Bagi kalian yang penuh semangat dan selalu ingin memperluas jaringan pertemananmu dengan sebanyak mungkin warga dunia, salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan mengunjungi sebuah festival.

Event-event yang digelar khusus tentu akan menarik minat banyak orang, terutama traveler. Di situlah kamu bisa menemukan banyak teman baru dengan minat yang sama denganmu.

Salah satu destinasi yang sempurna untuk hal tersebut adalah Amsterdam. Ibukota Belanda ini memang terkenal sering menggelar berbagai macam festival. Menurut statistik, tidak kurang dari 300 festival diselenggarakan di kota ini tiap tahunnya.

Ragamnya pun sangat bervariasi mulai dari seni, olahraga, wisata, kuliner, dan lain sebagainya. Yang perlu kamu lakukan hanyalah melihat jadwal semua festival yang ada dan pilih festival mana saja yang menarik bagimu untuk diikuti.

Untuk lebih meningkatkan peluangmu mendapat teman baru dari seluruh dunia, kamu bisa menginap di hostel. Selain di sana kamu bisa mendapatkan lebih banyak kesempatan untuk bersosialisasi, bila kamu cukup beruntung kamu bisa juga menemukan teman yang juga berencana untuk menghadiri festival yang akan kamu datangi tadi.

Meski ada banyak sekali hostel-hostel murah di Amsterdam, sebaiknya kamu jangan sembarangan memilih hostel. Agar pengalamanmu lebih berkesan, carilah hostel yang terasa unik sehingga tidak akan mudah kamu lupakan.

Sebagai panduan, berikut adalah beberapa jenis hostel bertema unik yang cukup banyak difavortikan oleh para traveler mancanegara. Siapa tahu, salah satu dari hostel di bawah bisa menjadi pilihan sempurna bagimu.

 

1. Suka Kesenian Klasik Ala Eropa, Bisa Menginap ke Hotel Van Gogh.

Lokasi   : Van de Veldestraat 5, Oud Zuid, 1071 CW Amsterdam, Netherlands
Tariff     : Rp. 462.000,00 (dormitory), Rp. 1.328.000,00 (kamar)

Hotel Van Gogh terletak hanya sekitar 300 meter saja dari Van Gogh Museum. Namun, bukan itu saja alasannya mengapa hotel ini diberi nama seperti itu.

Dalam interior hotelnya sendiri, kamu akan menemukan beberapa lukisan karya pelukis Belanda bernama Vincent Willem Van Gogh yang terkenal itu. Lukisan-lukisan tersebut bukan saja menghiasi area public seperti lobby dan ruang makan, namun juga sampai ke kamar tidur.

Apabila jalan-jalan ke Van Gogh Museum masih belum cukup memuaskan, kamu juga bisa mendatangi Rijksmuseum atau Stedelijk Museum yang sama dekatnya dari hotel. Pilihan lain, kamu bisa bersantai di Vanderpark yang sejuk atau shopping ke PC Hooftstraat Street yang dengan brand-brand ternama dunia seperti Zara, Cartier, dan Hermes. Untuk keperluan jalan-jalan, kamu bisa menyewa sepeda dari pihak hotel juga.

Jenis pilihan akomodasi yang ditawarkan sangat beragam. Untuk dormitory, tersedia kamar campuran dan kamar khusus perempuan dengan kapasitas 6-8 orang. Untuk kamar pribadi, tersedia dalam bentuk single, twin, double, triple, family atau quadruple, dan bahkan juga kamar dengan kapasitas 6-8 orang.

Semua kamar tidur memiliki desain dengan dominasi warna-warna cerah yang senada dengan lukisan Van Gogh yang dipajang. Beda kamar, beda lukisan dan tema warna. Jendela lebarnya memasukkan banyak cahaya matahari terang yang membuat kamar semakin terlihat cerah dan ceria. Tiap kamar difasilitasi dengan AC, meja kerja, area duduk, brankas mini, dan kamar mandi dalam.

Bagi yang masih ragu untuk menyambangi hostel ini, keraguanmu pasti akan langsung sirna begitu mengetahui bahwa ternyata hostel ini sempat menyabet beberapa penghargaan. Contohnya adalah predikat “Most Popular Modern Youth Hostel in Amsterdam Centre” yang telah dipertahankannya selama 4 tahun berturut-turut.

