Siapa yang tidak mengenal Bogor? Tempat yang dijuluki Kota Hujan ini adalah sebuah kota dan kabupaten yang terletak tidak begitu jauh dari ibukota Jakarta. Bahkan, selama ini Bogor masuk dalam singkatan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi) yang merupakan kota-kota penyangga ibukota Jakarta.

Bogor ini terletak sekitar 59 kilometer di selatan Jakarta. Jumlah penduduk Kota Bogor sendiri pada tahun 2010 mencapai lebih dari 949 ribu jiwa. Bogor ini dijuluki Kota Hujan karena memiliki intensitas curah hujan yang tergolong sangat tinggi.

Bogor sendiri telah lama dijadikan sebagai pusat pendidikan dan pelatihan pertanian nasional. Nah, di kota ini pula terdapat sebuah institut pertanian yang namanya telah dikenal di Indonesia sejak zaman dahulu, yaitu Institut Pertanian Bogor.

Bogor rupanya memiliki banyak destinasi wisata yang dapat kamu jadikan referensi untuk menghabiskan waktu akhir pekanmu. Jika kamu merasa penat dengan kondisi ibukota Jakarta yang begitu ramai, tidak ada salahnya kamu mencoba berwisata ke Bogor yang indah ini.

Nah, apakah kamu penasaran dan ingin segera menjelajahi Bogor yang memiliki julukan Kota Hujan ini? Berikut ini kita akan membahasnya dalam rahasia menjelajahi Bogor si Kota Hujan yang akan menambah seru liburan akhir pekanmu.

Transportasi Menuju Bogor

Rute 1: Menaiki Damri dari Bandara Soekarno Hatta

Memasuki Bogor Dengan Pesawat Melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta via http://beritatrans.com

Jika kamu berdomisili dari luar kota Jakarta dan ingin memasuki Bogor, maka pertama kamu dapat menaiki pesawat dengan rute domisilimu menuju ke Jakarta. Selanjutnya, kamu dapat melanjutkan perjalananmu dengan menaiki Damri.

Damri adalah sebuah angkutan umum yang dapat mengantarkanmu dari bandara menuju berbagai destinasi termasuk Bogor. Biaya yang kamu keluarkan untuk menaiki Damri adalah sekitar Rp 55.000,00 per sekali jalan.

Lama waktu tempuh yang kamu butuhkan dari Bandara Internasional Soekarno Hatta menuju ke Botani Square Bogor adalah sekitar kurang lebih satu setengah hingga 2 jam. Di dalam bus tersebut terdapat fasilitas yang dapat membuatmu nyaman, yaitu AC serta free wifi.

Rute 2: Menaiki Kereta Commuter Line Menuju Bogor

Menaiki Kereta Commuter Line via http://assets.kompasiana.com

Jika kamu berada di Jakarta dan hendak menempuh perjalanan menuju Bogor, maka salah satu moda transportasi yang dapat kamu gunakan adalah kereta commuter line. Kereta ini merupakan kereta yang memiliki tariff cukup terjangkau.

Banyak penduduk Bogor terutama yang bekerja di Jakarta dan setiap hari pulang pergi Bogor-Jakarta menggunakan transportasi yang satu ini. Kereta ini berangkat dari Stasiun Jakarta Kota setiap 20 hingga 30 menit.

Tetapi, sebaiknya kamu memperhatikan jam-jam sibuk dari kereta ini. Biasanya pada pagi hari dan hari kerja, kereta dari Bogor menuju Jakarta akan menjadi sangat padat. Selain itu, pada kebalikannya, di sore hari kereta dari Jakarta menuju Bogor juga menjadi sangat padat.

Nah, untuk menambah kenyamananmu sebaiknya hindari jam-jam sibuk tersebut untuk mendapatkan ketenangan selama berada di dalam kereta. Ketika pertama kali menaiki kereta, kamu harus membeli kartu untuk kereta ini dengan biaya deposit sekitar Rp 5.000,00 hingga Rp 10.000,00. Namun, tentu saja ini refundable.

Untuk biaya menaiki kereta sendiri dapat kamu sesuaikan dari stasiun tempatmu berangkat. Namun tenang saja, karena biaya kereta ini termasuk masih terjangkau.

Rute 3: Menaiki Bus

Menaiki Bus via http://www.direktorijakarta.com

Selain menaiki kereta commuter line, kamu juga memiliki pilihan lain untuk menaiki bus. Saat ini terdapat bus seperti Agra Mas atau APTB yang dapat mengantarkanmu dari destinasi tertentu di Jakarta menuju ke Bogor.

