencari privasi dan kenyamanan saat berwisata.

Sama seperti pulau lain di Kepulauan Hawaii, Pulau Maui ini memiliki 2 musim, yaitu musim panas dan musim dingin. Hanya saja karena kondisi geografis-nya yang beragam, suhu rata-rata di pulau ini sangatlah bervariasi, tergantung daerahnya. Namun biasanya suhu udara di Pulau Maui berkisar antara 21.6˚C (di bulan Februari) hingga 26.1˚C (di bulan Agustus).

Adapun zona waktu yang berlaku di Maui sesuai dengan Hawaii Standard Time (GMT -10) tanpa adanya Daylight Saving Time. Tambahan informasi lainnya, Maui mengenal 2 bahasa utama: Inggris dan Hawaii, dengan mata uang US Dollar.

* * * * *

Daya Tarik Pulau Maui

Keindahan alam Pulau Maui
Keindahan alam Pulau Maui, via viatgesgirovol

Kalau ditanya apa daya tarik utama dari Pulau Maui, maka jawabannya bisa sangat panjang. Pulau ini memiliki hampir semua yang dicari oleh wisatawan. Iklim tropis yang disukai oleh traveller dari Amerika dan Eropa, kondisi geografis yang kaya, dan lainnya.

Namun mengingat pulau ini dijuluki The Valley Isle, maka daerah pegunungan beserta lembahnya menjadi salah satu pesona yang tak terbantahkan dari Maui. Terlebih di Maui terdapat beberapa Taman Nasional yang dapat dijelajahi oleh para petualang.

Olah raga air di Maui
Olah raga air di Maui, via bestofmauiguide

Pulau Maui juga dikenal sebagai salah satu surganya para pecinta olah raga air, seperti surfing, wind surfing, berenang, dan lainnya. Pulau ini memiliki lebih dari 30 pantai, dan beberapa diantaranya menjadi tuan rumah bagi sejumlah kompetisi olah raga air internasional.

Aneka pantai tersebut juga dikenal akan keindahannya, terutama karena beberapa pantai menawarkan kombinasi sempurna antara suasana laut, pasir yang lembut, dan pepohonan tropis yang rimbun dan asri.

Sebuah resort di Pulau Maui
Sebuah resort di Pulau Maui, via hawaii-arukikata

Selain memiliki kekayaan alam yang bervariasi, Pulau Maui juga menawarkan banyak opsi akomodasi bagi wisatawan. Pulau ini pun kaya akan aneka resort mewah, yang menjadi surga bagi para pecinta liburan mewah.

Namun, Pulau Maui juga kaya akan berbagai jenis akomodasi lainnya, mulai dari penginapan biasa, B&B, hotel, hingga bungalow yang berada di tempat terpencil. Bahkan, kalian juga bisa melakukan kemping, karena di Pulau Maui ini terdapat beberapa spot keren untuk kemping.

Menikmati sunrise di Haleakala
Menikmati sunrise di Haleakala, via aglobalstroll

Yang terpenting dari semuanya, Pulau Maui menawarkan pengalaman wisata yang cukup lengkap. Bukan, ini bukan sekedar tentang pantai dan segala olah raga airnya saja. Namun pulau Maui ini juga ideal dikunjungi oleh mereka yang menyukai seni dan budaya, karena di pulau ini pun terdapat sejumlah spot untuk melakukan wisata seni, budaya, hingga wisata sejarah.

Pulau ini juga memiliki banyak opsi wisata lain, mulai dari menikmati sunrise dan sunset, hingga melakukan whale watching. Tersedia juga berbagai obyek wisata yang bisa dikunjungi oleh berbagai range usia, sehingga Pulau Maui ideal dikunjungi oleh siapa saja dari bermacam latar belakang.

* * * * *

Yang Harus Dilakukan di Pulau Maui

1. Melintasi Hana Highway

Hana Highway
Hana Highway, via huanqiu

Hana Highway secara konsisten masuk dalam daftar ‘hal-hal yang harus dilakukan di Pulau Maui’. Jalan tersebut merupakan jalan raya yang melewati sejumlah pemandangan indah seperti menembus hutan, melewati sejumlah air terjun, dan pemandangan ke arah lautan lepas. Dengan jumlah kelokan mencapai 620 dan 59 jembatan, Hana Highway ini memiliki sejumlah spot untuk dijadikan tempat istirahat sambil menikmati suasana.

