Perpustakaan mungkin bukan termasuk jenis fasilitas yang mungkin ditemukan dalam sebuah akomodasi seperti hotel maupun hostel. Umumnya hotel maupun hostel cenderung memilih aneka fasilitas rekreasi dan hibuan lainnya untuk menghibur para tamu, seperti menyediakan fasilitas ruang permainan, fasilitas olah raga, hingga melengkapi akomodasinya dengan bar dan toko.

Namun ternyata, di Osaka ada beberapa akomodasi yang memiliki perpustakaan untuk memanjakan traveller yang hobi membaca buku. Kerennya lagi, beberapa malah menjadikan perpustakaan sebagai daya tarik utamanya.

Jika kalian, para bibliophile (=sebutan untuk pecinta buku), berencana mengunjungi Osaka, mungkin kalian berminat memasukkan akomodasi-akomodasi berikut ini dalam daftar pertimbangan kalian. Psstt, tak perlu khawatir. Aneka akomodasi ini masih layak masuk dalam sebutan akomodasi budget, lho!

*             *             *             *             *

1. Mari Mulai dari Hotel Raizan North yang Berlokasi di Distrik Nishinari.

Hotel Raizan North
Hotel Raizan North, via chuogroup

Hotel Raizan North ini berlokasi di Distrik Nishinari dan jaraknya cukup dekat dengan Stasiun Doubutsuenmae. Dari hotel ini kalian dapat mengakses Tennoji Zoo, Keitakuen Garden, serta Osaka City Museum of Fine Arts dengan berjalan kaki saja. Dengan kata lain, hotel ini terletak di lokasi yang cukup strategis.

Lobi
Lobi, via agoda
Ruang publik
Ruang publik, via agoda

Selain strategis, hal lain yang membuat Hotel Raizan North ini unik karena adanya fasilitas perpustakaan min. Oke, perpustakaan di hotel ini memang tidak begitu besar, tapi cukup lumayan untuk dilirik oleh kalian yang suka membaca. Tambahan lainnya, hotel ini juga memiliki beberapa fasilitas permainan serta pemandian air panas.

Perpustakaan mini
Perpustakaan mini, via agoda

Hotel Raizan North menawarkan kamar tipe smoking dan non-smoking. Tersedia juga pilihan kamar gaya barat maupun gaya Jepang, dengan tipe dormitory maupun private room. Gambaran suasana kamarnya kurang lebih seperti ini:

Suasana kamar
Suasana kamar, via agoda
Suasana kamar
Suasana kamar, via agoda

Alamat: 1-3-3 Taishi, Nishinari-ku, Osaka 557-0002
Akses: Stasiun Dobutsuenmae (50 meter atau 1 menit jalan kaki)
Check in: 14.00, Check out: 11.00
Rate: mulai dari JPY2400 atau IDR286rb (weekdays, low season) Cek Rate Terkini!
Fasilitas: [Internet] WiFi gratis di area umum, WiFi gratis di semua kamar, [service] resepsionis 24 jam, rental sepeda, dry cleaning, penitipan barang, laundromat, [fasilitas] area merokok, toko, pemandian air panas, dapur bersama, [bahasa] Inggris, Jepang, Korea


Lihat Detail Hotel ini Sekarang
 

*             *             *             *             *

2. Daikoku Hostel Bisa Menjadi Alternatif Lain yang Cukup Menarik untuk Dilirik.

Daikoku Hostel
Daikoku Hostel, via agoda

Jika kalian mencari akomodasi yang terletak di distrik restoran dan juga kehidupan malam, Daikoku Hostel bisa menjadi pilihan yang tepat. Hostel budget ini cukup dekat dengan stasiun, dan dari sana kalian bisa dengan mudah menjelajah Osaka. Setelah lelah jalan-jalan, kalian bisa menikmati berbagai fasilitas hiburan yang disediakan di hostel ini.