Sebagai contoh, jika kamu menaiki APTB dari Rawamangun menuju Bogor, biaya yang kamu keluarkan adalah sekitar Rp 16.000,00. Untuk lama perjalanan sendiri disesuaikan dengan keadaan jalanan, sekitar 1 hingga 2 jam. Tetapi terkadang, jalanan yang macet membuat perkiraan lama waktu tempuh menjadi sulit diperkirakan.

Selain itu, beberapa bus dari Jakarta berangkat dari destinasi Lebak Bulus, Kampung Rambutan dan Kali Deres. Nah, kamu dapat memilih sendiri jenis bus yang akan kamu gunakan, yaitu menggunakan AC atau bus ekonomi.

 

Memilih Penginapan Selama Berada di Bogor

Selama berada di Bogor, kamu dapat memilih sendiri penginapan yang akan kamu gunakan selama beberapa hari ke depan. Penginapan tersebut tentunya dapat kamu sesuaikan dengan jadwal, lokasi serta budget perjalananmu selama berada di Bogor.

Nah, kamu dapat memilih untuk menginap di penginapan berjenis hostel, guest house maupun hotel selama berada di Bogor. Jika kamu memilih untuk menginap di penginapan berjenis hostel, kamu dapat mendapatkan kamar dengan jenis double room with shared bathroom.

Biaya yang kamu keluarkan untuk menginap di penginapan ini adalah sekitar Rp 189.000,00 per malam. Fasilitas yang kamu dapatkan di sini adalah kipas angin, lemari, bathtub, kamar mandi bersama serta free wifi.

Selain menginap di hostel, kamu juga memiliki pilihan lain untuk menginap di penginapan berjenis guest house. Jika kamu memilih untuk menginap di penginapan berjenis guest house, kamu dapat mendapatkan kamar dengan jenis standard double room.

Biaya yang kamu keluarkan jika kamu ingin menginap di penginapan ini adalah sekitar Rp 300.000,00 per malam. Fasilitas yang kamu dapatkan di sini adalah AC, meja kerja, area tempat duduk, lemari, shower, kamar mandi pribadi, TV, dan free wifi.

Selain menginap di penginapan berjenis guest house, kamu juga memiliki alternative lain untuk menginap di penginapan berjenis hotel. Jika memilih untuk menginap di hotel, kamu dapat mendapatkan kamar dengan jenis standard double room.

Biaya yang kamu keluarkan jika kamu memilih untuk menginap di hotel adalah sekitar Rp 500.000,00 per malam. Fasilitas yang kamu dapatkan di hotel ini adalah brankas, AC, meja kerja, area tempat duduk, shower, kamar mandi pribadi, toilet, telefon, TV serta free wifi.

Hari Pertama

Mengunjungi Landmark dan Tempat-Tempat Penting di Bogor

Awali Kegiatan Wisatamu di Kota Bogor dengan Mengunjungi Taman Kencana via http://www.ceritamu.com

Bagi kamu yang ingin menyepi sejenak dari hiruk pikuknya keramaian ibukota Jakarta, maka kamu dapat mencoba untuk mengunjungi taman kota Bogor yang satu ini. Ya, taman yang terletak di pusat kota Bogor ini memiliki nama Taman Kencana.

Taman Kencana merupakan sebuah taman di kota Bogor yang sudah ada sejak lama dan bahkan merupakan salah satu peninggalan Belanda. Taman ini bernuansa asri dan seringkali dijadikan sebagai salah satu titik tempat pertemuan penduduk Kota Bogor.

Taman ini menjadi sangat ramai pada waktu akhir pekan, terutama hari Minggu. Taman ini biasanya dijadikan sebagai tempat diselenggarakannya Car Free Day sehingga kamu dapat dengan leluasa berjalan kaki atau jogging di sekitar taman ini.

Nah, bagi kamu yang juga menyukai wisata kuliner, tepat rasanya jika kamu meluangkan waktumu untuk mengunjungi taman ini. Di tempat ini terdapat berbagai pilihan wisata kuliner dari mulai jajanan kaki lima hingga restoran dan kafe tempat nongkrong.

