Taipei sudah sangat dikenal sebagai salah satu dari sekian kota yang menjadi primadona pariwisata Asia. Ibukota Taiwan ini memang memiliki pesona pariwisata yang tak terbantahkan, dengan perpaduan atmosfir unik yang dipengaruhi oleh unsur budaya Cina, Jepang, Asia Tenggara, dan Amerika.

Di kota tersebut kalian dapat menemukan berbagai produk akulturasi budaya, aneka museum bersejarah, bangunan-bangunan lama yang berpadu apik dengan bangunan modern, kuliner tradisionalnya yang khas, dan apapun yang bisa kalian bayangkan dari sebuah kota.

Ada banyak hal menarik yang bisa kalian temukan di Taipei, termasuk di New Taipei City yang mengelilingi Taipei. Jika kalian baru pertama akan menjejakkan kaki ke kota tersebut, simak beberapa obyek wisata yang wajib dikunjungi selama berada disana.

*             *             *             *             *

Landmark Populer

Belum sah wisata ke sebuah tempat kalau tidak mengunjungi aneka landmark populernya. Mengunjungi landmark populer juga bisa menjadi solusi kece bagi yang punya waktu wisata terbatas. Beberapa landmark populer yang wajib dikunjungi selama berada di Taipei antara lain:

Taipei 101
Taipei 101, via urbansplatter
  • Taipei 101, gedung setinggi 101 lantai atau 508 meter ini menjadi salah satu gedung tertinggi di dunia. Bahkan gedung ini pernah menjadi gedung tertinggi di dunia pada tahun 2004-2010. Di gedung ini juga terdapat salah satu pusat perbelanjaan paling populer di Taipei. Jangan lupa untuk mampir ke observatory deck yang ada di gedung tersebut ya!
  • National Chiang Kai-shek Memorial Hall selalu menjadi landmark yang wajib dikunjungi di Taipei. Kalau bisa, sempatkan juga mengunjungi museum yang ada disana, atau setidaknya kunjungilah taman dengan danau bergaya Cina yang sangat cantik yang ada di area tersebut.
  • National Theater Hall/National Concert Hall, ada di tempat yang sama dengan National Chiang Kai-shek Memorial Hall. Termasuk salah satu landmark populer juga di Taipei.
  • Sun-Yat Sen Memorial Hall, dibangun untuk mengenang Dr. Sun Yat-sen, pendiri Republic of China alias Taiwan. Di dalam bangunan tersebut terdapat patung Dr. Sun Yat-sen setinggi 19 kaki.
  • National Taiwan University, kampus paling populer di Taiwan. Di sekitar area kampus terdapat banyak kafe, rumah minum teh, toko buku, tempat makan, dan berbagai toko lainnya.
  • Presidential Office Building, pernah menjadi bangunan tertinggi di Taiwan. Memiliki gaya arsitektur ala Western. Sayangnya tak banyak yang bisa dilakukan disana selain mengambil foto dari luar saja, kecuali jika kalian mendaftar untuk mengikuti tur.

*             *             *             *             *

Wisata Belanja

Entah apapun tujuan kalian pergi ke Taipei, baik untuk liburan ataupun keperluan bisnis, aktifitas belanja pasti tetap menjadi salah satu aktifitas yang hampir selalu dilakukan oleh semua wisatawan. Berikut ini beberapa spot wisata belanja yang bisa kalian sambangi di Taipei – termasuk New Taipei City:

