“The first I heard of the beach was in Bangkok, on the Khao San Road. Khao San Road was backpacker land.” – Bangkok, Bitch, p.5, Richard (source: bookrags)

Nama “Khao San Road” (atau “Khaosan Road”) beberapa kali disebut dalam buku “The Beach” karya Alex Garland, yang telah di adaptasi menjadi sebuah film berjudul sama dan dibintangi oleh Leonardo diCaprio (The Beach/2000). Dalam buki dan film tersebut, Khao San Road digambarkan sebagai sebuah jalan yang menjadi surga bagi para backpackers dari seluruh dunia.

Opini tersebut tidak salah, tapi juga tidak sepenuhnya benar. Khao San Road memang dikenal sebagai surganya backpacker yang mengunjungi Bangkok. Di sana, kalian dapat bertemu dengan backpacker dari berbagai penjuru dunia, dan semuanya melebur jadi satu dalam atmosfir Khao San Road.

Namun dewasa ini, seiring dengan berkembangnya Khao San Road sebagai salah satu destinasi wisata populer di Bangkok, tempat ini tak lagi dikenal sebagai surga backpacker semata. Dewasa ini, kalian dapat menemukan berbagai jenis wisatawan berkumpul di Khao San Road, mulai dari backpacker, budget traveller, hingga traveller yang lebih terbiasa dengan koper dibanding ransel.

Informasi Dasar

Khao San Road di malam hari
Khao San Road di malam hari, via new-treveler.ru

Khao San Road sendiri merupakan nama jalan yang terletak di Distrik Phra Nakhon di Banglamphu. Sejarah Khao San Road dimulai sejak tahun 1892, saat jalan itu mulai dibangun pada masa kekuasaan Rama V. Nama ‘Khaosan’ sendiri dapat diterjemahkan sebagai ‘penggilingan padi’, karena dulunya kawasan ini memang merupakan sebuah kawasan tempat perdagangan padi.

Bisnis pertama yang berdiri di sekitar Khao San Road adalah sebuah penginapan, yang tujuan awalnya adalah untuk menyediakan tempat menginap bagi mereka yang ingin berbisnis di daerah tersebut. Kemudian muncul beberapa toko yang menjual aksesoris dan souvenir keagamaan, sehingga Khao San Road sempat pula dikenal sebagai “religious road” alias “jalan religi”. Lama kelamaan, muncul toko-toko lain yang menjual bermacam hal, serta hotel-hotel komersial lainnya, disusul dengan munculnya berbagai fasilitas lain seperti restoran, bar, dan sebagainya.

Rumor tentang Khao San Road yang kerap dikunjungi oleh banyak wisatawan karena memiliki “fasilitas cukup lengkap tapi murah” pun terus berkembang, hingga akhirnya dalam20 tahun terakhir inilah Khao San Road kemudian dikenal sebagai surganya backpacker di Bangkok.

Daya Tarik Khao San Road

Khao San Road
Khao San Road, via bkknews

 

“The Khao San Road is a decompression chamber between east and west. It’s where you learn to breathe car fumes and tropical air for the very first time, or else carefully rearrange your memories before you catch your flight home” – taken from The Beach (movie)/2000

Saat ini, Khao San Road memang dikenal sebagai surganya backpacker di Bangkok. Namun sebetulnya, apa sih yang membuat jalan sepanjang 410 meter ini begitu menarik perhatian backpacker dan juga wisatawan lain pada umumnya? Mari mulai mengenal Khao San Road dari situasi keseluruhan di jalan tersebut.

Khao San Road mungkin nggak sepanjang jalanan lain di Bangkok. Tapi di jalan ini bertabur semua yang dicari oleh wisatawan, khususnya backpacker dan budget traveller. Ada aneka penginapan murah, penginapan kelas menengah, bermacam restoran, tempat pijat, toko buku, toko tato, toko souvenir, sebut saja!

Dengan kata lain, kawasan ini bertabur aneka fasilitas yang dibutuhkan oleh backpacker dan budget traveller. Menariknya, aneka fasilitas tersebut umumnya bisa kalian dapatkan dengan harga yang sangat, sangat bersahabat dengan kantong, alias murah meriah.

Di Khao San Road, kalian juga dapat menemukan berbagai agen travel yang bisa membantu merencanakan agenda wisata kalian selama berada di Bangkok maupun kota lainnya di Thailand.

