Bagi traveler yang suntuk dengan hiruk pikuk dan kebisingan kota, menginap di tengah hutan bisa menjadi hiburan yang sangat memuaskan. Semilir angin yang segar berhembus akan membuat jiwa merasa tenang. Belum lagi kicauan burung dan hijaunya pemandangan yang akan semakin membuat suasana menjadi lebih tentram lagi.

Untuk mendapatkan pengalaman seperti itu, kebanyakan orang pergi camping atau berkemah. Masalahnya, tidak semua orang bisa menikmati pengalaman menginap di bawah tenda sederhana tanpa listrik atau kasur. Selain repot, terkadang orang tetap merasa perlu adanya koneksi internet dan telepon untuk menghibur diri dan berkomunikasi. Dari kebutuhan itulah, muncul trend baru yang disebut dengan Glamping alias Glamorous Camping.

Glamping adalah semacam camping namun dengan fasilitas yang modern, nyaman, dan kadang juga mewah. Dari berbagai negara di dunia, ada beberapa negara yang cukup banyak menawarkan pengalaman seperti ini. Salah satunya adalah Indonesia.

Seperti kita ketahui bersama, Indonesia memiliki banyak bentangan alam yang indah, unik, dan masih natural. Potensi pariwisatanya pun juga besar. Tak heran, keindahan alam tersebut banyak ditawarkan untuk pengalaman berlibur yang tak terlupakan. Salah satunya adalah glamping.

Di Indonesia, banyak resort-resort mewah yang menawarkan akomodasi untuk Glamping. Berikut adalah beberapa di antaranya yang paling populer.

 

1. Sandat Glamping Tents

Alamat : Jalan Subak Salà, Banjar Salà – Pejeng Kawan, 80571 Ubud, Indonesia

x2-jpg-1906113718f8c514ae1ceafc094e62eb

Di antara semua obyek glamping yang ada di Indonesia, Sandat Glamping Tents adalah yang pertama. Lokasinya berada sekitar 30 km dari Denpasar International Airport. Bila kamu kerepotan untuk mengaksesnya, pihak resort bisa memberikan jasa shuttle bus dengan biaya tertentu. Resort ini juga sangat dekat dengan Ubud Market dan Ubud Palace. Jaraknya tidak sampai 2.5 km.

Sandat Glamping Tents menawarkan 5 buah tenda mewah di tengah hutan. Tersedia juga 3 bangunan lumbung yang bergaya arsitektur ekologis. Tidak ada tenda ataupun lumbung yang bentuknya sama dengan satu sama lain. Semuanya memiliki gaya yang berbeda-beda sehingga sensasi menginap di tiap-tiap akomodasi akan terasa berbeda pula.

Tiap ruangan yang disewakan sudah dilengkapi dengan AC, furniture lengkap, kamar mandi berikut perlengkapannya, hairdryer, minibar, dan area untuk duduk santai. Untuk tendanya sendiri bahkan sudah disediakan kolam renang pribadi, kelambu nyamuk, dan juga kulkas. Akses Wifi gratis tersedia untuk semua ruangan. Tidak ada TV di setiap ruangan. Bila ingin menonton TV, kamu bisa datang ke TV lounge untuk umum.

Bukan hanya fasilitas kamar yang super lengkap, resort ini juga menawarkan berbagai macam pelayanan agar acara campingmu terasa lebih glamor. Resort ini mempunyai sebuah restaurant, tapi kamu juga bisa memesan makanan untuk diantarkan ke tenda atau lumbungmu. Kamu juga bisa mendapatkan perawatan massage di dalam ruanganmu sendiri. Ada juga layanan concierge, maid, laundry, setrika, dan sebagainya.

 

2. La Cocoteraie Ecolodge

Alamat : Gili Trawangan, 83352 Gili Trawangan, Indonesia

x3-jpg-19fcf376ae23471b72c784ed785f8cd2

Terletak hanya sekitar 250 meter dari Pantai Gili Trawangan yang terkenal, La Cocoteraie Ecolodge menawarkan sensasi berkemah mewah di tengah perkebunan kelapa. Resort ini menyediakan sepeda untuk dipakai secara gratis oleh para tamunya. Bersepeda 15 menit saja, kamu sudah bisa mengakses berbagai pilihan restaurant dan juga pantai. Kamu juga bisa naik dokar bila ingin ke pelabuhan. Perjalanan hanya akan memakan waktu 8 menit.

