Punya rencana menghabiskan momen bulan madu bersama pasangan di Kota Cinta, Paris? Atau mungkin kalian sekedar ingin mencicipi secuil atmosfir “love is in the air” di salah satu kota teromantis di dunia tersebut? Jika ya, maka kalian wajib banget mengunjungi sejumlah spot romantis yang ada di kota Paris.

Ya, Paris memang memiliki sejumlah spot yang digadang-gadang memiliki nuansa romantis yang kental, sehingga memikat para pasangan untuk datang dan berkunjung ke sana. Ada yang sekedar penasaran, atau sengaja mencari tempat terbaik untuk mengatakan “I love you” dan “will you marry me?”, hingga pasangan-pasangan yang memang ingin mengukir momen romantis yang akan terus dikenang hingga rambut memutih nanti.

Beberapa tempat romantis tersebut ada yang sudah terlalu populer disebut dalam berbagai panduan wisata. Namun percayalah, ternyata Paris juga memiliki sejumlah tempat yang tidak terlalu populer, tapi punya nuansa romantis yang tak kalah menawannya. Mana sajakah aneka spot romantis di Paris tersebut? Simak rekomendasinya berikut ini, dimulai dari berbagai spot mainstream-nya:

* * * * *

Eiffel Tower

Menara Eiffel
Menara Eiffel, via tripoto

Oke, Menara Eiffel mungkin terdengar begitu klise, klasik, ataupun mainstream bagi mereka yang mencari romantisme di Paris. Tapi, siapa sih yang bisa menolak pesona Menara Eiffel? Lagipula, dengan posisi Menara Eiffel sebagai simbol populer kota Paris, rasanya belum sah jika belum mengunjungi menara ini setidaknya sekali seumur hidup. Jadi, kenapa nggak sekalian mengunjunginya bersama pasangan, kan?

Salah satu spot populer untuk mengungkapkan cinta saat berada di Menara Eiffel adalah dengan naik ke bagian puncaknya. Dari ketinggian 300 meter, kalian tak hanya dapat menikmati view ke penjuru kota Paris, namun juga hanyut dalam romantisme suasana malam di kota yang juga berjuluk the City of Light tersebut. Hanya saja, karena spot ini sangatlah populer, jangan heran kalau kalian mungkin saja harus menunggu berpuluh menit sebelum bisa mencapai puncak.

* * * * *

Trocadéro

Trocadéro dan Menara Eiffel
Trocadéro dan Menara Eiffel, via paradoxoff

Malas mengantri untuk masuk ke Menara Eiffel? Tenang, masih banyak cara lain yang bisa kalian lakukan untuk menikmati keindahan menara baja tersebut. Salah satunya adalah dengan pergi ke Trocadéro yang posisinya berhadapan dengan Menara Eiffel, dan dipisahkan oleh Sungai Seine.

Bukan, bukan untuk masuk ke dalam Place du Trocadéro yang pastinya akan ramai oleh pengunjung. Sebaliknya, pergilah ke area plaza yang posisinya paling berdekatan dengan Menara Eiffel. Dari sana, kalian bisa leluasa menikmati pemandangan ke arah Eiffel. Suasana akan semakin terasa romantis saat malam hari tiba dan Menara Eiffel mulai dihiasi oleh iluminasi khusus.

* * * * *

Temple of Love di Parc des Buttes-Chaumont

Temple de la Sibylle
Temple de la Sibylle, via lonelyplanet

Parc des Buttes-Chaumont merupakan nama sebuah taman publik di Paris. Lokasinya terletak di 19th arrondissement, dan taman ini menjadi salah satu taman terbesar di Kota Cinta tersebut.

Namun bukan masalah ukuran yang membuat Parc des Buttes-Chaumont populer bagi sepasang merpati yang mencari romantisme ala Paris. Taman ini memiliki sebuah kuil bernama Temple de la Sibylle, yang merupakan versi miniatur dari kuil kuno Temple of Vesta di Tivoli, Italia.

Mengingat Temple of Vesta kerap terlukis dalam berbagai lukisan romantis, otomatis Temple de la Sibylle ini pun identik dengan romantisme, dan akhirnya dikenal juga sebagai Temple of Love. Sudah bisa ditebak kalau kuil ini pastilah akan banyak dilirik oleh sepasang kekasih, bukan?

PS: Temple de la Sibylle ini punya “kembaran” lho. Lihat di bagian ‘semi-mainstream’ ya.