Bahkan jika kalian mendadak secara impulsif ingin bepergian ke negara lain, kalian juga membeli berbagai tiket di travel agent tersebut, maupun membantu untuk mengurus visa (mungkin tidak berlaku untuk semua negara). Lagi-lagi semua itu bisa kalian dapatkan dengan biaya jasa yang cukup terjangkau, dan itulah yang membuat Khao San Road sangat menarik bagi backpacker dan budget traveller.

Daya tarik lain dari Khao San Road terletak pada lokasinya. Jalan ini hanya berjarak kurang lebih 1 kilometer dari wilayah kota tua Bangkok. Otomatis beberapa obyek wisata terpopuler di Bangkok – seperti Grand Palace, Wat Phra Kaew, dan Bangkok National Museum – pun berada dalam jarak tempuh pejalan kaki (jika berangkat dari Khao San Road).

Fakta tersebut membuat Khao San Road menjadi basecamp ideal bagi mereka yang ingin mengeksplorasi kawasan kota tua, maupun jika ingin mengunjungi aneka obyek wisata lain yang lokasinya nggak jauh dari kota tua.

Last but not least, Khao San Road juga terkenal akan kehidupan malamnya yang sangat meriah. Jalan ini memiliki beberapa klab malam dan bar yang sanggup membuat para party goers bahagia. Tak hanya itu saja, suasana jalan di Khao San Road saat malam hari pun cukup meriah.

Para pedagang makanan akan berbondong-bondong membuka kios di jalan, dan menarik para pejalan kaki untuk sekedar duduk-duduk sambil berdiskusi dengan traveller lainnya. Kadang ada saja wisatawan yang membeli aneka minuman beralkohol dari mini market setempat, dan kemudian menggelar pesta sendiri di jalanan; membuat suasana malam di Khao San Road tak pernah lepas dari kata ‘meriah’.

 

Yang Harus Dilakukan di Khao San Road

Bingung menentukan aktifitas apa yang harus kalian lakukan di Khao San Road? Simak rekomendasinya berikut ini:

Terjaga Sepanjang Malam atau Bergabung dalam Berbagai Pesta

Suasana malam di Khao San Road
Suasana malam di Khao San Road, via megafun.vn

Khao San Road memang selalu ramai sepanjang hari. Namun semakin malam, tingkat keramaian di Khao San Road akan semakin menggila. Suasana pun akan semakin hidup, makin meriah, dan tentu saja makin menggila.

Jika kalian memang pecinta suasana hingar bingar, jangan sia-siakan malam di Khao San Road dengan tidur manis di dalam hostel. Berjagalah, dan ikut larutlah dalam berbagai kemeriahan malam di Khao San Road. Oke, mayoritas club memang akan tutup pada jam 02.00 dini hari.

Namun kemeriahan pesta kadang berlanjut di jalanan. Kalian bisa berbaur dengan banyak orang baru, mencari kenalan baru, bertemu dengan orang-orang dari berbagai latar belakang (mulai dari lady boy hingga pendeta), atau malah sekalian menjadi salah satu bintang dalam suasana pesta di Khao San Road. Beberapa traveller bahkan merekomendasikan agar kalian terus berjaga hingga pagi, karena pada saat itu kalian berkesempatan melihat para bhiksu yang tengah berjalan menuju kuil terdekat.

*****

Mengelilingi Area Khao San Road

Khao San Road
Khao San Road, via thehostelhopper

Khao San Road mungkin memang tidak terlalu panjang. Tapi sepanjang jalan ini dipenuhi dengan berbagai fasilitas menarik, mulai dari hostel, travel agent, hingga club dan bar. Suasana di siang hari dan malam hari pun cukup berbeda.

Jika di siang hari suasananya relatif lebih tenang, maka di malam hari Khao San Road ini akan terasa lebih hidup karena banyaknya lampu neon yang dinyalakan di sepanjang sisi jalan. Jika kalian mencari pengalaman wisata Khao San Road yang sesungguhnya, berjalan-jalan menyusuri Khao San Road bisa menjadi sebuah opsi wisata yang menyenangkan. Siapa tahu kalian akan menemukan sisi lain dari Khao San Road yang belum ditemukan oleh traveller lain.

*****

Mampir ke Jalan Lain di Dekat Khao San Road

Di sekitar Khao San Road ada beberapa jalan yang juga cukup menarik untuk dijelajahi. Dua diantaranya adalah Soi Rambuttri dan Phra Athit Road.

