Dari sekian banyak negara yang ada di Asia, Thailand secara konsisten selalu masuk dalam daftar negara yang menarik perhatian turis mancanegara. Negara berjuluk Negara Gajah Putih tersebut memang secara serius mengembangkan industri pariwisatanya.

Berita baiknya, Thailand tak hanya dikenal akan pariwisatanya saja. Negara tersebut juga dikenal sebagai salah satu surga belanja bagi para shopaholic, dan juga surganya belanja oleh-oleh untuk dibagikan pada teman dan kerabat, ataupun sekedar untuk kenang-kenangan bagi diri sendiri.

Tertarik untuk mencari oleh-oleh khas Thailand? Entah kalian belanja di pasar, pasar malam, atau di pusat perbelanjaan besar; berikut ini beberapa oleh-oleh khas Thailand yang bisa kalian temukan di hampir semua kota.

Gajah

Dekorasi tema gajah
Dekorasi tema gajah, via goodyfeed

Oke, Gajah memang dikenal sebagai hewan khas Thailand. Tapi bukan berarti kalian harus membawa gajah hidup sebagai oleh-oleh. Sebagai gantinya, kalian dapat membeli aneka pernak-pernik bertema gajah, khususnya gajah putih.

Ada banyak sekali jenis souvenir bertema gajah yang bisa kalian temukan di Thailand. Mulai dari yang berukuran kecil seperti gantungan kunci, hiasan meja, hingga dekorasi rumah; semua bisa kalian temukan di berbagai kota di negara tersebut.

Bahkan kalian bisa menemukan kartu pos bergambar gajah yang juga cocok dijadikan oleh-oleh dari Thailand. Coklat berbentuk gajah? Itu juga mudah sekali kalian temukan di berbagai tempat di Thailand. Pokoknya, gajah dimana-mana deh!

 

Kelapa dan segala kerajinannya

Contoh souvenir lampu dari kelapa
Contoh souvenir lampu dari kelapa, via shutterstock

Sebagai negara tropis, Thailand juga identik dengan buah-buahan tropis. Kelapa adalah salah satunya. Menariknya, di Thailand kelapa tak hanya enak disantap secara langsung, tapi juga diolah ke dalam berbagai bentuk yang akhirnya menjadi souvenir khas negara tersebut.

Contohnya, di Thailand kalian dapat menemukan aneka sendok, patung, hingga hiasan dinding yang terbuat dari olahan kulit kelapa. Benda-benda tersebut salah satunya mudah kalian temukan di Koh Samui, yang kabarnya memiliki kelapa terbaik di seantero Thailand.

Kalian juga dapat membeli minyak kelapa yang dapat digunakan untuk memasak, serta sabun dan perlengkapan mandi berbahan dasar kelapa. Semua itu mudah kalian temukan di berbagai toko oleh-oleh yang ada di seluruh Thailand.

 

Segala Sesuatu Bertema Tuk-tuk

Souvenir Tuk-tuk
Souvenir Tuk-tuk, via artofthetuktuk.blogspot

Selain gajah, Tuk-tuk juga menjadi salah satu simbol Thailand yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Bahkan rasanya belum lengkap menjelajah Thailand kalau belum naik Tuk-tuk minimal sekali. Sehingga, tak diragukan lagi kalau Tuk-tuk akan menjadi salah satu oleh-oleh keren dari Thailand yang sangat khas.

Kalian bisa membeli miniatur Tuk-tuk, kaos bergambar Tuk-tuk, dekorasi rumah dengan ilustrasi Tuk-tuk, atau sekedar membeli gantungan kunci model Tuk-tuk. Untuk pecinta camilan, kalian bahkan bisa mencari aneka coklat bergambar maupun berbentuk Tuk-tuk.

 

Produk Spa

Sabun ukir
Sabun ukir, via theculturetrip

Belum lengkap perjalanan ke Thailand kalau belum mencoba sensasi pijat tradisionalnya yang mantap. Begitu juga dengan rangkaian spa tradisionalnya, yang kerap dicari oleh wisatawan saat tengah liburan di negara yang juga berjuluk The Land of Smiles tersebut.

Jika kalian termasuk pecinta pijat dan spa khas Thailand, pertimbangkan untuk membeli berbagai produk spa untuk dijadikan oleh-oleh. Tersedia banyak pilihan produk yang sesuai dengan selera dan budget kalian, mulai dari minyak pijat, lilin aromaterapi, body scrub, produk perawatan kaki, minyak essensial, dan aneka daun-daunan herbal yang dikeringkan dan dijual dalam kemasan.