La Cocoteraie Ecolodge menawarkan 10 buah tenda mewah dengan satu ranjang double atau dua ranjang single. Semuanya lengkap dengan AC, kelambu tidur, kamar mandi dengan air panas dan dingin, serta perlengkapan mandi gratis. Tiap tenda juga memiliki teras masing-masing yang menghadap ke arah taman serta ada pula area untuk duduk santainya sendiri.

Restaurant-nya menawarkan berbagai menu seafood dan barbecue ala kuliner Asia maupun Barat. Ada juga bar dengan berbagai pilihan minuman. Resort ini juga mampu mengakomodasi berbagai kegiatan olahraga air. Bahkan, mereka juga menyediakan perlengkapan snorkeling gratis untuk para tamunya. Staff resort melayani tamu dengan bahasa Indonesia, Inggris, dan juga Perancis.

Resort khusus glamping ini juga menyediakan perpustakaan dimana para tamu bisa meminjam buku untuk dibaca sembari bersantai di tenda masing-masing. Tamu anak-anak bisa bermain dan bersenang-senang di area Kids Club.

Jika sang orang tua perlu melakukan hal lain, pihak la Cocoteraie Ecolodge menawarkan jasa babysitting dengan kualitas yang terjamin. Resort ini juga menawarkan pelayanan lain berupa laundry, room service, ticket service, dan shuttle bus.

 

3. Jeeva Beloam Beach Camp

Alamat : Jalan Pantai Beloam, Sekaroh, East Lombok, 83672 Tanjung Ringgit, Indonesia

4-jpg-e3c3c16c0af22edac94c3279102f71fd

Bila kamu bingung antara ingin camping di tepi pantai atau di tengah hutan, datang saja ke Jeeva Beloam Beach Camp. Resort ini memberimu kesempatan untuk berkemah mewah di antara pantai berwarna biru kehijauan yang syahdu dan hutan lebat yang berbukit.

Lokasi perkemahan ini hanya sekitar 3 km dari Tanjung Ringgit dan 2 km dari Pink Beach. Lombok International Airport bisa diakses dengan 90 menit berkendara. Namun kamu tidak perlu repot karena pihak resort menawarkan shuttle bus gratis.

Untuk berkemahnya, tersedia 11 buah bungalow bergaya arsitektur tradisional dengan material alami seperti bambu dan atap rumput. Masing-masing tentu sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas mewah seperti AC, ranjang lebar dengan kelambu tidur, balkon yang menghadap ke pantai, telepon, minibar, dan tentu saja kamar mandi beserta perlengkapannya.

Jeeva Beloam Beach Camp bisa mengatur berbagai kegiatan yang seru untuk dilakukan, baik itu di pantai maupun di hutannya. Pihak resort sudah biasa mengaturkan agenda hiking atau soft trekking untuk tamunya.

Kamu bahkan bisa meminjam berbagai perlengkapan diving, snorkeling, atau sepeda secara gratis. Tenda Restaurant menyajikan berbagai hidangan yang menggugah selera. Hebatnya lagi, setiap tamu bisa makan gratis untuk sarapan, makan siang, dan juga makan malam.

 

4. Bali Dynasty Resort

Alamat : Jalan Kartika, PO Box 2047, Kuta / Tuban, Bali, Indonesia

5-thumb-jpg-b68039f6108e5a8cf7f61cb29aeb2ab2

Bali Dynasty Resort memiliki lokasi yang strategis, yaitu hanya sekitar 10 menit perjalanan dari Ngurah Rai International Airport. Penginapan bintang lima ini menawarkan berbagai pilihan akomodasi, mulai dari kamar resort biasa hingga pengalaman berkemah mewah dengan tenda eksklusif yang menghadap langsung ke laut lepas.

Interior tenda didesain dengan tema safari yang terkesan berkelas. Di dalamnya, kamu akan menemukan ranjang ekstra lebar, AC, DVD, brankas, ruang ganti yang luas, kamar mandi, dan bahkan Jacuzzi untuk bersantai. Tiap tenda pun memiliki balkon lebar dengan jendela dan pintu kaca untuk menikmati pemandangan laut yang menyegarkan.

Untuk lebih memanjakan para tamu, pihak hotel juga menawarkan layanan lain yang memanjakan seperti babysitting, laundry, dry cleaning, room service, dan sebagainya. Tamu yang menyandang difabilitas pun tidak akan merasa kerepotan karena resort ini sudah menyediakan fasilitas khusus.