  • Soi Rambuttri
Soi Rambuttri
Soi Rambuttri, via planetden

Jenuh dengan hiruk pikuk Khao San Road? Cobalah untuk kabur sejenak ke Soi Rambuttri. Jalan ini jaraknya sangat dekat dengan Khao San Road, namun memiliki atmosfir yang kontras dengan Khao San Road. Jalan ini relatif lebih tenang, dan memberikan gambaran seperti apa suasana di Bangkok sebelum modernitas menyerbu ibu kota Thailand tersebut.

  • Phra Athit Road
Phra Athit Road
Phra Athit Road, via bk.asia-city

Jalan ini hanya berjarak 5 menitan jalan kaki dari Khao San Road, namun suasananya cukup jauh berbeda dengan backpacker ghetto tersebut. Phra Athit Road ini memiliki suasana yang cukup menyenangkan, dengan sejumlah toko yang menempati bangunan kuno. Terdapat juga aneka kafe, restoran, bar, dan beberapa tempat yang rutin menampilkan aneka live music.

*****

Mengunjungi Obyek Wisata di Sekitar Khao San Road

Sudah tahu kan kalau di sekitar Khao San Road terdapat beberapa obyek wisata populer? Mumpung lagi berada di Khao San Road, sekalian mengunjungi aneka obyek wisata tersebut yuk! Langsung saja simak beberapa rekomendasinya berikut ini:

  • The Grand Palace
The Grand Palace
The Grand Palace, via airporttransfer

Oke, Grand Palace ini lokasinya mungkin nggak dekat-dekat amat dengan Khao San Road. Kalau naik mobil, kalian membutuhkan waktu kurang lebih 15 menitan (dari Khao San Road), sedangkan kalau jalan kaki memerlukan waktu kurang lebih 20-30 menitan. Namun sebagai salah satu obyek wisata terpopuler di Bangkok, tetap saja tempat ini sayang banget dilewatkan kalau kalian tengah berada di Khao San Road.

  • Wat Pho
Patung Buddha Tidur di Wat Pho
Patung Buddha Tidur di Wat Pho, via asiawisata

Sama seperti The Grand Palace, lokasi Wat Pho ini memang nggak dekat-dekat amat dengan Khao San Road, tapi menarik untuk dikunjungi – terutama jika kalian berniat mengunjungi The Grand Palace.

  • National Museum
National Museum
National Museum, via touroperators-india.blogspot

Museum ini lokasinya nggak begitu jauh dari ujung jalan Khao San Road yang mengarah ke Barat Laut.

  • Wat Phra Kaew
Wat Phra Kaew
Wat Phra Kaew, via rusib.ru

Lokasi kuil ini ada di dalam Grand Palace, dan termasuk salah satu kuil terpenting dan terpopuler di Bangkok.

  • Wat Chana Songkram
Wat Chana Songkram
Wat Chana Songkram, via bangkok-infoguide

Kuil ini lokasinya nggak begitu jauh dari Khao San Road dan Soi Rambuttri, sehingga ideal banget untuk dikunjungi saat tengah menjelajah kedua jalan tersebut.

  • Democracy Monument
Democracy Monument
Democracy Monument, via thousandwonders.net

Monumen Demokrasi ini terletak di wilayah kota tua, dan hanya beberapa menit jalan kaki dari Khao San Road.

*****

Mencoba Aneka Street Food-nya

Pedagang makanan di Khao San Road
Pedagang makanan di Khao San Road, via travelblog.expedia

Semakin malam, semakin banyak vendor street food yang membuka lapaknya di Khao San Road. Kalian dapat dengan mudah menemukan pedagang yang menjual aneka jenis makanan, mulai dari makanan tradisional khas Thailand, hingga cemilan yang sedikit nyeleneh seperti aneka serangga goreng. Hiih!

*****

Belanja Oleh-oleh Murah

Deretan pedagang di Khao San Road
Deretan pedagang di Khao San Road, via keyword-suggestions

Khao San Road memiliki banyak sekali toko yang menjual aneka pakaian dan pernak-pernik yang cocok dijadikan oleh-oleh. Seperti halnya mayoritas toko di Bangkok, harga-harga disana pun terbilang murah meriah. Cocok untuk kalian yang tengah mencari oleh-oleh dalam jumlah banyak. Atau, untuk opsi lain, kalian bisa melirik Banglamphu Market yang nggak begitu jauh dari Khao San Road.

