Tahukah kalian, Paris tak hanya dikenal sebagai the City of Love belaka. Kota ini juga dikenal sebagai the Capital of Fashion alias Ibu Kota Fashion. Sehingga, suka atau tidak, Paris pun populer sebagai salah satu destinasi belanja favorit, khususnya bagi para shopaholic yang menggemari tren fashion terkini.

Tapi Paris nggak melulu berisi fashion saja. Kota ini pun memiliki banyak tempat belanja lainnya untuk berbagai selera, mulai dari pusat perbelanjaan modern hingga pasar tradisional. Selain itu, jika kalian jeli, kalian mungkin akan menemukan toko-toko yang menjual aneka barang keren dengan harga yang relatif bersahabat.

Singkat kata, jika kalian berencana untuk menjadikan Paris sebagai kota tujuan wisata belanja, simak beberapa tips dan trik berikut ini, serta dimana contekan tempat terbaik untuk menemukan item yang kalian inginkan. Simak juga beberapa frasa atau kosa kata sederhana yang mungkin bisa membantu kalian saat berbelanja di Paris.

* * * * *

Tips Secara Umum

Ilustrasi
Ilustrasi, via telegraph
  • Saat masuk ke sebuah toko, normalnya pengunjung akan menggunakan kata sapaan ‘bonjour’. Begitu juga saat akan keluar dari toko, biasakan untuk mengucapkan ‘au revoir. Jika tidak melakukan itu, bisa dianggap sebagai sikap yang tidak baik.
  • Berniat menghabiskan banyak waktu untuk belanja? Siapkan diri kalian sebaik mungkin! Tandai toko mana saja yang ingin kalian kunjungi, dan cari informasi rute bus mana yang melewati toko-toko tersebut.
  • Oya, bus dianggap sebagai salah satu moda transportasi terbaik bagi shopaholic. Selain karena harga tiketnya yang murah, saat naik bus kalian akan lebih cepat untuk turun dan naik dari berbagai halte yang ada di dekat tempat belanja yang diinginkan. Tips lain yang layak untuk diperhatikan, jika kalian berencana naik turun bus lebih dari 10x dalam sehari, pertimbangkan untuk membeli Paris Visite Pass.
  • Salah satu momen terbaik untuk berkunjung ke Paris (bagi shopaholic) adalah pada saat momen pelaksanaan bi-annual sales yang jatuh para bulan Januari/Februari dan Juni/Juli. Pada periode tersebut, toko-toko akan menjual berbagai koleksi dari musim sebelumnya yang tidak habis terjual dengan harga yang relatif miring. Harga sale-nya bisa berkisar 20-50% dari harga normal. Lumayan banget kan?
  • Nggak bisa ke Paris pada dua musim sale tersebut? Cobalah mencari informasi berbagai toko yang menawarkan shopping discount untuk traveller. Walau diskonnya nggak sebesar saat musim sale, tapi siapa yang bisa menolak harga diskon, bukan?
  • Beberapa pusat perbelanjaan dan departemen store memiliki kebijakan tax refund (syarat dan ketentuan berlaku), dan nggak ada salahnya kalau kalian mencari informasi lebih detail tentang hal tersebut sebelum meluncur ke Paris. Jadi, jika kalian berencana untuk membeli beberapa jenis barang, nggak ada salahnya melirik pusat perbelanjaan ataupun departemen store sebagai tempat tujuan belanja. Namun jika hanya ingin membeli 1-2 barang saja, nggak masalah jika ingin berbelanja di toko-toko kecil yang bisa ditemukan di berbagai penjuru Paris.
  • Tips penting lainnya, sekalipun kalian tengah berada di sebuah kota yang berjuluk Kota Cinta, kalian harus selalu ingat kalau tidak semua orang memiliki cukup cinta pada sesama. Kejahatan tetap saja bisa terjadi, terutama jika kalian lengah. Selalu simpan dompet dan benda berharga di spot yang paling aman dalam barang bawaan, karena copet bisa mengincar siapa saja, terutama jika kalian pergi ke area pasar.

* * * * *

Dimana Harus Belanja?

Shopaholic yang sudah berpengalaman akan setuju dengan pendapat kalau Paris adalah salah satu surga belanja favorit di dunia. Namun, sebutan surga tersebut hanya akan jadi sebutan belaka kalau kalian berangkat kesana tanpa persiapan yang matang. Dari sekian banyak persiapan yang bisa dilakukan, yang paling penting dan yang paling utama adalah mengetahui apa yang ingin kalian cari di Paris.