 

2. Suka yang Simple dan Ramah Lingkungan, Paling Cocok Menginap di Ecomama Hostel.

Lokasi   : Valkenburgerstraat 124, Amsterdam-Centrum, 1011 NA Amsterdam, Netherlands
Tariff     : Rp. 459.000,00 (dormitory), Rp. 1.242.000,00 (kamar)

Dari nama hostelnya saja sudah bisa ditebak kalau hostel ini memiliki konsep yang ekologis alias ramah lingkungan. Di jaman yang heboh dengan isu global warming seperti sekarang ini, tentu hostel seperti Ecomama ini akan sangat bermanfaat. Interior hotel didominasi warna putih dan desain yang sangat minimalis, menjadikannya tampak tenang, terkesan bersih, namun tetap modern.

Hal lain yang menarik dari hostel ini adalah beragamnya bentuk kamar tidur yang tersedia. Bagi perempuan yang tidak suka dormitory campuran, bisa ke Ladies Only Dorm yang kamarnya didesain serba pinky dan kamu bisa mendapatkan berbagai souvenir girly gratis.

Untuk pasangan yang memerlukan privasi, bisa memesan kamar pribadi berbentuk Double Deluxe.Traveler introvert pun bisa mendapatkan akomodasi yang sesuai untuknye berupa Cabin pribadi tanpa jendela. Dan kalau kamu memiliki budget yang sangat terbatas, bisa memilih kamar El Cheapo yang hanya memiliki kebutuhan dasar saja.

Kamar dormitory yang ada sebagian memiliki kamar mandi dalam dan sebagian lainnya bisa menggunakan kamar mandi umum di luar kamar. Namun, semua tamu tetap bisa menikmati mandi dengan air panas. Beberapa loker tersedia di kamar masing-masing tamu dan beberapa lainnya tersedia di koridor.

Untuk dapat bersosialisasi antar sesama traveler, pihak hostel menyediakan sebuah common lounge yang dilengkapi dengan sebuah tenda yang terasa cozy. Berbagai jenis aktivitas yang seru juga sudah diatur oleh pihak hostel untuk setiap malamnya.

Tersedia akses wifi serta beberapa mesin permainan agar kamu bisa lebih banyak bersantai dan bersenang-senang. Para tamu juga bisa memanfaatkan fasilitas laundry berupa mesin cuci, dryer, dan setrika. Ada juga pantry yang dilengkapi dengan perlengkapan membuat teh/kopi, lemari es, microwave, dan sebagainya.

 

3. Bagi yang Suka Kapal, Jangan Lewatkan Kesempatan Menginap Sambil Berlayar di Intersail Hostel Christina.

Lokasi    : Oosterdok steiger 4, Amsterdam City Centre, 1011 VX Amsterdam, Netherlands
Tariff     : Rp. 453.000,00 (dormitory), Rp. 1.020.000,00 (kamar)

Menginap di kapal tak selamanya merupakan pengalaman akomodasi yang mahal dan mewah. Di Amsterdam, akomodasi semacam ini pun tersedia dalam versi hostel yang lumayan ramah di kantong. Houseboat bernama Christina ini sebetulnya adalah sebuah kapal layar yang kemudia ditransformasikan menjadi sebuah motorboat.

Hingga sekarang pun, Christina masih dipakai berlayar pada event-event tertentu seperti misalnya Festival Sail Amsterdam. Namun ketika sedang tidak ada jadwal pelayaran, kapal ini ditambatkan dan dijadikan hostelboat.

Lokasi hostelboat terletak tepat di tengah kota Amsterdam. Berbagai obyek wisata yang menarik dan terkenal bisa kamu jangkau dengan mudahnya, misalnya seperti Madame Tussaud Museum, Kalverstraat Shopping Center, Royal Palace, Damrak, dan masih banyak lagi. Bila ingin berkelana lebih jauh lagi pun tak masalah karena Central Station hanya berjarak 10 menit jalan kaki saja dari hostel.

Secara keseluruhan terdapat 10 buah kamar kabin dalam houseboat ini. Masing-masing kabin berkapasitas 2-4 orang. Pada tiap kabin terdapat ranjang susun ringkas yang terbuat dari kayu, loker mini, dan sebuah wastafel sederhana.

Karena ukura kabin cukup terbatas, tidak ada kamar mandi dalam. Namun, ada kamar mandi bersama di dalam houseboat. Hostel kapal ini juga sudah dilengkapi dengan sistem penghangat untuk mencegahmu menggigil kedinginan.