Jajanan kaki lima yang dapat kamu temui di sini misalnya mie ayam, kue cubit, soto daging, bakso, cimol, sate ayam dan lain-lain. Sementara itu di dekat sini juga terdapat banyak cafe yang seringkali dijadikan sebagai tempat nongkrong anak muda, seperti Macaroni Panggang, Rumah Cupcake, Kedai Kita, Waroeng Taman, Sop Buah Pak Ewok, Klapertaart Huize, Choco Lava, dan lain-

lain. Wah, menyenangkan sekali bukan?

Mengunjungi Kebun Raya Bogor

Setelah puas mengunjungi Taman Kencana, kamu dapat melanjutkan perjalananmu untuk mengunjungi Kebun Raya Bogor yang merupakan salah satu landmark Kota Bogor. Nah, salah satu moda transportasi murah meriah yang dapat kamu gunakan di Kota Bogor adalah angkutan kota (angkot).

Untuk mencapai Kebun Raya Bogor dari Taman Kencana, kamu dapat menaiki angkot dengan nomor 08 rute Ramayana-Warung Jambu. Nah, sebelumnya kamu harus berjalan dulu dari Taman Kencana untuk mencapai lampu merah terdekat (di seberang Hotel Pangrango 3) baru kamu menaiki angkot.

Biaya yang kamu keluarkan untuk menaiki angkot ini adalah sekitar Rp 2.500,00 hingga Rp 3.000,00. Kemudian kamu dapat meminta berhenti di depan Kebun Raya Bogor.

Kebun Raya Bogor merupakan sebuah kebun botani besar yang terletak di Kota Bogor. Kebun Raya ini sejak lama telah menjadi salah satu icon Kota Bogor dan menjadi pusat penelitian tanaman di Kota Bogor.

Luas Kebun Raya Bogor sendiri mencapai kurang lebih 87 hektar dengan tanaman mencapai lebih dari 15.000 spesies. Saat ini, Kebun Raya Bogor ramai dikunjungi sebagai tempat wisata, terutama pada hari Sabtu dan Minggu.

Kebun Raya Bogor sendiri dahulunya ditemukan dan dibangun oleh Sir Thomas Stamford Raffles pada masa penjajahan Inggris. Kebun Raya Bogor kemudian diperluas dan diresmikan pada tanggal 18 Mei 1817 dan masih bertahan hingga saat ini.

Kebun Raya Bogor berperan penting dalam menciptakan ruang terbuka hijau di Kota Bogor. Karena peranannya itulah, Bogor masih mampu memiliki udara yang cukup sejuk terutama jika kamu mengunjungi daerah-daerah di sekitar Kebun Raya Bogor. Biaya masuk yang kamu keluarkan jika ingin memasuki Kebun Raya Bogor adalah Rp 14.000,00.

Mengunjungi Tugu Kujang via https://keranjangkue.files.wordpress.com

Setelah puas mengelilingi Kebun Raya Bogor, kamu dapat melanjutkan perjalananmu dengan mengunjungi Tugu Kujang. Seperti halnya kota-kota lainnya, Bogor juga memiliki landmark yang terletak di pusat Kota Bogor. Landmark ini merupakan salah satu simbol penting Kota Bogor.

Tugu ini terletak di Jalan Raya Pajajaran, berseberangan dengan Botani Square dan Kampus IPB Baranangsiang. Nah, untuk mencapai Tugu Kujang dari Kebun Raya Bogor, kamu dapat berjalan kaki atau juga menaiki angkot. Nah, sebagian besar angkot dari daerah depan Kebun Raya pasti melewati Tugu Kujang ini.

Tugu ini memiliki tinggi sekitar 7 meter dengan berat ornament kujang pada bagian puncaknya mencapai 800 kg. Di bawah tugu, terdapat tulisan “Dinu kiwari ngancik nu bihari seuja ayeuna sampeureun juga†yang berarti “Apa yang dilakukan hari ini dan esok harus lebih baik dari hari-hari sebelumnyaâ€. Tulisan tersebut terdapat dari Prasasti Lingga dan Batutulis Kerajaan Pajajaran.

Hari Kedua

Berwisata Budaya dan Alam di Bogor

Mengunjungi Pura Parahyangan Agung Tamansari Gunung Salak via http://www.lookbook.id

Bagi kamu yang ingin melihat wisata budaya di alam terbuka dapat mencoba untuk mengunjungi destinasi wisata yang menawan ini. Ya, tempat ini bernama Pura Parahyangan Agung Tamansari Gunung Salak.

Pura ini seringkali dijadikan sebagai salah satu rekomendasi wisata karena tempatnya yang begitu indah dan menawan, serta menampilkan Gunung Salak sebagai latar belakangnya. Pura ini terletak di daerah Kampung Warungloa, Desa Tamansari sekitar 13 kilometer dari pusat Kota Bogor.