Atau kalian juga bisa membeli aneka sabun mandi yang diukir cantik – biasanya dalam bentuk bunga – dan dijual dengan aneka pilihan warna dan kemasan yang cantik dan menarik.

 

Saus dan Bumbu

Contoh saus masakan Thailand
Contoh saus masakan Thailand, via 21food

Siapa yang bisa menolak pesona kuliner Thailand yang khas? Negara tersebut memang terkenal sebagai salah satu surga kuliner yang menawarkan bermacam variasi masakan dengan kombinasi rasa pedas, berempah, dan pastinya unik. Jika kalian ingin menyimpan sepenggal kenangan akan kuliner authentic Thailand setelah pulang ke rumah nanti, kalian bisa membeli aneka saus dan bumbu masakan tradisional Thailand – contohnya seperti bumbu kari dan juga kayu manis.

Aneka bumbu dan saus tersebut juga menarik untuk dijadikan oleh-oleh untuk teman maupun keluarga yang suka memasak. Kalian bisa mendapatkan aneka bumbu dan saus tersebut di berbagai supermaket, atau di Bandara Suvarnabhumi International Airport.

Oya, ngomong-ngomong, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan jika ingin membeli bumbu dan saus khas Thailand. Perhatikan aturan yang berlaku di negara kalian, apakah boleh membawa bumbu-bumbu seperti itu atau tidak. Atau, untuk meminimalisir agar barang oleh-oleh tersebut tidak ditolak masuk oleh bea cukai, belilah bumbu dan saus dalam kemasan komersial.

 

Minuman Alkohol Lokal

Alkohol lokal khas Thailand
Alkohol lokal khas Thailand, via tasteofthai

Di Thailand, kalian mungkin akan menemukan minuman beralkohol merk Western yang harganya selangit. Maklum, pajak untuk minuman-minuman tersebut memang sangatlah tinggi. Tapi jika kalian ingin mencicipi minuman beralkohol yang memiliki cita rasa lokal dengan harga yang tidak terlalu tinggi, kalian wajib mencoba minuman beralkohol khas Thailand.

Di Thailand ada beberapa merk minuman beralkohol yang cukup populer seperti Sang Som (wiski khas Thailand), Magic Alambic Rum (populer di Koh Samui), Chalong Bay (populer di Phuket), Chang beer, dan Singha.

Minuman-minuman tersebut tak hanya punya cita rasa yang khas, tapi juga populer dijadikan oleh-oleh khas Thailand. Hanya saja, jika kalian ingin membawa minuman-minuman ini dalam penerbangan, pastikan lebih dulu batasan maksimum cairan yang bisa dibawa dalam kabin maupun bagasi.

 

Sutra Thailand

Sutra Thailand
Sutra Thailand, via ice-nut.ru

Tahukah kalian kalau Thailand sangat terkenal akan pesona keindahan kain sutranya? Jadi, kenapa nggak membeli kain sutra sebagai oleh-oleh khas dari Thailand?

Tenang, sekalipun disebut sebagai kain sutra, bukan berarti kalian harus membeli kain dalam bentuk meteran. Di Thailand, kalian dapat menemukan kain sutra yang telah diolah dalam berbagai bentuk fashion jadi. Kalian dapat menemukan scarf berbahan sutra, baju, tas, dasi, sarung bantal, taplak meja, dompet, dan berbagai produk fashion lain yang terbuat dari sutra. Kalian dapat menemukan produk-produk kain sutra Thailand ini di berbagai tempat, mulai dari toko biasa hingga toko-toko di Bandara Suvarnabhumi.

Tapi, jika kalian ingin mencari sutra terbaik untuk dijadikan souvenir bagi teman, kerabat, atau kolega bisnis, Jim Thompson House menjadi salah satu tempat favorit untuk berburu sutra. Jim Thompson Shop bisa ditemukan di berbagai penjuru Thailand. Tapi jika kalian ingin membeli kain sutra sekaligus melihat-lihat museum Jim Thompshon, kunjungilah The Jim Thompson House yang berlokasi di Bangkok.

 

Aksesoris Lokal

Selain sutra, Thailand juga terkenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk berburu perhiasan. Bukan karena di Thailand banyak perhiasan yang langka dan berdesain avant garde, tapi karena di Thailand kalian dapat dengan mudah menemukan berbagai perhiasan custom yang dibandrol dengan harga super bersahabat.

Sebagai tambahan informasi, jika tertarik membuat aneka perhiasan custom dari perak, pergilah ke Chiang Mai. Kota tersebut populer dengan aneka perhiasan peraknya. Kalian dapat membeli aneka perhiasan jadi maupun membuat aneka perhiasan custom di kota tersebut, begitu juga dengan berbagai peralatan dan aksesoris lain seperti gelas dan piring.

