Sebagai negara bagian Amerika Serikat ke-50 sekaligus sebagai sebuah kepulauan, Kepulauan Hawaii memiliki banyak opsi pulau yang menggoda untuk dikunjungi oleh wisatawan. Saking banyaknya, kalian akan membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa menjelajahi setiap pulaunya. Namun jika waktu wisata kalian super duper terbatas, kalian bisa memfokuskan wisata di Pulau Oahu saja.

* * * * *

Informasi Dasar

Pulau Oahu
Pulau Oahu, via ryaction

Pulau Oahu merupakan pulau terbesar ketiga di Kepulauan Hawaii, setelah Pulau Hawaii (Big Island) dan Pulau Maui. Luas Pulau Oahu mencapai 1545,4 km², dengan detail ukuran panjang x lebar 71 kilometer x 48 kilometer. Tapi jangan salah, Pulau Oahu ini merupakan pulau dengan jumlah populasi terpadat di Kepulauan Hawaii, dengan total jumlah penduduknya mencapai 72% dari seluruh populasi di negara bagian tersebut. Dari jumlah tersebut, 81% diantaranya hidup di area perkotaan, sehingga kalian bisa membayangkan betapa ramai dan padatnya suasana di area kota di Pulau Oahu tersebut.

Ada beberapa hal yang membuat Pulau Oahu begitu padat penduduk. Salah satu alasannya mungkin karena pulau ini menjadi pintu masuk utama menuju negara bagian Hawaii. Ya, kota Honolulu, kota terbesar sekaligus ibu kota negara bagian Hawaii memang berlokasi di Pulau Oahu.

Otomatis pulau ini menjadi salah satu kota teramai yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, terutama bagi mereka yang memiliki waktu wisata sangat terbatas di Hawaii. Apalagi pulau ini juga memiliki banyak daya tarik wisata yang nggak kalah dengan pulau-pulau lainnya, sehingga ideal sekali dikunjungi sebagai fokus wisata utama di Hawaii.

* * * * *

Daya Tarik Oahu Island

Peta Pulau Oahu
Peta Pulau Oahu, via graphiclabtees

Pulau-pulau di Kepulauan Hawaii memiliki keunikan masing-masing yang membuatnya istimewa. Jika Big Island memiliki gunung berapi yang masih terus menyemburkan erupsinya sejak tahun 1983 hingga saat ini, maka Pulau Oahu ini dibentuk oleh dua gunung berapi dengan sebuah lembah membentang diantaranya. Otomatis pulau ini memiliki pemandangan alam pegunungan dan lembah yang sangat indah dan kaya, yang seolah takkan habis dijelajahi dalam waktu singkat.

Oahu Island
Oahu Island, via weekendnotes

Ukuran Pulau Oahu ini memang kalah luas dibanding Big Island dan Pulau Maui. Tapi soal daya tarik wisata, pulau ini punya banyak sekali obyek wisata keren yang sesuai untuk berbagai jenis wisatawan. Beberapa tempat populer di Hawaii, seperti Diamond Head, Pearl Harbor, dan Waikiki, juga berlokasi di Pulau Oahu; dan itulah yang membuat pulau ini layak dikunjungi oleh kalian yang memiliki waktu wisata terbatas.

Pantai Waikiki
Pantai Waikiki, via loopreizen

Bicara tentang wisata di Kepulauan Hawaii pastinya takkan bisa lepas dari bicara tentang pantai-pantainya. Begitu juga dengan Pulau Oahu, yang juga memiliki sejumlah pantai yang popularitasnya sudah terkenal hingga ke manca negara.

Pantai Waikiki, Hanauma Bay, Waimea Bay, hanyalah sebagian kecil dari sejumlah pantai beken yang bisa kalian temukan di Pulau Oahu. Pantai-pantai itu sekaligus menjadi tuan rumah bagi sejumlah aktifitas pantai dan laut populer, seperti berenang, surfing, snorkeling, dan sebagainya.

Sebuah tempat belanja di Honolulu
Sebuah tempat belanja di Honolulu, via royalhawaiiancenter

Sebagai pintu masuk utama menuju negara bagian Hawaii dan sebagai pulau dengan jumlah populasi terpadat di kepulauan Hawaii, Pulau Oahu tentu saja sekaligus menjadi salah satu surga belanja bagi para wisatawan.

Pulau ini memiliki beberapa pusat perbelanjaan yang digadang-gadang sebagai yang terbesar se-Amerika Serikat, dan juga memiliki beberapa variasi tempat belanja lainnya seperti pasar tradisional dan butik fashin. Mulai dari bahan makanan segar hingga barang-barang limited edition yang hanya bisa ditemukan di Hawaii, semua ada di Pulau Oahu.