* * * * *

Montmartre

Montmartre
Montmartre, via francetourisme

Dari sekian banyak spot romantis yang ada di Paris, Montmartre secara konsisten terus masuk dalam daftar rekomendasi. Montmartre merupakan sebuah bukit setinggi 130 meter sekaligus nama sebuah distrik yang terletak di 18th arrondissement.

Distrik bersejarah tersebut memiliki atmosfir yang cukup terjaga, dengan lorong-lorong dan jalanan kecil yang diapit oleh berbagai kafe dan toko, membuat suasana di distrik tersebut cukup romantis bagi para pasangan kekasih.

Jangan lupakan juga keberadaan Sacré Coeur Basilica, yang populer dikunjungi oleh pasangan kekasih karena menampilkan pemandangan spektakuler ke arah Paris. Tambahan info lainnya, Montmartre ini pun kerap muncul dalam berbagai film populer, salah satunya adalah Beauty and the Beast (2017).

* * * * *

Sungai Seine

Sungai Seine
Sungai Seine, via totulok

Salah satu sungai terpopuler di Eropa ini memang identik dengan romantisme. Banyak sekali aktifitas romantis yang bisa dilakukan di sekitar Sungai Seine yang membelah kota Paris tersebut.

Mulai dari sekedar berjalan-jalan di tepi sungai sambil bergandengan tangan dan menikmati pemandangan kota Paris, naik cruise romantis menyusuri sungai, menari tango bersama pasangan di mini amphitheatre yang berlokasi di 5th arrondissement, berpetualang menyeberangi berbagai jembatannya, dan banyak lagi.

* * * * *

Pont Alexander III

Pont Alexander III
Pont Alexander III, via freedisc

Sebagai salah satu sungai dengan panjang yang cukup ‘wow’, yaitu 777 kilometer, Sungai Seine memiliki 37 jembatan yang melintas di atasnya (di area kota Paris-nya saja). Dari 37 jembatan itu, 5 diantaranya khusus untuk pejalan kaki, dan 2 adalah jembatan untuk rel kereta api. Nah, dari ke-37 jembatan tersebut, Pont Alexander III disebut-sebut sebagai jembatan yang paling berornamen, paling ikonik, sekaligus yang paling romantis untuk dilalui bersama pasangan.

Psst, salah satu momen terbaik untuk dilalui bersama pasangan di jembatan ini adalah saat matahari mulai terbenam dan lampu-lampu mulai dinyalakan. Pada saat itu, view ke arah Grand Palais, Eiffel Tower, maupun Les Invalides akan terlihat begitu menawan sekaligus romantis.

* * * * *

Pont des Arts

Pont des Arts di malam hari
Pont des Arts di malam hari, via camillek

Saat kalian mencari referensi spot romantis di Paris melalui berbagai search engine, nama Pont des Arts mungkin akan masuk dalam rekomendasi tersebut. Pont des Arts sendiri merupakan sebuah jembatan khusus pejalan kaki yang melintasi Sungai Seine. Jembatan ini populer dengan urban legend love padlock-nya. Konon siapapun yang menautkan gembok bertuliskan nama kalian dan pasangan di pagar jembatan ini dan membuang kuncinya ke Sungai Seine, niscaya cinta mereka akan abadi selamanya.

Sayangnya, Love Padlock di Pont de Arts kini sudah tidak ada. Kampanye “Love Without Locks” yang sudah diluncurkan sejak tahun 2014 tersebut kemudian berujung dengan dihilangkannya pagar yang telah dihiasi oleh gembok-gembok cinta tersebut. Namun kalian tetap dapat melakukan wefie bersama pasangan sambil menyecap sisa aura romantisme yang ada di jembatan tersebut.

* * * * *

Pont Neuf

Pont Neuf
Pont Neuf, via thousandwonders

Satu lagi jembatan romantis yang bisa kalian temukan di Sungai Seine adalah Pont Neuf. Jembatan ini merupakan salah satu jembatan tertua di Paris, yang konon sudah dibangun sejak tahun 1578. Menariknya, dulunya Pont Neuf ini dirancang supaya dapat dihuni, lho. Unik, kan?

Pont Neuf ini memiliki beberapa keunikan, terutama dilihat dari segi desainnya. Jembatan ini dibagi dalam 2 ruas dan masing-masing ruas menghubungkan Île de la Cité, sebuah pulau yang terletak di tengah-tengah Sungai Seine, dengan tepi sungai.

Sehingga, dari jembatan ini kalian dapat menikmati pemandangan ke berbagai landmark di Paris, sekaligus menikmati keindahan struktur jembatan yang terbilang cukup langka untuk era modern seperti saat ini. Selain itu, keunikan lain dari jembatan ini terletak pada tradisinya, karena jembatan ini disebut sebagai salah satu tempat terbaik bagi pasangan kekasih untuk berbagi ciuman. Hm, tertarik untuk mencoba?