Suasana hostel
Pojok hiburan di Daikoku Hostel
Pojok hiburan di Daikoku Hostel, via agoda

Daikoku Hostel menawarkan kamar tipe dormitory dan private room. Untuk tipe dormitory, tersedia pilihan kamar campuran maupun kamar khusus wanita. Sedangkan untuk private room, ada pilihan single room, twin room, hingga family room. Gambaran suasana kamarnya kurang lebih seperti ini.

Dormitory
Dormitory, via agoda
Single room
Single room, via agoda
Family Room
Family Room, via agoda

Alamat: 1-2-3, Daikoku, Naniwa-ku, Osaka 556-0014
Akses: Stasiun Daikokuchi (140 meter atau 2 menit jalan kaki), Stasiun Imamiya (410 meter atau 6 menit jalan kaki)
Check in: 15.00, Check out: 11.00
Rate: mulai dari JPY2800 atau IDR334rb (weekdays, low season) Cek Rate Terkini!
Fasilitas: [Internet] WiFi gratis di area umum, WiFi gratis di semua kamar, [service] penitipan barang, laundromat, layanan taksi, [fasilitas] ruang bermain, area merokok, dapur bersama, [bahasa] Inggris, Jepang


Lihat Detail Hotel ini Sekarang
 

*             *             *             *             *

3. Nyari Akomodasi Budget di Sekitar Dotonbori? ZenLabo Osaka Kece Banget Untuk Dipertimbangkan!

Zen Labo Osaka
Zen Labo Osaka, via agoda

Jika kalian mencari akomodasi budget yang lokasinya nggak jauh dari Dotonbori, Zen Labo Osaka wajib masuk dalam daftar kalian. Akomodasi ini hanya berjarak beberapa ratus meter saja dari patung Glico, landmark paling beken di Dotonbori. Fasilitas di hotel ini pun cukup lengkap, mulai dari WiFi gratis hingga perpustakaan mini, semua bisa ditemukan di Zen Labo Osaka. Keren kan?

Suasana
Suasana, via agoda
Fasilitas
Fasilitas, via agoda

Bagian terbaik lain dari hotel ini terletak pada pilihan tipe kamarnya. Zen Labo Osaka menawarkan banyak sekali pilihan jenis kamar, mulai dari kamar dormitory berkapasitas 40 orang, kamar dormitory berkapasitas 14 dan 18 orang, kamar dormitory campuran, kamar dormitory khusus untuk wanita, kamar keluarga bergaya Jepang (dengan tempat tidur ala Barat atau dengan futon/kasur tradisional Jepang), kamar semi double, kamar quadruple, dan banyak lagi. Beberapa gambaran suasana kamarnya kurang lebih seperti ini:

Dormitory 40 orang
Dormitory 40 orang, via agoda
Kamar gaya Jepang kapasitas 8 orang
Kamar gaya Jepang kapasitas 8 orang, via agoda
Kamar gaya Jepang kapasitas 6 orang
Kamar gaya Jepang kapasitas 6 orang, via agoda

Alamat: 1-7-6, Sennichimae, Shinsaibashi, Osaka 542-0074
Akses: Stasiun Subway Nipponbashi (230 meter atau 4 menit jalan kaki), Stasiun Osaka Namba (460 meter atau 6 menit jalan kaki)
Check in: 15.00, Check out: 10.00
Rate: mulai dari JPY2600 atau IDR310rb (weekdays, low season) Cek Rate Terkini!
Fasilitas: [Internet] WiFi gratis di area umum, WiFi gratis di semua kamar, [service] penitipan barang, laundromat, penukaran mata uang, layanan kebersihan harian, resepsionis 24 jam, check-in/check-out cepat, check-in 24 jam, keamanan 24 jam, [fasilitas] area merokok, [f&b] vending machine, [bahasa] Inggris, Jepang, Cina (Mandarin), Cina (Kanton), Korea


Lihat Detail Hotel ini Sekarang
 

*             *             *             *             *

4. Shin Osaka Youth Hostel, Punya Segudang Fasilitas Kece yang Bakalan Memanjakan Kalian.

Shin Osaka Youth Hostel
Shin Osaka Youth Hostel, via agoda

Biasanya, akomodasi yang berada di lokasi strategis memiliki rate yang fantastis. Namun ternyata itu tidak berlaku untuk Shin Osaka Youth Hostel. Hostel yang jaraknya hanya kira-kira 360 meteran saja dari salah satu stasiun terbesar di Osaka, yaitu Stasiun Shin-Osaka, tetap memiliki rate yang cukup terjangkau karena dimulai dari JPY3500 atau IDR417rb (berdasarkan rate di website resmi). Namun bukan tak mungkin kalian akan mendapatkan rate yang jauh lebih murah jika memesan melalui berbagai situs booking hotel.