Sebuah hotel di Oahu
Sebuah hotel di Oahu, via cntraveler

Daya tarik lain dari pulau ini terletak pada bervariasinya alternatif akomodasi yang bisa kalian temukan disana. Bagi wisatawan yang memiliki budget wisata unlimited, tersedia bermacam pilihan resort kelas atas yang menawarkan kenyamanan menginap berbalut kemewahan dan bertabur fasilitas lengkap.

Namun pulau ini juga memiliki sejumlah alternatif akomodasi lainnya, seperti hotel, bed and breakfast, hingga cottage sewaan yang bisa kalian temukan di berbagai penjuru pulau. Jadi nggak perlu takut akan sulit menemukan akomodasi yang sesuai dengan budget wisata selama berada di Pulau Oahu.

* * * * *

Yang Harus Dilakukan di Oahu Island

1. Mengunjungi Pantai-Pantai Populernya

Sebuah pantai di Oahu
Sebuah pantai di Oahu, via expedia

Ya, mengunjungi Pulau Oahu memang belum sah kalau belum main ke pantai-pantai populernya. Apalagi di pulau ini terdapat sejumlah pantai yang diakui sebagai salah satu pantai terbaik dengan popularitas hingga ke mancanegara.

Sebut saja Pantai Waikiki yang memiliki pasir putih dan berbentuk bulan sabit, yang setiap tahunnya bisa dikunjungi oleh lebih dari 4 juta wisatawan. Kemudian ada Pantai Lanikai yang kabarnya paling fotogenik seantero Hawaii, maupun Pantai Waimea yang populer sebagai tuan rumah kompetisi surfing internasional.

Merasa kalau pantai-pantai tersebut terlalu populer dan ramai untuk kalian? Tenang saja. Sekalipun Pulau Oahu sangat ramai oleh wisatawan, pulau ini juga memiliki beberapa pantai tersembunyi. Sebut saja Secret Beach di Ko Olina, Marine Corps Base Hawaii, dan banyak lagi.

* * *

2. Olah Raga Air

Ilustrasi Kite Surfing
Ilustrasi Kite Surfing, via travelpuzzling

Melakukan bermacam aktifitas olah raga air termasuk salah satu yang wajib dilakukan saat berada di kepulauan Hawaii, tak terkecuali di Pulau Oahu. Pulau ini pun menjadi surga bagi sejumlah olah raga air, dan bahkan menjadi tuan rumah untuk sejumlah kompetisi internasional.

Salah satu spot yang paling banyak disambangi oleh para pecinta surfing kelas dunia adalah Pantai Waikiki, yang dianggap memiliki ombak yang cukup panjang untuk diarungi oleh para peselancar.

Sedangkan mereka yang suka melakukan snorkeling dan berenang biasanya lebih suka main ke Hanauma Bay. Nggak suka melakukan surfing, snorkeling, ataupun berenang? Kalian dapat melakukan jet skiing, kite surfing, wind surfing, parasailing, dan bermacam aktifitas olah raga air lainnya di berbagai pantai yang ada di Pulau Oahu.

* * *

3. Hiking

Sebagai sebuah pulau yang diapit oleh dua gunung berapi, Pulau Oahu jelas menjadi salah satu surga untuk melakukan hiking. Pulau ini pun memiliki beberapa spot hiking populer, yang melintasi sejumlah track di tengah alam dengan pemandangan yang indah dan ikonik. Jika kalian berminat melakukan hiking namun masih bingung menentukan jalur mana yang harus dijelajahi, simak rekomendasinya berikut ini:

  • Stairway to Heaven
Stairway to Heaven
Stairway to Heaven, via thebeautyoftravel

Bisa jadi inilah jalur hiking paling populer di Oahu, sekaligus yang paling ikonik. Stairway to Heaven, atau populer juga dengan nama Haiku Stairs, merupakan sebuah jalur hiking yang terdiri dari 3922 anak tangga di area pegunungan. Beberapa diantaranya bahkan membentuk jalur vertikal, dan hanya dibatasi dengan pembatas sederhana di kedua sisinya.

Di bagian bawah jalur ini terdapat lembah yang siap ‘menyambut’ para pejalan kaki yang ceroboh. Dibangun sejak tahun 1942 untuk keperluan militer, Stairway to Heaven ini selalu bisa menarik minat para petualang yang ingin merasakan sensasi menelusuri jalur berbahaya sepanjang 4000 kaki (atau 1,2192 kilometer) dengan ketinggian mencapai lebih dari 2000 kaki (atau 609 meter), sekalipun sebetulnya aktifitas ini ilegal untuk dilakukan.