* * * * *

Île Saint-Louis

Île Saint-Louis
Île Saint-Louis, via akounproprietes

Bingung menentukan aktifitas romantis untuk dilakukan di Sungai Seine? Berkunjung sajalah ke Île Saint-Louis. Tempat tersebut merupakan salah satu pulau alami yang ada di tengah Sungai Seine dan berlokasi di 4th arrondissement.

Île Saint-Louis sudah sangat populer sebagai salah satu tempat romantis untuk menghabiskan waktu bersama pasangan. Dari sini kalian dapat menikmati pemandangan ke arah Sungai Seine, termasuk menikmati keindahan Notre Dame Cathedral yang bertabur iluminasi saat malam hari tiba.

* * * * *

Luxembourg Gardens

Luxembourg Gardens
Luxembourg Gardens, via discoverwalks

Selama ratusan tahun, Luxembourg Garden sudah sangat dikenal sebagai salah satu spot romantis di Paris. Taman ini menjadi bagian dari Luxembourg Palace, yang sudah dibangun sejak tahun 1615. Saat ini Luxembourg Palace dimiliki sepenuhnya oleh Senat Perancis, dan masyarakat dapat menikmati area tamannya dengan sepuas hati.

Ada beberapa hal yang membuat Luxembourg Garden ini menarik. Pertama, tentu saja dari faktor sejarahnya. Tak sedikit pasangan ikonik yang sudah menghabiskan momen kebersamaan di taman ini, mulai dari Napoleon dan Josephine, hingga Jean-Paul Sarte dan Simone de Beauvior.

Sampai saat ini banyak pasangan kekasih yang suka bergandengan tangan menyusuri area taman, sambil menikmati ratusan patung, monumen, hingga air mancur yang menghiasi area taman; deretan pepohonan, bermacam hamparan bunga, dan bermacam fitur menarik lainnya yang bisa ditemukan di taman ini.

*             *             *             *             *

Bosan dengan spot-spot mainstream tersebut? Maka kalian bisa mempertimbangkan untuk mengunjungi beberapa spot yang juga menawarkan romantisme kota Paris, namun tidak sepopuler aneka spot yang telah disebut sebelumnya. Asyiknya, kalian mungkin saja tak harus berdesakan dengan banyak wisatawan, sehingga nuansa romantis akan lebih terasa.

Wall of “I Love You’s”

Wall of “I Love You’s”
Wall of “I Love You’s”, via hinzie

Ingin melakukan hal-hal romantis yang nggak terlalu mainstream? Ingin tahu bagaimana cara mengucapkan “I love you” dalam berbagai bahasa? Datang saja ke Wall of Love atau Le Mur Des Je T’aime yang berlokasi 18th arrondissement. Di dinding yang dibuat dari 612 ubin ini tertulis kata “I love you” dalam 250 bahasa. Unik banget, kan?

* * * * *

Temple d’Amour di Bois de Vincennes

Temple d’Amour
Temple d’Amour, via travel365

Ingin mengunjungi Temple de la Sibylle tapi malas berdesakan dengan wisatawan lainnya? Coba deh kunjungi “kembaran”-nya, yaitu Temple d’Amour, yang berlokasi di sebuah pulau yang ada di tengah danau Lac Daumesnil, yang menjadi bagian dari taman Bous de Vincennes.

Temple d’Amour ini memiliki desain yang kurang lebih sama dengan Temple de la Sibylle, namun dengan level popularitas yang masih jauh dibawah kuil tersebut. Otomatis kalian dapat menikmati kuil ini dan suasana di sekitarnya dalam suasana yang relatif lebih lenggang.

Temple d’Amour ini dapat diakses dengan menyeberangi jembatan dari area taman menuju ke pulau tempat kuil tersebut berada. Namun untuk momen yang lebih romantis, disarankan kalian menyewa perahu untuk mencapai pulau tersebut.

* * * * *

Père Lachaise

Père Lachaise
Père Lachaise, via travelonspot

Oke, mengunjungi pemakaman mungkin bukan sebuah agenda yang romantis. Sudah jadi rahasia umum kalau pemakaman pastilah lebih identik dengan nuansa angker, dibanding nuansa romantis yang biasa dicari oleh pasangan kekasih. Namun percayalah, Père Lachaise ini berbeda dari pemakaman biasa. Nggak percaya?