Apakah kalian ingin berburu berbagai fashion terkini, atau mungkin ingin berburu aneka barang ber-merek keluaran desainer ternama, atau sekedar ingin melihat-lihat saja? Setelah menentukan item apa saja yang ingin dicari, kalian dapat memilih tempat belanja mana yang wajib masuk dalam daftar tempat yang harus dikunjungi selama berada di Paris.

  • Shopping Street dan Distrik Belanja Populer
Le Marais
Le Marais, via you.ctrip

Paris memiliki banyak shopping street dan aneka distrik yang populer sebagai surga belanja. Jika kalian belum menemukan toko yang tepat untuk dikunjungi, maupun sekedar ingin melakukan window shopping saja, kunjungilah aneka distrik belanja berikut ini.

Salah satu yang paling populer untuk dikunjungi adalah Le Marais, sebuah distrik bersejarah yang dipenuhi oleh berbagai butik, galeri seni, restoran, rumah fashion, dan lainnya. Oya, di Le Marais ini pun bertabur komunitas dan bisnis yang berkaitan dengan LGBT.

Boulevard Saint Germain
Boulevard Saint Germain, via suri.morkitu

Boulevard Saint Germain menjadi salah satu shopping street yang sayang untuk dilewatkan di Paris. Shoping street ini memiliki suasana yang menyenangkan, mulai dari jalanan yang diapit oleh pepohonan, bangunan-bangunan cantik, dan tentu saja bermacam toko yang menjual fashion, makanan, dan lainnya. Tak jauh dari Boulevard Saint Germain, terdapat beberapa kawasan belanja populer lainnya seperti Rue du Bac dan Boulevard Raspail.

Rue du Commerce
Rue du Commerce, via gites

Rue du Commerce menjadi salah satu kawasan belanja lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Tempat ini jaraknya nggak jauh dari Eiffel Tower, dan di sekitar ini terdapat lebih dari 100 toko yang menjual bermacam jenis barang. Salah satu yang wajib dikunjungi saat berada di Rue du Commerce adalah Monoprix yang berlokasi di sudut Rue du Commerce dan Boulevard de Grenelle.

Louis Vuitton di Avenue Montaigne
Louis Vuitton di Avenue Montaigne, via pursuitist

Triangle d’Or masih selalu menjadi surga belanja favorit, khususnya bagi shopaholic wanita. Kawasan ini terdiri dari Avenue Montaigne, Avenue George V, dan Rue Francois Ier yang lokasinya juga nggak terlalu jauh dari Sungai Seine dan Eiffel Tower.

Triangle d’Or bertabut aneka toko yang menjual produk-produk haute couture, bermacam butik fashion, perhiasan, dan banyak lagi. Dan, dari kawasan ini, kalian juga dapat dengan mudah mengakses Champs Elysées, salah satu shopping street ternama yang popularitasnya sudah mencapai level dunia.

Masih banyak shopping street dan shopping district keren lainnya di Paris. Jika kalian memang betul-betul mengaku sebagai shopaholic yang ingin melakukan wisata belanja di Paris, jangan ragu untuk tersesat di kota tersebut. Siapa tahu kalian akan menemukan spot shopping rahasia yang akhirnya malah menjadi tempat belanja kesayangan kalian.

  • Pusat Perbelanjaan
Sebuah pusat perbelanjaan di Paris
Sebuah pusat perbelanjaan di Paris, via betrend

Pusat perbelanjaan selalu menjadi alternatif keren untuk dikunjungi oleh shopaholic, terutama jika kalian tak memiliki banyak waktu selama berada di Paris. Selain karena kalian dapat menemukan berbagai alternatif toko dalam satu tempat saja, beberapa pusat perbelanjaan menawarkan diskon khusus untuk turis.

Printemps, Bon Marché, Bazar de l’Hôtel de Ville (BHV), dan Galeries Lafayette termasuk beberapa di antara sekian pusat perbelanjaan yang menjadi tempat belanja favorit bagi para wisatawan. Le Bon Marche Rive Gauche juga menjadi tempat favorit lain yang kerap diincar oleh wisatawan, khususnya bagi para pecinta kuliner.

Untuk alternatif lainnya, kalian dapat mempertimbangkan untuk main ke berbagai pusat perbelanjaan yang terletak sedikit keluar kota, terutama jika kalian berminat melakukan side trip dari Paris.

