United Kingdom (UK), atau nama lengkapnya adalah The United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland, merupakan sebuah negara kesatuan yang terdiri dari England, Wales, Scotlandia, dan Irlandia Utara. Secara rutin, UK selalu masuk dalam daftar negara tujuan wisata terpopuler di dunia.

Di tahun 2015, UK berada di urutan ke-6 daftar negara yang paling banyak dikunjungi di Eropa versi World Tourism Organization (WTO) Tourism Highlight 2016. Tak hanya berjaya di level Eropa, untuk level dunia pun UK selalu masuk dalam daftar 10 besar negara yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan internasional.

Sebagai salah satu negara tujuan wisata terpopuler di dunia, negara ini jelas memiliki beberapa kota yang menjadi magnet bagi para wisatawan. Setidaknya 10 kota berikut ini selalu rutin disebut-sebut sebagai kota-kota wisata terpopuler di UK, yang layak dipertimbangkan saat kalian bermaksud mengunjungi negara tersebut. Dirangkum dari berbagai survey, inilah 10 kota wisata terpopuler untuk wisatawan asing di UK:

* * * * *

London

London Bridge di London
London Bridge di London, via tripsniyom

Sebagai ibu kota United Kingdom, London secara wajar menjadi magnet wisata utama bagi negara tersebut. Kota ini memang memiliki semua yang dicari oleh berbagai jenis wisatawan. Disini kalian dapat mengunjungi berbagai landmark populer seperti Buckingham Palace, Tower of London, hingga Big Ben di siang hari.

Pecinta sejarah akan tenggelam dalam perjalanan sejarah kotanya yang panjang dan dramatis dengan mengunjungi berbagai museumnya, dan kemudian jatuh cinta dengan suasana kota yang dipenuhi dengan banyak bangunan klasik.

Menariknya, kota ini juga memiliki banyak bangunan modern yang berdampingan apik dengan bangunan lama. Sedangkan jika mengaku sebagai pecinta aktifitas belanja, kota ini pun menawarkan banyak spot wisata belanja, mulai dari butik ternama, departemen store, hinga pasar tradisional.

Setelah lelah menjelajah kota di siang hari, wisatawan dapat menikmati hingar bingarnya kehidupan malam di London. Ya, London dikenal sebagai salah satu kota yang terkenal akan pub bergaya klasik dan vintage, yang menjadi salah satu tempat terbaik untuk bersantai ala British.

London juga terkenal sebagai salah satu kota yang memiliki kehidupan malam yang kaya dan bervariasi. Mulai dari pub, bar, rooftop lounge, comedi bar, hingga aneka teater yang mengundang bintang-bintang Hollywood ternama; semua bisa kalian temukan disini. Tak heran kalau kota terpadat di Inggris ini laris manis dikunjungi oleh wisatawan dari Amerika Serikat, Jerman, Spanyol, Perancis, Australia, Italia, dan negara-negara Uni Eropa lainnya.

* * * * *

Edinburgh

Edinburgh
Edinburgh, via getyourguide

Edinburgh merupakan sebuah kota yang menjadi ibu kota Skotlandia, sekaligus salah satu kota terpopuler untuk dikunjungi di UK. Kota terpadat kedua di Skotlandia sekaligus kota terpadat ketujuh se-UK ini dikenal sebagai kota yang memiliki atmosfir kota yang unik, karena menawarkan perpaduan antara arsitektur bergaya Medieval di area Old Town, arsitektur bergaya Georgian di area New Town, dan sejumlah landmark populer – salah satu diantaranya adalah Edinburgh Castle yang ikonik.

Selain itu, Edinburgh juga terkenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk mencicipi wiski, menikmati berbagai festival, merasakan budaya dan tradisi Skotland yang sesungguhnya, sekaligus menjadi salah satu tempat favorit untuk menikmati ruang terbuka karena kota ini memiliki beberapa ruang terbuka yang diklaim terbaik di antara kota-kota besar di UK.

Jika itu masih belum cukup menjadi alasan untuk mengunjungi Edinburgh, kalian perlu tahu juga kalau kota ini menjadi salah satu inspirasi dalam epilog Harry Potter and the Deathly Hallows. Di kota ini pun terdapat sekolah yang menjadi inspirasi Hogwarts, makam Tom Riddle, dan beberapa spot lainnya yang akan mengingatkan fans Harry Potter pada serial tersebut.

