Hawaii selalu identik dengan aneka pantainya yang indah, populer, dan menawarkan banyak opsi wisata bagi para pecinta olah raga laut. Rasanya belum lengkap membayangkan Hawaii tanpa menyebut pasir putihnya yang lembut, cahaya matahari yang berlimpah, serta semilir angin laut yang membelai pohon Kelapa di tepi pantai.

Ya, kepulauan tersebut memang kaya akan pantai-pantai menawan, mulai dari yang super beken hingga hidden beach yang hanya diberitakan dari mulut ke mulut. Hanya saja, pertanyaan yang muncul berikutnya adalah: dari sekian banyak pantai yang ada di Hawaii, pantai mana saja yang bisa disebut terbaik di antara yang terbaik?

Disarikan dari berbagai sumber, berikut ini beberapa pantai terbaik, tercantik, dan terkeren yang bisa kalian temukan di seantero Hawaii. Psst, beberapa diantaranya adalah hidden beach yang belum banyak diketahui oleh traveller lho.

*             *             *             *             *

Pulau Hawaii, the Big Island

Pulau Hawaii merupakan pulau terbesar di Kepulauan Hawaii yang kerap dijuluki sebagai the Big Island atau Big Island saja. Big Island ini memiliki beberapa pantai keren, lengkap beserta hidden beach yang menawarkan surga tersembunyi bagi traveller.

  • Kauna’oa (Mauna Kea) Beach
Pantai Kauna’oa
Pantai Kauna’oa, via jetsetter

Pantai Kauna’oa atau Mauna Kea disebut-sebut sebagai salah satu pantai berpasir putih terindah di Hawaii. Pantai ini ukurannya tidak terlalu besar, dengan arus air yang lumayan tenang, sehingga ideal banget untuk melakukan beberapa kegiatan santai seperti berjemur dan snorkeling.

Oya, walau pantai ini sebetulnya merupakan pantai publik, kalian hanya dapat masuk ke area pantai melalui Mauna Kea Beach Hotel. Karena tempat parkirnya terbatas, hanya disediakan 40 parking slot bagi mereka yang bukan tamu hotel, disarankan untuk datang sepagi mungkin jika ingin mengunjungi pantai ini.

  • Punalu’u Beach
Pantai Punalu’u
Pantai Punalu’u. via freshideen

Bosan dengan pantai berpasir putih ataupun keemasan? Berkunjunglah ke Pantai Punalu’u, salah satu pantai berpasir hitam paling populer di Hawaii. Pantai ini termasuk salah satu tempat favorit bagi penyu hijau untuk bertelur, sehingga mengamati penyu hijau menjadi salah satu aktifitas favorit untuk dilakukan di pantai ini. Selain itu, wisatawan juga suka melakukan beberapa aktifitas lainnya, seperti kemping, piknik, snorkeling, maupun sekedar bersantai sambil menikmati suasana.

  • Hapuna Beach
Pantai Hapuna
Pantai Hapuna, via expedia

Salah satu pantai berpasir putih terbesar di Hawaii yang dapat dikunjungi oleh berbagai tipe wisatawan. Mereka yang suka bersantai menikmati suasana akan puas dengan pantai sepanjang beberapa ratus yards ini. Terlebih karena Pantai Hapuna memiliki pasir yang cukup lembut.

Sedangkan bagi penggemar olah raga air, kalian dapat mencoba beragam aktifitas seru, mulai dari melakukan snorkeling, berenang, maupun melakukan bodyboarding. Setelah bosan melakukan aktifitas di pantai, kalian dapat lanjut melakukan piknik di sekitar pantai.

  • Papakolea Beach atau Green Sand Beach
Pantai Papakolea
Pantai Papakolea, via onlyinhawaii

Pantai berpasir putih atau hitam sudah banyak ditemukan di berbagai negara di dunia. Namun, bagaimana dengan pantai berpasir hijau? Adalah Pantai Papakolea, alias Pantai Mahana, alias Green Sand Beach, merupakan salah satu dari 4 pantai berpasir hijau yang ada di dunia.