  • Diamond Head Crater
Diamond head crater hike
Diamond head crater hike, via dlnr.hawaii.gov

Diamond Head Crater merupakan salah satu landmark vulkanik populer di Pulau Oahu. Selain itu, Diamond Head Crater pun sekaligus menjadi salah satu spot hiking favorit bagi wisatawan. Kalian mungkin memerlukan waktu kira-kira 40-60 menit untuk mendaki puncak setinggi 760 kaki (atau 231 meter), melewati sejumlah anak tangga dan beberapa lorong, hingga akhirnya tiba di puncak untuk menikmati pemandangan 360 derajat ke penjuru Oahu.

  • Ka’au Crater Hike
Kaau Crater Hike
Kaau Crater Hike, via journeyera

Jalur hiking ini akan membawa kalian menembus hutan, melewati sejumlah undakan curam, menyusuri tiga air terjun, sebelum akhirnya tiba di sebuah puncak dengan view ke seluruh penjuru sisi timur pulau Oahu.

  • Pali Notches
Pali Notches
Pali Notches, via JimmyWilkinson/dronsestagr.am

Mungkin inilah salah satu jalur hiking paling berbahaya sekaligus paling ikonik di Pulau Oahu. Pali Notches ini memiliki jalur yang sempit dan curam, melewati tebing dengan jurang sebagai sisinya, dan melibatkan sejumlah aksi pendakian menaiki bebatuan untuk menyelesaikan trail ini. Bahkan ada spot dimana kalian harus mendaki secara vertikal dengan bantuan tali. Pemula sebaiknya tidak mencoba jalur ini.

  • Manoa Falls
Manoa Falls
Manoa Falls, via islandtravelhawaii

Manoa Falls ini termasuk salah satu jalur hiking yang disarankan untuk mereka yang waktu wisatanya terbatas. Jalur ini melintasi hutan yang hanya berjarak beberapa menit saja dari jalan utama di Waikiki. Jika menelusuri jalur ini, kalian dapat mencapai air terjun yang cukup besar. Ngomong-ngomong, jangan heran kalau pemandangan di hutan ini terasa familiar, karena hutan ini pernah dijadikan lokasi shooting film Jurassic Park dan Lost.

  • Crouching Lion
Crouching Lion hike
Crouching Lion hike, via pinterest

Jika dibandingkan dengan hiking trail lainnya di Pulau Oahu, Crouching Lion ini memiliki rute yang terbilang pendek. Namun jangan salah, pemandangan yang ditawarkan dari jalur ini sangat indah karena dari puncak kalian dapat menikmati view ke arah Kahana Bay dan tebing Pu’u Manamana.

  • Koko Head Stairs
Koko Head Stairs
Koko Head Stairs, via thousandwonders

Bagi kalian yang ingin menantang batas ketahanan fisik sambil melakukan hiking, cobalah menelusuri Koko Head Stairs. Menapaki jalan yang pernah digunakan sebagai rel kereta, para pendaki juga harus berhadapan dengan 1048 undakan – sebagian diantaranya cukup curam – yang pastinya dapat membuat lutut jadi gemetaran.

Nggak heran tempat ini akhirnya populer sebagai tempat untuk menggembleng fisik bagi para atlet. Tambahan informasi, dari sini kalian dapat mengambil jalan untuk lanjut menuju Koko Crater Arch, sebuah jalur hiking yang memiliki bebatuan dengan formasi yang unik dan ikonik.

* * *

4. Mengunjungi North Shore

North Shore
North Shore, via Hawaiicitypass

Dari sekian banyak tempat menarik di Pulau Oahu, North Shore selalu menjadi salah satu tempat yang direkomendasikan untuk dikunjungi oleh wisatawan. Tempat ini sudah sangat dikenal sebagai salah satu surganya para pecinta surfing. Bahkan North Shore menjadi tuan rumah kompetisi internasional seperti Super Bowl, Vans Triple Crown of Surfing (November-Desember), dan lainnya.

Namun tempat itu nggak hanya menarik dikunjungi oleh surfer saja. North Shore juga kaya akan kuliner lezat dan khas seperti Garlic Shrimp dan Acai bowl, yang bisa dibeli di berbagai tempat, termasuk di food truck.

North Shore juga memiliki beberapa spot hiking favorit, dan di musim dingin menjadi salah satu tempat terbaik untuk melihat penampakan ikan paus. Di North Shore pun kalian dapat melakukan berbagai aktifitas dan olah raga outdoor, seperti kemping, sky diving, melompat dari tebing ke lautan, dan lainnya.

