Home Asia Oleh-oleh Khas Bali yang Layak Dibeli Sebelum Balik Liburan !

Oleh-oleh Khas Bali yang Layak Dibeli Sebelum Balik Liburan !

Apa yang kalian bayangkan saat mendengar nama Bali? Apakah kalian akan membayangkan budayanya yang unik dan khas, penduduknya yang ramah dan menguasai multi bahasa, pantai-pantainya yang indah, kulinernya, atau mungkin ada hal lainnya yang langsung terlintas saat mendengar nama itu?

Pulau yang berjuluk Pulau Dewata tersebut memang merupakan salah satu daya tarik utama pariwisata Indonesia. Wajar saja karena pulau tersebut memang memiliki kombinasi memikat antara alam yang indah, budaya yang unik, tradisi yang masih terjaga, dan tentu saja keramahan penduduknya.

Pulau Bali pun akhirnya menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan dari berbagai belahan dunia, khususnya bagi mereka yang menginginkan liburan ala tropis dalam budget yang cukup bersahabat.

Tertarik untuk mengunjungi salah satu primadona wisata di kawasan Asia tersebut? Jangan lupa untuk membeli aneka oleh-oleh yang cocok banget untuk dijadikan souvenir bagi teman, keluarga, kerabat, atau lainnya. Kalian juga bisa membeli aneka oleh-oleh ini untuk diri sendiri, sebagai kenang-kenangan dari Pulau Dewata. Apa saja aneka oleh-oleh dan souvenir Pulau Bali yang wajib tersebut? Berikut contekannya:

Makanan dan Minuman

Pulau Bali termasuk salah satu pulau yang punya banyak sekali kuliner khas. Nasi Jinggo, Babi Guling, Bebek Betutu, hanyalah sebagian kecil diantaranya. Namun jika kalian mencari oleh-oleh yang bisa dibawa pulang menggunakan pesawat terbang, sebaiknya kalian membeli aneka makanan dan minuman khas yang kira-kira diijinkan untuk masuk ke dalam bagasi pesawat.

Makanan dan minuman khas tersebut juga sebaiknya yang punya tanggal kadaluarsa jelas, dijual dalam bentuk kemasan komersial, supaya bisa dibawa ke luar Indonesia. Beberapa aneka makanan, minuman, dan camilan khas tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Pie Susu Bali
Pie Susu Enaaak
Pie Susu Enaaak, via kompas

Jika kalian pernah mengunjungi Bali, kalian pasti mengetahui seberapa besar popularitas Pie Susu Bali. Camilan yang satu ini bahkan populer hingga ke berbagai daerah lainnya di Indonesia dan bisa dibeli secara online maupun offline. Bentuknya yang tipis dengan bagian pinggiran yang agak keras, serta rasanya yang manis dan memiliki aneka rasa – mulai dari rasa original, almond, stroberi, keju, dan sebagainya, membuat Pie Susu ini selalu dicari oleh wisatawan.

Menariknya lagi, produknya dikemas satuan, sehingga Pie Susu bisa dibawa keluar daerah dengan mudah. Jika ingin mencari pie susu enak dari Bali, berikut ini beberapa merk yang paling terkenal disana: Pie Susu Enaaak, Pie Susu Dhian, dan Pie Susu Krisna.

  • Pia Legong
Pia Legong
Pia Legong, via balimall

Pia Legong termasuk salah satu camilan khas Bali lainnya yang wajib dibeli saat mengunjungi Pulau Dewata itu. Camilan ini memiliki kulit yang renyah, isian yang bervariasi, dan cukup tahan lama sehingga bisa dibawa keluar negeri. Umumnya Pia Legong ini dibuat tanpa menggunakan mesin dengan jumlah produksi yang terbatas, sehingga kalian mungkin akan kesulitan jika ingin membeli secara dadakan.

  • Kacang Bali
Kacang Bali
Kacang Bali, via intisari.grid.id

Bali memiliki beberapa variasi camilan kacang yang populer dijadikan oleh-oleh. Salah satunya adalah Kacang Disko. Nama Kacang Disko mungkin terdengar lucu, tapi camilan ini benar ada yang termasuk salah satu camilan khas Bali yang populer dijadikan oleh-oleh.

Kacang Disko ini merupakan kacang tanah bersalut adonan tepung dan bumbu, dan kemudian digoreng kering. Teksturnya renyah, garing, dan kriuk-kriuk saat disantap. Tersedia bermacam rasa, mulai dari rasa manis, barbeque, pedas, hingga udang. Tak sulit untuk menemukan tempat penjualan Kacang Disko, karena camilan ini mudah ditemukan di berbagai tempat penjualan oleh-oleh.