Pantai ini kabarnya mendapatkan warna hijaunya dari kristal olivine yang dihasilkan oleh erupsi gunung berapi kira-kira 50000 tahun silam. Jika kalian mencari pantai yang unik dan berbeda dari pantai kebanyakan, Green Sand Beach ini bisa kalian pertimbangkan.

*             *             *             *             *

Pulau Maui, the Valley Isle

Pulau terbesar kedua di Kepulauan Hawaii ini termasuk salah satu pulau yang memiliki banyak pantai populer. Bahkan, beberapa pantai yang katanya terbaik di Hawaii bisa ditemukan di pulau ini. Berikut beberapa diantaranya:

  • Hamoa Beach
Pantai Hamoa
Pantai Hamoa, via travaasa

Pantai berpasir kelabu yang memiliki panjang 900 kaki dan lebar 100 kaki ini termasuk salah satu pantai yang memiliki lanskap menarik karena dikelilingi oleh pepohonan tropis yang asri.

Namun, pantai ini lebih dikenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk melakukan body surfing dibanding karena faktor lanskap-nya. Selain itu, pantai ini juga populer sebagai tempat untuk melakukan surfing, boogie boarding, berjemur, dan snorkeling saat kondisi air tenang.

  • Kaanapali Beach
Pantai Kaanapali
Pantai Kaanapali, via kaanapaliresort

Kalian penggemar pentai berpasir putih dengan air laut sejernih kristal? Maka Pantai Kaanapali ini akan menjadi destinasi yang cocok untuk dikunjungi. Pantai yang lokasinya berada di sekitar hotel dan resort Kaanapali ini dulunya pernah menjadi lokasi liburan favorit bagi keluarga kerajaan Maui, dan sekarang disebut-sebut sebagai salah satu pantai terbaik di Amerika.

Pengunjung yang datang ke pantai ini suka melakukan berbagai aktifitas seperti belajar surfing, main volley, berlayar, parasailing (seasonal), hingga snorkeling. Tambahan info, jika kalian berkunjung di bulan Juni, ada perayaan tahunan Wa’a Kiakahi Canoe Festival.

  • Wailea Beach
Pantai Wailea
Pantai Wailea, via vrbo

Pantai Wailea kerap disebut-sebut sebagai salah satu pantai terpopuler di Maui, sekaligus pantai terbaik di Hawaii. Secara keseluruhan, pantai ini memiliki suasana yang menyenangkan, mulai dari ukurannya yang cukup luas, ombak yang relatif tenang, kental dengan nuansa resort karena lokasinya yang cukup dengan beberapa resort, dan memiliki view ke arah Kaho’olawe, Molokini, serta Lanai di kejauhan.

Saat musim dingin tiba, kalian dapat melihat ikan paus di laut sekitarnya, yang akhirnya menjadi atraksi favorit untuk dilihat oleh wisatawan. Namun jika kalian datang di luar musim dingin, pantai ini ideal untuk melakukan berbagai aktifitas rekreasi lain seperti boogie boarding dan body surfing.

  • Ho’okipa Beach
Windsurfing di Pantai Ho’okipa
Windsurfing di Pantai Ho’okipa, via playbuzz

Mengaku sebagai pecinta windsurfing? Kalian wajib mengunjungi Pantai Ho’okipa yang ditasbihkan sebagai surganya para windsurfer. Di pantai ini banyak sekali terdapat berbagai kegiatan bertema windsurfing, dan tentunya juga ada aneka kompetisi digelar disana.

Selain itu, pantai ini cukup populer juga bagi para surfer. Hanya saja karena angin sering bertiup tiba-tiba dan arus cukup kencang, sementara banyak terdapat karang di tempat dangkal, disarankan hanya surfer profesional saja yang surfing disana.