Ximending
Ximending, via guidetotaipei
  • Ximending, sebuah distrik yang menjadi pusatnya budaya pop Taipei. Kalian bisa menemukan bermacam toko aksesoris, cosplay, dan lainnya disini. Ximending kerap disebut sebagai Harajuku-nya Taipei, atau Shibuya-nya Taipei.
  • East Taipei, salah satu distrik belanja populer di Taipei. Shopaholic wajib mampir kesini!
  • Xinyi Shopping District, distrik belanja baru di Taipei yang menjadi rumah bagi sejumlah tempat belanja populer seperti Taipei 101, Neo 19, ATT4fun, Breeze Songgao, Shin Kong Mitsukoshi inyi Place, dan lainnya.
  • Zhongshan North Road, dikenal sebagai surganya para pecinta barang branded. Jalan tersebut juga dipenuhi dengan aneka butik dan studio foto pernikahan.
The Red House
The Red House, via modetour
  • The Red House, tempat terbaik untuk mencari berbagai karya seniman dan desainer lokal.
  • Mencari bermacam jenis kain? Pergilah ke Yongle Fabric Market di Distrik Datong.
  • Fuzhong Shopping Area, selalu jadi favorit bagi mereka yang ingin mencari gaya terkini dalam budget yang lebih terjangkau.
  • Miramar Entertainment Park, sebuah pusat perbelanjaan yang memiliki kincir angin untuk menikmati view ke sekitar Taipei.
  • Taipei New Horizon Shopping Complex, tempat kalian bisa menemukan aneka toko musik, kerajinan seni, food court, hingga mengikuti berbagai workshop yang digelar disana.
Sanxia Old Street
Sanxia Old Street, via lieyuan lee/wikimedia commons
  • Sanxia Old Street, cocok disambangi oleh kalian yang suka belanja sekaligus menyukai suasana ala kota tua. Terdapat banyak toko yang menjual aneka perlengkapan kaligrafi, barang antik, camilan, mainan jadul, hingga bermacam tempat makan.
  • Sedangkan jika menyukai suasana belanja yang unik, mampirlah ke Shifen Old Street yang berada di sekitar Stasiun Shifen.
  • Jiufen Old Street selalu direkomendasikan untuk siapapun yang suka suasana belanja yang khas.
  • Tertarik mengunjungi pasar malam? Kalian bisa mulai dengan Raohe Street Tourist Night Market.
  • Shilin Night Market, salah satu pasar malam terbesar dan terpopuler di Taiwan, sekaligus salah satu pusat kehidupan malam favorit di Taipei.
  • Ningxia Road Night Market terkenal akan keramahan para penjual kulinernya.
  • Bagi yang suka wisata kuliner, Linjiang Street Night Market diramaikan oleh lebih dari 200 pedagang makanan, lho.
Huaxi Street Tourist Night Market
Huaxi Street Tourist Night Market, via golux
  • Huaxi Street Tourist Night Market terkenal sebagai salah satu tempat favorit untuk berburu makanan kesehatan, makanan herbal ala Cina, kerajinan tangan, dan camilan. Kalian wajib mencoba kuliner squid thick soup, daging angsa, omelet tiram, dan bakso saat berada di pasar malam tersebut. Kalau berani, icipi juga menu sup ular yang kabarnya hanya bisa ditemukan disana. PS: lokasi jalan ini bersebelahan dengan Longshan Temple dan Guangzhou Street Night Market.
  • Guangzhou Street Night Market, termasuk salah satu tempat terbaik untuk menemukan produk-produk lokal authentic khas Taiwan.
  • Xichang Street: Herb Lane direkomendasikan untuk kalian yang mencari aneka obat atau tanaman herbal.

*             *             *             *             *

Museum

Taipei memiliki banyak museum keren. Beberapa diantaranya bahkan memiliki arsitektur yang sangat unik, sehingga cocok dikunjungi sekalipun kalian tak memiliki banyak waktu untuk jalan-jalan. Berikut beberapa museum yang direkomendasikan untuk dikunjungi di Taipei.

National Palace Museum
National Palace Museum, via vietbao
  • National Palace Museum, disebut-sebut sebagai museum terbesar di dunia yang memiliki koleksi seni dan budaya terbaik dari Cina. Museum ini memiliki aneka koleksi patung, lukisan, kaligrafi, keramik, buku-buku kuno, furnitur antik, dan semua yang bisa kalian bayangkan tentang produk budaya Cina. Seandainya pun kalian tidak tertarik masuk ke dalamnya, bangunan museum ini juga cukup keren untuk dilihat dari luar.
  • Museum of World Religions, bertujuan untuk mempromosikan keharmonisan antar agama. Di dalam museum ini terdapat bermacam maket aneka tempat suci dari berbagai agama, bermacam presentasi, ruang meditasi, dan banyak lagi.
  • Miniatures Museum of Taiwan, memiliki banyak miniatur bangunan berukuran sebesar rumah boneka. Terdapat juga aneka scene dari cerita klasik anak-anak yang bisa ditemukan disana, seperti Alice in Wonderland dan Pinokio.
Taipei Fine Arts Museum
Taipei Fine Arts Museum, via listizy
  • Taipei Fine Arts Museum, salah satu museum seni populer di Taipei. Museum ini memiliki koleksi berbagai karya seni khas Taiwan maupun internasional.
  • Taipei Museum of Contemporary Art tak hanya memiliki bermacam koleksi seni kontemporer. Bangunannya yang bergaya arsitektur kolonial ala Taiwan ini juga memiliki sejarah tersendiri, membuat museum ini juga populer dikunjungi oleh pecinta arsitektur bersejarah.
  • Beitou Hot Spring Museum, sebuah museum yang dibangun oleh Jepang pada tahun 1913. Kalian dapat masuk ke museum ini secara cuma-cuma.
  • Museum of Drinking Water, tempatnya melihat bermacam display tentang sejarah air minum. Bangunan museum ini dirancang bergaya Baroque, dan populer dijadikan tempat untuk foto pernikahan.
  • Taipei Story House, didedikasikan untuk menggelar bermacam benda pamer mengenai teh dan sejarah Taipei. Museum ini berlokasi di dalam Taipei Expo Park.