Ruang bersama
Ruang bersama, via agoda

Dari segi fasilitas, Shin Osaka Youth Hostel ini juga punya banyak fasilitas menarik. Hostel ini memiliki ruang bersama yang diisi dengan berbagai fasilitas seperti komputer dan perpustakaan. Selain itu, hostel ini juga dilengkapi dengan fasilitas untuk tamu dengan disabilitas, yang memungkinkan segala jenis tamu menginap disini.

Ruang baca/perpustakaan
Ruang baca/perpustakaan, via agoda

Shin Osaka Youth Hostel menawarkan kamar-kamar tipe dormitory berkapasitas maksimum 6 orang/kamar, kamar bergaya Jepang (maksimum 6 tamu), Twin Rom, serta kamar dengan akses khusus untuk disabilitas. Mau tahu seperti apa gambaran suasana kamar di hostel tersebut? Berikut cuplikannya:

Dormitory
Dormitory, via rakuten
Dormitory
Dormitory, via agoda
Dormitory
Dormitory, via agoda
Twin room
Twin room, via agoda
Barrier-free room
Barrier-free room, via agoda

Alamat: KOKOPLAZA 10F, 1-13-13 Higashinakajima, Higashiyodogawa-ku, Shin Osaka, Osaka 533-0033
Akses: Stasiun Shin Osaka (360 meter atau 7 menitan jalan kaki), Stasiun Sozenji (690 meter atau 9 menitan jalan kaki)
Check in: 16.00, Check out: 10.00
Rate: mulai dari JPY3500 atau IDR417rb (weekdays, low season) Cek Rate Terkini!
Fasilitas: [Internet] WiFi gratis di area umum, [service] penitipan barang, keamanan 24 jam, layanan kebersihan harian, [fasilitas] area merokok, dapur bersama, [f&b] vending machine, restoran, [bahasa] Inggris, Jepang


Lihat Detail Hotel ini Sekarang
 

*             *             *             *             *

5. Nerarel Manga Hostel Namba Bakalan Bikin Kalian Bingung: Ini Hostel Atau Perpustakaan?

Nerarel Manga Hostel Namba
Nerarel Manga Hostel Namba, via agoda

Jika dilihat dari namanya saja, yaitu Nerarel Manga Hostel Namba, mungkin kalian sudah bisa membayangkan kalau hostel ini pastilah memiliki fasilitas perpustakaan manga. Hanya saja, mungkin kalian takkan bisa membayangkan kalau hostel ini betul-betul memiliki koleksi manga dalam jumlah besar. Tak tanggung-tanggung, saat memasuki area baca di hostel ini, bisa jadi kalian akan merasa bingung: sebetulnya ini hostel atau perpustakaan, sih?

Ruang baca
Ruang baca, via agoda
Koleksi manga
Koleksi manga, via agoda
Koleksi manga
Koleksi manga, via agoda

Namun, jika manga bukan favorit kalian, tak perlu khawatir untuk memilih Nerarel Manga Hostel Namba sebagai basecamp selama berada di Osaka. Posisi hostel ini cukup strategis, lho, karena jaraknya hanya beberapa ratus meter dari stasiun terdekat. Hostel ini juga dekat sekali dengan Namba Park, sebuah pusat perbelanjaan populer di Osaka; serta beberapa ratus meter saja dari Dotonbori, Shinsaibashi, maupun Amerigamura.