Agar perjalanan wisatamu dapat menjadi lebih nyaman, kamu dapat mencoba untuk menyewa kendaraan pribadi. Jika kamu pergi dengan partner traveling, kamu dapat menggunakan system sharing untuk menuju tempat ini. Biaya yang dikeluarkan untuk menyewa mobil di Bogor satu hari adalah sekitar Rp 400.000,00.

Pura ini merupakan pura terbesar di luar Pulau Bali dan juga terbesar setelah Pura Besakih. Nah, bagi kamu yang ingin merasakan suasana Pulau Bali di tanah Bogor, dapat mencoba untuk berkunjung ke pura cantik yang satu ini. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momenmu ketika mengunjungi pura ini.

Mengunjungi Kampung Budaya Sindang Barang via http://3.bp.blogspot.com

Setelah puas mengunjungi Pura Parahyangan Agung, kamu dapat melanjutkan perjalananmu dengan mengunjungi Kampung Budaya Sindang Barang. Kampung budaya ini terletak di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor.

Kampung Budaya ini memiliki jarak sekitar kurang lebih 5 kilometer dari pusat Kota Bogor. Kampung ini juga konon merupakan kampung budaya tertua yang terdapat di Kota Bogor.

Menurut Pantun Bogor, Kampung Budaya Sindang Barang dikisahkan sudah berdiri sejak abad ke XII. Menurut cerita rakyat, kampung budaya ini dahulunya merupakan tempat para kesatria kerajaan dilatih untuk berperang. Di sini juga pertama kali diciptakan upacara adat Seren Taun dan masih bertahan hingga saat ini di beberapa desa di Bogor.

Di tempat ini terdapat situs-situs peninggalan Kerajaan Pajajaran yang berundak-undak. Selain itu, setiap satu tahun sekali di tempat ini diadakan upacara Seren Taun sebagai bentuk rasa syukur atas hasil-hasil bumi yang melimpah dan masih dapat dirasakan hingga saat ini.

Nah, yang seru dari tempat ini adalah untuk menambah kelestarian dari kesenian tradisional di Jawa Barat, di tempat ini terdapat sanggar pelatihan tari dan gamelan. Tentunya jika ada para tamu yang datang berkunjung, mereka akan mempersembahkan tari tradisional untuk menyambut para tamu.

Tinggal bersama dengan kokolot juga sudah menjadi salah satu bagian dari kampung budaya ini. Untuk itu, banyak tamu yang datang untuk berkunjung dan merasakan bagaimana rasanya tinggal di kampung budaya ini.

Mengunjungi Danau Situ Gede Bogor via http://wisatakita.web.id

Setelah puas mengunjungi Kampung Budaya Sindang Barang, kamu dapat melanjutkan perjalananmu dengan mengunjungi Danau Situ Gede. Danau Situ Gede terletak di tepi Hutan Dramaga (dekat IPB Dramaga) dan memiliki luas mencapai 6 hektar.

Berbagai aktivitas wisata dapat kamu lakukan jika berkunjung ke Danau Situ Gede, misalnya berperahu, memancing atau sekedar berjalan-jalan dan menikmati pemandangan. Biaya yang kamu keluarkan jika ingin menaiki rakit dan menyusuri pemandangan Situ Gede adalah sekitar Rp 10.000,00.

Biaya masuk yang dikenakan jika kamu ingin memasuki Situ Gede adalah sekitar Rp 4.000,00 untuk dewasa dan sekitar Rp 2.000,00 untuk anak-anak.

 

Nah, itulah dia beberapa destinasi wisata di Bogor yang dapat kamu kunjungi. Semuanya telah dirangkum dalam rahasia menjelajahi Bogor si Kota Hujan yang akan menambah seru liburan akhir pekanmu. Jadi, apalagi yang kamu tunggu? Segera persiapkan rencana liburan terbaikmu di Bogor.

 

baca juga :

7 Rekomendasi Tempat Seru untuk Mencicipi Kopi di Bogor

Pengen Merasakan Serunya Liburan Akhir Pekan di Bogor? Yuk, Simak Rekomendasi Hotel Bintang Dua di Bogor untuk Liburanmu

10 Ide Honeymoon Hemat Tapi Berkesan yang Bisa Kalian Coba Sekarang Juga (Asal Ada Pasangannya)

Comments

comments