Selain Kacang Disko, beberapa camilan kacang lainnya yang bisa kalian temukan di Bali antara lain kacang asin, kacang kapri, dan kacang matahari. Sama seperti kacang disko, aneka kacang tersebut juga mudah didapatkan di berbagai pusat oleh-oleh.

  • Kopi Bali
Kopi Kintamani
Kopi Kintamani, via abahadit

Suka ngopi? Maka kalian wajib membeli kopi sebagai salah satu oleh-oleh khas dari Bali. Pulau Dewata ini memiliki beberapa jenis kopi yang populer sekali untuk dijadikan oleh-oleh. Salah satunya adalah Kopi Kintamani, yang agak sulit ditemukan di daerah lain. Kopi Kintamani bisa dibeli di berbagai gerai oleh-oleh, dan berita baiknya, kopi ini telah memenuhi standar kopi internasional sehingga layak dijadikan buah tangan.

Untuk alternatif kopi lainnya, kalian bisa melirik Kopi Luwak dan Mandailing Estate. Kedua kopi tersebut sama-sama mudah ditemukan di berbagai toko souvenir, dan sudah populer sebagai oleh-oleh khas Bali.

  • Kerupuk Kulit Babi
Kerupuk kulit babi
Kerupuk kulit babi, via okezone

Jika kalian tak masalah mengkonsumsi daging babi, maka kerupuk kulit babi bisa menjadi alternatif oleh-oleh dari Bali. Hanya saja, jika ingin membawa panganan ini ke luar dari Indonesia, perhatikan dengan baik ketentuan di negara tujuan. Untuk meminimalkan resiko makanan ini ditolak masuk ke negara tersebut, sebaiknya beli camilan dalam kemasan komersial.

  • Jamu
Jamu
Jamu, via highend-traveller

Oke, jamu mungkin bukan minuman khas Bali karena minuman tersebut bisa ditemukan di berbagai daerah lainnya di Indonesia. Jamu sendiri merupakan sebuah ramuan yang kerap digunakan sebagai obat, dan bahan-bahannya 100% terbuat dari ramuan alami. Mengingat banyaknya khasiat jamu, tak ada salahnya jika ingin membeli jamu tradisional Bali sebagai oleh-oleh. Sekali lagi, perhatikan ketentuan batas maksimum cairan yang boleh dibawa, dan pastikan kalian membeli jamu dalam kemasan komersial.

  • Arak Bali
Arak Bali
Arak Bali, via food.detik

Minuman beralkohol khas Bali yang dibuat dari hasil fermentasi beras ketan, dan mengandung 50% alkohol. Arak Bali biasa digunakan dalam upacara adat. Namun minuman ini cocok juga dijadikan oleh-oleh, khususnya jika kalian menyukai minuman beralkohol lokal yang punya ciri khas berbeda dari minuman beralkohol merek ternama.

*             *             *

Baju dan Kain

Baju dan kain selalu menjadi oleh-oleh yang paling mudah dicari saat berwisata ke berbagai tempat di seluruh dunia. Namun, jangan hanya terpaku dengan membeli kaos bertuliskan “I LOVE BALI” saja. Bali memiliki banyak sekali alternatif baju dan kain yang cocok sekali dijadikan oleh-oleh. Berikut beberapa diantaranya:

  • Kaos Joger
Joger
Joger, via jogerjelek

Jangan salah, walau bentuknya seperti kaos biasa, tapi Kaos Joger telah dianggap sebagai oleh-oleh khas Bali. Saking populernya, sampai ada anggapan kalau belum ke Bali kalau belum mampir ke Joger.

Ada beberapa alasan yang membuat kaos Joger ini populer. Pertama, tentu saja karena kata-katanya yang unik. Saking uniknya, Joger sengaja mengusung jargon “pabrik kata-kata” yang menunjukkan kekhasan mereka. Kedua, kaos Joger asli sangat awet dan tidak mudah rusak. Poin menarik lainnya, Joger asli hanya dijual di pulau Bali dan tidak bisa dibeli secara online, sehingga kaos Joger ini layak disebut oleh-oleh khas Bali.

  • Kain Bali
Kain Bali
Kain Bali, via blog.kura2guide

Bali memiliki banyak kain tradisional dengan motif yang cantik. Ada yang memiliki motif geometris, motif abstrak, motif sulur, hingga kain dengan motif pantai. Kain-kain ini banyak digemari oleh wisatawan karena bahannya yang dingin (umumnya terbuat dari rayon) dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari sekedar dililit biasa, dijadikan alas untuk duduk di pantai, maupun untuk menutupi pakaian yang terlalu terbuka.