Dapur bersama
Dapur bersama, via agoda

Nerarel Manga Hostel Namba menawarkan beberapa tipe kamar. Ada kamar-kamar dormitory (campuran atau khusus wanita), kamar twin, kamar triple, hingga kamar private dengan kapasitas empat orang. Suasana kamarnya kurang lebih seperti ini:

Kamar
Kamar, via agoda
Kamar
Kamar, via agoda

Alamat: Level 3, Takasago Building, 2-2-15 Nambanaka, Naniwa-ku, Namba, Osaka 556-0011
Akses: Stasiun Subway Nippombashi (510 meter atau 8 menitan jalan kaki), Stasiun Osaka Namba (590 meter atau 8 menitan jalan kaki)
Check in: 15.00, Check out: 10.00
Rate: mulai dari JPY2480 atau IDR296rb (weekdays, low season) Cek Rate Terkini!
Fasilitas: [Internet] WiFi gratis di area umum, WiFi gratis di semua kamar, [service] penitipan barang, laundry, laundromat, [fasilitas] perpustakaan, dapur bersama, [bahasa] Inggris, Jepang, Finlandia, Korea, Cina (Mandarin)


Lihat Detail Hotel ini Sekarang
 

*             *             *             *             *

6. Hostel Wasabi Osaka Bed with Library, Punya Lebih dari 10000 Koleksi Buku dari Berbagai Bahasa Lho!

Salah satu spot di Hostel Wasabi Osaka Bed with Library
Salah satu spot di Hostel Wasabi Osaka Bed with Library, via agoda

Hostel Wasabi Osaka Bed with Library ini mungkin jawaban atas doa-doa bibliophile yang nggak pengin jauh-jauh dari buku sekalipun tengah liburan. Sesuai dengan namanya, Hostel Wasabi Osaka Bed with Library ini memiliki perpustakaan yang dapat di akses secara cuma-cuma oleh para tamunya.

Yang membuat hostel ini luar biasa, perpustakaan di hostel tersebut memiliki koleksi lebih dari 10000 buku yang terdiri dari buku manga dan buku-buku lainnya. Buku-buku tersebut tak hanya berbahasa Jepang, tapi juga ada yang berbahasa Inggris, Cina, Korea, Perancis, bahkan Thailand. Keren!

Perpustakaan
Perpustakaan, via agoda
Perpustakaan
Perpustakaan, via agoda

Nggak hanya memuaskan para bibliophile, Hostel Wasabi Osaka Bed with Library ini juga seakan menjawab doa para budget traveller yang mencari kombinasi antara akomodasi murah dan lokasi strategis. Lokasi hostel ini hanya berjarak 200 meteran saja dari stasiun terdekat, dan dari sana kalian bisa dengan mudah menjelajah berbagai tempat lainnya di Osaka – bahkan kota lain. Jaraknya juga cukup dekat dengan Dotonbori, Namba Park, dan Shinsaibashi. Untuk rate, dimulai dari kisaran JPY2000 atau IDR238rb saja. Bahkan kalian bisa menginap dengan biaya JPY540 atau IDR64rb/jam. Sangat terjangkau, kan?

Loft
Loft, via agoda
Fasilitas di hostel
Fasilitas di hostel, via agoda

Untuk pilihan kamar, Hostel Wasabi Osaka Bed with Library ini menawarkan kamar-kamar tipe kapsul/dormitory. Ada kamar dormitory khusus untuk perempuan, dormitory campur, dormitory 2 kapsul bersebelahan (dengan sekat pemisah yang bisa dibuka-tutup), hingga dormitory dengan 3 kapsul bersebelahan yang sekatnya juga bisa dibuka-tutup). Dua tipe terakhir ini cocok sekali untuk kalian yang bepergian bersama teman ataupun keluarga.