  • Makena Beach
Pantai Makena
Pantai Makena, via buzzerg

Pantai Makena selalu rutin masuk dalam daftar deretan pantai terpopuler di Maui. Pantai ini memiliki ukuran yang cukup besar, dengan panjang 2/3 mil dan lebar 100 yards, dan memiliki beberapa fitur menarik, mulai dari pasir pantainya yang berwarna keemasan, air lautnya yang jernih, dan telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung. Wisatawan biasanya datang ke pantai ini untuk berenang, berjemur, snorkeling, maupun sekedar piknik.

  • Kapalua Bay Beach
Kapalua Bay Beach
Kapalua Bay Beach, via mauiguide

Ini dia salah satu pantai terpopuler di Maui, yang digadang-gadang menjadi salah satu pantai terbaik untuk dikunjungi oleh turis di Kepulauan Hawaii. Pantai Kapalua memiliki pasir pantai berwarna keemasan, dengan pepohonan Palem di tiap sisinya.

Pantai ini ideal sekali sebagai tempat untuk melakukan berbagai aktifitas seperti berenang, snorkeling, scuba diving, maupun sekedar melakukan piknik. Itu karena pantai ini relatif terlindungi dari angin kencang seperti yang biasa terjadi di berbagai pantai di Maui.

Karena pantai ini sangat populer di kalangan turis, jangan berharap akan menemukan suasana pantai yang sepi dari pengunjung, ya. Sisi positifnya, di sekitar pantai ini fasilitasnya sudah cukup lengkap, mulai dari ruang ganti, shower room, kamar kecil, hingga adanya penjaga pantai.

*             *             *             *             *

Pulau Oahu, the Gathering Island

Pulau Oahu merupakan pintu masuk utama menuju negara bagian Hawaii. Tak heran kalau pulau terbesar ketiga di Kepulauan Hawaii sekaligus menjadi pulau yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tentu saja Pulau Oahu ini juga memiliki sejumlah pantai cantik dan keren, dan beberapa diantaranya termasuk salah satu pantai terpopuler di dunia.

  • Waikiki Beach
Pantai Waikiki
Pantai Waikiki, via forbes

Dari sekian banyak pantai populer di Hawaii, bisa jadi Waikiki Beach ini adalah yang paling populer. Pantai berpasir putih dan berbentuk bulan sabit ini dulunya populer sebagai taman bermain para keluarga kerajaan di Hawaii.

Saat ini, setiap tahunnya Pantai Waikiki dikunjungi tak kurang dari 4 juta orang, menjadikan pantai ini termasuk salah satu yang terpopuler di dunia. Beberapa aktifitas favorit untuk dilakukan disini antara lain berjemur, surfing, atau sekedar foto-foto dengan latar belakang Diamond Head Crater.

  • Lanikai
Pantai Lanikai
Pantai Lanikai, via cdn.sabq.org

Mau tahu salah satu pantai terindah di Hawaii? Yuk, mari meluncur ke Pantai Lanikai yang ada di Pulau Oahu. Pantai ini memang telah diakui sebagai salah satu pantai yang paling fotogenik di seantero Hawaii, dengan pasir putih bersih, air laut berwarna toska, dan tanaman tropis di sekitarnya.

Ombak yang tenang membuat pantai ini ideal dikunjungi oleh mereka yang membawa anak-anak, maupun bagi pecinta aktifitas berenang santai. Ngomong-ngomong, nggak jauh dari pantai ini ada dua pulau kecil yang difungsikan sebagai tempat penangkaran burung. Kalian dapat mengunjunginya dengan menggunakan perahu kayak.

  • Waimea Bay Beach Park
Pantai Waimea
Pantai Waimea, via 9Elsewhere

Salah satu surganya surfer di Hawaii. Waimea Bay Beach Park ini selalu ramai dikunjungi saat musim surfing dimulai, yaitu antara bulan November hingga Februari. Pantai ini juga menjadi tuan rumah bagi sejumlah kompetisi surfing populer, seperti Super Bowl of Surfing dan Quiksilver in Memory of Eddie Aikau Surf Competition.