* * *

5. Shopping, Shopping, Shopping

Ala Moana Center
Ala Moana Center, via 10bestmedia

Jika mengaku sebagai shopaholic, maka Pulau Oahu ini akan menjadi destinasi wisata yang tepat untuk kalian. Pulau ini, terutama kota besarnya seperti Waikiki, memiliki banyak sekali surga belanja untuk shopaholic. Waikiki memiliki pusat perbelanjaan seperti DFS Galleria dan Royal Hawaiian Center yang menjual bermacam pernak-pernik khas Hawaii, serta Waikiki Beach Walk yang menjual bermacam barang unik.

Di Oahu juga terdapat banyak tempat belanja lainnya seperti Aloha Tower Marketplace dan Kahala Mall di Honolulu, Windward Mall di Windward Coast, dan Ala Moana Center yang diklaim sebagai pusat perbelanjaan outdoor terbesar se-Amerika.

* * *

6. Berburu Pelangi

Pelangi ganda di Oahu
Pelangi ganda di Oahu, via tripsavvy

Mengingat pulau Oahu ini lumayan sering ‘disapa’ oleh hujan, maka pelangi cukup sering muncul di pulau ini. Bahkan tak jarang pelanginya berupa pelangi ganda yang langka terjadi di daerah lain. Itulah mengapa kegiatan berburu pelangi menjadi salah satu aktifitas wajib untuk dilakukan di Pulau Oahu. Berminat untuk berburu pelangi juga? Datanglah ke Tantalus Lookout, atau ke bagian barat Oahu.

* * *

7. Aktivitas Random Lainnya

Berenang bersama lumba-lumba di Oahu
Berenang bersama lumba-lumba di Oahu, via priceless

Jika masih bingung menentukan aktifitas apa yang akan dilakukan di Oahu, catat saja lebih dulu hal-hal apa saja yang ingin kalian lakukan selama berada di Oahu. Pulau ini menawarkan banyak opsi aktifitas random lainnya.

Ingin mencoba berenang bersama ikan paus atau pun penyu laut? Melihat penampakan ikan paus? Mengelilingi pulau Oahu menggunakan helikopter? Kemping di pantai ataupun di alam bebas lainnya? Menikmati sunset dan sunrise dari puncak jalur hiking maupun dari spot-spot tersembunyi? Mengunjungi reruntuhan kuno yang usianya sudah ratusan tahun? Semua bisa kalian lakukan di Pulau Oahu.

* * * * *

Tips dan Trik

– Pulau Oahu termasuk salah satu pulau yang menarik untuk dikunjungi kapanpun, karena cuaca di pulau ini relatif stabil di sepanjang tahun. Tapi jika kalian ingin melihat ikan paus, berkunjunglah di antara bulan Oktober hingga April.

– Karena pulau ini relatif hangat di sepanjang tahun, pilih outfit yang ringan dan enak dipakai untuk bergerak. Pertimbangkan juga untuk mengenakan sepatu maupun sandal yang nyaman digunakan untuk berjalan jauh, terutama jika kalian berniat untuk menjelajah ke alam bebas. Sedangkan jika ingin mengunjungi daerah yang agak tinggi, bawalah sweater atau jaket yang nggak terlalu tebal.

– Jangan lupa membawa tabir surya, kaca mata hitam, maupun topi, karena cuaca di siang hari bisa lumayan terik.

* * * * *

Akses dan Orientasi

Sebagai pintu masuk utama menuju negara bagian Hawaii, pulau Oahu memiliki beberapa bandara internasional. Adapun bandara utama di pulau ini adalah Honolulu International Airport (HNL) yang melayani penerbangan internasional maupun domestik. Jadi, jika kalian berangkat dari luar Amerika, bisa jadi kalian akan transit dulu di HNL sebelum melanjutkan penerbangan ke pulau lainnya.

Sedangkan untuk akses dan transportasi selama berada di Oahu, pulau ini memiliki moda transportasi yang cukup lengkap. Kalian dapat berkeliling dengan naik shuttle, taksi, rental mobil, rental motor, bus tour, hingga naik transportasi publik-nya yang bernama TheBus. Jika ingin naik TheBus, moda transportasi itu cakupan rutenya sudah cukup luas, dan tarif-nya pun cukup terjangkau.

Alternatif lainnya, wisatawan dapat naik trolley yang rutenya dirancang untuk melewati sejumlah atraksi populer. Namun jika ingin lebih fleksibel saat jalan-jalan, terutama jika kalian berencana mengunjungi tempat-tempat yang berjauhan, sangat disarankan untuk menyewa mobil selama berada di Oahu.

***

Note:

Foto diambil dari berbagai sumber (lihat caption) tanpa ada editan tambahan selain proses resizing.

 

baca juga :

Mengenal Khao San Road, Surganya Backpackers di Bangkok

1001 Trivia Fakta Kepulauan Seribu yang Perlu Kalian Tahu

25 Tempat di Indonesia yang Akan Memuaskan Hasrat Menapaki Luar Negeri

Comments

comments