*             *             *             *             *

Kuil

Tertarik untuk melakukan wisata kuil? Taipei punya beberapa kuil yang terlalu keren untuk dilewatkan! Simak beberapa rekomendasinya berikut ini:

Confucius Temple
Confucius Temple, via wikipedia
  • Confucius Temple, sudah berdiri sejak tahun 1879. Kuil yang berlokasi di dekat Stasiun MRT Yuanshan ini selalu dipadati oleh pengunjung setiap tanggal 28 September untuk merayakan ulang tahun Konfusius (mulai jam 6 pagi). Pada momen tersebut, berbagai event meriah lainnya juga akan digelar disana.
  • Longshan Temple termasuk salah satu kuil yang paling dikenal di Taiwan. Dibangun sejak tahun 1738, kuil yang terdapat di Distrik Wanhua ini masih tetap bertahan sebagai salah satu kuil tertua dan terbesar di Taiwan.
  • Baoan Temple, salah satu kuil Tao di Taipei.
  • Taipei Tianhou Temple, kuil cantik yang tersembunyi di tengah keramaian Ximending Shopping District. Kuil yang telah berusia 270 tahunan ini termasuk salah satu 3 kuil besar di Distrik Bangka (Wanhua), bersama dengan Longshan Temple dan Bangka (Wanhua) Qinshui Temple.
  • Bangka (Wanhua) Qinshui Temple termasuk salah satu kuil yang dikenal oleh semua penduduk Taiwan. Berlokasi di antara Ximen Shopping District dan Longshan Temple.
Martyrs’ Shrine
Martyrs’ Shrine, via guidetotaipei
  1. Martyrs’ Shrine, dibangun pada tahun 1969 untuk mengenang prajurit Kuomintang yang gugur pada Chinese Civil War. Pengunjung dapat melihat-lihat bangunan utama kuil yang dirancang dengan gaya arsitektur Cina, maupun melihat proses pergantian penjaga kuil. Oya, kuil ini dijaga oleh personil militer asli lho.

*             *             *             *             *

Wisata Sejarah

Jika kalian lebih suka melakukan wisata sejarah, maka kalian akan menyukai Taipei. Kota ini memiliki banyak spot wisata sejarah, dan masih mempertahankan beberapa distrik jadulnya sehingga tak tergerus oleh perubahan jaman.

Dihua Street
Dihua Street, via iconeye
  • Dihua Street sudah terkenal akan toko-toko obat ala Cina, toko kain, serta salah satu tempat untuk mencari pernak-pernik tahun baru Cina. Jalan ini dipenuhi dengan banyak bangunan lama, dan kini menjadi daya tarik wisata setelah mengalami proses restorasi yang cukup lama. Saat ini di Dihua Street terdapat banyak kafe, restoran, toko antik, studio seni, dan banyak lagi.
  • Dadaocheng, distrik bersejarah yang berlokasi di jantung Taipei. Di distrik tersebut kalian masih bisa menemukan komunitas tertua di Taipei.
  • Nggak jauh dari Dihua Street ada jalan pendek bernama Gui-De Street. Di jalan ini masih berdiri rumah bergaya neo-Baroque milik Chen Tian-lai (1872-1939), seorang pedagang teh terkaya pada waktu itu.
  • Taipei City Wall, sisa-sisa dinding yang membatasi kota pada periode Qing. Saat ini hanya gerbangnya saja yang tersisa (ada 5 gerbang tapi hanya 4 yang masih tersisa), tetapi kalian tetap bisa mengagumi gaya arsitekturnya yang unik dan menarik.
  • Dalongdong, sebuah distrik bersejarah yang berada di ujung utara Distrik Datong. Kalian dapat menemukan banyak bangunan bersejarah di distrik tersebut, termasuk Baoan Temple dan Confucius Temple. 