Diluar dari masalah surfing, Waimea Bay Beach Park ini juga cukup populer akan keindahannya. Beberapa aktifitas populer untuk dilakukan di pantai ini antara lain berenang (saat musim panas), berjemur, serta melompat dari batu langsung ke laut. Aktifitas terakhir ini cukup berbahaya, sehingga tidak disarankan untuk dilakukan.

  • Waimanalo Beach
Pantai Waimanalo
Pantai Waimanalo, via marriedwithaloha

Pantai Waimanalo ini termasuk salah satu pantai yang cukup panjang (4 mil) dan salah satu bagian pantainya pernah digunakan untuk aktifitas militer. Pantai ini memiliki pemandangan yang cukup indah, dengan air laut yang bersih dan cantik. Hanya saja, karena arusnya relatif kuat, pantai ini tidak disarankan untuk perenang pemula.

*             *             *             *             *

Pulau Kauai, the Garden Isle

  • Poipu Beach
Pantai Poipu
Pantai Poipu, via villasatpoipukai

Berencana mengunjungi Pulau Kauai bersama keluarga? Masukkan Pantai Poipu dalam daftar kunjungan kalian. Pantai ini terdiri dari dua teluk kecil. Teluk pertama sangat cocok dikunjungi oleh para perenang pemula maupun oleh mereka yang sekedar suka main air saja, sedangkan teluk kedua ideal bagi para perenang ahli, pecinta snorkeling, maupun surfer.

  • Kauapea Beach
Pantai Kauapea
Pantai Kauapea, via state-usa

Pantai ini populer juga dengan sebutan Secret Beach karena lokasinya yang memang terpencil, berada di antara Kalihiwai Bay dan Kilauea Point. Pantai ini juga bukan pantai yang mainstream untuk dikunjungi oleh wisatawan, terutama karena faktor aksesnya yang sulit.

Untuk mencapai lokasi ini, kalian harus melewati jalanan berbatu, melintasi beberapa jalan setapak, serta melewati bukit yang curam. Namun perjuangan mencapai tempat ini akan terbayar begitu melihat keindahan pantai sepanjang 3000 kaki dan lebar 75 kaki ini. Lokasinya yang terpencil membuat pantai ini masih memiliki keindahan alami yang cukup terjaga, dan ideal dijadikan tempat untuk piknik, berjemur, surfing, snorkeling, dan memancing.

  • Tunnels (Makua) Beach
Tunnels Beach
Tunnels Beach, via fineartamerica

Suka snorkeling? Jika berniat mengunjungi Pulau Kauai, maka kalian wajib mampir ke Pantai Tunnels (Makua). Pantai ini dinamakan ‘tunnel’, atau lorong, karena di pantai ini terdapat beberapa lava tube yang membentuk gua-gua dalam air.

Nah, aneka gua itulah yang menjadi surga bagi para ikan tropis, dan memancing para diver untuk menyelaminya. Namun jika kalian mengaku sebagai pemula, kalian dapat menjelajah spot yang paling dekat dengan pantai, atau sekedar berjemur sambil menikmati keindahan pegunungan tropis di sekitar pantai.

  • Hanalei Bay
Hanalei Bay
Hanalei Bay, via homeaway

Secara teknis, Hanalei Bay atau Teluk Hanalei ini merupakan sebutan untuk beberapa pantai yang lokasinya berdekatan, yaitu Black Pot Beach Park, Hanalei Pavilion Beach Park, dan Wai’oli Beach Park. Ketiga pantai tersebut telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, mulai dari tempat parkir, kamar mandi, hingga ruang shower.

Pantai ini ideal dikunjungi oleh berbagai jenis wisatawan, mulai dari merka yang hanya suka jalan-jalan di tepi pantai, perenang pemula, hingga surfer level intermediate. Hal tersebut karena di pantai ini terdapat beberapa jenis ombak, mulai dari ombak kecil hingga ombak besar, tergantung lokasinya. Terlepas dari hal tersebut, Hanalei Bay ini memiliki pemandangan yang cukup indah karena adanya area pegunungan yang menjadi latar belakangnya.