Bali Dynasty Resort juga menyediakan fasilitas lain berupa 6 buah restaurant, 4 buah bar, 2 kolam renang outdoor untuk dewasa, satu kolam renang anak lengkap dengan waterslide super panjang, fitness center, spa, beach club, lounge, fasilitas barbecue, minimarket, dan kids club. Akses wifi gratis bisa dinikmati di area lobby, restaurant, dan bar.

Untuk aktivitas di luar resort, kamu bisa berjalan kaki menuju Pantai Kuta yang termahsyur hanya dalam waktu 10 menit. Bila malas berjalan, kamu bisa memakai sepeda secara gratis yang sudah disediakan di resort ini. Pihak resort juga bisa membantumu untuk mengatur transportasi dan tour selama kamu menginap di sana.

 

5. Misool Eco Resort

Alamat : Pulau Batbitim, Sekitar Pulau Misool, Raja Ampat, Papua, Indonesia

6-jpg-5586f0d3f7ac1ca7b93c8066ba729f4a

Keindahan alam bawah laut di Raja Ampat sudah terkenal hingga ke seluruh negeri, bahkan ke seluruh dunia. Untuk itu, menarik sekali rasanya bila bisa glamping di sana. Raja Ampat sendiri adalah sebuah gugusan kepulauan dengan 4 pulau utama dan banyak pulau-pulau kecil lainnya.

Di antara semua itu, terdapat satu pulau mini bernama Pulau Batbitim. Pulau ini awalnya tidak berpenghuni sebelum akhirnya dijadikan lokasi glamping bernama Misool Eco Resort.

Misool Eco Resort memang terletak jauh dari bandara dan tidak ada transportasi umum yang menjangkaunya pula. Namun jangan khawatir, karena pihak resort memeberikan jasa antar jemput gratis ke Sorong Airport yang berjarak 165 km jauhnya. Karena terletak di Raja Ampat, sudah pasti resort ini menawarkan kemudahan untuk diving dengan tersedia beberapa kapal boat dan berbagai dive site yang menggiurkan.

Secara keseluruhan, ada 8 villa yang semuanya mengapung di atas air. Di teras tiap villa terdapat hammock untuk bersantai serta tangga untuk turun ke air. Masing-masing villa mempunyai bentuk dan fasilitas berbeda dengan kapasitas 2-4 orang. Di dalam villa sudah dilengkapi dengan AC, wifi, brankas, dan minibar. Ada juga restaurant dan spa di area resort. Pihak resort juga menawarkan jasa laundry dan transportasi menggunakan kapal boat.

Suasana romantis dari Misool Eco Resort seringkali dimanfaatkan untuk acara bulan madu atau liburan bersama pasangan. Bukan hanya menawarkan keindahan alam di sekelilingnya, resort ini pun memiliki sebuah conservation center yang bertujuan mempertahankan dan memperbaiki alam bawah laut Raja Ampat yang kaya, terutama yang hidup di sekitar Pulau Batbitim ini.

Pihak resort menetapkan peraturan bahwa para diver dilarang mengambil apapun dari alam Raja Ampat. Mereka bahkan melakukan patrol untuk memastikan hal tersebut.

 

6. Amanwana Resort

Alamat : Pulau Moyo, Labuhan Badas, Kecamatan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat 84351, Indonesia

7-jpg-aeec4f0952fcccbeea0c2585a9e33ea1

Pulau Moyo terletak di sebelah utara Sumbawa, provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau ini sudah cukup banyak direkomendasikan sebagai destinasi untuk bulan madu. Birunya laut di sekeliling lautan serta tentramnya pantai di sore hari memang terasa begitu romantis. Di atas pulau ini, hanya ada satu buah resort yang berdiri, yaitu Amanwana Resort.

Amanwana Resort adalah akomodasi super eksklusif yang menyediakan pengalaman menginap yang tak terlupakan. Mereka menawarkan 20 buah tenda mewah untuk para traveler yang ingin camping dengan segudang fasilitas yang memanjakan.

Tenda tersebut tersedia dalam dua pilihan, mau berada di area pantai atau mau yang berada di tengah hutan. Hutan di Pulau Moyo juga merupakan suaka margasatwa bagi binatang Rusa. Maka jangan kaget bila di sekitar tenda ada beberapa rusa berkeliaran.