Père Lachaise ini bisa disebut seperti sebuah kota kecil. Pemakaman ini dipenuhi oleh aneka makam yang, sebagian diantaranya, menyerupai sebuah bangunan mini. Père Lachaise pun memiliki jalan setapak yang melintasi berbagai blok makam, dan masing-masing jalan dilengkapi dengan alamat yang berbeda.

Pokoknya, begitu menyusuri pemakaman ini, kalian mungkin akan lupa kalau tengah berada di sebuah tempat yang biasanya identik dengan hal-hal menyeramkan. Mungkin saja kalian malah akan terlena menikmati suasana, saking menariknya suasana di pemakaman ini.

Makam Oscar Wilde
Makam Oscar Wilde, via ritebook

Ngomong-ngomong, di kompleks pemakaman ini bertabur makam aneka tokoh ternama, mulai dari Jim Morrison, Maria Callas, Chopin, dan lain-lain. Namun salah satu spot yang paling banyak dikunjungi oleh pasangan kekasih adalah makam Oscar Wilde. Novelis dan pujangga asal Irlandia tersebut pernah menuliskan sebuah quote yang kini menjadi legenda: “a kiss may ruin a human life” (ditulis dalam ‘A Woman of No Importance’).

Alhasil, makam Oscar Wilde akhirnya laris manis dikunjungi oleh wisatawan, yang sengaja mengenakan lipstik warna merah sebelum mencium makam tersebut. Sekalipun makam tersebut akhirnya diberi pelindung khusus supaya nggak bisa dicium langsung oleh wisatawan, namun makam Oscar Wilde tetap saja menjadi favorit bagi pasangan yang sengaja datang untuk berbagi ciuman di depan makam sang pujangga.

* * * * *

Musée d’Orsay

Jam di Musée d’Orsay
Jam di Musée d’Orsay, via mspmentor

Dari sekian banyak aktifitas romantis yang bisa dilakukan di Paris, mengunjungi museum selalu menjadi salah satu aktifitas favorit. Jika Musée d’Orsay menjadi salah satu spot yang akan kalian kunjungi bersama pasangan, jangan lupa naiklah sampai ke lantai atas hingga bertemu dengan jam besar yang menempel di dinding. Dari sana kalian dapat melihat pemandangan ke arah kota Paris, yang dapat membangkitkan sisi romantis kalian.

* * * * *

Musée de la Vie Romantique

Kafe di area museum
Kafe di area museum, via everplaces

Paris mungkin saja kaya akan berbagai museum megah yang memiliki popularitas kelas dunia. Namun jangan salah, Paris nggak melulu bergelimang museum besar, lho. Beberapa museum kecilnya juga menarik untuk dikunjungi, bahkan sebagian diantaranya memiliki aura romantis yang sangat kental dan sesuai banget dengan image Paris sebagai Kota Cinta. Salah satuny adalah museum yang satu ini.

Musée de la Vie Romantique, atau dalam bahasa Inggris dapat disebut sebagai Museum of the Romantics, merupakan sebuah museum yang berlokasi di Montmartre, 9th arrondissement. Museum ini semula merupakan bangunan yang dimiliki oleh pribadi sebelum dijadikan museum untuk umum pada tahun 1982.

Adapun benda pamer yang menjadi kebanggaan utama dari museum ini adalah aneka karya seni dan memorabilia dari berbagai seniman aliran Romantic, salah satunya adalah Ary Scheffer, seniman kelahiran Belanda yang membangun bangunan ini pada tahun 1830.

Namun, seandainya pun kalian nggak tertarik dengan karya seni, museum ini tetap menarik untuk dikunjungi, terutama jika kalian datang bersama pasangan. Musée de la Vie Romantique ini memiliki beberapa fasilitas menarik, diantaranya adalah taman kecil, sebuah rumah kaca, dan halaman berbatu.

Di sore hari, suasana museum ini terasa begitu romantis. Tak sedikit pasangan kekasih yang suka menghabiskan waktu untuk duduk-duduk, maupun menikmati berbagai panganan dan minuman yang disajikan di area rumah kaca, sambil berbincang tentang berbagai hal. Tertarik untuk mencoba?

***

Note:

Foto diambil dari berbagai sumber tanpa editan tambahan selain resizing.

 

baca juga :

Paris untuk Shopaholic: Tips, Trik, dan Info Penting Lainnya

Siapa Bilang Paris Mahal? Intip Ragam Tips Untuk Budget Traveller Berikut Ini!

Honeymoon ke Paris, Cicipi Aneka Hotel dengan View Terbaik ke Menara Eiffel. Romantis Abis!

Comments

comments