*             *             *             *             * 

Alam dan Taman/Taman Kreatif

Bosan dengan suasana perkotaan? Bosan melihat-lihat kuil atau spot bersejarah? Cobalah mengunjungi gunung ataupun taman di Taipei. Kota ini memiliki banyak pesona kekayaan alam yang tak kalah dengan obyek wisata modern.

View dari Elephant Mountain
View dari Elephant Mountain, via asiavisit
  • Elephant Mountain, merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati view Taipei dari ketinggian. Kalian bisa mendaki jalur hiking Nangang Distric Hiking Trail dan Xiangshan yang berlokasi nggak jauh dari Xinyi Shopping District dan Taipei 101 selama 15-20 menit untuk mencapai puncak gunung. Momen terbaik untuk mendaki jalur ini adalah saat sore hari, sehingga kalian bisa menikmati pemandangan matahari terbenam sekaligus pemandangan kota saat malam hari.
  • Yangmingshan National Park, sebuah Taman Nasional yang memiliki banyak taman, jalur hiking, dan pemandian air panas alami. Di dalam taman nasional ini juga terdapat Yangming Park yang memiliki jam bunga raksasa.
  • Zhishan Garden, merupakan sebuah taman bergaya Cina yang mengusung gaya Dinasti Song dan Ming. Lokasinya berada di sebelah National Palace Museum – Chinese Antiquities.
  • Taipei Botanical Garden, dibangun saat masa penjajahan Jepang pada tahun 1896. Saat ini menjadi pusat penelitian bagi Taiwan Forestry Research Institute, sekaligus menjadi taman publik.
  • Thermal Valley, sebuah lembah di Pegunungan Datun yang memiliki sumber air panas alami.
Da’an Forest Park
Da’an Forest Park, via inhabitat
  • Da’an Forest Park, disebut-sebut sebagai Central Park-nya Taipei.
  • Huashan 1914 Creative Park, semula merupakan pabrik wine. Kompleks tersebut kini disulap menjadi taman multi-fungsi, sekaligus menjadi ruang kreasi bagi seniman muda Taipei.
  • Taipei Expo Park, tak jauh dari pusat kota Taipei. Didalam tempat ini terdapat beberapa spot populer lain di Taipei, seperti Taipei Fine Arts Museum dan Taipei Story House.
  • Songshan Cultural and Creative Park, salah satu creative art space terbesar di Taipei. Didirikan di tempat bekas pabrik tembakau yang direnovasi pada tahun 2011 untuk dijadikan creative park. Saat ini disana terdapat taman publik, exhibition halls, dan banyak lagi.

*             *             *             *             *

Lainnya

  • Taipei Zoo, sebuah kebun binatang yang dirancang dengan konsep berbeda dari kebun binatang pada umumnya. Hewan-hewan di kebun binatang ini dibiarkan berkeliaran bebas di ruang terbuka, dan setiap binatangnya dianggap sebagai bagian dari kehidupan warga Taipei.
  • Baishihu Suspension Bridge, merupakan bagian dari Baishihu Leisure Agricultural Area. Disini kalian dapat mencoba menyeberangi jembatan gantung sepanjang 116 meter yang akan menguji nyali kalian.
  • Taipei Water Park, punya banyak fasilitas berkaitan dengan air. Sayangnya tempat ini hanya beroperasi di musim panas saja.
  • Taipei Children Amusement Park, lokasinya dekat dengan Shilin Night Market. Memiliki 13 atraksi, termasuk ferris wheel raksasa dan roller coaster.

*             *             *             *             *

Note:
Foto diambil dari berbagai sumber (lihat caption) tanpa editan tambahan selain resizing.

 

Baca juga :

Siapa Bilang Paris Mahal? Intip Ragam Tips Untuk Budget Traveller Berikut Ini!

Aneka Kepingan Surga Penuh Warna Ini Mungkin Saja Bisa Menghidupkan Hidupmu yang Kelabu. Jadi, Kapan Mau Kesana?

25 Tempat di Indonesia yang Akan Memuaskan Hasrat Menapaki Luar Negeri

Comments

comments