 

Makanan dan Camilan

Camilan dan buah-buahan kering ala Thailand
Camilan dan buah-buahan kering ala Thailand, via kojaro

Makanan dan camilan selalu menjadi oleh-oleh menarik untuk siapa saja. Terlebih jika makanan dan camilan tersebut berasal dari negara yang memiliki kekayaan kuliner khas, seperti Thailand. Bingung menentukan makanan atau camilan apa yang harus dibeli di Thailand? Berikut beberapa ide yang bisa kalian contek:

  • Permen selalu menjadi oleh-oleh favorit. Apalagi harga permen biasanya cukup terjangkau, sehingga cocok dibeli dalam jumlah banyak. Kalian bisa membeli permen dengan rasa khas negara tropis, seperti permen kelapa maupun permen durian.
  • Selai juga bisa menjadi panganan oleh-oleh khas Thailand. Ada beberapa rasa selai yang mungkin sulit ditemukan di negara kalian. Tertarik mencoba selai rambutan dan selai kelapa?
  • Coklat bentuk gajah dan Tuk-tuk juga bisa menjadi oleh-oleh yang lucu dari Thailand.
  • Aneka buah-buahan kering. Thailand selalu identik dengan image negara tropis dan buah-buahan tropis. Jadi kenapa nggak membeli aneka buah kering dalam kemasan untuk dijadikan oleh-oleh?
  • Durian dikenal sebagai buah khas Thailand. Berbagai kudapan berbahan dasar Durian pun bisa dengan mudah kalian temukan di berbagai penjuru Thailand.

Oya, agar makanan dan snack ini dapat masuk ke dalam negara kalian, sebaiknya hanya membeli produk dalam kemasan komersial saja. Jangan lupa juga memastikan apakah aneka makanan tersebut diijinkan masuk ke dalam negara kalian, dan pastikan juga jumlah maksimum yang diperbolehkan masuk dalam sebuah penerbangan.

 

Baju dan TasIlustrasi

Ilustrasi, via asiawebdirectBaju termasuk salah satu oleh-oleh favorit setiap kali pergi ke sebuah negara. Tapi jangan puas hanya dengan membeli kaos bertuliskan I Love Thailand saja. Negara tersebut memiliki beberapa jenis pakaian yang bisa menjadi oleh-oleh yang lebih khas dibanding sekedar kaos saja. Berikut beberapa diantaranya:

  • Muay-Thai termasuk salah satu olah raga yang sangat populer di negara tersebut. Banyak kelas Muay-Thai yang sengaja dibuka khusus untuk wisatawan yang penasaran dengan olah raga itu. Jika kalian berminat dengan Muay-Thai atau sekedar ingin membagikan tentang olah raga tersebut pada teman atau kerabat, kenapa tidak membeli boxer Muay-Thai sebagai oleh-oleh? Kalian bisa memilih boxer dengan warna-warna cerah yang akan mengingatkan akan suasana Thailand.
  • Pakaian tradisional Thailand, atau setidaknya kain dengan motif tradisional Thailand.
  • Cawat khas Thailand. Biasanya terbuat dari bahan katun atau sutra, dan memiliki warna yang cerah dengan motif yang unik.
  • Jika kalian berkunjung ke bagian utara Thailand, kalian bisa mempertimbangkan untuk membeli pakaian tradisional di daerah Utara. Kalian bisa membeli keseluruhan outfit atau membeli bagian-bagian dari pakaian tradisionalnya saja: atasan, bawahan, atau aksesorisnya. Atau mungkin kalian tertarik untuk membeli sarung khas Thailand untuk dijadikan oleh-oleh?

Selain baju, tas juga bisa menjadi alternatif oleh-oleh untuk dilirik. Entah kalian berbelanja di pasar tradisional ataupun pusat perbelanjaan besar, kalian bisa menemukan aneka tas di tempat-tempat tersebut. Untuk menambah nilai keunikan dan juga kekhasan dari Thailand, pilihlah tas buatan tangan yang memiliki aneka motif khas. Tersedia berbagai variasi pilihan model yang bisa dipilih sesuai selera, mulai dari backpack hingga clutch.

 

Dekorasi Rumah

Payung khas Thailand
Payung khas Thailand, via theculturetrip

Suka mendekorasi rumah? Tertarik untuk memasukkan unsur Thailand ke rumah? Saatnya berbelanja aneka dekorasi rumah ala Thailand!