Kain ini juga bisa jadi penyelamat jika kalian mengenakan bawahan yang terlalu pendek dan berminat mengunjungi pura yang biasanya mensyaratkan pengunjung untuk berpakaian lebih tertutup.

Selain kain rayon, kalian juga dapat membeli aneka kain tenun yang dikerjakan oleh para penenun handal. Biasanya kain tenun tersebut memiliki aneka motif dan corak tradisional yang diwariskan secara turun temurun, sehingga layak sekali untuk dijadikan oleh-oleh khas dari Bali.

  • Kaos Motif Barong
Kaos Barong
Kaos Barong, via kompaswisata

Dari sekian banyak baju khas Bali yang bisa kalian temukan di berbagai pusat oleh-oleh, kaos motif Barong selalu jadi favorit wisatawan. Kaos yang rata-rata berbahan rayon ini memang dingin dan nyaman dikenakan di tengah udara Bali yang panas, dan tetap keren sekaligus khas untuk dijadikan oleh-oleh. Kaos motif Barong ini diproduksi dalam berbagai pilihan warna dan juga ukuran, sehingga kalian dapat memilih mana yang paling sesuai dengan selera kalian.

  • Batik Khas Bali
Workshop batik Galuh Batubulan
Workshop batik Galuh Batubulan, via rentalmobilbali

Beberapa daerah di Indonesia memiliki kain batik dengan motif yang khas. Begitu juga dengan Bali. Pulau ini memiliki batik khas Bali dengan motif-motif yang unik dan dijual dalam bermacam bentuk, mulai dari kain lembaran, hingga produk jadi seperti tas, kemeja, ataupun gaun.

Jika ingin membeli batik khas Bali untuk oleh-oleh, kalian dapat singgah ke Desa Batu Bulan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Batik Galuh Batubulan dikenal memiliki corak yang khas, mutu bahan yang bagus, dan juga pilihan warna yang cantik, sehingga batik ini sangat layak untuk dijadikan oleh-oleh.

  • Mukena Bali
Mukena Bali digantung di salah satu toko di Bali
Mukena Bali digantung di salah satu toko di Bali, via sentraprodusen

Sekalipun penduduk pulau Bali mayoritas beragama Hindu, tapi di Bali kalian akan cukup mudah menemukan aneka mukena khas Bali. Mukena-mukena tersebut dibuat menggunakan bahan rayon yang dingin dan halus, sehingga nyaman sekali dikenakan untuk beribadah.

  • Kebaya Bali

Bali memiliki kebaya khas yang berbeda dari daerah lainnya. Untuk jenis oleh-oleh yang unik dan nggak pasaran, kalian bisa membeli aneka kebaya Bali untuk diberikan pada orang tersayang maupun untuk dipakai sendiri.

*             *             *

Produk Home Spa dan Relaksasi

Contoh produk home spa Bali
Contoh produk home spa Bali, via lulurmurah

Pulau Bali sudah sangat dikenal sebagai salah satu surganya tempat untuk liburan sekaligus melakukan relaksasi. Kalian bisa dengan mudah menemukan berbagai paket layanan spa dan pijat tradisional di Bali, mulai dari spa di salon biasa hingga di hotel berbintang.

Menariknya, aneka produk spa dan perawatan tubuh itu bisa ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh. Tersedia bermacam jenis merek dan aneka variasi aroma yang bisa dibeli secara paket ataupun satuan, sehingga cocok sekali untuk dijadikan souvenir bagi teman, kerabat, saudara, siapapun. Beberapa produk home spa yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh antara lain:

  • Fungsinya untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan meremajakan kulit.
  • Body butter, yaitu krim untuk melembabkan kulit.
  • Sabun mandi. Tentu saja kalau ingin dijadikan oleh-oleh, pilih sabun mandi yang berbeda dengan sabun yang ada di retail ataupun supermarket. Carilah sabun mandi yang memiliki aroma khas (seperti sabun aromaterapi) dan dikemas dalam bentuk yang cantik.
  • Minyak aromaterapi
  • Dupa
  • Dan berbagai produk home spa lainnya yang mudah ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh.

*             *             *

Kerajinan Perak

Aksesoris perak
Aksesoris perak, via vyctravel

Kerajinan perak sudah lama dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas dari Bali. Jika kalian ingin berburu aneka perhiasan perak untuk dijadikan oleh-oleh, berkunjunglah ke Desa Celuk di Gianyar. Desa Celuk ini sudah sangat populer sebagai pusatnya kerajinan perak bermutu tinggi, dan disini kalian dapat menemukan kerajinan perak yang sudah diolah dalam berbagai bentuk, mulai dari aksesoris, hiasan lainnya, hingga miniatur maupun benda pajang.