Suasana kamar
Suasana kamar, via agoda
Suasana kamar
Suasana kamar, via agoda
Suasana kamar
Suasana kamar, via agoda
Suasana kamar
Suasana kamar, via agoda

Alamat: 2-9-7 Sennichimae Chuo-ku, Namba, Osaka 542-0074
Akses: Stasiun Subway Nippombashi (210 meter atau 3 menitan jalan kaki), Stasiun Osaka Namba (440 meter atau 6 menitan jalan kaki)
Check in: 15.00, Check out: 10.00
Rate: mulai dari JPY2000 atau IDR238rb (weekdays, low season) Cek Rate Terkini!
Fasilitas: [Internet] WiFi gratis di area umum, WiFi gratis di semua kamar, [service] penitipan barang, laundromat, [fasilitas] perpustakaan, [bahasa] Inggris, Jepang, Korea


Lihat Detail Hotel ini Sekarang
 

*             *             *             *             *

7. Sebagai Penutup, Ada The Dorm Hostel Osaka yang Jadi Favorit Baru Bagi Traveller-Bibliophile di Osaka.

The Dorm Hostel Osaka
The Dorm Hostel Osaka, via agoda

Dari sekian banyak hotel dengan fasilitas perpustakaan yang tersebar di Osaka, The Dorm Hostel Osaka termasuk bintang baru karena baru menyapa para tamunya pada tahun 2016 lalu. Walau begitu, hostel ini langsung mencuri perhatian traveller sekaligus pecinta buku karena beberapa alasan.

Pertama karena faktor koleksi bukunya yang mencapai lebih dari 2000 eksemplar. Buku-buku tersebut tak melulu berfokus pada manga, tetapi banyak juga buku dari jenis lainnya dan berasal dari bermacam bahasa. Kedua karena faktor suasana perpustakaannya yang memang asyik, dengan sentuhan nuansa industrial yang cukup Instagramable.

Perpustakaan
Perpustakaan, via agoda
Perpustakaan
Perpustakaan, via thedorm

Daya tarik lainnya tentu saja terletak pada faktor lokasinya. The Dorm Hostel Osaka ini berlokasi di Shinsaibashi yang dikenal sebagai salah satu distrik belanja di Osaka. Jaraknya juga hanya tiga sampai lima menitan jalan kaki menuju dua stasiun subway, dan hanya perlu berjalan tiga blok saja untuk mencapai Shinsaibashisuji Shopping Street.

Dotonbori pun tak begitu jauh dari hostel ini, yang semakin menasbihkan kestrategisan posisi The Dorm Hostel Osaka. Ditambah dengan rate yang dimulai dari kisaran JPY2400-an atau IDR286rb saja, kalian akan makin sulit menolak hostel ini, bukan?

Fasilitas
Fasilitas, via agoda

Adapun gambaran suasana kamar di The Dorm Hostel Osaka kurang lebih seperti berikut ini. Oya, hostel ini hanya menawarkan kamar-kamar tipe dormitory saja, dengan pilihan asrama khusus untuk wanita maupun asrama campuran.

Kamar
Kamar, via agoda
Kamar
Kamar, via agoda

Alamat: Shinsaibashi building second floor, 1-12-20, Chuo-ku, Higashishinsaibashi, Shinsaibashi, Osaka 542-0083
Akses: Stasiun Subway Nagahoribashi (230 meter), Stasiun Subway Shinsaibashi (330 meter)
Check in: 16.00, Check out: 11.00
Rate: mulai dari JPY2400 atau IDR286rb (weekdays, low season) Cek Rate Terkini!
Fasilitas: [Internet] WiFi gratis di area umum, WiFi gratis di semua kamar, [service] keamanan 24 jam, laundromat, [fasilitas] perpustakaan, dapur bersama, [bahasa] Inggris, Jepang, Korea, Cina (Mandarin), Cina (Kanton)


Lihat Detail Hotel ini Sekarang
 

*             *             *             *             *

Note:
– Foto diambil dari berbagai sumber (lihat caption) tanpa adanya editan tambahan selain resizing.
– Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

 

Baca juga :

Catat! Beberapa Akomodasi Budget Unik di Osaka yang Layak Kalian Pertimbangkan

Waktu Terbaik Untuk Wisata Ke Jepang, Kapan Saja?

10 Hotel Budget di Tokyo yang Bakal Bikin Kantongmu Senang dan Instagram-mu Bahagia

 

Comments

comments