Misalnya saja, jika kalian ingin mengunjungi Disneyland Paris, kalian bisa sekalian mampir ke Champagne dan La Vallée Village. Sedangkan McArthur-Glen Troyes dan Marques Avenue: Troyes bisa masuk dalam daftar jika kalian berencana untuk mengunjungi Troyes.

  • Toko Diskon
Reciproque
Reciproque, via parisme

Suka belanja di toko diskon? Rue d’Alésia yang terletak di 14th arrondissement memiliki banyak toko yang menawarkan produk-produk dari desainer ternama dengan harga miring. Untuk alternatif lainnya, Catherine Max yang berlokasi di 16th arrondissement (tak jauh dari Trocadéro) layak untuk dilirik.

Toko tersebut merupakan salah satu designer clearance stores terbesar di Paris. Biasanya para desainer yang ingin menghabiskan stok mereka akan menghubungi Catherine Max, dan bersiaplah untuk mendapatkan diskon hingga 80%. Pun dengan Reciproque yang juga terletak di 16th arrondissement. Reciproque juga dikenal sebagai salah satu toko diskon yang menjual bermacam produk diskon dari desainer ternama, dengan harga diskon bervariasi antara 20-80%.

  • Pasar Tradisional, Barang Antik, dan Sejenisnya
Marché aux Puces de St-Ouen
Marché aux Puces de St-Ouen, via thecrazytourist

Ada beberapa pasar barang antik, pasar loak, dan pasar tradisional yang menarik untuk dikunjungi selama berada di Paris. Salah satu yang paling terkenal adalah Marché aux Puces de St-Ouen de Clignancourt (biasa disebut Les Puces saja) yang berlokasi di 18th arrondissement.

Pasar ini buka setiap hari, dengan jam operasional bervariasi antara pukul 10-11 siang hingga pukul 17-18 sore hari. Namun umumnya semua toko di pasar tersebut baru akan buka di akhir pekan. Pasar populer lainnya adalah Marché Porte de Vanves yang berlokasi di 14th arrondissement, yang biasanya mulai beroperasi antara pukul 07.00 hingga siang hari (di akhir pekan saja).

Tambahan tips lain bagi yang ingin menjelajah pasar antik dan pasar loak di Paris: jangan ragu untuk menawar. Jangan ragu untuk melangkah pergi jika proses tawar menawar nggak berhasil.

Jika perlu, pelajari beberapa kata atau kalimat sederhana dalam bahasa Perancis untuk memudahkan proses tawar menawar. Untuk mendapatkan harga yang lebih bersahabat, biasakan datang sepagi mungkin saat pemilik toko baru akan bersiap membuka tokonya. Usahakan jangan membeli barang yang pertama dilihat, karena kalian mungkin akan menemukan barang lain yang lebih murah.

  • Barang-barang Vintage
Sebuah toko yang menjual barang-barang vintage
Sebuah toko yang menjual barang-barang vintage, via discoverwalks

Suka dengan hal-hal yang berbau vintage, mulai dari pakaian hingga pernak-pernik? Paris memiliki banyak toko yang menjual aneka barang vintage. Namun banyak yang menyarankan untuk mengunjungi bermacam pasar antik dan barang loak yang ada di Paris. Di pasar-pasar tersebut, kalian tak hanya dapat mencari aneka koleksi vintage biasa seperti item fashion. Kalian juga dapat berburu berbagai pernak-pernik vintage seperti kartu pos dan lainnya.

Alternatif lainnya, pertimbangkan untuk mengunjungi berbagai toko barang bekas dan toko vintage lainnya yang terdapat di Marais (4th arrondissement) dan Abesses (18th arrondissement). GoldyMama di 20th arrondissement, Episode di 2nd arrondissement, La Petite Fripe di 11th arrondissement, dan Rose Bunker di Montmartre dan Pigalle menjadi spot belanja vintage lainnya yang layak untuk dipertimbangkan.

  • Lainnya
Shakespeare and Company Bookstore
Shakespeare and Company Bookstore, via canadaslim.wordpress

Jika kalian lebih mencintai buku dibanding fashion dan barang bermerek, datanglah ke Shakespeare and Company Bookstore. Toko buku yang lokasinya nggak jauh dari Notre Dame ini sudah sangat dikenal sebagai legenda di kalangan pecinta buku.