Thailand termasuk salah satu negara yang terkenal akan kerajinan tangannya, dan aneka kerajinan itu tak hanya berupa aksesoris saja, tapi juga dalam berbagai bentuk dekorasi rumah. Kalian dapat menemukan berbagai hiasan interior dengan motif khas Thailand yang dapat digunakan untuk mendandani rumah, dan manis juga untuk dijadikan oleh-oleh untuk teman, saudara, maupun kerabat. Berikut beberapa contoh dekorasi khas Thailand yang cocok dijadikan oleh-oleh:

  • Aneka perlengkapan rumah tangga dan dekorasi dari keramik dan porselen.
  • Payung kertas aneka motif dan warna. Payung-payung tersebut biasanya terbuat dari kertas mulberry, bambu, kapas, hingga sutra. Ngomong-ngomong, payung yang terbuat dari bambu betul-betul bisa digunakan saat hujan. Sedangkan payung warna-warni yang terbuat dari kertas mulberry hanya bisa digunakan sebagai elemen dekorasi saja.
  • Bantal segitiga khas Thailand. Bantal-bantal ini sudah digunakan di Thailand sejak berabad lampau, sehingga layak disebut sebagai oleh-oleh khas Thailand.
  • Ornamen dan ukiran dari kayu. Kalian juga bisa membeli aneka pajangan dari kayu, termasuk lampu, mangkok, hingga patung-patung kecil.
  • Wadah anyaman bambu untuk tempat nasi. Ini mungkin bukan oleh-oleh favorit bagi wisatawan yang berasal dari Asia, mengingat nasi termasuk salah satu bahan makanan pokok di wilayah tersebut. Wadah nasi yang terbuat dari anyaman bambu pun bisa ditemukan dimana-mana. Tapi jika kalian ingin memberikan oleh-oleh untuk teman atau kerabat yang berasal dari wilayah non-Asia, seperti Eropa, Australia, dan Amerika; wadah nasi bisa menjadi salah satu souvenir yang lucu dan bisa menambahkan sentuhan Asia dalam dekorasi rumah.
  • Perlengkapan meditasi juga cukup populer dijadikan souvenir. Walaupun benda berbentuk mangkok yang disebut sebagai ‘singing bowl’ ini berasal dari Tibet, namun dewasa ini ‘singing bowl’ tersebut cukup mudah ditemukan di berbagai pasar malam dan akhirnya mulai dikenal sebagai suvenir khas Thailand.
  • Pernak-pernik unik lainnya: lonceng berbentuk lonceng kuil, ulekan untuk menumbuk bumbu-bumbu, dan lainnya.
  • Aneka dekorasi dan hiasan dari kulit. Thailand termasuk salah satu eksportir kulit terbesar di dunia, sehingga kalian dapat menemukan aneka produk kerajinan kulit di berbagai penjuru negeri dengan harga yang relatif bersahabat.
  • Aneka furnitur kayu. Oke, ini mungkin akan sulit untuk dimasukkan ke dalam bagasi pesawat. Tapi jika kalian memang tertarik dengan aneka furnitur dari Thailand, kalian bisa membeli untuk dikirimkan menggunakan paket. Memang kalian harus mengeluarkan sejumlah ongkos ekstra, tapi sebanding dengan kepuasan yang akan kalian dapatkan.

 

Lampu dan Lentera

Oke, ini mungkin bukan jenis oleh-oleh standar yang bisa kalian bayangkan dari negara Thailand. Tapi ini benar. Lampu dan lentera kerap dijadikan oleh-oleh, khususnya bagi mereka yang menyukai elemen dekoratif khas Thailand.

Di negara tersebut kalian dapat menemukan berbagai jenis lampu. Salah satu yang paling populer untuk dijadikan souvenir adalah lampu terakota. Tetapi sayangnya lampu ini cukup berat dan mungkin akan membuat kalian mengalami overload bagasi. Jika tertarik membeli lampu terakota, apalagi yang ukurannya cukup besar dan berat, sebaiknya kalian mempertimbangkan untuk menggunakan jasa pengiriman.

Alternatif lainnya, kalian bisa membeli lentera kertas. Thailand cukup terkenal akan festival lenteranya, sehingga kalian cukup mudah menemukan lentera khas ala Thailand yang terbuat dari rice paper dan bambu. Tersedia bermacam model, mulai dari model sederhana hingga rumit, yang bisa kalian pilih sesuai dengan selera.

*             *             *             *             *

Note:

Foto diambil dari berbagai sumber (lihat caption) tanpa ada editan tambahan selain proses resizing.

 

baca juga : 

Thailand Untuk Pemula : 10 Kota Semi-Mainstream yang Cukup Menarik Untuk Dikunjungi

Oleh-oleh Khas Bali yang Layak Dibeli oleh Wisatawan Internasional

Comments

comments