Seperti layaknya hostel pada umumnya, Intersail Christina juga mempunyai beberapa area public untuk bersantai bersama. Kamu bisa menikmati pemandangan laut dan pelabuhan sembari duduk di dek atas kapal.

Ada juga perpustakaan dan games room yang menyenangkan. Pada dining room disediakan sarapan gratis tiap pagi denga variasi menu yang cukup beragam seperti roti, telur, berbagai macam selai, lumpia, sereal, buah, dan yogurt. Akses internet pun juga tersedia.

 

4. Menginap Sekaligus Menyambangi Galeri Seni Di Wow Amsterdam Hotel yang Modern.

Lokasi   : Wiltzanghlaan 60, Bos en Lommer, 1061 HC Amsterdam, Netherlands
Tariff     : Rp. 238.000,00 (dormitory), Rp. 2.002.00,00 (family room)

Wow Amsterdam Hotel memilik desain yang sangat menarik. Konsepnya simple, chic, namun terlihat sangat trendy dan modern. Warna-warna cerah menghiasi seluruh ruangan hotel, menunjukkan semangat dan jiwa muda.

Yang paling menarik dari hotel ini adalah area restaurant-nya yang luas dan manis. Restaurant ini berfungsi ganda sebagai art exhibition. Traveler manapun yang memiliki ketertarikan dengan seni pasti akan senang untuk datang menginap ke hotel ini.

Selain restaurant tersebut, hotel in juga mempunyai berbagai fasilitas menarik. Ada taman untuk menghirup udara segar. Pemandangan ke arah taman juga bisa kamu nikmati dari jendela kamar. Untuk bersosialiasi dengan sesama traveler lain kamu bisa bersantai di shared lounge atau bermain di games room yang seru. Hotel ini juga mempunyai sebuah fasilitas meeting yang cukup berguna bila kamu merencakan event khusus.

Sebagian besar akomodasi di hotel ini berbentuk kamar dormitory yang kapasitasnya bervariasi dari 4, 5, 6, 8, dan 12 ranjang per kamar. Ada beberapa kamar dormitory yang disediakan khusus untuk perempuan.

Tiap dormitory memiliki tema warnanya masing-masing dan kamu bahkan bisa memilih kamar dengan warna favoritmu sendiri. Selain dormitory, tersedia juga kamar pribadi berkapasitas 4 orang yang biasanya digunakan oleh keluarga atau sekelompok geng.

Pada family room terdapat kamar mandi dalam. Namun pada dormitory, hanya ada beberapa yang memiliki kamar mandi dalam. Lainnya menggunakan kamar mandi umum. Namun setiap tamu tetap berhak mendapatkan toiletries gratis dan loker. Sistem penghangat dan akses wifi gratis juga sudah disediakan di dalam setiap kamar, baik itu yang pribadi maupun dormitory.

 

5. Belum Pernah Menginap di Karavan? Cobalah Lucky Lake Hostel.

Lokasi   : Vinkenkade 75 , 3645 AP Vinkeveen, Amsterdam, Netherlands
Tariff     : Rp. 415.000,00 (dormitory), Rp. 959.000,00 (kamar)

Alih-alih menggunakan bangunan biasa, Lucky Lake Hostel menggunakan pilihan kamar yang agak tidak biasa. Di sini, akomodasi tersedia dalam bentuk caravan beraneka warna atau kabin kayu yang tampak cozy.

Hotel ini terletak di area pantai rekreasi Vinkeveense Plassen. Jaraknya sekitar 15 menit dari pusat kota Amsterdam. Untuk memudahkan transportasi, pihak hotel menyediakan shuttle bus gratis untuk antar-jemput ke Amsterdam Holendrecht Station.

Akomodasi di hotel ini tersedia dalam berbagai macam. Untuk yang dormitory tersedia kamar berkapasitas antara 4-6 orang dengan beberapa kamar dikhususkan untuk traveler perempuan saja.

Karavan menggunakan bekas trailer yang berbentuk single room, double room, dan twin room. Lalu ada lagi kamar kabin dengan double room atau triple room. Ada juga kamar biasa berkapasitas 4 orang untuk sekelompok geng.