* * * * *

Birmingham

Sebuah kanal di Birmingham
Sebuah kanal di Birmingham, via escapismmagazzine

Mengaku sebagai pecinta kuliner? Mungkin Birmingham akan menjadi destinasi yang cocok untuk kalian. Per-2017 ini salah satu kota dengan pertumbuhan terpesat se-UK ini tercatat memiliki 5 restoran berbintang Michelin di pusat kotanya saja, dan masih ada beberapa lainnya yang berlokasi tak sampai satu jam perjalanan dari kota tersebut.

Tapi Birmingham nggak hanya memanjakan para pecinta kuliner saja. Kota ini pun dikenal memiliki lanskap yang cantik, dengan jaringan kanal yang hidup dan menarik, serta ruang terbuka indah yang bisa kalian temukan di berbagai tempat, seperti Cannon Hill Park, Winterbourne House, Aston Hall, dan Castle Bromwich Hall Garden.

Birmingham juga menawarkan sejumlah spot wisata belanja, beberapa diantaranya yang terbesar di kawasan Eropa, venue musik dan teater terbaik, museum dan area bersejarah yang menunggu untuk dieksplorasi, dan bermacam bar serta tempat hiburan malam baru yang rutin bermunculan.

Tambahan lainnya, penduduk Birmingham (populer dengan sebutan Brummies) dikenal sebagai salah satu penduduk teramah di UK, yang siap menyambut wisatawan dengan tangan terbuka. Masih perlu alasan untuk mengunjungi Birmingham?

* * * * *

Manchester

Stadion Old Trafford di Manchester
Stadion Old Trafford di Manchester, via activtours

Pernah mendengar nama Manchester United? Sekalipun kalian bukan penggemar olah raga sepak bola, nama klub tersebut pasti sudah sangat familiar di telinga, mengingat Manchester United digadang-gadang sebagai salah satu klub terpopuler di dunia. Sesuai dengan namanya, Manchester United ini merupakan klub dari kota Manchester, sebuah kota di UK. Tak heran jika di Manchester terdapat banyak tempat yang berhubungan dengan klub tersebut, termasuk Stadium Old Trafford.

Namun, sekalipun kalian bukan penggemar Manchester United maupun bukan fans sepak bola, Manchester tetap menarik untuk dikunjungi. Kota ini sudah diakui sebagai salah satu kota paling hidup di Inggris, dan memiliki banyak lingkungan yang hip dan trendi. Manchester pun memiliki banyak spot belanja yang asyik, berbagai tempat makan untuk memanjakan pecinta kuliner, museum-museum keren, venue pertunjukan musik yang hits, dan kehidupan malam yang dinamis.

Manchester juga dikenal sebagai kota dengan pasar Natal terbaik se-Inggris. Selain itu, Manchester juga dikenal sebagai spot terbaik dijadikan basecamp untuk menjelajah alam, karena kota ini jaraknya cukup dekat dengan pegunungan, hutan, pantai, dan berbagai spot alami menarik lainnya. Dan, yang terpenting, penduduk Manchester pun dikenal akan keramahannya. Wisatawan tak perlu ragu dan takut untuk bertanya arah, meminta rekomendasi, maupun sekedar ngobrol dengan penduduk setempat. Selama kalian tidak bertanya apakah mereka mendukung Manchester United ataupun Manchester City, semua akan baik-baik saja.

* * * * *

Liverpool

Albert Dock di Liverpool
Albert Dock di Liverpool, via funtastictrips

Selain Manchester, Liverpool menjadi kota lain yang wajib dikunjungi oleh pecinta sepak bola, khususnya bagi mereka yang mengaku sebagai pecinta kesebelasan Liverpool dan Everton. Kedua team tersebut memang sama-sama berasal dari Liverpool, sehingga kota ini selalu menarik untuk dikunjungi oleh para penggila bola.

Terlepas dari masalah tim sepak bola populer tersebut, Liverpool juga dikenal sebagai kota tempat asal band legendaris the Beatles. Wisata bertema Beatles pun menjadi salah satu aktifitas favorit untuk dilakukan saat menelusuri Liverpool. Selain itu, sebagai sebuah kota yang telah diakui sebagai UNESCO World Heritage Site, Liverpool memiliki banyak spot wisata sejarah dan museum untuk dikunjungi.

Jangan lupakan juga keberadaan pantai-pantai di sekitar Liverpool, seperti Pantai Formby yang cukup luas dan memiliki hutan pinus, serta Pantai Crosby yang dihiasi patung-patung instalasi karya Antony Gormley. Liverpool juga dikenal akan kehidupan malamnya yang dinamis, memiliki taman publik yang jumlahnya lebih banyak dibanding kota Paris, dan kota ini pun memiliki sejumlah festival dengan beragam tema mulai dari festival seni, budaya, hingga musik.