Selain di Desa Celuk, kalian juga bisa berburu aneka kerajinan perak di berbagai pasar seni yang ada di seluruh Bali. Dua diantaranya yang paling populer adalah Pasar Sukawati dan Nusa Dua. Namun tentu saja, ada harga ada rupa. Kualitasnya tentu saja akan berbeda dengan yang bisa ditemukan di Desa Celuk.

*             *             *

Aksesoris dan Manik-manik Khas Bali

Aksesoris Bali
Aksesoris Bali, via obyekwisataterlengkap.blogspot

Bali tak hanya populer akan kerajinan peraknya. Pulau ini juga terkenal dengan berbagai kerajinan manik-maniknya yang dibuat dalam bentuk yang sangat beragam. Kalian dapat menemukan berbagai aksesoris manis yang terbuat dari manik-manik (diantaranya seperti kalung dan gelang), aneka tas, pouch, dan lainnya. Kerajinan manik-manik ini mudah didapatkan di berbagai pasar maupun pusat oleh-oleh.

*             *             *

Kerajinan dari Kayu

Aneka kerajinan kayu
Aneka kerajinan kayu via sebisaanda.blogspot

Ingin oleh-oleh yang unik dan berbeda? Saatnya berburu aneka kerajinan kayu khas Bali. Kalian bisa membeli topeng Barong, patung couple, kotak perhiasan dari kayu, berbagai elemen dekorasi rumah lainnya, hingga aneka benda yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti mangkok, nampan, dan lainnya. Kalian juga bisa membeli aneka ukiran kayu khas Bali yang dapat digunakan sebagai pajangan. Apapun itu, carilah aneka kerajinan yang dibuat menggunakan kayu lokal sehingga lebih terasa unsur Bali-nya.

Alternatif lainnya, kalian juga bisa berburu berbagai kerajinan kayu lainnya yang mungkin kurang pasaran. Misalnya, membeli tas yang terbuat dari kayu, kalung dari kayu, aneka manik-manik kayu, sandal kayu, dan lain sebagainya. Aneka kerajinan unik tersebut bisa didapat di berbagai pasar seni, termasuk Pasar Seni Sukawati maupun Pasar Seni Ubud di Gianyar.

*             *             *

Kerajinan Tradisional dan Benda Seni Lainnya

Masih banyak benda kerajinan tradisional lainnya yang bisa kalian buru di Bali, karena Pulau Dewata tersebut kaya akan seniman-seniman andal yang kreatif dalam menghasilkan karya. Jika kalian tidak berminat dengan aneka kerajinan tradisional yang telah disebut sebelumnya, kalian dapat memilih berbagai benda kerajinan tradisional lainnya seperti berbagai anyaman.

Kalian juga dapat membeli aneka lukisan khas Bali yang dibuat dalam berbagai gaya dan media. Aneka dekorasi keramik juga menjadi salah satu pilihan oleh-oleh populer, dan salah satu produsen keramik populer di Bali adalah Jenggala Keramik yang ada di Jimbaran.

*             *             *

Layang-layang

Layang-layang mungkin bukan jenis souvenir standar dari Bali yang bisa kalian pikirkan. Tapi, percayalah, Bali memiliki banyak tempat yang menjual layang-layang cantik. Terlebih karena Pulau Bali memiliki aneka festival layang-layang yang popularitasnya sudah berada di level internasional. Jadi, kenapa tidak membeli layang-layang sebagai oleh-oleh khas Bali?

Agar lebih unik, kalian bisa membeli aneka layang-layang 3 dimensi yang biasa ditampilkan dalam festival layang-layang. Kalian dapat membeli aneka bentuk layang-layang yang unik, dengan aneka pilihan warna yang meriah.

Layang-layang bisa menjadi oleh-oleh menarik untuk anak-anak hingga dewasa, tergantung desainnya. Hanya saja karena layang-layang termasuk benda yang cukup mudah rusak, ada baiknya kalian menanyakan cara pengemasan yang baik supaya oleh-oleh ini bisa sampai dengan selamat di negara tujuan.

Dari sekian banyak pilihan oleh-oleh khas Bali, mana yang paling kalian suka? Mana juga yang paling kalian inginkan untuk dijadikan oleh-oleh?

*             *             *
Note:
Foto diambil dari berbagai sumber (lihat caption) tanpa ada editan tambahan lain selain proses resizing.

 

baca juga :

Liburan atau Bulan Madu, Beberapa Hotel Unik di Bali Ini Layak Untuk Dipertimbangkan

Inilah Pantai-Pantai Di Indonesia Dengan Reputasi Internasional

Oleh-oleh Khas Thailand, Apa Saja?

Comments

comments