* * *

2. Main-main ke Pantai Populernya

Pantai Kaanapali
Pantai Kaanapali, via travelocity

Pulau Maui memiliki puluhan pantai dengan daya tarik tersendiri. Ada pantai yang populer di kalangan turis karena lokasinya yang berdekatan dengan resort, seperti Pantai Kaanapali dan Pantai Wailea; namun ada juga sejumlah pantai rahasia yang perlu perjuangan ekstra untuk mencapainya.

Beberapa pantai bahkan populer dikunjungi oleh para pecinta olah raga air, seperti wind surfing, surfing, snorkeling, dan lainnya. Jadi, jika kalian berminat untuk mengunjungi aneka pantai di Pulau Maui, jangan malas melakukan riset untuk mencari pantai mana yang paling cocok untuk kalian kunjungi.

* * *

3. Melakukan Berbagai Olah Raga Air

Windsurfing di Maui
Windsurfing di Maui, via smartmeetings

Sebagai ‘pemilik’ dari puluhan pantai, Pulau Maui sekaligus menjadi surga bagi sejumlah olah raga air. Surfing, wind surfing, body surfing, snorkeling, diving, kayaking; hanyalah sebagian kecil olah raga air yang bisa dilakukan di Pulau Maui.

Beberapa pantai bahkan identik dengan olah raga tertentu, seperti Pantai Ho’okipa yang menjadi surga bagi para windsurfer. Dengan kata lain, jika kalian mengaku sebagai pecinta olah raga air, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi aneka water sport saat berada di Pulau Maui.

* * *

4. Menikmati Pesona Keindahan Alam Maui

Iao Valley
Iao Valley, via hawaiimagazine

Julukan The Valley Isle yang disandang oleh Pulau Maui bukan sekedar julukan belaka. Pulau ini memang memiliki banyak gunung dan lembah yang menantang untuk dijelajahi, berikut dengan sejumlah taman nasional yang masih terjaga dengan baik.

Pulau Maui juga memiliki sejumlah hutan hujan tropis, air terjun, gua, tebing, dan banyak kekayaan alam lainnya yang menunggu untuk di eksplorasi. Jika masih bingung menentukan spot mana yang harus dijelajahi lebih dulu, kalian dapat mulai dengan mengunjungi Haleakala National Park dan Iao Valley.

* * *

5. Melihat Ikan Paus

Whale watching
Whale watching, via hirurgvarna

Pulau Maui dikenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk melihat ikan paus, alias whale watching. Bahkan tak sedikit yang menyebut kalau Pulau Maui adalah tempat terbaik di dunia untuk melakukan whale watching.

Hal tersebut karena perairan di Pulau Maui, khususnya di sekitar West Maui dan South Maui relatif tenang dan jernih, sehingga mudah untuk mengamati ikan Paus, khususnya Paus Bungkuk yang senang berenang di perairan dangkal.

Untuk melakukan whale watching, kalian dapat mengikuti berbagai tour yang diselenggarakan oleh berbagai tour dan travel setempat. Jika masih bingung, kalian dapat pergi ke Lahaina Harbor yang merupakan pusatnya whale watching tour.

Namun kalau nggak ingin mengikuti tour, kalian bisa pergi ke sejumlah tempat seperti McGregor Point, Pantai Kaanapali, Pantai Kihei, dan Pantai Wailea. Di pantai-pantai tersebut ikan paus lumayan sering menampakkan diri, khususnya jika kalian berwisata antara bulan Desember hingga Mei.

* * *

6. Mencoba Berbagai Aktifitas Wisata yang Unik

Maui menawarkan banyak opsi aktifitas wisata yang bisa dicoba oleh wisatawan. Beberapa diantaranya hanya layak dicoba oleh para adrenalin junkie karena level tantangannya yang cukup tinggi. Namun jangan khawatir, banyak juga kok yang bisa dilakukan bersama anggota keluarga. Berikut beberapa yang bisa kalian coba selama berada di Maui:

  • Hiking

Sebagai The Valley Isle, Pulau Maui jelas memiliki banyak area pegunungan yang bisa kalian jelajahi. Menjelajah ‘Iao Valley National Park dan menembus hutan bambu untuk menelusuri Pipiwai Trail, hanyalah sebagian aktifitas hiking yang bisa kalian lakukan di Maui. Jika masih bingung menentukan rute hiking yang menarik, di Pulau Maui terdapat berbagai pilihan tour hiking yang akan dipandu oleh guide profesional.