  • Kalihiwai Beach
Pantai Kalihiwai
Pantai Kalihiwai, via houseofdreamskauai

Sebetulnya, pantai Kalihiwai yang berlokasi di dekat kota Kilauea ini merupakan salah satu pantai yang lebih populer untuk masyarakat setempat saja. Wisatawan tetap boleh mengunjungi tempat ini, namun diharapkan dapat selalu menghormati kearifan lokal yang berlaku disana.

Pantai Kalihiwai ini populer sebagai tempat untuk melakukan aktifitas renang saat musim panas tiba, dan menjadi salah satu spot surfing favorit saat musim dingin. Beberapa aktifitas lain yang bisa dilakukan di pantai ini antara lain snorkeling, bodyboarding, kayaking, memancing, hingga piknik.

Tips: jika kalian menyewa kayak, kalian dapat menyusuri sungai untuk mencapai sebuah air terjun.

  • Kalapaki Beach
Pantai Kalapaki
Pantai Kalapaki, via travelandleisure

Pantai berpasir putih ini populer dikunjungi oleh turis asing dan penduduk setempat. Pantai Kalapaki termasuk memiliki lanskap yang cukup menarik, karena selain memiliki pantai pasir, juga terdapat rerumputan yang cukup nyaman digunakan sebagai tempat bersantai, sambil menikmati pemandangan ke arah pegunungan.

Pantai ini populer sebagai salah satu spot untuk berenang di laut, sekaligus tempat favorit untuk melakukan olah raga voli pantai. Selain itu, disini kalian dapat melakukan bodyboarding, surfing, windsurfing, hingga stand-up paddle boarding.

*             *             *             *             *

Pulau Lanai, the Pineapple Isle

Pulau Lanai termasuk salah satu pulau yang jumlah penduduknya tidak terlalu banyak, dan masih relatif lebih sepi dari wisatawan dibanding pulau-pulau besar lainnya di Hawaii. Alhasil kesempatan untuk menikmati keindahan pantai tanpa harus berdesakan dengan banyak orang pun cukup besar. Berikut beberapa pantai yang bisa kalian kunjungi di Pulau Lanai.

  • Polihua Beach
Pantai Polihua
Pantai Polihua, via blog.cruise.me

Tidak semua orang suka melakukan olah raga air di pantai. Beberapa orang ada yang suka berjalan-jalan bertelanjang kaki, menikmati lembutnya pasir pantai, sambil menikmati suasana. Jika itu yang kalian suka, maka Pantai Polihua ini cocok untuk kalian.

Di pantai ini, kalian tidak disarankan untuk berenang mengingat arusnya yang kuat. Namun kalian dapat melakukan beberapa aktifitas lain, seperti berjalan di pantai, melihat ikan Paus Bungkuk, maupun mengamati penyu hijau.

  • Hulopoe Beach
Pantai Hulopoe
Pantai Hulopoe, via iheartbudgets

Pantai Hulopoe ini bisa jadi merupakan salah satu pantai terindah dan terpopuler di Pulau Lanai. Bahkan, pantai ini pernah mendapat predikan sebagai America’s Best Beach 1997 oleh Dr.Stephen Leatherman alias Dr.Beach.

Pantai ini populer sebagai tempat untuk melakukan berbagai aktifitas seperti snorkeling dan berenang (kecuali di musim dingin karena arus airnya akan terlalu kuat), serta melakukan berbagai aktifitas rekreasi lainnya seperti piknik dan barbeque.

***

Note:

Foto diambil dari berbagai sumber (lihat caption) tanpa editan tambahan selain proses resizing.

 

baca juga :

Jalan-jalan ke Izu Oshima, Pulaunya Sadako Yamamura

1001 Trivia Fakta Kepulauan Seribu yang Perlu Kalian Tahu

Serba-Serbi Paris Untuk Pemula: Apa, Kenapa, dan Bagaimana

Comments

comments