Baik itu di pantai maupun di hutan, masing-masing tenda memiliki segala hal yang memenuhi kebutuhan dan keinginan kita. Mulai dari AC, minibar, kamar mandi mewah beserta perlengkapannya, ranjang ekstra lebar dengan kelambu, berbagai furniture mewah, teras yang mengelilingi tenda, hingga lukisan artistic asli Indonesia sebagai penghias ruang.

Di resort mewah ini kamu juga bisa menikmati perawatan spa yang menenangkan, perpustakaan yang menyediakan beragam jenis bacaan, pavilion musik beratap bambu, butik, restaurant, bar, dan juga taman. Ada juga kolam renang yang menghadap ke Teluk Amanwana.

Di Pulau Moyo, ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan. Hampir semua aktivitas tersebut dapat diatur oleh pihak Amanwana Resort it sendiri. Snorkeling, scuba diving, hiking, hingga shopping pun bisa dilakukan di sini. Untuk diving, tersedia juga instruktur yang berpengalaman dan memiliki sertifikasi resmi dari PADI. Salah satu kegiatan favorit adalah berlayar dengan kapal pesiar yang juga bisa diaturkan oleh pihak resort.

 

7. Sang Giri Mountain Tent Resort

Alamat : Jatiluwih Kangin, Penebel, Pura Petali Banjar Jatiluwih, Tabanan, 82152 Jatiluwih, Bali

8-jpg-20dc8830c0ff1f70232262a5def18b9a

Bali memang surganya wisata. Terbukti ada banyak lokasi glamping yang populer di pulau ini. Ketika resort-resort Bali lainnya menawarkan sensasi berkemah mewah di tepi pantai, Sang Giri Mountain Tent Resort menawarkan hal yang sedikit berbeda, yaitu menginap di tenda mewah di area pegunungan dengan hutan lebat. Resort ini terletak di Jatiluwih yang merupakan UNESCO World Heritage Site.

Sang Giri Mountain Tent Resort memiliki 8 buah tenda mewah yang luas. Masing-masing memiliki teras pribadi, area duduk santai, ranjang ekstra lebar beserta kelambu tidur, kamar mandi mewah dengan handuk dan perlengkapannya, dan lain sebagainya.

Hampir semua elemen bangunan serta interiornya menggunakan material kayu. Hal itu ditujukan agar terkesan lebih dekat dengan alam. Fasilitas resort lain berupa restaurant, yoga platform, dan outdoor hot tub. Setiap tamu berhak mendapatkan 20 menit akses ke hot tub atau 15 menit di sauna tanpa tambahan biaya lagi. Ada juga akses wifi gratis yang bisa dinikmati di area restaurant.

Untuk aktivitas di tengah-tengah agenda campingmu, kamu bisa berjalan kaki menuju sawah padi berterasering yang menyejukkan mata. Lokasinya hanya 5 menit berjalan kaki dari tenda mewahmu.

Kamu juga bisa berkendara selama 20 menit ke Gunung Batukaru untuk hiking, trekking, atau mengamati populasi burung yang eksotis. Ada lagi berbagai pesona alam yang bisa kamu eksplorasi di sekitar resort.

Untuk memudahkanmu, pihak resort akan memberimu sepaket perlengkapan untuk berpetualang. Di dalam paket tersebut terdapat lampu senter, payung, teropong saku, serta peta yang menunjukkan berbagai potensi dan atraksi menarik yang ada di sekitar resort.  Agar transportasi lebih mudah, kamu bisa menyewa sepeda atau kendaraan dari resort langsung.

 

Glamping merupakan trend yang sedang marak berkembang di dunia travelling belakangan ini. Namun bila kamu ingin mencobanya, tidak perlu jauh-jauh berkelana ke negara lain. Yang ada justru traveler dari berbagai negara berbondong-bondong datang ke negeri kita untuk mencoba sensasi camping yang memanjakan ini.

 

* Seluruh foto diambil melalui dengan Credit agoda & booking. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. 

 

baca juga :

Backpackeran ke Surabaya, Catat Aneka Hotel Nyaman 100 Ribuan/Malam Ini, ya!

Liburan atau Bulan Madu, Beberapa Hotel Unik di Bali Ini Layak Untuk Dipertimbangkan

Yuk, Intip 5 Hotel Keren di Bali yang Populer Sebagai Wedding Venue-nya Selebriti

Comments

comments