* * * * *

Bristol

Clifton Suspension Bridge di Bristol
Clifton Suspension Bridge di Bristol, via iqstudentaccommodation

Bristol menjadi kota berikutnya yang disebut-sebut sebagai salah satu kota terfavorit untuk dikunjungi oleh wisatawan asing. Kota yang terletak di sisi Barat Daya Inggris ini memang punya banyak pesona yang membuatnya terlihat begitu seksi. Mari mulai dari ruang terbuka hijaunya.

Kabarnya, Bristol menjadi kota di UK dengan luas ruang terbuka hijau yang terbesar dibanding kota lainnya, dengan jumlah total lebih dari 450 taman dan ruang terbuka. Bristol bahkan memenangkan gelar sebagai European Green Capital di tahun 2015, dan menjadi kota pertama di UK yang memenangkan penghargaan bergengsi tersebut. Otomatis kalian dapat membayangkan betapa asrinya suasana di Bristol ini, kan?

Selain menyabet gelar European Green Capital 2015, Bristol juga dikenal sebagai Cycling City pertama di UK. Sekalipun memiliki kontur berbukit di hampir semua sudutnya, rupanya tidak menyurutkan semangat penduduk setempat untuk bersepeda. Otomatis jaringan jalur sepeda di Bristol pun sudah sangat baik. Bristol juga populer sebagai sebuah kota yang memiliki pelabuhan kuno yang cantik, kota dengan street art yang bertebaran dimanapun, serta memiliki festival musim panas yang meriah.

Oh, jangan lupakan juga landmark paling populer di Bristol, yaitu Clifton Suspension Bridge, yang usianya sudah ratusan tahun. Dan tentu saja Bristol pun memiliki beberapa daya tarik lain, seperti adanya planetarium 3 Dimensi satu-satunya di UK, bangunan-bangunan kuno, museum-museum bersejarah hingga museum tematik yang unik, dan berbagai bar tersembunyi yang menawarkan pengalaman istimewa bagi para pengunjungnya.

* * * * *

Glasgow

Glasgow
Glasgow, via mangduhocanh

Mencari kota dengan penduduk ramah yang siap menyambut wisatawan? Pertimbangkan untuk memasukkan Glasgow dalam daftar kalian. Keramahan penduduk Glasgow memang sudah sangat populer, dan selalu bisa membuat wisatawan merasa diterima dengan tangan terbuka. Itulah kenapa Glasgow kerap dijuluki sebagai World’s Friendliest City.

Jika keramahan penduduk Glasgow belum memikat kalian, mungkin kalian akan berminat mengunjungi kota tersebut setelah tahu jika Glasgow memiliki sejumlah atraksi kelas dunia yang dapat dikunjungi secara cuma-cuma. Setidaknya, mayoritas dapat di akses tanpa harus membayar tiket masuk.

Kalian dapat mengunjungi museum-museum ternama, galeri, dan berbagai obyek wisata ternama lainnya secara cuma-cuma, membuat Glasgow semakin terasa begitu manis bagi wisatawan. Sedangkan jika kalian lebih suka wisata belanja, Glasgow punya reputasi sebagai salah satu kota favorit untuk belanja di luar London. Mulai dari butik fashion ekslusif hingga craft market, semua bisa ditemukan di Glasgow.

Glasgow juga kaya akan arsitektur yang unik, yang bersanding apik dengan arsitektur lama. Mulai dari arsitektur Medieval, gothik, hingga arsitektur modern dengan desain futuristik, semua bisa ditemukan di Glasgow. Kota tersebut juga kaya akan lingkungan yang memiliki atmosfir unik dan berbeda, mudah dijelajahi dengan berjalan kaki ataupun naik sepeda, dan menawarkan petualangan outdoor yang cukup bervariasi.

Ingin melakukan olah raga musim dingin? Rock Climbing? Wake boarding? Atau sekedar jalan-jalan santai di tengah Taman Nasional maupun sambil naik perahu ataus naik kuda? Kalian dapat melakukannya di Glasgow.

* * * * *

Oxford

Oford University
Oford University, via wikimedia

Mendengar nama Oxford, pastilah yang terbayang pertama kali adalah keberadaan Universitas Oxford, salah satu universitas tertua di dunia yang sampai saat ini masih memiliki nama besar dalam dunia pendidikan. Dan memang, Universitas Oxford menjadi salah satu alasan utama kenapa kota ini layak masuk dalam daftar kota di UK yang laris manis di mata wisatawan internasional.

Diluar keberadaan Universitas Oxford-nya, kota ini juga menarik dikunjungi oleh para penggemar Harry Potter. Ya, beberapa scene dari film Harry Potter memang direkam di kota ini, dan lokasinya bisa dikunjungi oleh para fans serial legendaris tersebut. Misalnya saja, kalian dapat mengunjungi Perpustakaan Bodleian di Universitas Oxford yang diklaim mirip dengan perpustakaan di Hogwarts.