La Librairie d l’Avenue menjadi toko buku lainnya yang digemari oleh para bibliophile, termasuk mereka yang menyukai bermacam majalah antik dan koleksi vintage. Untuk alternatif lainnya, kalian dapat melirik Le Coupe-Papier yang berlokasi di 19 rue de l’Odéon 6e.

Suka belanja kain? Di kaki Sacré Coeur yang ada di Montmartre terdapat Marché Saint-Pierre yang menawarkan aneka jenis kain. Sedangkan jika kalian lebih suka membeli bermacam dekorasi rumah, kalian dapat melirik Bercy Village, Carouche di 11th arrondissement, Fleux di 4th arrondissement, Les Mauvaises Graines di 18th arrondissement, dan Storie di 14th arrondissement.

* * * * *

Aneka Kalimat Penting Untuk Shopaholic

Percayalah, tak ada salahnya mempelajari beberapa frasa sederhana dalam bahasa Perancis untuk memudahkan kegiatan berbelanja, khususnya jika kalian akan belanja di tempat-tempat yang mungkin minim informasi dalam bahasa Inggris.

Kalian mungkin saja akan kesulitan mengucapkan kalimat-kalimat tersebut, terlebih jika kalian sebelumnya nggak terbiasa dengan bahasa Perancis. Namun setidaknya kalian akan mendapat senyum maupun sambutan hangat dari penjual jika berusaha mengucapkan satu atau dua patah kata dalam bahasa Perancis.

Berikut beberapa frasa dalam bahasa Perancis yang mungkin dapat membantu komunikasi kalian saat berbelanja di Paris (diambil dari berbagai sumber). Bingung bagaimana cara pengucapan yang benar? Gampang. Tunjukkan saja kalimat atau kata yang ingin kalian ucapkan, dan selebihnya biarkan bahasa tubuh yang berbicara.

  • Basic

Berapa? – Combien?

Berapa harganya? – C’est combien, atau combien çoȗte?

Uang – argent

Mahal – chers

Kartu kredit – carte de crédit

Saya ambil itu – Je vais le prendre

Saya suka itu – cela me plaît

Kelihatannya bagus – c’est joli

Saya hanya lihat-lihat saja – Je regarde

Saya akan kembali lagi nanti – Je reviendrai

Ini terlalu mahal! – C’est trop cher!

 

  • Jenis tempat belanja/nama tempat

Pasar – Le marché

Pusat perbelanjaan – Le centre commercial

Kantor pos – La poste

Supermarket – Le supermarché

Bakery – La boulangerie

Toko pastry – La pâtisserie

Toko – Le magasin

 

  • Ukuran dan warna

Ukuran – taille

Besar – large

Kecil – petit

Ukuran kecil – taille petite

Ukuran medium – taille moyenne

Ukuran besar – grande taille

Ukuran ekstra besar – taille extra large

Apa Anda punya ukuran lainnya? – Est-ce que vous avez d’autres tailles?

Saya ingin tukar dengan ukuran lainnya – Je voudrais échanger ceci pour une autre taille, s’il vous plaît.

Ini terlalu ketat! – C’est trop serré!

Anda punya warna lain (untuk barang ini)? Est-ce que vous l’avez en d’autres couleurs?

Putih – blanc

Hitam – noir

Biru – bleu

Hijau – vert

Kuning – jaune

Coklat – marron

Merah – rouge

Oranye – orange

 

  • Seputar pembayaran

Apa saya bisa membayar secara tunai atau kredit? – Puis-je payer comptant ou par carte de crédit?

Saya ingin membayar dengan kartu kredit – Je voudrais payer par carte bleue

Saya ingin membayar dengan uang tunai – Je voudrais payer espèces, s’il vous plait

Saya ingin bayar menggunakan kartu debit – Je voudrais payer avec ma carte de débit, s’il vous plait.

Dimana ATM terdekat? – Où se trouve le guichet automatique le plus près?

***

Note:

Foto diambil dari berbagai sumber (lihat caption) tanpa ada editan tambahan selain resizing.

 

baca juga :

9 Kota Wisata Populer di Perancis, Mana Saja?

Siapa Bilang Paris Mahal? Intip Ragam Tips Untuk Budget Traveller Berikut Ini!

Ragam Spot Romantis di Paris Untuk Bilang “I Love You” Versi Mainstream Hingga Semi-Mainstream

7 Hotel Budget di Paris yang Rate-nya Cocok Banget Untuk Backpackers

Comments

comments