*****

Bikin Tato

Tattoo di Khao San
Tattoo di Khao San, via thetattoohut

Percaya atau tidak, membuat tato termasuk salah satu aktifitas favorit untuk dilakukan di Khao San Road, terutama karena banyak sekali seniman tato bertebaran di jalan ini. Jika kalian termasuk pecinta tato, kalian bisa mempertimbangkan untuk menorehkan ‘oleh-oleh’ dari Khao San Road dalam bentuk tato permanen. Namun jika karena satu dan lain hal kalian nggak bisa atau tidak mau memiliki tato permanen, tersedia opsi tato temporer juga kok.

*****

Mencoba Pijat Tradisional Khas Thailand

Pijat tradisional
Pijat tradisional, via youtube

Nggak sulit untuk menemukan tempat pijat di sepanjang Khao San Road. Seandainya ingin beristirahat sejenak dari aktifitas jalan-jalan, kalian bisa mempertimbangkan untuk meluangkan waktu barang 1-2 jam untuk mencoba aneka pijat tradisional yang ditawarkan di Khao San Road.

*****

Datang Ke Khao San Road Menggunakan Perahu

Detail lebih lanjut tentang ini bisa kalian baca di bagian akses.

*             *             *             *             *

Warning!

Sama seperti daerah lainnya di Bangkok dan Thailand – dan juga di tempat-tempat padat wisata lainnya, Khao San Road pun tak luput dari populasi orang-orang yang mencoba melakukan scam terhadap turis. Walau jumlahnya mungkin tidak terlalu banyak, tak ada salahnya kalian mengenali beberapa scam yang pernah dilaporkan terjadi di Khao San Road.

  1. Penipuan Tiket Bus Malam Murah

Sebetulnya penipuan ini nggak spesifik terjadi di Khao San Road. Namun karena kalian dapat membeli bermacam tiket, termasuk tiket bus malam menuju kota lain, hati-hati dengan penawaran tiket murah. Nggak sedikit turis yang melaporkan jika barang bawaan mereka hilang saat tidur dalam perjalanan menggunakan bus malam.

  1. Hati-hati dengan Peramal Jalanan

Beberapa turis pernah melaporkan kalau mereka didekati oleh seseorang yang mengaku punya keahlian meramal masa depan, dan sedikit memaksa untuk meramal kalian tanpa biaya apapun. Waspadalah, karena biasanya ujung-ujungnya kalian akan dimintai sejumlah donasi.

  1. Perhatikan Selalu Minuman Kalian

Pernah ada rumor yang menyebutkan tentang pemberian obat pada minuman yang dipesan oleh turis, yang membuat turis kehilangan kesadaran dan berujung dengan hilangnya dompet dan barang berharga yang melekat di badan. Walau rumor itu belum tentu benar, nggak ada salahnya kalian tetap waspada sekalipun tengah larut dalam suasana meriah di Khao San Road.

  1. Waspada dengan Terorisme

Bangkok dan Thailand sebetulnya tidak terlalu rentan dengan isu terorisme. Namun, mengingat Khao San Road ini ramai dikunjungi oleh wisatawan asing dari berbagai negara (yang kerap menjadi sasaran empuk aksi terorisme), tak ada salahnya kalian tetap waspada saat berwisata di kawasan ini.

*             *             *             *             *

Akses

Chao Phraya Express Boat
Chao Phraya Express Boat, via kojaro

Sebetulnya, Khao San Road cukup mudah di akses menggunakan berbagai jenis moda transportasi di Bangkok, terutama bus dan taksi. Sayangnya, karena Khao San Road (dan juga keseluruhan kawasan disekitarnya) belum terhubung dengan Skytrain, maka kalian agak sulit untuk mengakses Khao San Road dengan menggunakan Skytrain.

Namun, untuk pengalaman ekstra, kalian bisa mencoba mengakses Khao San Road dengan menggunakan perahu. Kalian bisa memilih berbagai jenis perahu yang berhenti di Dermaga Phra Arthit. Salah satu opsi termurah adalah dengan naik Chao Phraya Express Boat (bisa naik dari berbagai dermaga), tapi pastikan perahu yang kalian pilih berhenti di Dermaga Phra Arthit (karena tidak semua perahu berhenti disana). Dari dermaga tersebut, kalian cukup jalan kaki beberapa menit untuk mencapai Khao San Road.

***

 

Note:
Foto diambil dari berbagai sumber tanpa ada editan tambahan selain proses resizing.

Comments

comments