Setiap kamar dilengkapi dengan loker atau lemari serta sistem penghangat ruangan. Beberapa kamar dormitory sudah memiliki kamar mandi dalam. Sementara yang lain bisa menggunakan kamar mandi umum.

Dapur umum berbentuk seperti outdoor kitchen dengan peralatan yang cukup lengkap meliputi lemari es, oven, kompor, dan alat-alat masak. Hotel ini juga mempunyai perlengkapan barbecue untuk para tamu yang ingin pesta-pesta di taman. Pada dining room disediakan sarapan gratis tiap hari dengan beragam menu menarik.

Karena terletak di dekat pantai dan hutan, ada banyak aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan. Naik canoe, surfing, berenang, atau jenis olahraga air lainnya bisa kamu atur dengan bantuan dari pihak hotel. Kamu juga bisa hiking atau bersepeda di sekitar hotel. Rental sepeda disediakan oleh pihak hotel.

Bagi yang suka membaca, hotel ini meyediakan sebuah perpustakaan dengan koleksi buku yang bisa dipinjam. Hotel ini juga mempunyai taman dan teras untuk bersantai. Bagi yang suka bermain-main, di sini juga tersedia sebuah meja tenis dan games room yang seru.

 

6. Traveler Perempuan, Agar Lebih Bebas dan Merasa Aman, Sebaiknya Menginap di Hostelle yang Merupakan Hostel Khusus Perempuan.

Lokasi   : Frankemaheerd 2, Zuidoost, 1102 AN Amsterdam, Netherlands
Tariff     : Rp. 255.900,00 (dormitory), Rp. 1.087.000,00 (kamar)

Amsterdam merupakan salah satu destinasi favorit bagi banyak traveler perempuan, baik itu solo traveler atau satu geng perempuan. Memang, kota ini cenderung aman untuk para perempuan berkelana tanpa ditemani laki-laki.

Meski begitu, masih banyak traveler perempuan yang tentu akan merasa lebih nyaman, lebih aman, dan lebih bebas bila bisa mendapatkan akomodasi seperti di Hostelle Amsterdam, yang merupakan female-only hostel.

Setiap ruangan yang ada di hotel ini memiliki dekorasi yang menarik berupa lukisan dinding, wall sticker, dan furniture bergaya vintage. Beda kamar, beda konsep dekorasinya.

Namun dapat dijamin bahwa semuanya menarik. Kamar yang disewakan antara lain berupa kamar pribadi berbentuk double room serta berbagai dormitory dengan kapasitas 4, 6, atau 8 orang. Semua kamar dilengkapi dengan sistem penghangat, loker atau lemari, dan brankas mini. Pada double room private, terdapat juga AC, meja kerja, area duduk, dan kamar mandi dalam dengan hairdryer.

Fasilitas yang ada di hostel khusus wanita ini juga tergolong cukup lengkap. Ada public lounge agar para tamu bisa bersantai dan mungkin sembari menggosip dan sebagainya. Perpustakaan tersedia bagi mereka yang suka membaca. Untuk menghirup udara segar, ada taman dengan pemandangan yang indah. Dapur umum memiliki peralatan yang cukup lengkap. Dan tentu saja, ada akses wifi gratis yang bisa dipakai dari ruangan mana saja di hotel ini.

Bagi yang mau jalan-jalan mengeksplorasi kota, itu bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan mengingat lokasi hotel ini yang sangat strategis. Berbagai obyek menarik bisa dijangkau hanya dengan berjalan kaki, misalnya seperti Rijksmuseum, Anne Frank House, Amsterdam Arena, Pathe Movie Theater, dan sebagainya. Dari hotel juga tersedia rental sepeda untuk kalian yang ingin mengeksplorasi sambil olahraga santai.

 

Ternyata banyak juga ya hostel-hostel murah di Amsterdam yang konsepnya rada-rada tidak biasa dari penginapan pada umumnya. Tentunya, menginap di akomodasi semacam itu akan memberimu pengalaman lain yang akan berkesan dalam memorimu.

 

baca juga :

5 Hotel Trendi dan Keren Untuk Mewarnai Kenangan Wisatamu di London

Young Travelers! Kalau Mau Jalan-Jalan ke Frankfurt, Cobalah Menginap di Salah Satu Rekomendasi Penginapan yang Murah, Seru, dan Unik Ini!

Budget Traveling ke Disneyland Paris, Nginapnya di Hotel-Hotel Berikut Ini Saja!

Comments

comments