  • Menikmati Sunset dan Sunrise

Salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunrise dan sunset di Maui yaitu Haleakala. Saking populernya tempat ini, para tamu diharapkan untuk melakukan reservasi lebih dulu sebelum meluncur ke tempat tersebut.

  • Kemping

Kemping selalu menjadi salah satu aktifitas wisata favorit bagi para petualang yang ingin menjelajah Maui. Pulau ini memiliki beberapa lokasi kemping populer, seperti yang terdapat di Haleakala Volcano, ataupun di tepi pantai di East Maui, dan banyak lagi. Tersedia juga berbagai tempat penyewaan tenda beserta perlengkapannya bagi kalian yang tak mau repot-repot membawa peralatan sendiri.

  • Rappeling

Mau mencoba merasakan sensasi menuruni tebing hanya dengan menggunakan tali ganda? Cobalah untuk melakukan rappeling di Maui. Salah satu tempat terbaik untuk dicoba menuruni air terjun berbagai hutan yang ada di sekitar Hana Highway. Untuk pemula, nggak perlu takut karena kalian akan didampingi oleh ahlinya.

  • Menunggang Kuda

Ingin merasakan sensasi menjelajah pulau sambil menunggang kuda? Kalian dapat melakukannya di Maui. Terdapat banyak tempat yang menawarkan tour mengelilingi pulau sambil menaiki kuda, seperti yang ditawarkan oleh Pony Express, Lahaina Stables, Ironwood Ranch, dan lainnya.

  • Bersepeda di Gunung Berapi

Salah satu cara terbaik untuk menikmati pemandangan di Maui, sekaligus menantang adrenalin, adalah dengan bersepeda menelusuri setiap turunan dan tanjakan di Haleakala Volcano. Tenang, nggak perlu jadi profesional untuk melakukan ini, karena beberapa rute cukup mudah dijelajahi bersama anggota keluarga lainnya. Tertarik untuk mencoba?

  • Naik ATV & Buggy

Jika kalian pergi ke daerah West Maui, kalian bisa menemukan berbagai tempat yang menawarkan tour menggunakan ATV dan/atau buggy. Selain bisa menyalurkan hasrat untuk berpetualang dan bersenang-senang, berkeliling menggunakan ATV dan buggy pastinya menawarkan sensasi wisata yang berbeda dan unik.

  • Mencoba Jadi Mermaid

Yeah, percayalah, di Pulau Maui ini ada banyak tempat yang menawarkan kesempatan untuk berenang menggunakan kostum ikan duyung. Kalian dapat mencoba berenang di lautan sambil berfantasi jadi duyung, dengan diabadikan oleh juru foto profesional sebagai kenang-kenangan.

  • Mencoba Tour Udara-nya

Penasaran seperti apa penampakan Pulau Maui jika dilihat dari ketinggian? Kalian dapat mengikuti bebagai tour udara yang diselenggarakan di pulau tersebut, seperti mengikuti tour menggunakan helikopter maupun tour menggunakan pesawat. Oh, kalian juga dapat melakukan parasailing yang bisa dilakukan secara solo maupun tandem.

* * *

7. Menjelajah Kota Lahaina

Lahaina
Lahaina, via lahainashores

Lahaina merupakan sebuah kota pelabuhan di Pulau Maui yang memiliki sejumlah spot wisata sejarah. Kota tersebut juga memiliki sejumlah tempat perbelanjaan menarik, berikut sejumlah tempat makan dan juga area hiburan malam.

Kalian dapat menjelajah kota untuk mengunjungi Baldwin House, penjara lama, dan banyak lagi. Jika kalian memiliki waktu wisata yang singkat di Pulau Maui, menjelajah Lahaina bisa menjadi opsi wisata untuk dipertimbangkan.