Christ Church College dinilai sebagai sumber inspirasi untuk menciptakan suasana Great Hall, sedangkan pohon besar yang ada dalam scene saat Draco Malfoy berkata pada Harry “you won’t last 10 seconds” berada di halaman New College. Dan masih ada beberapa lagi lokasi di Oxford yang akan mengingatkan kalian pada Harry Potter.

Selain hal-hal tersebut, Oxford juga memiliki banyak daya tarik lainnya. Kota ini memiliki sebuah museum tertua di Inggris, yaitu Ashmolean Museum of Art and Archaeology yang dibangun sejak tahun 1683, spot-spot untuk melakukan wisata alam dan rekreasi menggunakan perahu, dan tentu saja berbagai butik fashion dan spot untuk belanja.

* * * * *

Cardiff

Cardiff
Cardiff, via walesconnects

Beralih ke Wales, ada Cardiff yang telah menjadi ibukota Wales sejak tahun 1955. Namun baru beberapa tahun terakhir ini saja Cardiff mencuri perhatian wisatawan, terutama wisatawan internasional. Mari mulai dari kuliner di Cardiff, yang konon termasuk salah satu yang terbaik se-UK. Sebagai buktinya, di Cardiff dan sekitarnya terdapat belasan restoran yang sudah mendapat peringkat bintang Michellin lho.

Cardiff juga dikenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan olah raga Rugby, salah satu olah raga paling populer disana. Kota ini juga dikenal sebagai sebuah kota yang memiliki beberapa proyek urban redevelopment terbaik di Eropa, sehingga kota ini menarik dikunjungi oleh mereka yang mencintai arsitektur.

Di Cardiff kalian dapat menemukan proyek-proyek pembangunan baru yang bersanding apik dengan bangunan kuno yang berhasil dipertahankan hingga saat ini, seperti Cardiff Castle yang memiliki gaya arsitektur Victorian Gothic. Jika itu masih belum cukup untuk memikat kalian, Cardiff ini juga populer karena memiliki sejumlah shopping arcade yang cantik, museum-museum keren (termasuk museum tentang Doctor Who), kehidupan malam yang diklaim sebagai salah satu yang ter-hype se-Uk, yang ternyata bersanding serasi dengan suasana laut dan gunung yang ada di sekitar kota ini. Terdengar seperti sebuah paket wisata yang cukup lengkap, bukan?

* * * * *

Cambridge

Cambridge University
Cambridge University, via cambridge-tv.co.uk

Selain Oxford, Cambridge menjadi kota lainnya di UK yang identik dengan sebuah kampus. Itu karena di kota tersebut terdapat sebuah kampus tertua kedua yang didirikan di negara berbahasa Inggris, yaitu Cambridge University, yang sudah dibangun sejak tahun 1209.

Hingga saat ini Cambridge University masih menjadi salah satu universitas terkemuka di dunia, yang menarik perhatian pelajar dari berbagai negara, sekaligus wisatawan internasional yang penasaran dengan suasana kampus tersebut. Oya, kalian dapat mengelilingi Cambridge University dalam berbagai tour yang dikelola oleh tour and travel lokal.

Walau Cambridge University jelas menjadi daya tarik utama kota tersebut, namun kota Cambridge pun memiliki sejumlah pesona lainnya. Kota ini memiliki atmosfir yang sangat khas, dengan bangunan-bangunan cantik di berbagai sudut kotanya, taman-taman yang ideal untuk dijadikan lokasi piknik, museum-museum yang sebagian besar bisa dikunjungi secara cuma-cuma, serta area waterfront yang menawan.

Kota ini pun mudah dijelajahi dengan berjalan kaki atau pun naik sepeda, dan hanya berjarak satu jam perjalanan naik kereta dari London. Itulah mengapa Cambridge mudah dikunjungi sebagai side trip dari London.

***

Note: Foto diambil dari berbagai sumber (lihat caption), tanpa ada editan tambahan selain proses resizing.

 

baca juga :

5 Hotel Trendi dan Keren Untuk Mewarnai Kenangan Wisatamu di London

Beberapa Tempat Keren yang Bisa Kalian Jadikan Side-Trip Saat di Paris

25 Tempat di Indonesia yang Akan Memuaskan Hasrat Menapaki Luar Negeri

Belum Ada Budget Untuk Liburan ke Maladewa? Main Saja Dulu ke Tempat-Tempat Ini Yuk!

Comments

comments