* * *

8. Bersenang-senang!

Maui Island sunset dinner cruise
Maui Island sunset dinner cruise, via ohanafun

Pulau Maui juga memiliki banyak spot untuk bersenang-senang setelah seharian menjelajah ke berbagai penjuru pulau. Maui memiliki sejumlah tempat hiburan malam, berbagai tempat yang menawarkan aneka show kebudayaan, hingga beragam tempat yang menawarkan kombinasi antara makan malam sambil menikmati pertunjukan budaya. Masih belum cukup? Kalian juga bisa melakukan dinner cruise jika menginginkan pengalaman bersantap yang lebih mantap.

Tambahan informasi lainnya, Pulau Maui ini juga populer sebagai salah satu spot untuk menggelar pesta pernikahan dan bulan madu. Ingin menikah di pantai maupun di spot lainnya? Semua bisa di atur. Jadi, jangan ragu untuk menggelar pernikahan maupun merencanakan bulan madu di Pulau Maui ya!

* * * * *

Akses

Bandara utama di Pulau Maui adalah Kahului Airport (OGG). Beberapa penerbangan internasional ada yang langsung menuju ke bandara tersebut, namun bisa jadi kalian harus singgah dulu di Honolulu (Pulau Oahu) sebelum lanjut terbang ke Pulau Maui menggunakan penerbangan domestik.

Selain memiliki Kahului Airport, di Pulau Maui pun terdapat beberapa bandara yang lebih banyak melayani penerbangan domestik, seperti yang terdapat di Kapalua (West Maui) dan Hana (East Maui). Alternatif lainnya, untuk mencapai Maui, kalian dapat menggunakan kapal ferry dari Molokai dan Lanai.

Untuk transportasi domestik, di Pulau Maui sudah terdapat sejumlah moda transportasi publik yang cukup nyaman digunakan oleh wisatawan. Misalnya saja shuttle bus dan tour bus. Kalian juga dapat naik taksi maupun menyewa mobil.

* * * * *

Tips dan Trik

Perlu beberapa tips dan trik untuk menjelajah Pulau Maui? Simak contekannya berikut ini:

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pulau Maui adalah bulan Mei dan Oktober. Pada periode tersebut, cuaca di Pulau Maui cukup baik, sementara tingkat kepadatan turis sudah tidak sepadat saat peak season. Adapun peak season di Pulau Maui terjadi antara bulan Desember hingga Maret, serta pada periode liburan musim panas dan liburan musim dingin.
  • Pulau Maui memiliki moda transportasi publik (bus) yang cukup baik. Namun untuk kemudahan mobilitas, disarankan untuk menyewa mobil untuk menjelajah pulau tersebut. Dengan menyewa mobil, kalian dapat leluasa menjangkau berbagai spot tersembunyi, seperti mencapai aneka pantai rahasia di Pulau Maui.
  • Jika berkunjung di musim panas dan berniat untuk melakukan olah raga air, sebaiknya lakukan di pagi hari. Semakin siang, angin akan bertiup semakin kencang, dan mungkin akan membuat aktifitas olah raga air akan terganggu.
  • Walaupun temperatur di Pulau Hawaii relatif hangat, disarankan untuk membawa pakaian hangat karena cuaca di malam hari bisa jauh berbeda dibanding siang hari. Sedangkan jika ingin mengunjungi sejumlah tempat yang lokasinya cukup tinggi, seperti Haleakala National Park, kalian akan memerlukan pakaian hangat karena tempat-tempat tersebut cukup dingin.
  • Berniat memberikan tips? Berikut sejumlah panduan mengenai tips, berdasarkan standar yang berlaku di Amerika: restoran (15-20% dari total tagihan), bar (USD 0.5-1 per-minuman), housekeeping (USD 1/tempat tidur/malam), pengangkut barang (USD 1 per-tas), doorman (USD 1), room service (10-15% dari tagihan total), taksi (15% dari tarif).

* * * * *

Note:

Foto diambil dari berbagai sumber (lihat caption) tanpa editan tambahan selain resizing.

 

baca juga :

Siapa Bilang Paris Mahal? Intip Ragam Tips Untuk Budget Traveller Berikut Ini!

Belum Ada Budget Untuk Liburan ke Maladewa? Main Saja Dulu ke Tempat-Tempat Ini Yuk!

25 Tempat di Indonesia yang Akan Memuaskan Hasrat Menapaki Luar Negeri

Comments

comments